Semua yang terbaik

KAPITA SELEKTA (3) Peran Teknologi, globalisasi dan perubahan Sosial

PERUBAHAN SOSIAL

Salah satu pemicu adanya perubahan sosial dalam masyarakat adalah karena terobosan ilmu pengetahuan; terutama karena “Ledakan Teknologi Informasi dan Komunikasi”. Terjadinya perubahan sosial dan bahkan budaya karena teknologi Informasi dan Komunikasi telah membuka babak baru bagi masyarakat untuk situasi persaingan hidup yang lebih keras. Manusia dipicu untuk lebih cepat melandapatkan informasi baik tentang peluang maupun tentang perkembangan lawan atau pesaing.
Tuliskan 5 contoh dan jelaskan contoh-contoh itu “mengapa dan bagaimana bisa mempengaruhi kehidupan manusia dan akhirnya bergantung pada teknologi itu”

Bobot 30% (500 kata).

48 pemikiran pada “KAPITA SELEKTA (3) Peran Teknologi, globalisasi dan perubahan Sosial

  1. Reblogged this on devimeno7 and commented:
    Perubahan sosial yang terjadi dalam proses lambat, dalam waktu yang cukup lama dan tanpa ada kehendak tertentu dari masyarakat yang bersangkutan. Perubahan-perubahan ini berlangsung mengikuti kondisi perkembangan masyarakat, yaitu sejalan dengan usaha-usaha masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Dengan kata lain, perubahan sosialter jadi karena dorongan dari usaha-usaha masyarakat guna menyesuaikan diri terhadap kebutuhan-kebutuhan hidupnya dengan perkembangan masyarakat pada waktu tertentu. Contoh, perubahan sosial dari masyarakat berburu menuju kemasyarakat meramu.
    Definisi dan pengertian tentang perubahan sosial menurut para ahli diantaranya adalah sebagai berikut :
    Gillin
    Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi sebagai suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima karena adanya perubahan kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun adanya difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.

    Emile Durkheim
    Perubahan sosial terjadi sebagai hasil dari faktor-faktor ekologis dan demografis, yang mengubah kehidupan masyarakat dari kondisi tradisional yang diikat solidaritas mekanistik, ke dalam kondisi masyarakat modern yang diikat oleh solidaritas organistik.

    Kingsley Davis
    Perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat

    Mac Iver
    Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi dalam hubungan sosial (social relation) atau perubahan terhadap keseimbangan (ekuilibrium) hubungan sosial

    William F. Ogburn
    Perubahan sosial adalah perubahan yang mencakup unsur-unsur kebudayaan baik material maupun immaterial yang menekankan adanya pengaruh besar dari unsur-unsur kebudayaan material terhadap unsur-unsur immaterial

    Raja
    Perubahan sosial adalah segala perubahan pada lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang memengaruhi suatu sistem sosial.

    1. industri
    Revolusi industri membuat perubahan besar-besaran pada kehidupan sosial masyarakat. Mulai dari ketimpangan antara industri dengan agrikultur, banyaknya pengangguran, munculnya gerakan sosialis, rendahnya kesejahteraan buruh, dll.
    2. kesenian
    Kesenian bisa saja berubah atau tergantikan seiring perkembangan zaman. Saat ini, banyak kesenian di Indonesia yang mulai punah karena anak bangsa tidak suka dengan kesenian tersebut. Bahkan mereka lebih suka mempelajari kesenian asing dengan alasan trendy. Namun, masih banyak kesenian populer Indonesia yang masih bisa bertahan sampai sekarang.
    3. bahasa daerah
    Indonesia memiliki banyak sekali bahasa daerah. Namun, banyak juga bahasa yang mulai punah. Itu mungkin disebabkan karena mereka lebih berminat untuk menggunakan Bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dibandingkan bahasa daerahnya sendiri. Itu mungkin karena bahasa tersebut jangkauan komunikasinya lebih luas dibandingkan bahasa daerahnya yang cenderung hanya dimengerti oleh anggota masyarakat di daerah tersebut.
    4. masuknya budaya barat
    Budaya di Indonesia telah banyak tercampur dengan budaya asing. Itu mungkin disebakan karena kebudayaan itu lebih menyenangkan dibandingkan budayanya sendiri. Seperti budaya hari Valentine dan pesta ulang tahun. Sebenarnya budaya asli Indonesia telah memiliki budaya yang mirip dengan budaya tadi. Namun, budaya tersebut terkadang dianggap kurang meriah. Contoh perubahan besar lainnya adalah penggunaan komputer dan alat-alat teknologi sebagai pengganti buku untuk mencari tugas. Hal itu disebabkan oleh kemudahan menggunakan alat-alat teknologi tersebut
    5. cara berkomunikasi
    Perubahan pada cara berkomunikasi bisa terjadi. Beberapa tahun lalu kita masih menggunakan surat untuk berkomunikasi jarak jauh dan sekarang, dengan menggunakan jejaring sosial atau alat komunikasi, seseorang bisa berkomunikasi dengan cepat dan praktis.
    Itulah contoh perubahan sosial budaya yang terjadi pada masyarakat. Semua masyarakat pasti saja akan mengalami perubahan sosial budaya. Namun, perubahan tersebut umumnya tidak dirasakan atau tidak terjadi pada masyarakat terpencil.
    6. pertanian
    Pertanian di Indonesia semakin menurun. Banyak petani yang menjual lahan pertaniannya. Penyebabnya bermacam-macam. Mulai dari hasil panen yang tidak seberapa bahkan seringkali gagal panen, kebutuhan yang semakin kompleks dan mahal, hingga tergiur dengan upah yang didapat oleh para tenaga kerja di kota. Masyarakat juga lebih suka membeli hasil pertanian di swalayan sehingga petani lokal merugi.
    7. pakaian
    Perubahan mode pakaian pada masyarakat bisa saja terjadi. Dahulu semua masyarakat menggunakan pakaian adat khasnya. Namun, seiring dengan kemajuan dari perkembangan masyarakat tersebut membuat sedikit demi sedikit anggota masyarakat mulai meninggalkan pakaian adatnya dan menggunakan pakaian yang menjadi trend di daerah itu. Seperti contoh, sekarang adalah jamannya demam Korea. Bagi penggemar beratnya, mereka selalu mencari dan menggunakan pakaian yang biasa digunakan orang Korea. Namun, masyarakat tetap tidak meninggalkan pakaian adat mereka dan tetap menggunakannya dalam acara tertentu. Seperti pakaian adat Bali yang digunakan setiap kali mereka sembahyang di pura.

    Suka

  2. Reblogged this on yulistikafajbrinawardhanie and commented:
    KAPITA SELEKTA (3) PERAN TEKNOLOGI, GLOBALISASI DAN PERUBAHAN SOSIAL
    8 Oktober 2014 · by ILMU KOMUNIKASI · in Kapita Selekta, T U G A S, U J I A N, UTS. ·
    2 Votes

    PERUBAHAN SOSIAL

    Salah satu pemicu adanya perubahan sosial dalam masyarakat adalah karena terobosan ilmu pengetahuan; terutama karena “Ledakan Teknologi Informasi dan Komunikasi”. Terjadinya perubahan sosial dan bahkan budaya karena teknologi Informasi dan Komunikasi telah membuka babak baru bagi masyarakat untuk situasi persaingan hidup yang lebih keras. Manusia dipicu untuk lebih cepat melandapatkan informasi baik tentang peluang maupun tentang perkembangan lawan atau pesaing.
    Tuliskan 5 contoh dan jelaskan contoh-contoh itu “mengapa dan bagaimana bisa mempengaruhi kehidupan manusia dan akhirnya bergantung pada teknologi itu”

    Bobot 30% (500 kata).

    1.penggunaan ponsel dengan fitur chatting yang serba canggih hingga menimbulkan sikap malas, terutama para pelajar untuk belajar dan sikap menuntut yang berlebihan kepada orang tua yang biasanya harus segera dipenuhi, dan jika tidak umumnya akan berpengaruh ke pendidikan yang sedang dijalani, yaitu tidak mau sekolah atau sering disebut bolos .
    2.penyalahgunaan fitur fitur canggih yang ada dalam ponsel/komputer yang memanfaatkan memori sebanyak mungkin untuk menyimpan file file dari blue film atau lebih dikenal dengan BF .
    3.ketergantungan dengan fitur fitur dunia maya seperti Facebook,Twittwe,Instagram,Path,Yahoo,dll
    4.penggunaan hp saat jam belajar mengajar
    5.penggunaan hp untuk tindakan asusila

    Suka

  3. Reblogged this on Public Relation and commented:
    Menagapa manusia menjadi tergantungan kepada teknologi? Karna teknologi sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Teknologi sangat mempermudah hidup kita. Dimana kita tidak perlu repot repot seperti zaman dulu yang membutuhkan proses yang sangat susah hanya untuk berkomunikasi atau mengirim pesan. Seiring berjalannya waktu teknologi akan semakin maju dan kita pun harus bisa mengikuti perkembangan teknologi. Bila kita tidak tergantungan kepeda teknologi cara hidup kita akan kembali seperti. Teknologi sudah menjadi bagian hidup kita sehari hari seperti handphone, internet, alat elektronik, dll. Hal ini merupaka fakta bahwa kita tidak bisa memungkiri kalau kita sudah tergantungan kepada teknologi. ada 5 contoh manusia tergantungan dengan teknologi
    1. Handphone merupakan benda yang wajib untuk kita miliki dan handphone telah menjadi kebutuhan dari hidup kita. Handphone adalah media yang paling gampang untuk berkomunikasi jarak jauh. Handphone pun semakin lama semakin cangih. Hamper yang kita butuhkan ada dihandphone. Ini lah yang menjadikan handphone teknologi yang paling tergantungan.
    2. Internet merupakan teknologi yang paling dibutuhkan dan berguna karna apa yang kita cari ada disana. Hampir semua hal yang kita lakukan mengunakan internet. Teruma media sosial yang merupakan hal penting bagi kita. Hamper semua kalangan memiliki media sosial maupun muda atau tua. Ini lah yang menjadikan internet teknologi yang paling dibutuhkan
    3. Alat elektronik menjadi benda yang wajib kita miliki seperti kulkas, rice cooker, mesin cuci, dll. Benda-benda tersebut kita gunakan sehari-hari untuk mempermudah kita untuk melakukan hal yang bisa menghabiskan waktu berjam-jam.
    4. Laptop merupakan kebutuhan karna yang kita lakukan mengunakan sama dengan internet. Banyak yang kita lakukan dengan laptop seperti mengerjakan tugas, editing, browsing, menonton video, dll. Laptop merupakan benda wajib terutama untuk mahasiswa dan orang kantoran. l Dengan ini laptop menjadi benda yang tergantungan atau diwajib dimiliki.
    5. TV merupakan salah satu teknologi yang semua orang punya dirumahnya karna TV merupakan media informasi. Dengan ada TV kita dapat mengetahui apa yang sedang terjadi diluar sana dan TV juga dapat menjadi sarana hiburan. TV merupakan teknologi yang seiring waktu berubah menjadi semakin canggih. TV sekerang memiliki banyak fungsi tidak hanya menonton dan TV telah menjadi teknologi yang tergantungan.

    Suka

  4. Reblogged this on verarahana31 and commented:

    • 1. Membantu mempercepat pekerjaan manusia. Dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, pekerjaan manusia akan menjadi lebih cepat dan mudah. Misalnya, proses pembuatan proposal yayasan sosial, apabila menggunakan mesin ketik, maka diperlukan waktu yang lama dan dengan keakuratan yang rendah. Lain halnya apabila dikerjakan dengan menggunakan komputer dan printer untuk mencetaknya,pekerjaan ini akan menjadi lebih cepat dan akurat untuk menyusun proposal yang akan dikerjakan.

    • 2. Mempermudah komunikasi jarak jauh. Sebelum adanya teknologi informasi dan komunikasi seperti sekarang ini, proses komunikasi masih bersifat analog. Untuk mengirimkan kabar menuju keluarga yang letaknya jauh, harus menggunkan surat dengan waktu tempuh lebih dari 2 hari, dan itupun terkadang tidak sampai pada tujuan. Dengan teknologi sekarang, bisa menggunakan sms, e-mail dan lain sebagainya yang merupakan produk teknologi informasi. Dengan menggunakannya, maka jarak yang jauh bukan lagi menjadi hambatan dalam berkomunikasi, waktu tempuhpun menjadi relatif singkat dengan keakuratan yang sangat terjamin.

    • 3. Mempermudah sistem administrasi Sistem administrasi tanpa menggunakan bantuan teknologi informasi dan komunikasi akan menjadi lambat dan membutuhkan tempat yang besar. Dalam hal ini, misalnya saja untuk proses penghitungan suara oleh KPU. Dalam hitungan jam saja, sudah bisa terakumulasi total suara dalam satu negara. Betapa besar manfaat adanya teknologi ini. Bisa dibayangkan seandainya tidak ada teknologi ini, mungkin diperlukan waktu hingga berbulan-bulan untuk melakukan penghitungan secara manual.

    • 4. Bisa dilakukan melalui berbagai cara, yakni bisa melelui ATM, SMS Banking dan E-Banking. Dengan cara- cara ini, maka kedua belah pihak yang terlibat transaksi tidak harus bertemu. Selain keuntungan yang diperoleh dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, jug amuncul kerugian atau efek negatifnya, yaitu antara lain: Komunikasi menjadi hampa Sebelum adanya teknologi bidang komunikasi, untuk melakukan komunikasi, haruslah bertemu antara satu pihka dengan pihak lainnya, sehingga proses komunikasi menjadi nyata dan transparan. Sekarang ini, proses komunikasi tidak harus bertatap muka, sehingga terasa kurang puas; Penyalahgunaan untuk tindakan kriminal dan asusila Maraknya penipuan dan penuculikan belakangan ini melalui situs jejaring sosial, juga merupakan efek negatif dari berkembangnya dunia informasi dan komunikasi. Selain itu, bahaya dari situs prnografi merupakan acncaman nyata bagi para generasi mida,khususnya siswa sekolah; Penyalahgunaan untuk pencurian keuangan Belakangan ini muncul berita mengenai pembobolan uang nasabah, dari hal ini jelas sekali bahwa kemampuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi yang tidak diimbangi dengan iman yang kuat, maka seseorang dapat terjerumus dalam tindakan pencurian melalui media internet

    • 5. Sebagai media pertukaran data
    Dalam proses perkembangan manusia tidak semua hal yang dapat dilakukan manusia merupakan sesuatu yang alamiah dan dengan begitu saja dapat muncul. Namun dalam melakukan segala sesuatu pasti ada sebuah contoh/ gambaran yang dapat menjadi referensi manusia untuk dapat melakukan segala sesuatu. Misalnya : seorang anak bayi bisa berjalan bukan saja karena dia berlatih, namaun juga karena dia melihat kebanyak orang disekitarnya dalam melakukan segala sesuatu dilakukan dengan berjalan dan bukan merangkak.
    Begitu pula dalam kehidupan dewasa, manusia pun memerlukan contoh-contohatau referensi yang menjadi penggambaran atau pembelajaran dalam kehidupannya. Dengan adanya internet orang bisa bertukar informasi berupa data-data penting. Bukan sekedar untuk informasi tapi juga dapat untuk menenmbah ilmu pengetahuan.
    Misal : data-data observasi dari berbagai belahan dunia.

    Suka

  5. Perubahan pasti terjadi, seperti yang telah disampaikan oleh pak MRG bahwa di dunia ini hanya ada satu yang berubah yakni perubahan itu sendiri. Yakni sebuah masalah yang merupakan sebab dari perubahan tersebut. Sebagai contoh sederhana, ketika seorang mahasiswa di sebuah universitas yang selalu telat disaat datang karena dia selalu begadang di malam harinya, jika hal ini dibiarkan maka akan ada sanksi berat yang akan dia terima. Mau tidak mau dia harus menemukan solusi berupa perubahan, yakni perubahan pada pola hidupnya dengan membiasakan tidur di awal malam agar keesokannya bisa bangun pagi.
    Teknologi memang telah menjadi sarana yang dominan dalam perkembangan dan perubahan zaman yang mana merupakan terapan dari temuan-temuan manusia yang awalnya berupa pengolahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana yang berguna untuk mempermudah dan membantu kehidupan manusia. Inti dari semua ini adalah tentang kecepatan, seperti yang juga telah diakatakan pak MRG bahwa hal yang membuat teknologi berkembang adalah kecepatan, yakni mempersingkat segala kegiatan manusia agar lebih efisien, cepat, mudah dan nyaman. Adalah sangat sangat dibutuhkan di Era Globalisasi seperti sekarang, segala sesuatu menjadi instant , contohnya pada makanan siap saji,hanya dengan menambahkan air panas, tanpa meracik bumbu-bumbu terlebih dahulu,sudah bisa langsung disajikan/dinikmati. Ketergantungan dalam teknologi, terutama pada teknologi informasi dan komunikasi merupakan hal yang mustahil untuk dihindari, mengindari teknologi sama saja dengan bunuh diri, karena hampir semua manusia saat ini menggunakan teknologi terbaru, jadi bagaimana anda beraktifitas sedangkan tidak tahu-menahu tentang semua perkembangan ini? Mustahil. Kecuali anda memang lahir di sebuah kelompok suku pedalaman di hutan.
    Berikut beberapa contoh teknologi yang digantungan/ sangat dibutuhkan di kehidupan manusia :
    1. Gadget.
    Gadget merupakan alat informasi dan komunikasi yang fitur dan kecanggihannya selalu berkembang pesat. Gadget berupa Smartphone, Tablet, i-pod, mp4 yang mana penjualannya mendominasi pasar. Kehadiran gadget sangat dibutuhkan bagi para pengguna internet, lebih lagi para penggandrung media sosial. Ketidakhadiran gadget disisinya bahkan seperti ketidakhadiran dirinya sendiri, secara tidak disengaja terpatri di dalam pikrannya bahwa dirinya eksis dan ada didalam dunia maya, didalam gadget bukan dikehidupan nyata.
    2. Media Elektronik.
    Media elektronik berupa Televisi, radio, laptop, computer yang dalam penggunaannya menggunakan energi listrik. Saat ini benda-benda tersebut adalah wajib kehadirannya di rumah. Semua infromasi yang actual dan up to date tersajikan didalamnya, jadi mana tahan bagi seseorang yang hidup di era baru ini hidup tanpa alat-alat tersebut?
    3. Alat-alat Elektronik.
    Selain media elektronik terdapat juga alat-alat elektronik lainnya yang sangat berguna pada kehidupan manusia dan dalam menggunakannya diperlukan energi listrik. Beberapa Alat-alat elektronik yakni Kulkas, mesin cuci, rice cooker, AC dan lain-lain. Jika ambil saja salah satu alat sebagai contoh. Kulkas, kehadirannya sangat berguna di kehidupan rumah tangga khususnya. Kita tidak perlu takut terhadap makanan yang kita beli seperti daging, sayur menjadi basi, karena dengan menyimpannya di kulkas, semua makanan tersebut akan awet hingga berminggu-minggu.
    4. Alat transportasi.
    Alat transportasi seperti motor, mobil, kendaraan umum sangatlah dibutuhkan. Bayangkan jika kita pergi haji tanpa menggunakan alat transportasi.. mustahil kita bisa sampai mekah. Dengan alat transportasi kita bisa menjangkau tempat yang jauh dengan cepat.
    5. Mesin.
    Hampir semua alat ,furniture , bahan makanan, makanan instant, alat transportasi ,alat elektronik menggunakan mesin , baik dalam penggunaannya maupun dalam pembuatannya. Jadi bisakah manusia di zaman sekarang hidup tanpa mesin?.

    Dalam penggunaan teknlogi memang banyak terdapat manfaat, namun ada juga dampak negatif yang timbul. Contohnya, penggunaan media sosial membuat seseorang aktif berkomunikasi dalam dunia maya, Tetapi belum tentu aktif dalam kehidupan nyata. Ya, kadang media sosial membuat kita pasif di kehidupan nyata dengan menjadikan Yang Jauh menjadi dekat dan Yang Dekat menjadi jauh. Contoh lainnya yakni terciptanya produk sampingan yang mencemari lingkungan yang tidak dikehendaki dalam proses penggunaan teknologi, seperti terciptanya limbah tinta dari sebuah industri yang mencemari sungai.
    Mohon maaf jika ada perkataan yang kurang mengenakkan hati anda, Semoga bermanfaat dan semoga anda dapat menggunakan teknologi dengan baik dan terkontrol. Terima kasih

    Suka

  6. Kenapa manusia bisa sampai bergantung pada teknologi? Karena di zaman yang semakin canggih ini mau tidak mau manusia di tuntut untuk lebih maju dari zaman sebelumnya agar dapat mengikuti perkembangan zaman, yang dimana hari ke hari teknologi semakin maju dan berkembang. Apa jadinya jika seseorang tidak dapat mengikuti perkembangan zaman yang ada belakangan ini? mungkin manusia tersebut bisa terbuang dari pergaulan yang ada karena sulitnya mendapatkan informasi yang baru muncul ke permukaan atau ketinggalan zaman. Bisa di bayangkan kan apabila manusia sekarang masih menggunakan cara-cara seperti zaman dahulu, saya rasa hanya sebagian kecil saja yang masih menggunakan cara lama di zaman yang sudah modern ini. Ada beberapa teknologi yang tidak bisa lepas dari manusia belakangan ini, berikut 5 contoh teknologi yang tidak lepas dari seorang manusia, yaitu :
    1. Kendaraan bermotor
    Dengan adanya teknologi ini manusia bisa lebih mudah untuk menempuh jarak yang jauh tanpa harus menguras energi di dalam tubuh dan lebih mempersingkat waktu untuk sampai di tempat tujuan. Banyak orang-orang yang beralih ke kendaraan bermotor ini dan meninggalkan cara lama yang lebih banyak menggunakan sepeda yang lebih menguras energi dan kurang efisien dalam penggunaanya.
    2.Handphone
    Teknologi ini membantu seseorang untuk berkomunikasi langsung dengan orang-orang yang berada di luar jangkauanya tanpa harus bertatap muka tetapi suaranya bisa terdengar oleh si pengguna teknologi ini tidak sedikit juga produsen-produsen handphone mengembangkan produknya agar bisa bertatap muka dengan handphone yang mereka buat dengan aplikasi yang di namakan video call, teknologi ini sudah semakin menjamur dan hampir setiap orang sudah memilikinya karena teknologi ini sudah di buat sedemikian rupa dengan harga yang terjangkau. Kemungkinan dari anak kecil hingga dewasa sudah menggunakan teknologi ini di seluruh dunia.
    3.Laptop
    Laptop adalah komputer yang di buat sedemikian kecil bentuknya, meski kegunaanya sama dengan komputer tapi laptop bisa di bawa kemana saja tidak seperti komputer yang hanya bisa di taruh di suatu ruangan saja, laptop di buat sedemikian rupa dengan fitur-fitur tidak kalah dengan yang ada di dalam komputer. Jadi tidak sedikit orang membeli teknologi yang satu ini ketimbang membeli komputer yang kurang efisien untuk di bawa pergi kemana-mana dalam proses penggunaannya, begitu banyak merk laptop dan model serta harga yang lebih terjangkau dari harga satu set komputer, ini lah yang membuat orang lebih tertarik membeli sebuah laptop di bandingkan satu set komputer. Sudah tidak heran apabila anda pergi kemana-mana bertemu dengan orang yang membawa teknologi satu ini entah itu di sebuah mall-mall maupun cafe yang pernah anda kunjungi.
    4.Internet
    Mungkin untuk hidup di zaman sekarang ini orang-orang sudah tidak asing lagi dengan kata internet, karena hampir setiap aktivitas yang kita lakukan ada hubunganya dengan internet ini. Internet bisa membantu orang untuk memperoleh informasi yang lebih luas dan dengan internet juga kita bisa berkomunikasi dengan orang yang berada jauh dengan menggunakan alat bantu media sosial seperti facebook, twitter, skype dan sebagainya. Teknologi ini bisa juga di gunakan oleh para pelajar untuk membantunya mencari tugas atau mencari materi yang telah di ajarkan oleh guru di sekolah tetapi pelajar tersebut belum terlalu mengerti, mereka bisa mencari materi tersebut di google dan semacamnya.
    5.Televisi
    Di era modern ini hampir di setiap rumah, orang-orang memiliki teknologi yang satu ini. Karena teknologi ini adalah media yang mengeluarkan suara dan gambar gerak dalam tampilanya, televisi memberikan informasi-informasi terbaru yang terjadi di dunia selain itu program-program di televisi dapat menarik perhatian seseorang yang menontonya seperti acara talkshow, lawak, olahraga, kartun. Sehingga orang yang melihatnya bisa terasa terhibur dan teknologi ini tidak ada batasan umur jika ingin menggunakanya.

    Suka

  7. Reblogged this on TEMPAT BELAJAR ILMU KOMUNIKASI and commented:

    Mengapa dan bagaimana bisa mempengaruhi kehidupan manusia dan akhirnya manusia bergantung pada teknologi itu?
    Karena di era globalisasi saat ini setiap manusia ingin semuanya dapat dilakukan secara instant dan cepat agar menghemat waktu . maka dari itu teknologi hadir sebagai solusi untuk kehidupan manusia di era globalisasi ini . dan secara tidak sadar teknologi telah membuat gaya hidup manusia di era globalisasi ini menjadi ketergantungan terhadap teknologi itu sendiri . bayangkan saja bila di era globalisasi ini ada manusia yang belum mengenal teknologi . maka ia akan kalah bersaing dengan individu-individu yang sudah mengerti banyak tentang teknologi . oleh sebab itu kita harus dapat menerima perkembangan teknologi yang terjadi di era globalisasi ini. Salah satu teknologi yang paling berkembang pesat adalah teknologi informasi dan komunikasi . teknologi informasi dan komunikasi di era globalisasi kini sudah sangat canggih. Berikut saya akan memberikan contoh-contohnya.
    5 contoh tekonologi informasi dan komunikasi yang membuat manusia menjadi ketergantungan
    1. Handphone Di kehidupan sehari-hari
    Hampir semua manusia yang bangun tidur lalu akan melakukan aktivitas seperti sekolah, bekerja ,kuliah dll ,pasti mereka akan membawa alat komunikasi . alat komunikasi yang mereka bawa rata-rata adala handphone. setiap hari mereka selalu membawa handphone . alasannya karena handphone di masa kini tidak hanya untuk melakukan komunikasi namun juga untuk browsing, mencari tempat melalui maps dll. tidak jarang dari mereka yang bila akan melakukan aktivitas namun ketika dijalan ia lupa membawa handphone maka ia akan kembali kerumah untuk mengambil handphonenya yang tertinggal . hal ini pasti sering kita temui bahkan kita alami sendiri dalam kehidupan sehari -hari. Karena secara tidak sadar handphone telah membuat kita menjadi ketergantungan terhadapnya di kehidupan sehari-hari.

    2. Televisi

    Di era kini hamper setiap manusia dirumahnya pasti memiliki televise karena televisi bisa menjadi berbagai macam fungsi contontohya : sebagai informasi, hiburan, dll. sebagai informasi , contohnya adalah ketika kita sebagai manusia ingin mengetahui apa yang sedang terjadi di masyarakat maka kita otomatis akan menonton berita di televise .sebagai hiburan ,contohnya adalah ketika manusia selesai melakukan aktivitasnya yang sehari-hari dilakukan maka ia butuh hiburan maka manusia itu akan menonton acara seperti sinetron, kartun, acara-acara sport dll untuk menjernihkan kembali pikirannya setelah capek seharian beraktivitas.

    3. Power bank

    Di kehidupan sehari-hari hamper setiap manusia mebawa power bank untuk beraktivitas, hal tersebut bertujuan agar ketika gadget mereka baterai-nya akan habis , mereka tidak perlu mencari colokan di dinding-dinding lagi. karena sudah memiliki power bank , alat ini sangat membantu manusia karena ketika baterai gadget nya habis tinggal colok dengan kabel yang telah disambungkan dari power bank ke gadget mereka . sehingga gadget mereka akan men-charge dengan otomatis dan gadget dapat digunakan kembali untuk informasi dan komunikasi di kehidupan sehari-hari .

    4. Internet
    Internet sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari –hari , tidak hanya di kalangan pelajar dan mahasiswa namun juga dikalangan pengusaha dan lain-lain . mengapa internet dibutuhkan?, karena internet dapat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari seperti membantu belajar, membantu mencari tugas, dan juga sebagai komunikasi jarak jauh . membantu dalam belajar ,contohnya adalah ketika hal yang tidak dimengerti oleh siswa dari apa yang dijelaskan gurunya di sekolah mereka dapat mencari di internet hal yang tidak mereka mengerti tadi. Membantu mencari tugas, contohnya adalah ketika guru memberi tugas kepada siswa maka siwa harus mengerjakan,namun terkadang tugas yang diberikan guru ada yang tidak dimengerti oleh siswa , maka dari itu siswa bisa langsung mencarinya di internet tenteang tugas apa yang mereka tidak mengerti. Sebagi alat komunikasi jarak jauh , contohnya adalah ketika kita dengan keluarga kita berada berbeda tempat seperti beda kota, beda Negara ataupun beda rumah, kita bisa menggunakan internet sebagai alat untuk menjalin komunikasi dengan keluarga . dengan menggunakan media social seperti facebook, skype, twitter, yahoo messenger , dan masih banyak lagi.
    5. Game online
    Di era kini kebanyakan anak –anak sudah tidak mau lagi bermain permainan tradisional seperti main gundu, lompat tali dan lain-lain . mereka lebih senang bermain permainan online di warnet. hal ini sangat membahayakan bagi mereka , karena game online mereka lupa belajar, lupa sekolah, lupa beribadah dan lain-lain, maka dari itu ini menjadi perhatian khusus kepada para orang tua untuk membimbing anaknya agar tidak terlalu kecanduan game online.

    Di era globalisasi ini memang perkembangan teknologi dan perubahan sosial semakin cepat terjadi , namun kita harus bisa menyikapinya dengan cara yang bijak . hali ini bertujuan agar kita tidak terlalu berpengaruh terhadap teknologi dan bisa menghadapi perubahan sosial yang terjadi.

    Suka

  8. Reblogged this on tionovelia and commented:

    “mengapa dan bagaimana bisa mempengaruhi kehidupan manusia dan akhirnya bergantung pada teknologi itu”
    Teknologi sebenarnya sejak dulu sudah ada. Pada dasarnya teknologi diciptakan untuk memudahkan manusia. Tapi kadang-kadang teknologi yang diciptakan manusia tidak semuanya membantu, lambat laun akan menjadi bom waktu yang siap meledak. Pada satu sisi, perkembangan teknologi telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban manusia, pekerjaan yang sebelumnya menuntut kekuatan dan kemampuan fisik, kini sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin otomatis.Terkadang perubahan- perubahan yang terjadi berlangsung dengan cepat, sehingga membingungkan dan menimbulkan ”kejutan budaya” bagi masyarakat. Perubahan itu dapat terjadi di berbagai aspek kehidupan, seperti peralatan dan perlengkapan hidup, mata pencaharian, sistem kemasyarakatan, bahasa, kesenian, sistem pengetahuan, serta religi/keyakinan. Modernisasi tidak hanya milik masyarakat yang bermukim di daerah perkotaan saja, sekarang ini sentuhan – sentuhan modernisasi telah menjalar ke berbagai pelosok daerah, hal ini dimungkinkan dengan adanya sarana dan prasarana dibidang telekomunikasi yang amat memudahkan kehidupan manusia.
    1.membantu komunikasi jarak jauh
    Sebelum adanya teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini,proses komunikasi masih bersifat sederhana.Mengirimkan kabar ke keluarga atau saudara yang letaknya jauh,harus menggunakan surat dengan waktu yang ditempuh dan dalam pengirimannya pun membutuhkan waktu yang lama. Dengan kemajuan teknologi kita sekarang dapat menggunakan telepon genggam dengan mengirim sms atau lewat e-mail ataupun yang lainnya. Sekarang meskipun jarak jauh mau beda kota,beda pulau maupun beda Negara dengan adanya kemajuan teknologi kita sudah tidak susah untuk berhubungan. Jadi untuk yang jarak jauh jarak bukan lah masalah ^^.
    2. Media Televisi
    Televisi sudah tidak asing lagi untuk kita semua. Tv merupakan salah satu media informasi juga hiburan. Televisi juga menyediakan sarana untuk dewasa ataupun anak anak. Meskipun kadang terjadi film yang tidak layak patut ditonton untuk anak anak kalangan dibawah umur tapi televise sudah menjadi media hiburan ditengah keluarga.

    3.Internet
    Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari sepertiGoogle, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran(decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrem. Perkembangan Internet juga telah memengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce.
    4.Media Sosial
    Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan media sosial dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Pengguna media sosial dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai model content lainnya.
    5.Komputer
    Pada zaman sekarang bila seseorang tidak mengerti komputer dibilang ketinggalan zaman, Kuno dan gaptek. Sementara di bidang pekerjaan semua orang di tuntut untuk mengerti menggunakan komputer, karena komputer merupakan sarana mempermudah dan mempercepat proses pekerjaan.
    Di dalam dunia komputer semua hal, semua bidang mata pelajaran, perkuliahan dan usaha ada di komputer, bahkan pendidikan dan ilmu pengetahuan lebih komplit bila diperoleh dari komputer dengan media Internet dibandingkan dengan pelajaran atau Ilmu yang di dapatkan dari Sekolah.

    Suka

  9. Maaf pak, Reblog yang sebelum nya salah kirim. ini yang benar. terimakasih.

    Teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Dan banyak teknologi yang mulai canggih dizaman sekarang. Banyak yang sudah memakai teknologi baru.
    Terdapat 5 contoh, yaitu:
    1. Gadget
    Diera sekarang, gadget itu bagaikan harta karun bagi anak remaja maupun anak-anak. Karena bagi mereka gadget dapat memenuhi semua kebutuhan mereka. Dengan gadget pun anak yang sangat aktif menajdi diam karena game yang terdapat dalam gadget tersebut. Tetapi, gadget juga sangat penting dizaman sekarang. Karena kalau tidak ada gadget kita tidak bisa melakukan apapun. Gadget juga bisa dibilang sebagai perantara. Semakin lama semakin banyak gadget yang lebih canggih, dan banyak ditemui dimana-mana. Harganya pun ada yang dari Harga ratusan sampai puluhan juta.

    2. Televisi
    Kita pasti mempunyai Televisi dirumah, dan pasti yang tidak mempunyainya akan merasa hampa. Karena diera sekarang, televise sangatlah penting. Sekarang pun dirumah maupun dikamar kita mempunyai televisi, karena televisi juga sumber informasi yang tidak langsung. Ditelevisilah kita mengetahui apa saja yang jauh, apa yang terjadi diluar kota maupun diluar negeri. Tetapi, dijaman sekarang siaran televisi mempunyai dampak buruk. Karena, siaran televisi yang tidak bermoral. Seperti sinetron yang percintaan. Itu, akan diikuti oleh anak kecil yang menontonya. Bahkan sekarang kartun pun banyak yang tidak pantas untuk ditonton anak kecil.

    3. Handpone
    Semua orang pasti mempunyai handphone, orang dikalangan bawah pun sudah mempunyai handphone. Karena, handphone itu sangat penting untuk mendapatkan informasi. Tanpa handphone, orang tidak bisa apa-apa. Tidak mengetahui apa yang terjadi di luar sana. Handphone juga sebagai perantara Komunikasi dari luar kota dan luar negeri. Dan sekarang handphone sudah semakin canggih dan unik, harganya pun mulai dari Harga bawah sampai Harga tinggi pun sekarang ada. Handphone juga bisa dipakai oleh siapapun, dari kalangan atas bahkan kalangan bawah pun sudah memakai handphone. Zaman sekarang anak – anak juga sudah memakai handphone, dan bahkan tidak mau lepas dari handphone.

    4. Laptop
    Laptop sangatlah berguna untuk anak remaja sekarang. karena banyak kegunaan laptop, bisa membuat data, menonton film, dan browsing. Bisa juga sebagai perantara bisnis. Tanpa adanya laptop kita tidak bisa mencari apa yang kita cari. Seperti tidak bisa mengerjakan sesuatu diword, dan tidak bisa browsing. Laptop sekarang dapat digunakan oleh kalangan manapun, sekarang sudah banyak laptop yang dijual dengan Harga rendah, tetapi laptop juga sekarang semakin canggih. Anak – anak pun sudah mulai bisa mempermainkan laptop, bahkan orang tua sekarang tidak bisa menggunakan laptop.

    5. Social media
    Remaja sekarang, sangat membutuhkan social media dihandphonenya maupun gadgetnya, karena social media sekarang sangat canggih. Ada beberapa social media yang pasti ada di handphone remaja maupun anak – anak yaitu path, twitter, facebook, skype, blackberry massanger, instagram, browsing, dan camera yang mulai semakin canggih juga. Social media dapat mempengaruhi anak anak dijaman sekarang, sama seperti gadget. Ada dampak positif maupun negatifnya, Menurut saya dampak positifnya, kita dapat mengikuti perkembangan zaman diluar Negara. Dan dampak negatifnya, dapat mempengaruhi otak anak-anak dan banyak pengaruh besar yang lainnya.

    Suka

  10. Reblogged this on dindadwitaa and commented:

    Perubahan sosial budaya adalah perubahan pada kebudayaan atau kebiasaan pada masyarakat. Perubahan sosial budaya dipengaruhi oleh faktor dari luar masyarakat (dari masyarakat lain). Perubahan sosial budaya bisa merubah struktur, fungsi, nilai, norma, pranata, dan semua aspek lainnya.

    1. Pakaian
    Perubahan mode pakaian pada masyarakat bisa saja terjadi. Dahulu semua masyarakat menggunakan pakaian adat khasnya. Namun, seiring dengan kemajuan dari perkembangan masyarakat tersebut membuat sedikit demi sedikit anggota masyarakat mulai meninggalkan pakaian adatnya dan menggunakan pakaian yang menjadi trend di daerah itu. Seperti contoh, sekarang adalah jamannya demam Korea. Bagi penggemar beratnya, mereka selalu mencari dan menggunakan pakaian yang biasa digunakan orang Korea. Namun, masyarakat tetap tidak meninggalkan pakaian adat mereka dan tetap menggunakannya dalam acara tertentu. Seperti pakaian adat Bali yang digunakan setiap kali mereka sembahyangdi di pura.

    2. Pertanian
    Pertanian di Indonesia semakin menurun. Banyak petani yang menjual lahan pertaniannya. Penyebabnya bermacam-macam. Mulai dari hasil panen yang tidak seberapa bahkan seringkali gagal panen, kebutuhan yang semakin kompleks dan mahal, hingga tergiur dengan upah yang didapat oleh para tenaga kerja di kota. Masyarakat juga lebih suka membeli hasil pertanian di swalayan sehingga petani lokal merugi.

    3. Model Rambut
    Model rambut juga banyak berubah. Bahkan masyarakat cenderung merasa harus mengikuti trend tersebut jika tidak mau dikatakan ‘jadul’ atau ‘culun’. Pengaruh terbesar adalah model rambut ‘punk’ yang membuat banyak remaja mengikuti model rambut dan gaya hidup orang dengan model rambut tersebut.

    4.Ekonomi
    Perubahan ekonomi tampak jelas pada sifat masyarakat. Pada umumnya, masyarakat lebih suka dengan produk impor dibandingkan produk di dalam negeri karena kualitasnya dianggap lebih bagus. Selain itu, dengan adanya Singapura sebagai negara maju, maka masyarakat yang kaya lebih memilih berlibur ke Singapura ketimbang ke Bali. Hal ini dapat mengurangi devisa negara.

    5. Kesenian
    Kesenian bisa saja berubah atau tergantikan seiring perkembangan zaman. Saat ini, banyak kesenian di Indonesia yang mulai punah karena anak bangsa tidak suka dengan kesenian tersebut. Bahkan mereka lebih suka mempelajari kesenian asing dengan alasan trendy. Namun, masih banyak kesenian populer Indonesia yang masih bisa bertahan sampai sekarang.

    6. Bahasa Daerah
    Indonesia memiliki banyak sekali bahasa daerah. Namun, banyak juga bahasa yang mulai punah. disebabkan karena mereka lebih berminat untuk menggunakan Bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dibandingkan bahasa daerahnya sendiri. Itu mungkin karena bahasa tersebut jangkauan komunikasinya lebih luas dibandingkan bahasa daerahnya yang cenderung hanya dimengerti oleh anggota masyarakat di daerah tersebut.

    7. Pendidikan
    Dunia pendidikan di Indonesia berkembang pesat. Salah satu penyebab utamanya adalah perkembangan teknologi. Teknologi membuat para remaja yang biasanya mencari referensi tugas di perpustakaan berubah menjadi di internet. Teknologi juga yang membuat cara belajar dan mengajar berubah menjadi menggunakan laptop dan gadget.

    8. Masuknya Budaya Barat
    Budaya di Indonesia telah banyak tercampur dengan budaya asing. Itu mungkin disebakan karena kebudayaan itu lebih menyenangkan dibandingkan budayanya sendiri. Seperti budaya hari Valentine dan pesta ulang tahun. Sebenarnya budaya asli Indonesia telah memiliki budaya yang mirip dengan budaya tadi. Namun, budaya tersebut terkadang dianggap kurang meriah. Contoh perubahan besar lainnya adalah penggunaan komputer dan alat-alatteknologi sebagai pengganti buku untuk mencari tugas. Hal itu disebabkan oleh kemudahan menggunakan alat-alat teknologi tersebut.

    9. Cara Berkomunikasi
    Perubahan pada cara berkomunikasi bisa terjadi. Beberapa tahun lalu kita masih menggunakan surat untuk berkomunikasi jarak jauh dan sekarang, dengan menggunakan jejaring sosial atau alat komunikasi, seseorang bisa berkomunikasi dengan cepat dan praktis.

    Suka

  11. Dalam kehidupan kita sekarang perlahan-lahan mulai berubah, dari dulunya era industri berubah menjadi era informasi dan komunikasi dibalik pengaruh era globalisasi dan informatika yang menjadikan komputer, internet, dan pesatnya perkembangan teknologi informasi menjadi bagian utama di berbagai bidang. kemajuan teknologi menjadi jawaban dari kemajuan globalisasi yang kian menyelimuti dunia. Tidak dapat dipungkiri, kita kini telah menjadi ‘budak’ dari peradaban teknologi informasi itu sendiri. Bagaimana tidak, banyaknya masyarakat yang sekaligus berperan sebagai pengguna teknologi informasi dan komunikasi, membuktikan bahwa kehidupan yang kita kerjakan tak pernah lepas dari peran teknologi dan informasi. Menghadapi keadaan yang seperti ini, kemajuan yang sering diartikan sebagai modernisasi menjanjikan kemampuan manusia untuk mengendalikan alam dan semua akses kehidupan melalui ilmu pengetahuan dan meningkatkan kesejahteraan melalui teknologi. Karena dengan ilmu pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi pula manusia dapat melakukan hal-hal yang sebelumnya belum pernah dibayangkan. Inilah contoh perubahan di berbagai bidang:
    1. Teknologi dalam bidang Perindustrian
    Perkembangan dunia teknologi informasi yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban manusia. Kegiatan komunikasi yang sebelumnya menuntut peralatan yang begitu rumit, kini relatif sudah digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis. Sistem kerja alat teknologi telah mengalihfungsikan tenaga otot manusia dengan pembesaran dan kecepatan yang menakjubkan. Jadi, saat ini manusia tidak lagi membutuhkan tenaga dan otot manusia sebagai perantara, karena sudah ada mesin yang menggantikan tenaga manusia. Yang sistem kerjanyapun tidak kalah cepat, bahkan lebih cepat dari penggunaan tenaga manusia. Dengan adanya mesin-mesin besar itu juga terdapat hal-hal yang negatif, yaitu lapangan pekerjaan yang semakin sempit yang menyebabkan pekerja yang dibutuhkan semakin sedikit karena sudah adanya mesin-mesin tersebut. Maka dari itu, persaingan lapangan pekerjaan di dunia semakin ketat. Karena pekerja-pekerja yang tadinya bekerja menggunakan tenaga sudah tidak dibutuhkan karena telah adanya mesin-mesin. Dengan seperti itu, otomatis pekerja yang dibutuhkan saat ini adalah pekerja-pekerja yang mampu bersaing dan mempunyai SDM yang tinggi yang akan bersaing untuk mendapatkan bidang dan pekerjaan yang lebih tinggi.

    2. Teknologi dalam bidang Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan
    Dalam berbagai informasi, para pelajar dapat mengakses informasi dunia dengan cepat dan mudah melalui internet. Sehingga mereka dapat menyadari bahwa dunia seakan berada di genggaman mereka. Suatu akses yang tentunya akan memperkaya para pelajar dengan segudang informasi. Bukan hanya itu, teknologi informasi dan komunikasi juga memiliki andil yang besar dalam hal sarana pembelajaran. Karena seperti yang kita ketahui bahwa teknologi informasi dan komunikasi kini telah masuk ke dalam kurikulum dunia pendidikan, suatu hal yang tentunya menjadi ajang peningkatan potensi pelajar. Selain itu dengan adanya sistem pendidikan yang berbasis pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi maka diharapkan pelajar-pelajar di negeri kita dapat bersaing dan mengejar ketertinggalan dari pelajar di negeri maju tanpa perlu kehilangan nilai-nilai kemanusian dan budaya yang kita miliki. Atau dengan kata lain, peserta didik di jenjang pendidikan dasar perlu diarahkan dan dibekali pendidikan teknologi guna menuju masyarakat yang ‘sadar teknologi’ yaitu bercirikan mampu mengenal, mengerti, memilih, menggunakan, memelihara, memperbaiki, menilai, menghasilkan produk teknologi sederhana, dan peduli terhadap masalah yang berkaitan dengan teknologi.

    3. Teknologi dalam bidang Pertanian
    Penerapan teknologi tepat guna dalam pertanian dan perubahan sosial masyarakat petani telah menciptakan cara dan sikap masyarakat petani dalam melakukan proses produksi pertanian. Secara tegas dikatakan bahwa teknologi tepat guna dalam pertanian yang diperkenalkan dipedesaan Jawa lebih banyak mengandalkan masukan modern dan membatasi tenaga kerja. Hanya saja pada masa selanjutnya, hal ini berbanding berbalik, yakni penerapan teknologi tepat guna dalam pertanian semakin menambah kesempatan kerja, utamanya bagi kaum buruh tani. Bentuk lain dari hasil analisa mengenai cara dan sikap masyarakat petani ini adalah bahwa teknologi meningkatkan alternatif kita, penerapan teknologi tepat guna dalam pertanian membawa cita-cita yang sebelumnya tak dapat dicapai ke dalam alam kemungkinan dan dapat mengubah kekuasaan relatif atau memudahkan menyadari nilai-nilai berbeda. Penerapan teknologi tepat guna dalam pertanian saat ini telah mampu membentuk alternatif-alternatif baru bagi masyarakat petani dalam melakukan proses produksi pertanian, serta menjadikan masyarakat petani untuk dapat selalu mengkondisikan alam.

    4. Teknologi dalam bidang Kesehatan
    Kemajuan teknologi di bidang kesehatan memang dapat memberikan banyak manfaat terutama dalam pemerataan akses dan informasi terhadap kesehatan, namun banyak juga pihak yang khawatir terhadap dampak buruk yang akan dapat ditimbulkan dari hal ini. Contohnya adalah berkembangnya teknologi tentang penyedia informasi kesehatan atau alat diagnosa kesehatan yang dapat digunakan sendiri akan membawa kekhawatiran terhadap eksistensi profesi dokter dan tenaga kesehatan lainnya di tengah-tengah masyarakat. Bagaimanapun teknologi tetaplah sebuah alat untuk kehidupan manusia, jika tidak bijak menggunakannya tetap akan membawa keburukan untuk kehidupan manusia.

    5. Teknologi dalam bidang Ekonomi dan Perbankan
    Saat ini telah banyak para pelaku ekonomi, khususnya di kota-kota besar yang tidak lagi menggunakan uang tunai dalam transaksi pembayarannya, tetapi telah memanfaatkan layanan perbankan modern. Untuk menunjang keberhasilan operasional sebuah lembaga keuangan/perbankan seperti bank, sudah pasti diperlukan sistem informasi yang handal yang dapat diakses dengan mudah oleh nasabahnya, yang pada akhirnya akan bergantung pada teknologi informasi online, sebagai contoh, seorang nasabah dapat menarik uang dimanapun dia berada selama masih ada layanan ATM dari bank tersebut, atau seorang nasabah dapat mengecek saldo dan mentransfer uang tersebut ke rekening yang lain hanya dalam hitungan menit saja, semua transaksi dapat dilakukan. Pengembangan teknologi dan infrastruktur telematika di Indonesia akan sangat membantu pengembangan industri di sektor keuangan ini, seperti perluasan cakupan usaha dengan membuka cabang-cabang di daerah, serta pertukaran informasi antara sesama perusahaan asuransi, broker, industri perbankan, serta lembaga pembiayaan lainnya. Institusi perbankan dan keuangan telah dipengaruhi dengan kuat oleh pengembangan produk dalam teknologi informasi, bahkan mereka tidak dapat beroperasi lagi tanpa adanya teknologi informasi tersebut. Sektor ini memerlukan pengembangan produk dalam teknologi informasi untuk memberikan jasa-jasa mereka kepada pelanggan mereka.

    Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pada era globalisasi yang semakin lama semakin modern ini, hampir setiap orang membutuhkan teknologi dan juga informasi. Dari seorang ibu rumah tangga, mahasiswa, para pekerja, dll. Ledakan teknologi dan komunikasi telah membuka babak baru bagi masyarakat untuk memperoleh informasi. Perkembangan dunia teknologi informasi yang sangat pesat membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan modernisasi manusia. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang telah kita capai saat ini benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Seperti yang kita ketahui bahwa di era yang serba modern seperti saat ini, peran teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari tentu sangat berpengaruh. Hal ini tidak terlepas dari aktivitas kita yang setiap kali membutuhkan teknologi informasi itu sendiri yang mampu menjawab tuntutan pekerjaan yang lebih cepat, mudah, murah, dan menghemat waktu.

    Suka

  12. Reblogged this on putriandamdewi12 and commented:

    Perubahan social terhadap ilmu teknologi itu karena perkembangan ilmu pengetahuan yang sangat pesat. Masyarakat dalam kehidupan pasti akan mengalami perubahan. Terkadang perubahan-perubahan yang terjadi berlangsung sangat cepat, sehingga membingungkn dan menimbulkan “kejutan budaya” dalam masyarakat.perubahan itu terjadi di beberapa aspek kehidupan, seperti contohnya: peralatan dan perlengkapan hidup, mata pencaharian, system kemasyarakatan, bahasa, kesenian, dan pengetahuan. Masuk ke dalam teknologi, teknologi adalah pengetahuan yang digunakan untuk membuat barang, menyediakan jasa serta meningkatkan cara dalam menangani sumber daya yang penting dan terbatas. Teknologi merupakan upaya manusia untuk membuat kehidupan lebih sejahtera,lebih baik, lebih enak dan lebih mudah.
    Dan ini merupakan beberapa teknologi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat zaman sekarang :
    1. Kenapa manusia butuh gadget?
    Karena dengan alata kecil yang mudah di genggam ini masyarakat sangat dimanjakan dengan kegunaannya. Gadget ini sangat besar fungsinya dan mudah untuk di akses. Dikota ini gadget bisa di dapat dengan mudah, maka dari itu masyarakat bisa mendapatkannya dan digunakan dimana saja. Masyarakat sudah terbiasa dengan gadget. Zaman sekarang orang beranggapan tanpa gadget mereka bukan apa-apa. Disisi lain gadget dulunya hanya orang-orang kalangan atas yang bisa memilikinnya tetapi sekarang dengan Harga gadget yang cukup murah dan bisa di cicil pembayarannya siapapun bisa memilikinya. Begitulah mengapa masyarakat bergantung dengan gadget.
    2. Televisi
    Dapat dipastikan masyarakat zaman sekarang dalam 1 rumah saja dapat memiliki 1 buah televisi. Walaupun, tidak semua rumah televisinya sudah yang modern. Televisi sudah menjadi teman hidup masyarakat karena menonton televisi sudah menjadi salah satu aktifitas keseharian mereka. Tanpa televisi masyarakat tidak dapat mengetahui informasi secara live. Walaupun disisi lain televisin juga memiliki efek negatife dari seperti tontonan sinetron yang tidak mendidik anak-anak. Begitulah masyarakat sudah bergantungan dengan tv
    3. Laptop
    Walaupun tidak semua masyarakat mempunyai alat teknologi satu ini, tetapi ada jalan lain yang bisa digunakan. Seperti contohnya warnet yang dapat membantu masyarakat mengakses internet jika tidak punya laptop. Laptop sangat berguna untuk membantu pekerjaan para pekerja dan membantu pelajar dalam menyelesaikan tugasnya. Zaman sekarang guru / dosen mengajar sudah menggunakan alat teknologi ini, berbeda dengan zaman dahulu yang hanya mengandalkan papan tulis dari kapur. Untuk memberi tugas kepada siswa / mahasiswa laptop sangat diperlukan karena dosen/ guru pasti melibatkan laptop agar siswa / mahasiswa lebih mudah dan cepat atau evisien dalam mengerjakannya. Tidak seperti zaman dulu yang harus menggunakan alat ketik dan menulis tangan dan memerlukan banyak kertas. Zaman sekarang dosen/ guru member tugas lewat email dan tanpa menggunakan kertas istilahnya (paperless). Begitulah ketergantungan masyarakat dengan alat teknologi ini.
    4. Modem/ internet
    Jaringan internet yang sangat diperlukan ini dan mudah dibawa bawa karena bentuknya yang sekarang sudah kecil memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Terutama untuk mengakses internet. Teknologi semakin pesat, hanya dengan membeli pulsa minimal 5 ribu saja satu hari bisa digunakkan untuk mengakses internet. Untuk Harga modem ini bisa dengan mudah didapat Karena sudah bisa di cicil pembeliannya. Internet tanpa modem bagai sayur tanpa garam. Karena tanpa modem kita tidak bisa mengakses internet. Begitulah mengapa modem sanat dibutuhkan. Walupun bisa sih dirumah-rumah makan atau mall menggunakan jaringan wi-fi dengan membeli makan disitu dan di tukar dengan password wi-fi yang langsung nyambung ke internet.

    5. Sosial media
    Jaringan sosial atau yang disebut dunia maya adalah salah satu kebutuhan masyarakat zaman sekarang. Laptop internet dan sosial media sangat beketergantungan. Seperti facebook, twitter, path, instagram, dan masih banyak lagi. Yang membuat kita bisa mengakses keberadaan kita ada dimana supaya orang lain mengetahuinya. Dan untuk meluapkan isi hati misalnya sosmed ini sangat dibutuhkan masyarakat. Karena tanpa sosmed khususnya kalangan remaja bisa dibilang mereka ‘’gak gaul’’ factor gengsi yang membuat mereka jadi butuh sosmed. Beda dengan zaman dulu yang tidak membutuhkan gadget. Yang mereka fikirkan hanya kerja dan beribadah.
    Itulah kegunaan sosmed dan masyarakat sangat ketergantungan dengan teknologi ini.

    Suka

  13. PERAN TEKNOLOGI GLOBALISASI DAN PERUBAHAN SOSIAL

    Teknologi
    Dalam arti ini dapat diketahui melalui barang-barang, benda-benda, atau alat-alat yang berhasil dibuat oleh manusia untuk memudahkan dan menggampangkan realisasi hidupnya di dalam dunia. Hal mana juga memperlihatkan tentang wujud dari karya cipta dan karya seni (Yunani techne) manusia selaku homo technicus. Dari sini muncullah istilah “teknologi”, yang berarti ilmu yang mempelajari tentang “techne” manusia. Tetapi pemahaman seperti itu baru memperlihatkan satu segi saja dari kandungan kata “teknologi”. Teknologi sebenarnya lebih dari sekedar penciptaan barang, benda atau alat dari manusia selaku homo technicus atau homo faber. Teknologi bahkan telah menjadi suatu sistem atau struktur dalam eksistensi manusia di dalam dunia. Teknologi bukan lagi sekedar sebagai suatu hasil dari daya cipta yang ada dalam kemampuan dan keunggulan manusia, tetapi ia bahkan telah menjadi suatu “dayapencipta” yang berdiri di luar kemampuan manusia, yang pada gilirannya kemudian membentuk dan menciptakan suatu komunitas manusia yang lain.

    Manusia dan teknologi adalah dua kata yang tak bisa dipisahkan pada era modern pada saat ini. Kita tahu bahwa perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini, seakan-akan memudahkan dan memanjakan manusia dalam menjalankan aktivitas kehidupannya. Hubungan manusia dan teknologi ini bisa temui disetiap aktivitas yang kita lakukan, Manusia tak akan pernah lepas dari sebuah Teknologi. Sehingga Teknologi saat ini, merupakan bagian dari kebutuhan pokok yang harus wajib dirasakan dan dinikmati manfaatnya, selain kebutuhan pokok seperti pangan, sandang, dan papan.
    berkembangnya Teknologi yang semakin pesat saat ini, hal itu tak lepas dari peranan manusia itu sendiri dalam menciptakan Teknologi-Teknologi yang Baru. Kebutuhan manusia akan sebuah teknologi baru guna memudahkan manusia dalam beraktivitas merupakan faktor utama terciptanya teknologi baru. Gaya konsumtif manusia terhadap sebuah teknologi yang sangat besar inilah, sehingga mendorong manusia-manusia itu sendiri untuk menciptakan alat teknologi baru. Oleh Karena atas dasar hal inilah, perkembangan teknologi baru merupakan simbol dari titik majunya peradaban manusia. Dan hal inilah yang juga menjadi faktor agar manusia dituntut untuk belajar dan memanfaatkan teknologi itu sendiri, jika ia tidak ingin dikatakan ketinggalan zaman.
    5 contoh “mengapa dan bagaimana bisa teknologimempengaruhi kehidupan manusia dan akhirnya bergantung pada teknologi tersebut :
    1. Membantu mempercepat pekerjaan manusia
    Dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, pekerjaan manusia akan menjadi lebih cepat dan mudah.Misalnya,proses membuat proposal yayasan sosial,apabila menggunakan mesin ketik,maka diperlukan waktu yang lama dengan keakuraatan yang rendah.Lain halnya apabila dikerjakan dengan menggunakan computer printer untuk mencetaknya,pekerjaan ini akan menjadi lebih cepat dan akurat untuk menyusun proposal yang akan dikerjakan.

    2. Mengirimkan komunikasi jarak jauh
    Sebelum adanya teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini,proses komunikasi masih bersifat analog.Untuk mengirikan kabar menuju keluarga yang letaknya jauh,harus menggunakan surat dengan waktu yang ditempuh 2 hari,itupun tidak sampai pada tujuan.Dengan teknologi sekarang bisa menggunakan sms atau e-mail dan lain sebagainnya yang merupakan teknologi informasi.Maka jarak yang jauh bukan menjadi hambatan komunikasi,walaupun relative singkat dengan kekuratan yang sangat terjamin.
    3. Mempermudah sistem Administrasi
    System informasi tanpa menggunakan bahan teknologi informasi dan komunikasi akan menjadi lambat dan membutuhkan tempat yang besar.Dalam hal ini,misalnnya untuk proses perhitungan KPU.Dalam hitungan jam saja,sudah bisa terhitung total suara dalam satu Negara.Betapa besar manfaat adanya teknologi ini.Bisa dibayangkan seandainya tidak ada teknologi ini,mungkin perlu waktu hingga berbulan-bulan lamanya kalau dihitung secara manual.
    4. Mempermudah proses transaksi keuangan
    Sebelum berkembanng teknologi informasi dan komuniksi,proses transaksi keuangan dilakukan secara konvesional.Nasabah Bank harus mendatangi Bank untuk bertransaksi,begitu pula apabila akan dilakukan transaksi jual beli,pihak pembeli harus bertemu dengan pihak penjual. Namun sekarang ini,proses transaksi sudah biasa. dilakukan bisa melalui ATM atau SMS E-Banking.
    5. Manusia menjadi malas beraktifitas
    Ini adalah dampak yang paling nyata yang dapat dirasakan,hampir setiap waktu,sepulang sekolah,siswa sekolah yang lebih banyak menghabiskan waktunya diinternet untuk bermain game online.Waktun untuk belajarpun berkurang maka orang tua harus bisa menjelaskan pada anaknya mengenai pembagian waktu belajar dan bermain.

    Di era globalisasi, teknologi informasi berperan sangat penting. Dengan menguasai teknologi dan informasi, kita memiliki modal yang cukup untuk menjadi pemenang dalam persaingan global.Kehidupan kita sekarang perlahan mulai berubah ,teknologi informasi sebagai bagian utama. Dan pada saat bersamaan juga menyebabkan perubahan struktural dalam kehidupan politik, kebudayaan, kehidupan sosial masyarakat.

    Perbedaan utama antara negara maju dan negara berkembang adalah kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemajuan yang pesat di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di negara-negara maju karena didukung oleh sistem informasi yang bagus. Sebaliknya, sistem informasi yang lemah di negara-negara berkembang mengakibatkan keterbelakangan dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Teknologi maju atau tidaknya di suatu negara sangat ditentukan oleh penguasaan terhadap informasi, karena informasi merupakan modal utama dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menjadi kemajuan pokok untuk membangun negara. Sehingga apabila satu negara ingin maju dan tetap eksis dalam persaingan global, maka negara tersebut harus menguasai informasi.
    Di era globalisasi dan informasi ini penguasaan terhadap informasi tidak cukup harnya sekedar menguasai, diperlukan kecepatan dan ketepatan. Sebab hampir tidak ada guna menguasai informasi yang telah usang, padahal perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat mengakibatkan usia informasi menjadi sangat pendek.Perkembangan teknologi informasi dan jaringan telekomunikasi yang sangat cepat dengan kapasitas besar memungkinkan manusia berkomunikasi dari mana saja di berbagai belahan dunia. Awalnya hanya bisa berkomunikasi dengan suara saja (telepon), sekarang telah mencakup multimedia: data, suara, gambar ,dan video secara cepat dan seketika (on-line). manusia dapat berkomunikasi kapan saja, dimana saja, seketika dan dengan cara yang mudah dan murah.
    Dampak yang paling kontras dirasakan dikalangan masyarakat ialah perubahan gaya hidup dan pola tingkah laku yang menuntut masyarakat bersikap serba instant sehingga menyebabkan terjadi pergeseran nilai-nilai budaya dalam kehidupan masyarakat. Media massa mempengaruhi gaya hidup masyarakat untuk menjadi serupa dengan apa yang disajikan oleh media. Sadar atau tidak masyarakat pun masuk kedalamnya bahkan menuntut lebih dari itu. Kehadiran media massa dirasakan lebih berpengaruh terhadap generasi muda yang sedang berada dalam tahap pencarian jati diri.Informasi-informasi yang diterima dari media tersebut mempengaruhi kehidupan sosial budaya suatu masyarakat baik dalam persepsi sikap serta perilaku hidupnya.

    Suka

  14. Mengapa dan bagaimana bisa mempengaruhi kehidupan manusia dan akhirnya manusia bergantung pada teknologi itu?
    Karena di era globalisasi saat ini setiap manusia ingin semuanya dapat dilakukan secara instant dan cepat agar menghemat waktu . maka dari itu teknologi hadir sebagai solusi untuk kehidupan manusia di era globalisasi ini . dan secara tidak sadar teknologi telah membuat gaya hidup manusia di era globalisasi ini menjadi ketergantungan terhadap teknologi itu sendiri . bayangkan saja bila di era globalisasi ini ada manusia yang belum mengenal teknologi . maka ia akan kalah bersaing dengan individu-individu yang sudah mengerti banyak tentang teknologi . oleh sebab itu kita harus dapat menerima perkembangan teknologi yang terjadi di era globalisasi ini. Salah satu teknologi yang paling berkembang pesat adalah teknologi informasi dan komunikasi . teknologi informasi dan komunikasi di era globalisasi kini sudah sangat canggih. Berikut saya akan memberikan contoh-contohnya.
    5 contoh tekonologi informasi dan komunikasi yang membuat manusia menjadi ketergantungan
    1. Handphone Di kehidupan sehari-hari
    Hampir semua manusia yang bangun tidur lalu akan melakukan aktivitas seperti sekolah, bekerja ,kuliah dll ,pasti mereka akan membawa alat komunikasi . alat komunikasi yang mereka bawa rata-rata adala handphone. setiap hari mereka selalu membawa handphone . alasannya karena handphone di masa kini tidak hanya untuk melakukan komunikasi namun juga untuk browsing, mencari tempat melalui maps dll. tidak jarang dari mereka yang bila akan melakukan aktivitas namun ketika dijalan ia lupa membawa handphone maka ia akan kembali kerumah untuk mengambil handphonenya yang tertinggal . hal ini pasti sering kita temui bahkan kita alami sendiri dalam kehidupan sehari -hari. Karena secara tidak sadar handphone telah membuat kita menjadi ketergantungan terhadapnya di kehidupan sehari-hari.

    2. Televisi

    Di era kini hamper setiap manusia dirumahnya pasti memiliki televise karena televisi bisa menjadi berbagai macam fungsi contontohya : sebagai informasi, hiburan, dll. sebagai informasi , contohnya adalah ketika kita sebagai manusia ingin mengetahui apa yang sedang terjadi di masyarakat maka kita otomatis akan menonton berita di televise .sebagai hiburan ,contohnya adalah ketika manusia selesai melakukan aktivitasnya yang sehari-hari dilakukan maka ia butuh hiburan maka manusia itu akan menonton acara seperti sinetron, kartun, acara-acara sport dll untuk menjernihkan kembali pikirannya setelah capek seharian beraktivitas.

    3. Power bank

    Di kehidupan sehari-hari hamper setiap manusia mebawa power bank untuk beraktivitas, hal tersebut bertujuan agar ketika gadget mereka baterai-nya akan habis , mereka tidak perlu mencari colokan di dinding-dinding lagi. karena sudah memiliki power bank , alat ini sangat membantu manusia karena ketika baterai gadget nya habis tinggal colok dengan kabel yang telah disambungkan dari power bank ke gadget mereka . sehingga gadget mereka akan men-charge dengan otomatis dan gadget dapat digunakan kembali untuk informasi dan komunikasi di kehidupan sehari-hari .

    4. Internet
    Internet sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari –hari , tidak hanya di kalangan pelajar dan mahasiswa namun juga dikalangan pengusaha dan lain-lain . mengapa internet dibutuhkan?, karena internet dapat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari seperti membantu belajar, membantu mencari tugas, dan juga sebagai komunikasi jarak jauh . membantu dalam belajar ,contohnya adalah ketika hal yang tidak dimengerti oleh siswa dari apa yang dijelaskan gurunya di sekolah mereka dapat mencari di internet hal yang tidak mereka mengerti tadi. Membantu mencari tugas, contohnya adalah ketika guru memberi tugas kepada siswa maka siwa harus mengerjakan,namun terkadang tugas yang diberikan guru ada yang tidak dimengerti oleh siswa , maka dari itu siswa bisa langsung mencarinya di internet tenteang tugas apa yang mereka tidak mengerti. Sebagi alat komunikasi jarak jauh , contohnya adalah ketika kita dengan keluarga kita berada berbeda tempat seperti beda kota, beda Negara ataupun beda rumah, kita bisa menggunakan internet sebagai alat untuk menjalin komunikasi dengan keluarga . dengan menggunakan media social seperti facebook, skype, twitter, yahoo messenger , dan masih banyak lagi.
    5. Game online
    Di era kini kebanyakan anak –anak sudah tidak mau lagi bermain permainan tradisional seperti main gundu, lompat tali dan lain-lain . mereka lebih senang bermain permainan online di warnet. hal ini sangat membahayakan bagi mereka , karena game online mereka lupa belajar, lupa sekolah, lupa beribadah dan lain-lain, maka dari itu ini menjadi perhatian khusus kepada para orang tua untuk membimbing anaknya agar tidak terlalu kecanduan game online.

    Di era globalisasi ini memang perkembangan teknologi dan perubahan sosial semakin cepat terjadi , namun kita harus bisa menyikapinya dengan cara yang bijak . hali ini bertujuan agar kita tidak terlalu berpengaruh terhadap teknologi dan bisa menghadapi perubahan sosial yang terjadi.

    Suka

  15. pembahasan kali ini adalah bagaimana ilmu pngetahuan sangat lah berpengaruh dalam perubahan sosial, sebelum saya beri 5 contoh saya akan berbicara tentang Di era globalisasi, teknologi informasi berperan sangat penting. Dengan menguasai teknologi dan informasi, kita memiliki modal yang cukup untuk menjadi pemenang dalam persaingan global.
    Kehidupan kita sekarang perlahan mulai berubah dari dulunya era industri berubah menjadi era informasi di balik pengaruh majunya era globalisasi dan informatika menjadikan komputer, internet dan pesatnya perkembangan teknologi informasi sebagai bagian utama. Aktifitas network globalisasi ekonomi yang disebabkan oleh kemajuan dari teknologi informasi bukan hanya mengubah pola produktivitas ekonomi tetapi juga meningkatkan tingkat produktivitas. Dan pada saat bersamaan juga menyebabkan perubahan struktural dalam kehidupan politik, kebudayaan, kehidupan sosial masyarakat dan juga konsep waktu dalam dalam berbagai lapisan masyarakat.

    1.PENDIDIKAN
    Dari pandangan para ahli bahwa dengan masuknya pengaruh globalisasi, pendidikan masa depan akan lebih bersifat terbuka dan dua arah, beragam, serta terkait pada produktivitas kerja “saat itu juga” dan kompetitif. Adapun kecenderungan dunia pendidikan di Indonesia di masa mendatang adalah:
    1). Berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance Learning). Kemudahan untuk menyelenggarakan pendidikan terbuka dan jarak jauh telah menjadi perhatian pemerintah sebagai strategi utama.
    2). Sharing resources antar lembaga pendidikan/latihan dalam sebuah jaringan.
    3). Perpustakaan dan instrumen pendidikan lainnya seperti guru dan laboratorium akan berubah fungsi menjadi sumber informasi.

    2.KESEHATAN
    Komputer banyak berperan membantu di dunia kesehatan antara lain :
    – adminstrasi
    – obat-obatan
    – penyakit → diagnostik, terapi, perawatan (monitoring status pasien)
    – Penelitian
    Pelayanan kesehatan berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) komputer, atau yang biasa disebut sebagai e-Health, tengah mendapat banyak perhatian dunia. Terutama disebabkan oleh janji dan peluang bahwa teknologi mampu meningkatkan kualitas kehidupan manusia. Tulisan ini mencoba mengulas bagaimana sebenarnya e-Health tersebut dan bagaimana implikasi teknologi dalam meningkatkan pelayanan kesehatan.
    Pengertian e-Health sendiri secara luas dapat bermakna bidang pengetahuan baru yang merupakan persilangan dari informasi medis, kesehatan public, dan usaha, berkaitan dengan jasa pelayanan dan informasi kesehatan yang dipertukarkan atau ditingkatkan melalui saluran internet dan teknologi berkaitan dengannya. Dalam pengertian lebih luas, e-Health dapat diartikan sebagai tidak hanya pengembangan teknologi pelayanan kesehatan, namun juga mencakup pengembangan sikap, perilaku, komitmen, dan tata cara berpikir untuk mengembangkan pelayanan kesehatan dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.

    3.TRANSPORTASI
    Pada transportasi darat di kota-kota besar dunia, sistem komputer digunakan untuk membantu mengarahkan lalu lintas. Komputer dapat menentukan apakah lampu harus berwarna merah, kuning, atau hijau tergantung pada keadaan lalu lintas.
    Demikian juga pengaturan lalu lintas kereta untuk menentukan jalur yang harus dilalui kereta sehingga mengurangi resiko kecelakaan.
    Sistem navigasi kapal but sangat terbantu oleh adanya komputer dan satelit navigasi sehingga arah dan tujuan kapal dapat ditentukan secara tepat.
    Seperti halnya transportasi laut, transportasi udara sangat membutuhkan bantuan sistem komputer. Sistem komputer yang ada di ruang pilot digunakan untuk mengendalikan pesawat. Mulai dari lepas landas, saat terbang, sampai saat pendaratan. Dengan sistem komputer, pilot dapat mengatur kendali pesawat, menentukan posisi pesawat, menghitung ketinggian, mengatur kecepatan, mengetahui bahan bakar, bahkan mendeteksi secara dini keadaan cuaca yang dapat membahayakan pesawat terbang.

    4.INDUSTRI
    Dalam bidang industri, komputer telah digunakan untuk mengendalikan mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi, misalnya Computer Numerical Control (CNC) pengawasan numerik atau perhitungan, Computer Aided Manufacture (CAM), Computer Aided Design (CAD), yaitu industri untuk merancang bentuk (desain) sebuah produk yang akan dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik.

    5.KEPOLISIAN
    Kepolisian menggunakan teknologi informasi untuk melakukan berbagai aktifitas. Contoh yang umum adalah pemanfaatan teknologi informasi untuk membuat SIM. Dengan menggunakan teknologi informasi, yang melibatkan komputer, kamera digital, perekam sidik jari, dan pencetak kartu SIM, dimungkinkan untuk membuat SIM hanya dalam waktu singkat.

    Suka

  16. Setiap masyarakat pasti selalu mengalami perubahan,perubahan-perubahan tersebut dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan sosial yang ada.Dimana manusia selalu tidak puas dengan yang telah dicapainya.Sebagai salah satu contoh perubahan yaitu teknologi dan informasi.Kemajuan teknologi memang tidak dapat kita hindari dalam kehidupan ini,karena pada dasarnya kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan.Pola pikir untuk menguasai teknologi inilah yang memacu manusia berlomba-lomba dalam mencapai segala keperluan dengan mudah dan sepraktis mungkin.Dampak dari mengusai teknologi ini ada yang negative dan positif.Bagi manusia yang bisa memanfaatkan teknologi secara positif tentu bisa memberikan manfat bagi dirinya dan orang lain.Namun bagi manusia yang memanfatkan teknologi secara negative tentu saja merugikan banyak pihak.Dengan majunya teknologi dari tahun ke tahun semakin membuat sempitnya lowongan pekerjaan,sehingga peran manusia tergantikan oleh mesin.
    5 contoh kasus yang mempengaruhi manusia bergantung pada teknologi yaitu :
    1.Internet
    Internet memang tidak dapat dipisahkan dari peradaban manusia.Sekarang ini kita tidak bisa lepas pada teknologi ini,karena dari internet kita dapat mencari informasi,mencari tugas,mendapat berita,dll.Ada beberapa hal yang bisa merubah masyarakat dari internert misalnya dunia usaha,dunia pendidikan,dunia perindusttrian,dll.Internet juga bisa membuat para penggunanya ketergantungan,namun saat ini internet banyak dijadikan sebagai tindak kejahatan contohnya menipu seseorang melalui chat.
    2.Teknologi dibidang perbankkan
    Sebelum era globalisasi kirim-mengirim menjadi hal yang tabu bagi manusia,dikarenakan proses kirim-mengirim yang memakan waktu lama yang diharuskan menggunakan jasa pos.Kini dengan adanya uang elektronik(ATM,kartu kredit,debit,card,dll).Dengan adanya teknologi ini sekarang manusia lebih mudah untuk mengirim uang.Bahkan sekarang melalui handphone juga bisa untuk mengirim uang dengan hanya beberapa menit saja.
    3.Teknologi dibidang pertanian
    Pertanian merupakan sumber pendapatan mayoritas Indonesia.Negara Indonesia adalah Negara agraris yang mayoritas penduduknya bekerja di sector pertanain.Kemajuan teknologi dibidang pertanian mempunnyai dampak negative dan positif.Pengolahan lahan yang luas membuat para petani membutuhkan waktu yang lama tanpa adanya teknologi.Namun adanya teknologi petani akan lebih cepat mengerjakan lahan pertaniannya contohnya menggunakan traktor.Dahulu para petani membajak menggunakan kerbau sehingga memakan waktu yang lama,namun dengan adanya trakor petani bisa menyelesaikan lahannya dengan waktu yang cepat.Namun seiring berjalannya waktu kondisi tanah semakin berubah tidak sama dengan zaman dulu.Jika dulu para petani menyiram tanamannya menggunakan pupuk kompas, sekarang harus menyiram dengan pestisida karena kemajuan teknologi.Namun pestisida menempel dibuah dan apabila buah itu dikonsumsi secara rutin akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan
    4.Smartphone
    Smartphone bisa dikatakan sebagai asisten pribadi.Bahkan jika si pengguna ini sudah asyik dengan smartphonenya bisa melupakan segala hal yang sedang ia lakukan atau membuat ketergantungan bagi dirinya,dikarenakan alat ini dapat menyimpan data-data penting baik hal bisnis atau hal pengingat bagi yang memilikinya.Smartphone dapat memasukan aplikasi bagi keperluan chat,telepon,email,media sosial dan hiburan.Kemajuan teknologi ini begitu banyak diminati oleh masyarakat dari mulai kalangan atas hingga kalangan bawah.Berbagai jenis dan tipe smarphone dari mulai harga mahal dan harga murah sudah banyak yang menjualnya.Hal ini sangat sudah jelas mempengaruhi budaya masyarakat.Disamping itu smartphone mampu memudahkan pengguna dalam bertukar informasi kepada masing-masing individu.Meskipun teknologi ini banyak membawa dampak positif bagi kehidupan sosial,namun ada juga dampak negatifnya yaitu menurunnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya.
    5.Televisi
    Teknologi ini memang sangat berperan penting bagi kehidupan manusia sosial.Selain penghibur televisi juga bisa memberikan kita informasi.Namun terkadang banyak acara tv yang tidak penting,yang menimbulkan ketergantungan dan lupa akan segala hal.Contohnya sinetron,tidak hanya kalangan ibu-ibu yang menyukai sinetron sekarang anak-anak usia 5 tahun pun sudah menyukai sinetron yang menurut mereka sinetron itu asik dan para pemainnya cantik&ganteng.Akan tetapi sinetron ini banyak memberikan contoh yang tidak baik bagi penontonnya,misalkan mengajarkan anak SMA/SMP berpacaran disekolah.

    Suka

  17. Reblogged this on dendyanugrahputra228 and commented:
    masyarakaat butuh perubahan sosial karna ingin ada perubahan dari sebelumnya yang lebih baik,dan mengangkat drajat atau nama. suatu proses pergeseran atau berubahnya struktur/tatanan didalam masyarakat, meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan penghidupan yang lebih bermartabat. Zaman sekarang semua berhubungan dengan teknologi yang modern baik dalam berkomunikasi memberi informasi mauapun bidang budaya. Teknologi penting di berbagai unsur secara pendidikan , ekonomi , politik, budaya dan lain- lain
    menurut” William F.Ogburn mengemukakan bahwa “ruang lingkup perubahan-perubahan sosial meliputi unsur-unsur kebudayaan baik yang material maupun yang immaterial, yang ditekankan adalah pengaruh besar unsur-unsur kebudayaan material terhadap unsur-unsur immaterial”.

    Dan masyarakaat gengsi atau malu jika tidak ada perubahan dalam aspek apapun dari lawan atau pesaing yang menunjukan social yang baik dan masyaraakat harus sigap dalam suatu informasi atau peluang lebih cepat dari lawan atau pesaing dalam menjalankan hidup yang semakin keras dengan kemajuan jaman yang modern yang sangat berpengaruh dalam kehidupan kedepannya
    5. contoh mempengaruhi kehidupan manusia dan akhirnya bergantung pada teknologi itu
    1. barang elektronik contoh laptop dan computer membantu aktifitas manusia dalam bekerja dalam mengetik yang lebih modern dari zaman sebelumnya contohnya zaman dahulu kita mengetik di mesin ketik yang kuno dan sekarang dengan zaman yang modern mengetik lebih cepat dan baik melalui computer atau laptop yang memiliki estetika yang lebih baik dari pada mesin ketik.
    2. internet kumpulan-kumpulan informasi yang sudah tersusun rapih untuk mempermudah atau membantu masyarakaat mencari informasi yang dicari. Dan tidak susah susah lagi mencari informasi ke tempatnya langsung maupun mencari informasi dalam negeri maupun luar negeri dan berpengaruh besar kepada wawasan pengetahuan masyarakaat. Contohnya google,yahoo dan lain lain
    3. handphone alat berkomunikasi secara instant melalui pesan atau suara maupun jarak jauh ataupun jarak dekat .manusia tidak bisa lepas dari handphone karna memberi segalanya akses kemudahan yaitu media social facebook,line,twitter dan lain lain untuk memberi pesan yang bertujuan kepada orang terkait.
    4. televisi dan radio membantu memberi informasi maupun informasi suara atau gambar yang actual dalam melihat berita maupun hiburan kepada masyarakaat dalam kehidupan sehari-hari maupun berita baik dan berita tidak baik secara langsung maupun lewat televisi atau radio dan di hiburan memberi motivasi atau inovatif dalam kehidupan sehari- hari bagi masyarakaat dan menyenangkan hati masyarakaat.di zaman dulu televisi gambarnya hitam putih dengan kemajuan teknologi kini sekarang televisi berwarna dan radio kini sudah tersebar luas ke wilayah Indonesia dulu radio Cuma mencakup satu wilayah.
    5. kehidupan sehari- hari kini semua sudah rata-rata sudah memakai teknologi tidak susah seperti dulu mencari informasi harus lewat mulut ke mulut kini sekarang sudah canggih. Contohnya manusia ingin membeli keperluan tidak usah ke toko tersebut cukup lewat online kini lebih cepat dan mudah praktis ,dan kini mengakses jalan tol sekarang di permudah karna adanya e toll card tidak usah ngantri lagi cukup mengeluarkan kartu langsung di diteksi ,dan transaksi bank tidak mesti langsung ke bank cukup sms e bengking proses transaksi terleksana. Dan bepergian atau mudik melawati titik macet sekarang ada gps yaitu alat alternative jalan yang tidak kena titik macet proses jalan lebih cepat ke tujuan masyarakaat.

    Suka

  18. Setiap masyarakat manusia selama hidup nya pasti mengalami perubahan-perubahan. Perubahan bisa berkaitan dengan nilai-nilai sosial, pola prilaku, organisasi, lembaga kemasyarakatan, lapisan dalam masyarakat atau kekuasaan dan lain-lain. Penyebab perubahan itu sendiri pun beragam. Salah satu penyebab perubahan sosial adalah teknologi.
    Teknologi yang berkembang dengan pesat meliputi berbagai bidang kehidupan manusia. Masa sekarang nampaknya sulit memisahkan kehidupan manusia dengan teknologi, bahkan sudah merupakan kebutuhan manusia. Awal perkembangan teknologi yang sebelumnya merupakan bagian dari ilmu atau bergantung dari ilmu, sekarang ilmu dapat pula bergantung pada teknologi.
    Contohnya dengan berkembang pesatnya teknologi komputer dan teknologi satelit ruang angkasa, maka di peroleh pengetahuan baru dari hasil kerja kedua produk teknologi tersebut. Luasnya bidang teknologi, digambarkan oleh Ellul sebagai berikut :
    1. Teknologi meliputi bidang ekonomi, artinya teknologi mampu menghasilkan barang-barang industri. Dengan teknologi, mampu mengkonsentrasikan kapital sehingga terjadi sentralisasi ekonomi. Bahkan ilmu ekonomi sendiri terserap oleh teknologi.
    2. Teknologi meliputi bidang organisasional seperti administrasi, pemerintahan, manajemen, hukun dan militer. Contohnya dalam organisasi negara, bagi seorang teknik negara hanyalah merupakan ruan lingkup untuk aplikasi alat-alat yang dihasilkan teknik. Negara tidak sepenuhnya bermakna sebagai ekspresi kehendak rakyat., tetapi dianggap perusahaan yang harus memberikan jasa dan di buat berfungsi secara efisien. Negara tidak lagi berurusan dengan keadilan sosial sebagai tumpuannya, melainkan menurut ahli teknik negara harus menggunakan teknologi secara efisien.
    3. Teknologi meliputi bidang manusiawi, seperti pendidikan, kerja, olahraga, hiburan dan obat-obatan. Teknologi telah menguasai seluruh sektor kehidupan manusia, manusia semakin harus beradaptasi dengan dunia teknologi dan tidak ada lagi unsur pribadi manusia bebas dari pengaruh teknologi. Pada masyarakat teknolgoi, ada tendesi bahwa kemajuan adalah suatu proses dehumanisasi secara perlahan-lahan sampai akhirnya manusia takluk pada teknologi.
    Teknologi dapat mempengaruhi perubahan sosial. Ini terlihat dari kondisi kehidupan manusia saat ini. Manusia pada saat ini telah begitu jauh dipengaruhi oleh teknologi. Contoh kasus nya adalah sebagai berikut :
    1. Teknologi memberikan kemudahan dalam bekerja
    Manusia melebur dengan mekanisme teknologi, sehingga waktu manusia dan pekerjaanya mengalami pergeseran. Peleburan manusia dengan teknologi, menuntut kualitas dari manusia, tetapi manusia sendiri tidak hadir di dalamnya atau pekerjaannya. Contoh pada sistem industri, ban berjalan,mesin tetap bekerja sedangkan seorang buruh meskipun sakit atau lelah ataupun ada berita duka bahwa anak nya sedang sekarat di rumah sakit,tetapi dia tetap harus bekerja, mungkin pekerjaan itu tidak dapat ditinggalkan sebab akan membuat macet garis produksi dan upah bagi temannya. Keadaan tertekan demikian akan menghilangkan nilai-nilai sosial dan tidak manusiawi lagi. Dalam kondisi seperti ini lah teknologi diperlukan, dan pekerjaan tidak terganggu serta masih dapat berjalan seperti biasa.

    2. Teknologi dalam peran pendidikan
    Di sekolah saat ini bergantung pada teknologi informasi dan komunikasi yang mana posisi nya dapat menambah ilmu pengetahuan. Dulu di sekolah sumber ilmu hanya bisa di dapat dari guru yang mengajar, metode pengajarannya pun masih sederhana berbatas buku dan papan hitam bertuliskan kapur. Tidak efisien secara tenaga dan biaya.Siswa pun akan bosan dan mengantuk. Sekarang dengan menggunakan layar proyektor, pengajar bisa membuat sebuah presentasi yang dapat diulang-ulang dipresentasikan tanpa perlu menulis lagi. Dengan adanya gambar-gambar dan warna-warna cerah menjadikan siswa lebih mudah memahami.

    3. Teknologi merubah waktu dan ruang gerak manusia
    Pengaruh teknologi dalam perubahan sosial di masyarakat salah satunya adalah mempengaruhi perubahan waktu dan gerak manusia. Sebelumnya waktu di atur dan diukur sesuai kebutuhan dan peristwa-perstiwa dalam hidup manusia, sifatnya alamiah dan konkrit. Tetapi sekarang waktu menjadi suatu yang abstrak dengan pembagian jam, menit, dan detik. Saat ini manusia dalam hal makan atau tidur tidak lagi di atur oleh rasa lapar atau mengantuk tetapi lebih di atur oleh jam. Waktu hanya mempunyai kuantitas belaka tidak ada nilai kualitas manusiawi atau sosial, sehingga irama kehidupan harus tunduk kepada waktu yang rela tidak rela harus mengorbankan waktu-waktu kebersamaan kepada keluarga maupun teman-teman. Contohnya, saat sedang berkumpul keluarga, seorang ayah lebih sibuk dengan laptop nya, ibu lebih asik dengan siaran gosip di televisi, kakak lebih seru mengobrol dengan teman-temannya melalui sosial media dan adik lebih konsentrasi dengan game yang ada pada gadget nya. Terbukti di sini jika kualitas teknologi secara tidak sadar menjauhkan yang dekat dan medekatkan yang jauh.

    4. Teknologi memberikan kecepatan informasi dan komunikasi.
    Akibat teknologi, manusia membentuk masyarakat massa, artinya masyarakat saat ini sangat tergantung pada internet. Internet merupakan media massa yang menyajikan informasi secara efisien dan cepat. Inilah yang dibutuhkan manusia pada masa sekarang ini. Dikantor, dirumah, bahkan dilingkungan sekolah membutuhkan peranan internet. Contohnya gadget. Gadget sangat mempengaruhi perubahan sosial saat ini.Selain untuk kemudahan berkomunikasi, fungsinya saat ini adalah sebagai life style. Bahkan ada benar nya jika ada yang berpendapat bahwa harga gadget lebih mahal dari pada harga sebuah nyawa. Ini nyata ketika ada seorang anak rela bunuh diri demi mengancam orang tua nya agar di belikan gadget model terbaru. Atau seorang teman akan membunuh temannya sendiri demi memiliki gadget temannya.Teknologi dapat merubah pandang arti sebuah nyawa.

    5. Teknologi memberikan kehidupan yang sehat dan seimbang.
    Teknologi memberikan kepada manusia suatu kehidupan yang sehat dan seimbang, bebas dari tekanan-tekanan. Contoh nya peralatan operasi di rumah sakit, pendeteksi jantung dan lain sebagainya. Pengetahuan tentang obat-obatan yang dapat menyembuhkan. Hal ini tidak dapat ditolak oleh para manusia dikarenakan kita membutuhkannya ketika sakit.

    Berdasarkan uraian contoh kasus diatas dapat kita simpulkan bahwa dalam era modern saat ini sulit rasanya jika kita tidak tergantung pada teknologi sedangkan semua yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari selalu menyangkut pada teknologi itu sendiri.Kita hanya perlu bijak dalam menggunakan teknologi dan cukup pintar untuk tidak menggunakannya untuk hal-hal yang negatif. Dan sebagai makhluk hidup yang memiliki akal dan pengetahuan mau tidak mau kita harus menghadapi perubahan. Karena pada dasarnya perubahan itu tidak dapat dihilangkan dan satu-satunya yang tidak dapat berubah adalah perubahan itu sendiri.

    Suka

  19. Reblogged this on sarahsiregar and commented:

    Setiap masyarakat dalam kehidupannya pasti mengalami perubahan-perubahan. Berdasarkan sifatnya, perubahan yang terjadi bukan hanya menuju ke arah kemajuan, namun dapat juga menuju ke arah kemunduran. Perubahan sosial yang terjadi memang telah ada sejak zaman dahulu. Ada kalanya perubahan-perubahan yang terjadi berlangsung demikian cepatnya, sehingga membingungkan manusia yang menghadapinya.

    Samuel Koenig mengatakan bahwa “perubahan sosial menunjukkan pada modifikasi-modifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia”. Definisi lain adalah dari Selo Soemardjan. Rumusannya adalah “segala perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan didalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk didalamnya nila-nilai, sikapdan pola perilaku diantara kelompok-kelompok dalam masyarakat”.

    Teknologi Informasi diyakini sebagai alat pengubah. Sejarah membuktikan evolusi teknologi selalu terjadi sebagai tujuan atas hasil upaya keras para jenius yang pada gilirannya temuan teknologi tersebut diaplikasikan untuk memperoleh kemudahan dalam aktivitas kehidupan dan selanjutnya memperoleh manfaat dari padanya. Dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat sangat mempengaruhi pola hidup masyarakat.

    5 Contoh Teknologi Informasi yang mengakibatkan Perubahan Sosial :

    1. Internet
    Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu Negara ke Negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. Internet merupakan sebuah program yang terdapat di dalam komputer yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh data yang ada di data yang ada berbagai macam situs atau web. Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan seiring dengan perkmbangan zaman, handphone masa kini juga bisa digunakan untuk browsing dan akses internet. Internet sangat diperlukan bagi kehidupan manusia, mengapa? Karna Informasi-informasi yang ada di Internet sangatlah lengkap. Dari informasi yang penting. Dari informasi Bisnis sampai informasi Pendidikan juga tersedia didalam Internet. Jadi, pengaruh Internet dalam hidup manusia itu sangatlah besar, sangatlah diperlukan, dan sangatlah bermanfaat.

    2. Gadget
    Di kalangan masyarakat, mempunyai Gadget sudah menjadi hal biasa. Bisa dikatakan 99% masyarakat Indonesia sudah mempunyai Gadget masing-masing. Gadget adalah alat Teknologi masa kini yang sangat praktis dan sangat dibutuhkan bagi setiap pemiliknya. Harga untuk Gadget itu sendiri bervariasi, ada yang memang murah, tapi fungsinya tak jauh beda untuk Gadget yang harganya lebih mahal. Bentuknya juga bervariasi, dari yang pas masuk kantong sampai yang lebih besar sehingga hanya bisa disimpan di dalam tas. Fungsi Gadget sangatlah di nomor satukan bagi pemilik. Sehingga Gadget sangat diperlukan bagi manusia. Baik yang hanya untuk mengirim pesan, telfon, sampai yang bisa di gunakan untuk mengakses internet.

    3. Sosial Media
    Sosial Media seperti Facebook, Twitter, Path, Instagram, maupun Yahoo sudah tidak asing lagi di kalangan anak muda masa kini. Sosial media sudah menjadi bagian dari aktivitas mereka. Sosial media juga penting keberadaan nya bagi masyarakat. Masyarakat yang ingin membuat bisnis kecil-kecilan pasti sangat membutuhkan Sosial Media sebagai ajang Promosi barang/apapun yang mereka jual. Bisnis yang disebut Online Shop ini adalah bisnis yang rata-rata di kelola oleh anak muda. Sehingga anak muda masa kini pasti mengetahui keberadaan Sosial Media dan apa kegunaan/fungsinya.

    4. Televisi
    Media satu ini memang sudah tidak asing di kalangan anak muda, orang tua, maupun anak kecil. Media ini juga memberikan informasi dan juga hiburan. Walaupun ada beberapa acara Tv yang memang tidak patut ditonton untuk anak muda dan anak kecil, Televisi sudah menjadi bagian bagi satu keluarga dalam satu rumah. Sehingga membuat Manusia menanggap media ini sangat dibutuhkan dalam hidupnya.

    5. Laptop/Komputer
    Komputer dan laptop memiliki perbedaan, namun secara fungsi laptop dan komputer memiliki banyak persamaan dan persamaan secara umum adalah seperti internet yaitu memudahkan aktivitas sehari-hari. Pada dahulu kala laptop masih dianggap barang yang mewah, karena memang pada masa itu laptop masih jarang dimiliki oleh seseorang dan komputer atau pc sudah lumayan banyak yang menggunakannya. Laptop di indonesia untuk masa sekarang ini memang sudah menjadi hal yang umum, karena laptop diperlukan dan bukan sekedar di inginkan. Bagi pembisnis dan pelajar, laptop pasti sangat diperlukan. Contohnya Membantu Menyelesaikan Pekerjaan Lebih Cepat, Flexibel, Ladang Uang Baru, dan hiburan.

    Suka

  20. Reblogged this on okthavianiiwiseso and commented:

    PERAN TEKNOLOGI GLOBALISASI DAN PERUBAHAN SOSIAL

    Menurut Saya….

    Teknologi
    Dalam arti ini dapat diketahui melalui barang-barang, benda-benda, atau alat-alat yang berhasil dibuat oleh manusia untuk memudahkan dan menggampangkan realisasi hidupnya di dalam dunia. Hal mana juga memperlihatkan tentang wujud dari karya cipta dan karya seni (Yunani techne) manusia selaku homo technicus. Dari sini muncullah istilah “teknologi”, yang berarti ilmu yang mempelajari tentang “techne” manusia. Tetapi pemahaman seperti itu baru memperlihatkan satu segi saja dari kandungan kata “teknologi”. Teknologi sebenarnya lebih dari sekedar penciptaan barang, benda atau alat dari manusia selaku homo technicus atau homo faber. Teknologi bahkan telah menjadi suatu sistem atau struktur dalam eksistensi manusia di dalam dunia. Teknologi bukan lagi sekedar sebagai suatu hasil dari daya cipta yang ada dalam kemampuan dan keunggulan manusia, tetapi ia bahkan telah menjadi suatu “dayapencipta” yang berdiri di luar kemampuan manusia, yang pada gilirannya kemudian membentuk dan menciptakan suatu komunitas manusia yang lain.

    Manusia dan teknologi adalah dua kata yang tak bisa dipisahkan pada era modern pada saat ini. Kita tahu bahwa perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini, seakan-akan memudahkan dan memanjakan manusia dalam menjalankan aktivitas kehidupannya. Hubungan manusia dan teknologi ini bisa temui disetiap aktivitas yang kita lakukan, Manusia tak akan pernah lepas dari sebuah Teknologi. Sehingga Teknologi saat ini, merupakan bagian dari kebutuhan pokok yang harus wajib dirasakan dan dinikmati manfaatnya, selain kebutuhan pokok seperti pangan, sandang, dan papan.
    berkembangnya Teknologi yang semakin pesat saat ini, hal itu tak lepas dari peranan manusia itu sendiri dalam menciptakan Teknologi-Teknologi yang Baru. Kebutuhan manusia akan sebuah teknologi baru guna memudahkan manusia dalam beraktivitas merupakan faktor utama terciptanya teknologi baru. Gaya konsumtif manusia terhadap sebuah teknologi yang sangat besar inilah, sehingga mendorong manusia-manusia itu sendiri untuk menciptakan alat teknologi baru. Oleh Karena atas dasar hal inilah, perkembangan teknologi baru merupakan simbol dari titik majunya peradaban manusia. Dan hal inilah yang juga menjadi faktor agar manusia dituntut untuk belajar dan memanfaatkan teknologi itu sendiri, jika ia tidak ingin dikatakan ketinggalan zaman.
    5 contoh “mengapa dan bagaimana bisa teknologimempengaruhi kehidupan manusia dan akhirnya bergantung pada teknologi tersebut :
    1. Membantu mempercepat pekerjaan manusia
    Dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, pekerjaan manusia akan menjadi lebih cepat dan mudah.Misalnya,proses membuat proposal yayasan sosial,apabila menggunakan mesin ketik,maka diperlukan waktu yang lama dengan keakuraatan yang rendah.Lain halnya apabila dikerjakan dengan menggunakan computer printer untuk mencetaknya,pekerjaan ini akan menjadi lebih cepat dan akurat untuk menyusun proposal yang akan dikerjakan.

    2. Mengirimkan komunikasi jarak jauh
    Sebelum adanya teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini,proses komunikasi masih bersifat analog.Untuk mengirikan kabar menuju keluarga yang letaknya jauh,harus menggunakan surat dengan waktu yang ditempuh 2 hari,itupun tidak sampai pada tujuan.Dengan teknologi sekarang bisa menggunakan sms atau e-mail dan lain sebagainnya yang merupakan teknologi informasi.Maka jarak yang jauh bukan menjadi hambatan komunikasi,walaupun relative singkat dengan kekuratan yang sangat terjamin.
    3. Mempermudah sistem Administrasi
    System informasi tanpa menggunakan bahan teknologi informasi dan komunikasi akan menjadi lambat dan membutuhkan tempat yang besar.Dalam hal ini,misalnnya untuk proses perhitungan KPU.Dalam hitungan jam saja,sudah bisa terhitung total suara dalam satu Negara.Betapa besar manfaat adanya teknologi ini.Bisa dibayangkan seandainya tidak ada teknologi ini,mungkin perlu waktu hingga berbulan-bulan lamanya kalau dihitung secara manual.
    4. Mempermudah proses transaksi keuangan
    Sebelum berkembanng teknologi informasi dan komuniksi,proses transaksi keuangan dilakukan secara konvesional.Nasabah Bank harus mendatangi Bank untuk bertransaksi,begitu pula apabila akan dilakukan transaksi jual beli,pihak pembeli harus bertemu dengan pihak penjual. Namun sekarang ini,proses transaksi sudah biasa. dilakukan bisa melalui ATM atau SMS E-Banking.
    5. Manusia menjadi malas beraktifitas
    Ini adalah dampak yang paling nyata yang dapat dirasakan,hampir setiap waktu,sepulang sekolah,siswa sekolah yang lebih banyak menghabiskan waktunya diinternet untuk bermain game online.Waktun untuk belajarpun berkurang maka orang tua harus bisa menjelaskan pada anaknya mengenai pembagian waktu belajar dan bermain.

    Di era globalisasi, teknologi informasi berperan sangat penting. Dengan menguasai teknologi dan informasi, kita memiliki modal yang cukup untuk menjadi pemenang dalam persaingan global.Kehidupan kita sekarang perlahan mulai berubah ,teknologi informasi sebagai bagian utama. Dan pada saat bersamaan juga menyebabkan perubahan struktural dalam kehidupan politik, kebudayaan, kehidupan sosial masyarakat.

    Perbedaan utama antara negara maju dan negara berkembang adalah kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemajuan yang pesat di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di negara-negara maju karena didukung oleh sistem informasi yang bagus. Sebaliknya, sistem informasi yang lemah di negara-negara berkembang mengakibatkan keterbelakangan dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Teknologi maju atau tidaknya di suatu negara sangat ditentukan oleh penguasaan terhadap informasi, karena informasi merupakan modal utama dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menjadi kemajuan pokok untuk membangun negara. Sehingga apabila satu negara ingin maju dan tetap eksis dalam persaingan global, maka negara tersebut harus menguasai informasi.
    Di era globalisasi dan informasi ini penguasaan terhadap informasi tidak cukup harnya sekedar menguasai, diperlukan kecepatan dan ketepatan. Sebab hampir tidak ada guna menguasai informasi yang telah usang, padahal perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat mengakibatkan usia informasi menjadi sangat pendek.Perkembangan teknologi informasi dan jaringan telekomunikasi yang sangat cepat dengan kapasitas besar memungkinkan manusia berkomunikasi dari mana saja di berbagai belahan dunia. Awalnya hanya bisa berkomunikasi dengan suara saja (telepon), sekarang telah mencakup multimedia: data, suara, gambar ,dan video secara cepat dan seketika (on-line). manusia dapat berkomunikasi kapan saja, dimana saja, seketika dan dengan cara yang mudah dan murah.
    Dampak yang paling kontras dirasakan dikalangan masyarakat ialah perubahan gaya hidup dan pola tingkah laku yang menuntut masyarakat bersikap serba instant sehingga menyebabkan terjadi pergeseran nilai-nilai budaya dalam kehidupan masyarakat. Media massa mempengaruhi gaya hidup masyarakat untuk menjadi serupa dengan apa yang disajikan oleh media. Sadar atau tidak masyarakat pun masuk kedalamnya bahkan menuntut lebih dari itu. Kehadiran media massa dirasakan lebih berpengaruh terhadap generasi muda yang sedang berada dalam tahap pencarian jati diri.Informasi-informasi yang diterima dari media tersebut mempengaruhi kehidupan sosial budaya suatu masyarakat baik dalam persepsi sikap serta perilaku hidupnya.

    Suka

  21. Reblogged this on alvisptsr and commented:

    Mengapa dan bagaimana bisa mempengaruhi kehidupan manusia dan akhirnya bergantung pada teknologi itu? Karena menurut mereka teknologi memudahkan mereka untuk melakukan pekerjaannya. Kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Berbagai informasi yang terjadi di berbagai penjuru dunia dapat langsung kita ketahui berkat kecanggihan teknologi. Tentu kemajuan teknologi itu menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan umat manusia dengan segala peradaban dan kebudayaan. Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar, khususnya untuk anak remaja. Saat ini dapat kita lihat betapa kemajuan teknologi telah mempengaruhi gaya hidup dan pola pikir masyarakat. Kalau dulu kita lihat para siswa/i bersekolah hanya membawa alat tulis atau bawa buku pelajaran, kini kita dapat lihat para siswa/i bersekolah membawa Handphone, bahkan anak SD pun membawanya.
    Kemajuan teknologi seperti televisi, Telepon, Handphone, bahkan internet bukan hanya melanda masyarakat kota, namun juga telah dapat dinikmati oleh masyarakat dipelosok-pelosok desa. dan diakui atau tidak, perlahan-lahan mulai mengubah pola pemikiran masyarakat khususnya masyarakat pedesaan dengan segala image yang menjadi ciri khas mereka.
    5 Contoh “Mengapa dan bagaimana bisa mempengaruhi kehidupan manusia dan akhirnya bergantung pada teknologi itu” ialah;
    1. Dalam berkomunikasi
    Mempunyai handphone bukanlah hal yang salah, karena dengan handphone kita dapat berkomunikasi dengan siapa saja. Banyak sekali handphone keluaran terbaru yang membuat semua orang menginginkannya namun mereka tak mampu membelinya karena harganya yang sangat mahal. Ini memberikan dampak negatif kejiwaan seseorang. Apalagi di zaman sekarang, banyak anak-anak yang seharusnya bermain mainan tradisional, malah anak sekarang udah bisa menggunakan handphone yang semakin canggih dan harganya mahal pula. Kalau sudah begini bisa-bisa masyarakat terkena gangguan kejiwaan dan akan membawa dampak negatif. Seperti; Strees yang tinggi, pencurian, hutang dimana-mana akibat untuk membeli handphone yang terrlalu mahal Cuma untuk “BERGAYA/PAMER”
    2. Internet
    Internet sekarang ini merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari peradaban manusia. Contohnya: internet memudahkan kita mencari tugas, referensi, mencari teman bahkan informasi-informasi. Internet juga membantu orang untuk mencari rezeki dengan membuat Online Shop.
    3. Komputer
    Komputer sangat cocok saat kita bekerja dengan angka-angka. Salah satunya penggunaan awal komputer adalah menghitung, baik penjumlahan, pengurangan, pembagian, matriks, mengerjakan rumus, diferensiasi, dan lain-lain. Komputer dapat dengan cepat dan akurat menghitung kembali ratusan rumus dalam satu waktu. Bahkan komputer mampu mengelola angka-angka menjadi grafik yang cukup memakan waktu bila dikerjakan tanpa komputer.
    4. Dalam bidang ekonomi
    Dalam perekonomian suatu negara, teknologi informasi mulai dirasa mempunyai peran yang cukup penting dalam perekonomian suatu negara. Saat sekarang ini jarak dan waktu bukanlah sebagai masalah yang berarti untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, berbagai alat diciptakan untuk memfasiilitasinya. Dampaknya adalah pertumbuhan ekonomi yang semakin canggih, produktifitas dunia industri semakin meningkat dan lain-lain.
    5. Dalam bidang pendidikan
    Dalam bidang pendidikan, teknologi informasi dan komunikasi banyak memiliki peranan. Teknologi informasi menyebabkan ilmu pengetahuan yang kian berkembang dan berkembang. Contohnya: Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan, inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan, sisteme pembelajaran tidak harus melalui tatap muka, dan lain-lain.
    Sebenarnya masih banyak lagi mengapa dan bagaimana manusia bergantung pada teknologi, uraian diatas hanya sebagian kecilnya saja.

    Suka

  22. Setiap masyarakat dalam kehidupannya pasti mengalami perubahan-perubahan. Berdasarkan sifatnya, perubahan yang terjadi bukan hanya menuju ke arah kemajuan, namun dapat juga menuju ke arah kemunduran. Perubahan sosial yang terjadi memang telah ada sejak zaman dahulu. Ada kalanya perubahan-perubahan yang terjadi berlangsung demikian cepatnya, sehingga membingungkan manusia yang menghadapinya.

    Samuel Koenig mengatakan bahwa “perubahan sosial menunjukkan pada modifikasi-modifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia”. Definisi lain adalah dari Selo Soemardjan. Rumusannya adalah “segala perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan didalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk didalamnya nila-nilai, sikapdan pola perilaku diantara kelompok-kelompok dalam masyarakat”.

    Teknologi Informasi diyakini sebagai alat pengubah. Sejarah membuktikan evolusi teknologi selalu terjadi sebagai tujuan atas hasil upaya keras para jenius yang pada gilirannya temuan teknologi tersebut diaplikasikan untuk memperoleh kemudahan dalam aktivitas kehidupan dan selanjutnya memperoleh manfaat dari padanya. Dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat sangat mempengaruhi pola hidup masyarakat.

    5 Contoh Teknologi Informasi yang mengakibatkan Perubahan Sosial :

    1. Internet
    Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu Negara ke Negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. Internet merupakan sebuah program yang terdapat di dalam komputer yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh data yang ada di data yang ada berbagai macam situs atau web. Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan seiring dengan perkmbangan zaman, handphone masa kini juga bisa digunakan untuk browsing dan akses internet. Internet sangat diperlukan bagi kehidupan manusia, mengapa? Karna Informasi-informasi yang ada di Internet sangatlah lengkap. Dari informasi yang penting. Dari informasi Bisnis sampai informasi Pendidikan juga tersedia didalam Internet. Jadi, pengaruh Internet dalam hidup manusia itu sangatlah besar, sangatlah diperlukan, dan sangatlah bermanfaat.

    2. Gadget
    Di kalangan masyarakat, mempunyai Gadget sudah menjadi hal biasa. Bisa dikatakan 99% masyarakat Indonesia sudah mempunyai Gadget masing-masing. Gadget adalah alat Teknologi masa kini yang sangat praktis dan sangat dibutuhkan bagi setiap pemiliknya. Harga untuk Gadget itu sendiri bervariasi, ada yang memang murah, tapi fungsinya tak jauh beda untuk Gadget yang harganya lebih mahal. Bentuknya juga bervariasi, dari yang pas masuk kantong sampai yang lebih besar sehingga hanya bisa disimpan di dalam tas. Fungsi Gadget sangatlah di nomor satukan bagi pemilik. Sehingga Gadget sangat diperlukan bagi manusia. Baik yang hanya untuk mengirim pesan, telfon, sampai yang bisa di gunakan untuk mengakses internet.

    3. Sosial Media
    Sosial Media seperti Facebook, Twitter, Path, Instagram, maupun Yahoo sudah tidak asing lagi di kalangan anak muda masa kini. Sosial media sudah menjadi bagian dari aktivitas mereka. Sosial media juga penting keberadaan nya bagi masyarakat. Masyarakat yang ingin membuat bisnis kecil-kecilan pasti sangat membutuhkan Sosial Media sebagai ajang Promosi barang/apapun yang mereka jual. Bisnis yang disebut Online Shop ini adalah bisnis yang rata-rata di kelola oleh anak muda. Sehingga anak muda masa kini pasti mengetahui keberadaan Sosial Media dan apa kegunaan/fungsinya.

    4. Televisi
    Media satu ini memang sudah tidak asing di kalangan anak muda, orang tua, maupun anak kecil. Media ini juga memberikan informasi dan juga hiburan. Walaupun ada beberapa acara Tv yang memang tidak patut ditonton untuk anak muda dan anak kecil, Televisi sudah menjadi bagian bagi satu keluarga dalam satu rumah. Sehingga membuat Manusia menanggap media ini sangat dibutuhkan dalam hidupnya.

    5. Laptop/Komputer
    Komputer dan laptop memiliki perbedaan, namun secara fungsi laptop dan komputer memiliki banyak persamaan dan persamaan secara umum adalah seperti internet yaitu memudahkan aktivitas sehari-hari. Pada dahulu kala laptop masih dianggap barang yang mewah, karena memang pada masa itu laptop masih jarang dimiliki oleh seseorang dan komputer atau pc sudah lumayan banyak yang menggunakannya. Laptop di indonesia untuk masa sekarang ini memang sudah menjadi hal yang umum, karena laptop diperlukan dan bukan sekedar di inginkan. Bagi pembisnis dan pelajar, laptop pasti sangat diperlukan. Contohnya Membantu Menyelesaikan Pekerjaan Lebih Cepat, Flexibel, Ladang Uang Baru, dan hiburan.

    Suka

  23. Reblogged this on vikrido and commented:

    Perubahan sosial secara umum dapat diartikan sebagai suatu proses pergeseran atau berubahnya struktur/tatanan didalam masyarakat, meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan penghidupan yang lebih bermartabat.Teori dan Pengertian Perubahan Sosial

    Pada dasarnya setiap masyarakat yang ada di muka bumi ini dalam hidupnya dapat dipastikan akan mengalami apa yang dinamakan dengan perubahan-perubahan. Adanya perubahan-perubahan tersebut akan dapat diketahui bila kita melakukan suatu perbanding­an dengan menelaah suatu masyarakat pada masa tertentu yang kemudian kita bandingkan dengan keadaan masyarakat pada waktu yang lampau. Perubahan-perubahan yang terjadi di dalam masyarakat,pada dasarnya merupakan suatu proses yang terus menerus, ini berarti bahwa setiap masyarakat pada kenyataannya akan mengalami perubahan-peru­bahan.

    Tetapi perubahan yang terjadi antara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lain tidak selalu sama. Hal ini dikarenakan adanya suatu masyarakat yang meng­alami perubahan yang lebih cepat bila dibandingkan dengan masyarakat lainnya. Perubahan tersebut dapat berupa perubahan-perubahan yang tidak menonjol atau tidak menampakkan adanya suatu perubahan. Juga terdapat adanya perubahan-perubahan yang memiliki pengaruh luas maupun terbatas. Di samping itu ada juga perubahan-perubahan yang prosesnya lambat, dan perubahan yang berlangsung dengan cepat.

    1. Televisi

    nilai sopan santun terhadap orang yang lebih tua/sesama, cara berpenampilan, sikap dan berprilaku (akhlaq seseorang ), juga menimbulkan kemalasan, dan lupa waktu yang diakibatkan.
    dengan tayangan – tayangan yang ditontonkan banyak membuat perebuhan gaya hidup manusia meniru budaya-budaya yang ditampilkan, yang umumnya banyak menampilkan budaya orang-orang barat, seperti berpacaran, genk berandal, sopan santun yang sudah tidak sesuai etika, bahkan hingga pergaulan bebas, dll.

    2. Munculnya Playstation dan Game elektronik lainnya

    Terkuburnya permainan-permainan tradisional, berkurangnya tingkat kretivitas pada anak-anak, malas belajar, ketergantungan, lupa waktu, bolos sekolah, hilangnya sopan santun, taruhan, bahkan hingga mencuri atau membajak orang mungkin diatas hanya sebagian dari teknologi yang merubah nilai etika tradisonal

    3. Munculnya Media Sosial

    sebelum adanya teknologi informasi dan komunikasi seperti sekarang saat ini, proses komunikasi terguntuk menganggu oleh jarak. Kirim kabar ke keluarga yang letaknya jauh. harus menggunakan surat dengan waktu tempuh lebih dari 3 hari dan itu pun terkadang tidak sampai pada tujuan. dengan pesat nya kemajuan teknologi informasi, muncul lah media sosial seperti Line, BBM, Whatsapp dan lain lainnya yang mempermudah proses komunikasi walaupun dengan jarak yang sangatlah jauh. karna medsos, banyak anak muda jaman sekarang yang tidak bisa jauh dari Smartphone dan gadget nya. karna bagi mereka “HP ku, nyawa ku”

    4. Internet

    Internet sekarang ini merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari peradaban manusia. Contohnya sekarang ini,kita sangat bergantung pada tehnologi ini.Apapun kita bisa lakukan di internet,misalnya: cari tugas, cari teman, baca berita di internet, liat tv bisa di internet, bahkan kejahatan pun sekarang bisa lewat internet. Begitulah manfaat internet. Tergantung dari penggunanya itu sendiri yang menggunakan internet untuk apa. untuk mencari bahan-bahan tugas,referensi,pertemanan,informasi-informasi yang dapat menambah pengetahuan, bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain, kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan. karena kemudahan yang di berikan oleh “internet” ini lah yang membuat manusia menjadi ketergantungan kepada teknologi informasi ini.

    5. Munculnya alat bantu menghitung

    malas menghitung dalam hal ini dikarenakan mereka lebih menyukai menghitung yang praktis yaitu dengan kalkulator. Karena membantu mereka lebih mudah dalam proses penghitungan. apalagi sekarang kalkulator terdapat di gadget, smartphone dan alat teknologi lainnya.

    Banyak dampak positif dari Teknologi Informasi, namun karna banyak nya dampak positif itu lah yang membuat manusia merasa “di manja” dan terjadilah ketergantungan terhadap kehidupan manusia.

    Suka

  24. Reblogged this on nuranisyaam and commented:
    Nama : Nur Anisya Amelia
    NIM : 44114210020
    Mengapa dan bagaimana bisa teknologi mempengaruhi bahkan membuat manusia menggantungkan kehidupannya?
    Jaman dahulu, teknologi belum di anggap penting oleh kebanyakan orang. Tetapi dengan adanya perkembangan zaman, teknologi semakin berkembang dan berkembang hingga sekarang setiap orang menjadi sangat memerlukan atau ketergantungan oleh teknologi. Contoh sederhana seperti dulu, jika kita pergi ke suatu tempat tanpa membawa handphone, tidak akan menjadi masalah besar. Tetapi sekarang, kita lebih memilih tidak membawa dompet dari pada tidak membawa handphone. Lalu contoh yang kedua, jaman dulu kita mencari berita dari koran, radio, dan televisi. Tetapi sekarang, segala sesuatu bisa kita cari di media baru yaitu internet.
    Ledakan teknologi informasi dan komunikasi ini tersebut menimbulkan banyak dampak. Ada dampak positive dan negative-nya. Di teknologi informasi sendiri dampaknya di antara lain:
    – Positive:
    Dengan adanya new media atau internet, kita bisa mengetahui segala sesuatu dengan mudah bermodalkan handphone atau laptop yang telah terhubung dengan internet. Dari mulai berita, ilmu pengetahuan, bisnis, hingga mencari lapangan pekerjaan akan menjadi sangat mudah. Kita dapat memperbarui pengetahuan kita lewat internet. Kita bisa belajar masak dengan melihat tutorial di youtube misalnya, atau juga update tentang berita dunia politik di detikcom atau kompas misalnya. Semua bisa di permudah dengan perkembangan teknologi ini.
    – Negative:
    Dengan adanya new media yang terlalu luas dan terkesan bebas, maka akan mudah timbulnya hal hal negative. Seperti misalnya pornografi atau pornomedia, penipuan, dan juga tindakan kriminal lainnya. Akan sangat di khawatirkan untuk anak anak atau remaja yang masih di bawah umur untuk menggunakan media baru ini. Karena akan di kwatirkan akan merusak moral si anak tersebut. Butuh pengawasan dan bimbingan dari orang tua agar internet dapat di gunakan sebagaimana semestinya. Jika di lihat dari sisi budaya, bila kita tidak dapat mempertahankan dan memegang teguh adat istiadat kebudayaan kita, budaya barat akan dengan kilat dapat mempengaruhi kita. Seperti gaya hidup yang berhura hura, gaya berpakaian dan lain lain yang bertolak belakang dengan budaya Indonesia.
    Sedangkan di teknologi komunikasi, dampaknya antara lain:
    – Positive:
    Teknologi komunikasi berkembang sangat pesat, yang bermula dari berkomunikasi hanya dengan komunikasi langsung, dengan surat, telegram, hingga sekarang sudah menemukan handphone. sekarang komunikasi sudah sangatlah mudah. Berkomunikasi dengan saudara saudara yang berbeda daerah ataupun bahkan berbeda negara, dari mulai hanya mendengarkan suara, hinggal bisa bertatapan langsung atau video call. Semuanya sudah sangat mudah berkat adanya perkembangan teknologi komunikasi yang sangat pesat.
    – Negative:
    Dengan adanya ledakan teknologi komunikasi, banyak dampak negative yang di timbulkan. Contohnya seperti, “yang jauh terjangkau, yang dekat di lupakan”. Kejadian ini sering terjadi. Karena ada kemudahan untuk berkomunikasi dengan media internet, kita manjadi “ketagihan” dengan hal tersebut sampai semua yang di dekat kita menjadi terbengkalai. Contoh yang kedua, terjadinya kesalah gunaan media internet. Seperti penculikan seorang gadis oleh seorang teman baru nya yang hanya berkenalan di facebook.
    5 contoh “mengapa dan bagaimana bisa mempengaruhi kehidupan manusia dan akhirnya bergantung pada teknologi itu”,menurut saya, ialah:
    1. Di bidang teknologi. Sebuah komputer di zaman dulu adalah barang yang termasuk mewah karena harganya yang mahal dan juga bentuknya yang sangat besar. Dengan perkembangan zaman dan berkembangnya teknologi, karena komputer sangat di perlukan untuk mempermudah pekerjaan manusia, maka sekarang di desing-lah komputer dengan bentuknya yang semakin kecil, dan harganya juga sudah lumayan murah. Bahkan di ciptakan komputer yang bisa di bawa kemana pun.
    2. Perubahan cara atau proses interkasi sosial. Dahulu orang berbicara atau bersosialisasi dengan cara interaksi langsung, dan dengan adanya perkembangnya teknologi komunikasi, orang orang menjadi berinteraksi dengan media, dan mulai meninggalkan komunikasi langsung.
    3. Perkembangan teknologi komunikasi yang dulu hanya berkomunikasi dengan menggunakan surat, lalu berkembang menggunakan telegram, hingga sekarang menggunakan handphone yang makin mempermudah manusia untuk berkomunikasi.
    4. Di bidang industri, dulu orang orang yang membajak sawah menggunakan sapi, dengan adanya perkembangan teknologi dan di ciptakannya traktor untuk membajak sawah. Tujuannya untuk mempersingkat waktu pekerjaan dan menghemat energi sang petani.
    5. Di bidang kesehatan. Penyakit penyakit yang dulu belum di temukan obatnya, dengan adanya perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih, akan di temukan jalan keluar pengobatannya.

    Suka

  25. Reblogged this on assyfaramadani and commented:
    Perubahan sosial yang terjadi dalam proses lambat, dalam waktu yang cukup lama dan tanpa ada kehendak tertentu dari masyarakat yang bersangkutan. Perubahan-perubahan ini berlangsung mengikuti kondisi perkembangan masyarakat, yaitu sejalan dengan usaha-usaha masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Dengan kata lain, perubahan sosialter jadi karena dorongan dari usaha-usaha masyarakat guna menyesuaikan diri terhadap kebutuhan-kebutuhan hidupnya dengan perkembangan masyarakat pada waktu tertentu. Contoh, perubahan sosial dari masyarakat berburu menuju kemasyarakat meramu.
    Definisi dan pengertian tentang perubahan sosial menurut para ahli diantaranya adalah sebagai berikut :
    Gillin
    Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi sebagai suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima karena adanya perubahan kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun adanya difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.

    Emile Durkheim
    Perubahan sosial terjadi sebagai hasil dari faktor-faktor ekologis dan demografis, yang mengubah kehidupan masyarakat dari kondisi tradisional yang diikat solidaritas mekanistik, ke dalam kondisi masyarakat modern yang diikat oleh solidaritas organistik.

    Kingsley Davis
    Perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat

    Mac Iver
    Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi dalam hubungan sosial (social relation) atau perubahan terhadap keseimbangan (ekuilibrium) hubungan sosial

    William F. Ogburn
    Perubahan sosial adalah perubahan yang mencakup unsur-unsur kebudayaan baik material maupun immaterial yang menekankan adanya pengaruh besar dari unsur-unsur kebudayaan material terhadap unsur-unsur immaterial

    Raja
    Perubahan sosial adalah segala perubahan pada lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang memengaruhi suatu sistem sosial.

    1. industri
    Revolusi industri membuat perubahan besar-besaran pada kehidupan sosial masyarakat. Mulai dari ketimpangan antara industri dengan agrikultur, banyaknya pengangguran, munculnya gerakan sosialis, rendahnya kesejahteraan buruh, dll.
    2. kesenian
    Kesenian bisa saja berubah atau tergantikan seiring perkembangan zaman. Saat ini, banyak kesenian di Indonesia yang mulai punah karena anak bangsa tidak suka dengan kesenian tersebut. Bahkan mereka lebih suka mempelajari kesenian asing dengan alasan trendy. Namun, masih banyak kesenian populer Indonesia yang masih bisa bertahan sampai sekarang.
    3. bahasa daerah
    Indonesia memiliki banyak sekali bahasa daerah. Namun, banyak juga bahasa yang mulai punah. Itu mungkin disebabkan karena mereka lebih berminat untuk menggunakan Bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dibandingkan bahasa daerahnya sendiri. Itu mungkin karena bahasa tersebut jangkauan komunikasinya lebih luas dibandingkan bahasa daerahnya yang cenderung hanya dimengerti oleh anggota masyarakat di daerah tersebut.
    4. masuknya budaya barat
    Budaya di Indonesia telah banyak tercampur dengan budaya asing. Itu mungkin disebakan karena kebudayaan itu lebih menyenangkan dibandingkan budayanya sendiri. Seperti budaya hari Valentine dan pesta ulang tahun. Sebenarnya budaya asli Indonesia telah memiliki budaya yang mirip dengan budaya tadi. Namun, budaya tersebut terkadang dianggap kurang meriah. Contoh perubahan besar lainnya adalah penggunaan komputer dan alat-alat teknologi sebagai pengganti buku untuk mencari tugas. Hal itu disebabkan oleh kemudahan menggunakan alat-alat teknologi tersebut
    5. cara berkomunikasi
    Perubahan pada cara berkomunikasi bisa terjadi. Beberapa tahun lalu kita masih menggunakan surat untuk berkomunikasi jarak jauh dan sekarang, dengan menggunakan jejaring sosial atau alat komunikasi, seseorang bisa berkomunikasi dengan cepat dan praktis.
    Itulah contoh perubahan sosial budaya yang terjadi pada masyarakat. Semua masyarakat pasti saja akan mengalami perubahan sosial budaya. Namun, perubahan tersebut umumnya tidak dirasakan atau tidak terjadi pada masyarakat terpencil.
    6. pertanian
    Pertanian di Indonesia semakin menurun. Banyak petani yang menjual lahan pertaniannya. Penyebabnya bermacam-macam. Mulai dari hasil panen yang tidak seberapa bahkan seringkali gagal panen, kebutuhan yang semakin kompleks dan mahal, hingga tergiur dengan upah yang didapat oleh para tenaga kerja di kota. Masyarakat juga lebih suka membeli hasil pertanian di swalayan sehingga petani lokal merugi.
    7. pakaian
    Perubahan mode pakaian pada masyarakat bisa saja terjadi. Dahulu semua masyarakat menggunakan pakaian adat khasnya. Namun, seiring dengan kemajuan dari perkembangan masyarakat tersebut membuat sedikit demi sedikit anggota masyarakat mulai meninggalkan pakaian adatnya dan menggunakan pakaian yang menjadi trend di daerah itu. Seperti contoh, sekarang adalah jamannya demam Korea. Bagi penggemar beratnya, mereka selalu mencari dan menggunakan pakaian yang biasa digunakan orang Korea. Namun, masyarakat tetap tidak meninggalkan pakaian adat mereka dan tetap menggunakannya dalam acara tertentu. Seperti pakaian adat Bali yang digunakan setiap kali mereka sembahyang di pura.

    Suka

  26. Reblogged this on nonyherbiana's Blog and commented:
    Menurut saya, perubahan social dari teknologi ialah suatu proses di dalam masyarakat meliputi proses pola piker yang efektif, inovatif dan sikap agar mendapatkan kehidupan social yang yang lebih bermatabat. Karena disuatu kehidupan mengalami perubahan kehidupan fenomenal kebagian belahan dunia lain dengan cepatnya dan efektif karena di dukung oleh komunikasi yang canggih dan modern. Dari sisi kepercayaan yang kuat pada ilmu teknologi sebagai sarana untuk masyarakat dapat di pelajari dan di tingkatkan dalam kegiatan keterampilan, pendidikan dan kejuruan hidup seseorang.
    Perkembangan teknologi. Dari perkembangan teknologi yang dari masa dulu hingga sekarang menjadi lebih canggih dan modern, contohnya ingin berkomunikasi. Komunikasi yang dulunya hanya bisa ngirim surat melalui kantor pos atau hanya bisa bertemu secara langsung, sekarang semakin canggih karena sekarang sudah bisa mengobrol melalui handphone yaitu dengan cara sms ataupun untuk menelpon. Namun dari perubahan kehidupan yang modern, ada yang lebih canggih lagi seperti ; computer, laptop, jejaring social, mobil, pesawat terbang, dan hingga semua alat teknologi yang semakin memudahkan kehidupan manusia.
    Dampak negative dan dampak positif dari teknologi : dari kehidupan bermasyarakat perkembangan teknologi semakin besar saat ini. Namun sangat di khawatirkan dampak negative nya sangat berpengaruh pada perilaku di kehidupan masyarakat. Di karenakan cepat dalam teknologi informasi yang merubah kebudayaan masyarakat di Indonesia. Perubahan teknologi informasi memiliki dampak pola mengubahnya kehidupan masyarakat secara sadar ataupun tidak sadar nya karena kebudayaan daerah akan semakin lenyap dari masyarakat. Namun masyarakat itu sendiri yang tidak mengembangkan nya di kebudayaan yang ada di Indonesia, walaupun dari perubahan ini memiliki dampak positif dan juga negative. Memang dari perkembangan teknologi ini kita bisa belajar hal-hal yang positif seperti mencari informasi apa saja yang kita ketahui, tetapi menurut saya dari dampak negative nya itu dari kalangan para remaja yang dimana mereka sangat meniru kebudayaan orang barat. Jika terus menerus tetap dibiarkan saja, maka generasi akan rusak dan rasa tidak kepedulian dalam kebudayaan kita sendiri akan berkurang. Namun jangan terlalu cenderung juga akan dampak negate-negatifnya, selagi kita tidak menyalahgunakan nya makan akan bermanfaat apa yang kita pelajari dari perkembangan teknologi ini dikehidupan kita.
    Manfaat teknologi di kehidupan bermasyarakat ialah memberikan berbagai kemudahan ; perkembangan teknologi mampu membantu manusia dalam beraktifitas yang berhubungan dengan perindustrian dan informasi. Mempermudah meluasnya informasi untuk manusia ; informasi adalah hal yang penting untuk manusia, dulu berbagai informasi yang kita dapat dengan harus membaca koran atau buku untuk mendapatkan informasi nya. Namun sekarang kegiatan hal seperti itu sudah di tinggalkan atau sudah berkurang. Mereka sekarang lebih senang mencari informasi melalui media internet yang menyediakan banyak informasi dan mempercepat waktu, hal itu membuat lebih efisien. Melakukan kehidupan manusia ke bisnis online ; hal ini banyak sering terjadi di kehidupan sekarang dengan menjalankan bisnis melalui internet. Dari promosi berbagai iklan-iklan dari Indonesia maupun dari luar negeri banyak masyarakat bersaing melakukan bisnis online ini di internet. Dari cara menjalankan nya si penjual memasarkan produknya secara online ke internet dan pembelinya pun di dapat melalui internet. Dari bisnis online ini bisa memberi untung yang sangat besar kepada yang menjalankannya, karena bisnis ini bisa menekan harga cukup besar kepada pembeli nya. Dari tujuan bisnis ini agar mendapatkan untung penghasilan, bisa membangun komunitas, dan berkomunikasi saling kenal. Dan menurut saya perubahan social ini selalu terjadi terus menerus, perubahan ini terjadi karena di inginkan atau dampak teknologi dan komunkasi terbukti mengubah tatanan social. Dampak dari perubahan ini bersifat positif menjadikan factor yang awalnya jadi semula dan terus menerus menjadi tujuan agar dapat berguna bagi masyarakat. Fenomena semacam ini atau dukungan semua masyarakat dan yang menggunakannya agar mereka yang tidak punya kemampuan teknologi bisa berkesempatan belajar untuk memanfaatkannya. Dari perubahan social ini bisa terkendali, sehingga dari dampak negatifnya ada perlindungan/diblock bagi pengguna dari tindakan kejahatan yang di lakukan sesama pengguna teknologi dan teknologi ini bisa menjadi peran social pada pengendalinya.

    Suka

  27. Reblogged this on syahputra300593 and commented:
    Pada zaman yang serba modern saat ini, informasi merupakan sebuah hal yang sangat penting dan harus dapat segera diakses oleh para pemakai yang membutuhkannya. Hal ini sebagai akibat dari makin beragam dan kompleksnya aktivitas manusia diberbagai sektor kehidupan. Dengan makin tingginya penemuan di bidang teknologi khususnya teknologi informasi, menjadikan teknologi sebagai jembatan yang mampu menghubungkan jutaan manusia dibelahan dunia dalam mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Teknologi informasi telah terbukti membantu memecahkan banyak permasalahan yang sering dihadapi manusia, terutama yang berkaitan dengan faktor kelemahan manusia. Hal ini sejalan dengan kemajuan teknologi informasi banyak berperan dalam bidang-bidang antara lain :

    1. Bidang pendidikan (e-education)
    Berkembangnya teknologi informasi telah menghasilkan hal yang awalnya sulit diterapkan menjadi mudah dan menyenangkan. Hal tersebut salah satunya dapat ditemukan pada bidang pendidikan. Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka (Mukhopadhyay M., 1995). Ini menggambarkan bahwa dengan adanya teknologi informasi, para siswa yang ingin mendapatkan ilmu tidak harus bertatap muka dengan pengajarnya seperti yang ada sekarang, cukup dengan megakses internet maka kegiatan belajar mengajar pun dapat dilakukan meskipun tidak 100% menggantikan sistem konvensional.

    2. Bidang Keuangan dan Perbankan
    Saat ini telah banyak para pelaku ekonomi, khususnya di kota-kota besar yang tidak lagi menggunakan uang tunai dalam transaksi pembayarannya, tetapi telah memanfaatkan layanan perbankan modern. Layanan perbankan modern yang hanya ada di kota-kota besar ini dapat dimaklumi karena pertumbuhan ekonomi saat ini yang masih terpusat di kota-kota besar saja, yang menyebabkan perputaran uang juga terpusat di kota-kota besar. Sehingga sektor perbankan pun agak lamban dalam ekspansinya ke daerah-daerah. Hal ini sedikit banyak disebabkan oleh kondisi infrastruktur saat ini selain aspek geografis Indonesia yang unik dan luas.
    Untuk menunjang keberhasilan operasional sebuah lembaga keuangan/perbankan seperti bank, sudah pasti diperlukan sistem informasi yang handal yang dapat diakses dengan mudah oleh nasabahnya, yang pada akhirnya akan bergantung pada teknologi informasi online, sebagai contoh, seorang nasabah dapat menarik uang dimanapun dia berada selama masih ada layanan ATM dari bank tersebut, atau seorang nasabah dapat mengecek saldo dan mentransfer uang tersebut ke rekening yang lain hanya dalam hitungan menit saja, semua transaksi dapat dilakukan.

    3. Bidang Industri
    Revolusi industri menjadikan mesin-mesin sebagai pengganti otot manusia maka teknologi informasi ini telah menciptakan sebuah revolusi digital dan menciptakan mesin-mesin yang mengganti otak manusia.
    Di bidang Industri, teknologi ini sangat membantu dalam pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. Tercakup dalam definisi teknologi tersebut adalah semua perangkat keras, perangkat lunak, kandungan isi, dan infrastruktur komputer maupun telekomunikasinya. Ia tidak terbatas pada hal-hal seperti proses, perangkat lunak komputer, sistem informasi, perangkat keras, bahasa program , atau data konstruksi.

    4. Bidang Sosial dan Budaya
    Manusia dilahirkan di dunia tak hanya sebagai makhluk Tuhan dan makhluk individu saja, tetapi sebagai makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia harus dapat berinteraksi dengan orang sekitarnya dan lingkungannya.Interaksi sosial pun tak jauh dari teknologi. Segala aspek yang berhubungan dengannya dapat diakses melalui TIK. Banyak hal positif yang dihasilkan dari teknologi dalam kehidupan sosial dan budaya. Tetapi, banyak juga hal negatif yang ditimbulkan dari pemnfaatan TIK yang kurang bertanggung jawab. Dan ada pula beberapa tujuan tersebut diantaranya adalah:
    1. Menggambarkan hubungan antara TIK dan sosisal budaya.
    2. Mengidentifikasi dampak atau pengaruh yang ditimbulkan oleh TIK dalam aktivitas sosial dan budaya.
    3. Memecahkan permasalahan yang timbul akibat TIK dalam kehidupan sosial dan budaya.
    4. Mencari dan menggambarkan beberapa solusi atas permasalahan yang ada. Inti dari teknologi adalah media. Semua media yang dapat memudahkan manusia dalam mengerjakan dan memenuhi kebutuhan hidupnya dikatakan teknologi.

    5. Bidang Ekonomi
    Kemajuan Teknologi Informasi mempengaruhi segala Aspek Kehidupan salah satunya yang menonjol adalah penggunaan Teknologi Informasi dalam Bidang Ekonomi. kemajuan ini memberikan dampak positif dalam bidang perekonomian diantaranya yaitu :
    1. Pertumbuhan ekonomi yang semakin Tinggi, Hal ini ditunjukan dengan banyaknya perusahaan besar menggunakan Perangkat dan sistem yang berbasis Teknologi Informasi.
    2. Tingkat Produktifitas semakin tinggi,dalam hal ini di dunia Industrialisasi dikarenakannya adanya Otomatisasi dalam bidang perkantoran.
    3. Terjadinya Industrialisasi di berbagai daerah,Hal ini ditunjukan semakin banyak kota yang berkembang untuk maju, dan tidak hanya terjadi di kota- kota besar saja.

    Suka

  28. Reblogged this on rofiramadhan185 and commented:
    Contoh teknologi yang mempengaruhi kehidupan manusia :
    1. Internet
    Seiring berkembenagnya teknologi internet pun sekarang lebih mempermudah pekerjaan seseorang maupun perusahaan dan sebagainya. Seperti seseorang ingin mencari sebuah informasi tentang sejarah, internet pun dapat mempermudah kita untuk mencari sebuah informasi tentang sejarah itu. Begitupun juga dengan perusahaan yang ingin mencari sebuah informasi tentang perusahaan lain yang bekerjasama dengan perusahaan itu, perusahan tersebut akan lebih mudah untuk mencarinya lewat internet. Pada zaman sekaarang orang – orang di negara kita lebih bergantung kepada internet karena internet sudah menjadi mayoritas setiap orang yang dimana kita selalu memerlukan internet untuk berkomunikasi terhadap teman, orang tua, maupun saudara kita yang jauh akan lebih mudah bila ada internet. Tetapi internet pun dapat membawa kita ke hal – hal yang negative juga. Seperti anak – anak yang bermain di warnet, mereka sudah mulai membuka situs –situs porno yang dapat membawa hal negatif kepada anak itu.

    2. Berkomunikasi
    Teknologi yang semakin canggih saat ini dapat mempermudah kita untuk berkomunikasi dengan orang tua, saudara, sahabat, maupun teman kita dari jarak jauh. Sekarang sudah ada gadget canggih seperti android yang didalamnya sudah ada berbagai aplikasi seperti bbm, line, maupun whatsapp. Kita dapat berkomunikasi dengan kerabat kita dari jarak jauh dengan menggunakan aplikasi tersebut. Kita tidak lagi memerlukan menulis surat dan ke kantor pos untuk berkomunikasi dengan kerabat kita. Kita hanya perlu membeli pulsa untuk berkomunikasi jarak jauh. Tetapi kita pun menjadi bergantung terhadap gadget itu. Contoh seperti remaja saat ini yang dimana mereka selalu menggunakan gadget mereka untuk melakukan hal apa saja. Maupun itu bersifat positif atau negatif.

    3. Pendidikan
    Dulu kita masih menulis dengan tulisan tangan pada selembar kertas saat kita mengerjakan tugas. Seiring berkembangnya teknologi yang semakin canggih sekarang kita pun sudah dapat mengunakan komputer, laptop, maupun gadget untuk mengerjakan tugas, jadi kita hanya perlu mengetik di komputer dan kirim melalui “email” dengan menggunakan sarana intenet. Kita pun merasa jadi lebih mudah tidak perlu repot – repot untuk menulis tangan di kertas. Dan teknologi itu pun dapat kita gunakan untuk belajar, seperti kita belajar dengan cara membuka internet, kita hanya perlu mencari apa yang ingin kita pelajari di internet. Tidak perlu lagi kita mengeluarkan banyak uang untuk membeli buku, itu akan membuat kita lebih mudah dan praktis.

    4. Bidang Industri
    Dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih saat ini dalam bidang industri lebih mempermudah pekerjaan para karyawan pabrik. Seperti halnya dalam pabrik sekarang sudah bnyak yang mengunakan tenaga robot untuk mengolah semua bahan – bahan mentah/baku menjadi lebih cepat dan praktis. Barang yang dihasilkan pun lebih berkualitas, akurat, dan bernilai tinggi. Contohnya seperti kamera yang dimana kamera itu sudah di rancang melalui komputer dan tinggal di rakit oleh sebuah mesin robot tidak lagi menggunakan tenaga manusia. Kamera tersebut jutru akan menjadi lebih akurat dan lebih berkualitas.

    5. Listrik
    Dahulu pada malam hari kita menggunakan lampu petromax untuk penerangan dalam rumah. Berkembangnya teknologi yang pesat akhirnya pun terciptalah listrik untuk sumber penerangan hingga saat ini. Datangnya listrik kita jadi lebih mudah menemukan penerangan hanya cukup menggunakan lampu dan listrik, rumah bisa terang. Kita pun tidak perlu repot hanya cukup menekan sklar lampu, lampu pun akan menyala terang. Dan hingga saat ini masyarakat bergantung pada listrik. Jika tidak listrik masyarakat tidak akan bisa menggunakan teknologi seperti televisi, gadget, lampu, dan sebgainya.

    Suka

  29. Reblogged this on ratuskurnia and commented:
    Perubahan sosial secara umum dapat diartikan sebagai suatu proses pergeseran atau berubahnya struktur/tatanan didalam masyarakat, meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan penghidupan yang lebih bermartabat.

    Pada dasarnya setiap masyarakat yang ada di muka bumi ini dalam hidupnya dapat dipastikan akan mengalami apa yang dinamakan dengan perubahan-perubahan. Adanya perubahan-perubahan tersebut akan dapat diketahui bila kita melakukan suatu perbanding­an dengan menelaah suatu masyarakat pada masa tertentu yang kemudian kita bandingkan dengan keadaan masyarakat pada waktu yang lampau. Perubahan-perubahan yang terjadi di dalam masyarakat,pada dasarnya merupakan suatu proses yang terus menerus, ini berarti bahwa setiap masyarakat pada kenyataannya akan mengalami perubahan-peru­bahan.
    Tetapi perubahan yang terjadi antara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lain tidak selalu sama. Hal ini dikarenakan adanya suatu masyarakat yang meng­alami perubahan yang lebih cepat bila dibandingkan dengan masyarakat lainnya. Perubahan tersebut dapat berupa perubahan-perubahan yang tidak menonjol atau tidak menampakkan adanya suatu perubahan. Juga terdapat adanya perubahan-perubahan yang memiliki pengaruh luas maupun terbatas. Di samping itu ada juga perubahan-perubahan yang prosesnya lambat, dan perubahan yang berlangsung dengan cepat.

    Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli :

    • William F.Ogburn mengemukakan bahwa “ruang lingkup perubahan-perubahan sosial meliputi unsur-unsur kebudayaan baik yang material maupun yang immaterial, yang ditekankan adalah pengaruh besar unsur-unsur kebudayaan material terhadap unsur-unsur immaterial”.

    • Kingsley Davis mengartikan “perubahan sosial sebagai perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat”.

    • MacIver mengatakan “perubahan-perubahan sosial merupakan sebagai perubahanperubahan dalam hubungan sosial (social relationships) atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan (equilibrium) hubungan sosial”.

    • JL.Gillin dan JP.Gillin mengatakan “perubahan-perubahan sosial sebagai suatu variasi dari cara-cara hidup yang telah diterima, baik karena perubahan-perubahan kondisi geografis, kebudayaan material, komposisi penduduk, idiologi maupun karena adanya difusi ataupun penemuan-penemuan baru dalam masyarakat”.

    • Samuel Koenig mengatakan bahwa “perubahan sosial menunjukkan pada modifikasimodifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia”.f. Definisi lain adalah dari Selo Soemardjan. Rumusannya adalah “segala perubahanperubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat, yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat”.

    Contoh-contoh mengapa dan bagaimana bisa mempengaruhi kehidupan manusia :

    1. Cara Berkomunikasi
    Berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi merubah cara kita dalam berkomunikasi. Dulu komunikasi dilakukan dengan surat-menyurat, tetapi saat ini dilakuan dengan sms atau e-mail. Dulu juga ada yang namanya telegram dan telegraf, akan tetapi saat ini perannya digantikan dengan telepon, handphone, dan jejaring sosial. Ini sangat mempengaruhi karena sudah menjadi kegiatan keseharian setiap orang.
    2. Cara Berpakaian
    Cara masyarakat kita berpakaian tidak lepas dari globalisasi dan modernisasi di Indonesia. Dulu, orang-orang kita bangga mengenakan pakaian adat dari daerah masing-masing. Tetapi, saat ini rasanya hal itu sangat sulit dijumpai kecuali kalau ada acara-acara adat. Cara berpakaian dipengaruhi dari informasi-informasi yang didapatkan dari berbagai media seperti Tv dan Internet. Saat ini, cara berpakaian sebagian masyarakat banyak dipengaruhi oleh budaya barat. Bagaimana begitu berpengaruh? Karena sudah menjadi kiblat remaja Indonesia saat ini
    3. Westernisasi (Kebarat-baratan)
    Tidak sedikit budaya barat yang masuk ke Indonesia, contohnya adalah perayaan hari valentine dan halloween. Meskipun kedua budaya tersebut bukan budaya asli indonesia, akan tetapi tidak sedikit masyarakat Indonesia yang melestarikan budaya tersebut. Banyak masyarakat Indonesia yang menyatakan bahwa budaya asing jauh lebih menarik ketimbang budaya kita sendiri, hal ini yang menyebabkan interest kepada budaya lokal semakin menurun.
    4. Hilangnya Permainan Tradisional
    Saat ini, kita akan sulit untuk menemukan permainan tradisional seperti gasing atau congklak. Kalaupun ada, pasti dimainkannya didaerah-daerah terpencil seperti pedesaan. Padahal permainan itu sangat populer pada masanya, dan merupakan permainan asli Indonesia. Sekarang perannya sudah diganti dengan permainan modern seperti Playstation, Xbox, Wii, dan lain-lain. Nampaknya permainan modern jauh lebih menarik ketimbang permainan tradisional.
    5. Tergerusnya Kebudayaan Indonesia
    Bentuk lain perubahan sosial budaya di Indonesia adalah tergerusnya budaya asli Indonesia. Perlu diketahui bersama bahwa tidak sedikit dari kebudayaan kita yang sudah mulai punah. Meskipun demikian, banyak masyarakat Indonesia yang lebih berminat dengan budaya asing yang masuk ke Indonesia seperti break dance, beat box, dan lainnya. Ini sangat mengkhawatirkan dan perlu segera perlu segera ditindaklanjuti bersama.
    Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengertian perubahan sosial adalah perubahan perubahan yang terjadi pada masyarakat yang mencakup perubahan dalam aspek-aspek struktur dari suatu masyarakat, ataupun karena terjadinya perubahan dari faktor lingkungan, karena berubahnya komposisi penduduk, keadaan geografis, serta berubahnya sistem hubungan sosial, maupun perubahan pada lembaga kemasyarakatannya.

    Suka

  30. Reblogged this on sesiliastellaa and commented:
    Perubahan sosial dapat dikatakan sebagai suatu perubahan dari gejala – gejala sosial yang ada pada masyarakat, dari yang bersifat individual sampai yang lebih kompleks. Perubahan sosial dapat dilihat dari segi terganggung nya kesinambungan di antar a kesatuan sosial walaupun keadaan nya relatif kecil . perubahan ini meliputi struktur , fungsi , nilai , norma , pranata dan semua aspek yang dihasilkan dari interaksi antarmanusia , organisasi / komunitas termasuk perubahan dalam hal budaya.
    Ada nya pengenalan teknologi , cara mencari nafkah , migrasi , pengenalan ide – ide baru dan muncul nya nilai – nilai sosial yang lama merupakan beberapa contoh perubahan sosial dalam aspek kehidupan. Dengan kata lain, perubahan sosial merupakan suatu perubahan menuju keadaan baru yang berbeda dari keadaan sebelum nya.
    Ada 2 faktor yang dapat menyebabkan terjadi perubahan sosial , yaitu faktor yang berasal dari dalam masyarakat dan juga faktor yang berasal dari luar masyarakat.
    Faktor yang dapat bersumber dari masyarakat itu sendiri meliputi : bertambah dan berkurang nya penduduk, penemuan – penemuan baru , pertentangan – pertenatangan dalam masyarakat dan terjadi nya pemeberontakan / resolusi di dalam tubuh masyarakat itu sendiri.
    Sedangkan faktor yang bersumber dari luar masyarakat meliputi : sebab – sebab yang berasal dari lingkungan fisik yang ada di sekitar manusia, peperangan dengan negara lain dan pengaruhi kebudayaan lain.
    Selain faktor yang menyebabkan terjadi nya perubahan sosial, adapula faktor yang mendorong dan juga menghambat perubahan sosial. Faktor yang mendorong terjadi nya perubahan yaitu : kontak dengan kebudayaan lain, sistem pendidikan yang lebih maju , toleransi , sistem lapisan masyarakat yang terbuka, penduduk yang heterogen , ketidakpuasan masyarakat terhadap bidang – bidang kehidupan tertentu , orientasi ke muka , dan juga nilai meningkatkan taraf hidup.
    Faktor yang menghambat terjadi nya perubahan sosial adalah sebagai berikut : kurangnya hubungan dengan masyarakat lain , perkembangan ilmu pengetahuan yang terlambat, sikap masyarakat yang tradisionalitis , ada nya kepentingan – kepentingan yang telah tertanam dengan kuat.
    Berikut adalah beberapa para ahli yang mengartikan perubahan sosial :
    1. William F. Ogburn ( 1964 ) mengemukakan bahwa ruang lingkup perubahan sosial meliputi unsur – unsur kebudayaan material dan immaterial yang di tekankan pada pengaruh besar unsur – unsur kebudayaan material terhadap unsur – unsur immaterial.
    2. Kingsley Davis ( 1960 ) mengartikan perubahan sosial sebagai perubahan – perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. Misal nya timbul pengorganisasian buruh dalam masyarakat kapitalis telah menyebabkan perubahan – perubahan dalam hubungan antara buruh dan majikan yang selanjutnya menyebabkan perubahan – perubahan dalam organisasi ekonomi dan politik.
    3. Mac Iver ( 1937 ) mengartikan bahwa perubahan sosial sebagai perubahan dalam hubungan sosial / sebagai perubahan terhadap keseimbangan hubungan sosial.
    4. Selo Soemardjan ( 1962 ) merumuskan perubahan sosial sebagai segala perubahan pada lembaga – lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosial nya, termasuk di dalam nya nilai – nilai , sikap dan pola perilaku di antara kelompok – kelompok dalam masyarakat.
    5. Rogers,et,al ( 1988 ) memahami bahwa perubahan sosial adalah suatu proses yang melahirkan perubahan – perubahan di dalam struktur dan fungsi dari suatu sistem kemasyarakatan. Ada 3 tahapan utama dalam proses perubahan sosial yang terjadi. Pertama , berawal dari diciptakan nya / dilahirkan nya sesuatu yang berkembang menjadi suatu gagasan . bila gagasan tersebut sudah menggelinding seperti roda yang berputar pada sumbu nya, dan sudah tersebar di kalangan masyarakat maka perubahan tersebut sudah memasuki tahap kedua. Tahapan yang ketiga yaitu disebut dengan hasil, yaitu perubahan – perubahan yang terjadi dalam suatu sistem sosial yang bersangkutan sebagai akibat dari diterima nya / ditolak nya suatu inovasi.
    Beberapa bentuk perubahan sosial menurut Soekanto adalah sebagai berikut :
    1. Perubahan lambat dan perubahan cepat
    Perubahan terjadi secara lambat akan mengalami rentetan perubahan yang saling berhubungan dalam jangka waktu yang cukup lama.
    2. Perubahan yang pengaruh nya kecil dan perubahan yang pengaruh nya besar.
    Perubahan yang pengaruh nya kecil adalah perubahan yang mempengaruhi unsur – unsur kehidupan masyarakat. Akan tetapi perubahan ini di anggap tidak memiliki arti yang penting dalam struktur sosial.
    3. Perubahan yang dikehendaki dan perubahan yang tidak di kehendaki
    Perubahan yang di kehendaki ( intended-change ) / perubahan yang di rencanakan ( planned-change ) merupakan perubahan yang memang telah direncanakan sebelum nya terutama oleh pihak yang mewakili wewenang untuk mengeluarkan kebijaksanaan.
    Sekarang ini banyak sekalinperilaku yang menunjukan perubahan sosial yang terjadi dalam lingkungan masyarakat. Di lingkungan tempat tinggal terjadi berbagai macam perubahan sosial yaitu :
    1. Perubahan Jumlah Penduduk
    Dahulu sepasang suami istri boleh memiliki anak lebih dari 2 ( 4,6,8 ) dengan ada nya program KB , saat ini sepasang suami istri hanya mempunyai 2 anak saja.
    2. Perubahan Kualitas Penduduk
    Masyarakat di tahun-tahun yang lampau hanya menempuh pendidikan sampai sekolah dasar / sekolah menengah saja, namun sekarang masyarakat telah banyak menempuh pendidikan hingga perguruan tinggi. Dengan demikian pengetahuan yang dimiliki semakin bertambah , hal ini sebagai akibat positif dengan terjadi nya perubahan.
    3. Perubahan Sistem Pemerintahan
    Perubahan sistem pemerintahan yang terjadi dalam negara , juga mempunyai pengaruh bagi pemerintah suatu dusun. Misal nya suatu pengambilan keputusan dalam suatu musywarah
    4. Perubahan Mata Pencaharian
    Pada zaman dahulu ,mata pencaharian penduduk di lingkungan sekitar sebagian besar adalah petani , namun sekarang dengan berjalan nya waktu dan perkembangan yang begitu pesat banyak di antara mereka menjadi pegawai negeri, karyawan di suatu perusahaan dan ada juga yang ingin membanguan usaha sendiri/ pribadi.
    5. Perubahan Gaya Hidup
    Seiring dengan berkembang nya teknologi, gaya hidup masyarakatpun berubah. Saat ini gaya hidup konsumtif sudah mencapai lingkungan pedesaan.warga masyarakat memiliki keinginan untuk berbelanja yang tinggi.
    6. Perubahan Budaya
    Perubahan budaya yang terjadi di dalam lingkungan masyarakat dapat di lihat pada perilaku anak muda saat ini. Keberadaan lagu khas daerah atau kesenian kita tergantikan dengan ada nya lagu – lagu pop , rock,jazz dll.

    Jadi menurut saya contoh yang paling konkret di dalam kehidupan kita saat ini adalah sebagai berikut :
    1. Trend gaya baju yang minim- minim di ikuti oleh banyak kalangan dikarenakan gaya adalah alesan utama mereka dalam memilih suatu pakaian agar bisa menarik perhatian banyak orang
    2. Makan – makanan junkfood akan lebih disukai oleh banyak kalangan terutama anak-anak kecil / muda dengan alasan selain enak yaitu cepat saji, tidak rumit dan tidak membutuhkan waktu yang cukup panjang / lama
    3. Kendaraan Pribadi yang setiap rumah bisa ada sampai 5 dikarenakan keinginan masing-masing yang mempunyai arah dan tujuan perjalanan yang berbeda.
    4. Membeli banyak kosmetik dengan alasan agar terlihat lebih cantik / ganteng atau bisa juga untuk faktor kesehatan
    5. Gadget – gadget yang semkin berkembang dengan alesan selain gaya yaitu mempermudah mereka jika ingin melakukan suatu aktivitas di suatu lingkungan.

    Suka

  31. Reblogged this on abdulbarisalam and commented:
    NO3.contoh yang mempengaruhi teknologi bagi kehidupan manusia
    1.dalam bidang perusahaan.dalam bidang kewirausahaan teknologi itu menjadi sangat penting karena bisa menopang kegiatan oprasional perusaahan dan ini sangat lah pentig bagi perusahaan selain itu juga dapat mempermudah melaukan kegiatan perusahan dengan berbagai aplikasi.dan teknologi daalam perusahaan sangat berguna untukmempercepat perolehan informasi yang di butuh kan dalam perusahaan
    2.dalam berhubungan jarak jauh. kini manusia di jaman moderen di permudah semua menjadi praktis .dahlu kalu mau berhubungan jarak jauh misalkan transfer uang atau mengirim pesan harus pergi ke kantor pos dan surat/uang pun lama sampainya sekarang seiring berjalan nya teknologi manusia di permudah dengan berkembang nya gadget untuk mengirim pesan,telfon,atau bisa berpapasan orang yang jauh adengan cara skype . dan seiring berkembang nya tekonologi mengirim uang juga amat lah mudah sekarang sudah tidak membutuhkan surat karena sekarang bisa mengunakan atm. uang cepat sampainya penggunaan nya pun sangat lah mnudah.
    3.dalam kehidupan sehari hari sekarang di jaman moderen manusia mungkin menjadikan teknologi televisi menjadi kebutuhan yang sangat penting setriap rumah hampir semua memiliki tv karena itu adalah pusat hiburan di dalam karena televisi bisa membagi kan informasi penting atau menjadi hiburan seperti filim anak ftv dan sbg karena itu manusia menjadikan tv menjadi teknologi yang sangat penting
    4.dahulu petani membajak sawah dengan menggunakan kerbau dan menguras waktu biyaya dan tenaga seiring berkembang nya teknoloi cara ini mulai di tinggalakan dan beralih memakai mesin karena ini cara yang sangat efektif dan menhemat waktu pekerjaan dan menghemat biayaya pengeluaran
    5.Bidang Sosial dan Budaya
    Akibat kemajuan teknologi bisa kita lihat
    1. Perbedaan kepribadian pria dan wanita. Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol.Data yang tertulis dalam buku Megatrend for Women:From Liberation to Leadership yang ditulis oleh Patricia Aburdene & John Naisbitt (1993) menunjukkan bahwa peran wanita dalam kepemimpinan semakin membesar. Semakin banyak wanita yang memasuki bidang politik, sebagai anggota parlemen, senator, gubernur, menteri, dan berbagai jabatan penting lainnya.
    2. Meningkatnya rasa percaya diriKemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri sebagai suatu bangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.
    3. Tekanan, kompetisi yang tajam di pelbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras Meskipun demikian kemajuan teknologi akan berpengaruh negatip pada aspek budaya:
    Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar. Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani”.
    Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat, seperti gotong royong dan tolong-menolong telah melemahkan kekuatan-kekuatan sentripetal yang berperan penting dalam menciptakan kesatuan sosial. Akibat lanjut bisa dilihat bersama, kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja dan pelajar semakin meningkat dalam berbagai bentuknya, seperti perkelahian, corat-coret, pelanggaran lalu lintas sampai tindak kejahatan.
    Pola interaksi antar manusia yang berubah Kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi keluarga. Komputer yang disambungkan dengan telpon telah membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar. Program internet relay chatting (IRC), internet, dan e-mail telah membuat orang asyik dengan kehidupannya sendiri. Selain itu tersedianya berbagai warung internet (warnet) telah memberi peluang kepada banyak orang yang tidak memiliki komputer dan saluran internet sendiri untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui internet. Kini semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya sendirian dengan komputer. Melalui program internet relay chatting (IRC) anak-anak bisa asyik mengobrol dengan teman dan orang asing kapan saja

    Suka

  32. Reblogged this on alfathmaulana98 and commented:
    KAPITA SELEKTA (3) PERAN TEKNOLOGI, GLOBALISASI DAN PERUBAHAN SOSIAL
    Ledakan Teknologi Informasi dan Komunikasi telah mempengaruhi manusia di bumi ini,dari hal kecil seperti gadget atau handphone,telivisi yang merupakan pusat informasi baru yang bisa kita lihat beserta pembawa berita nya juga,Dan informasi bisa di dapatkan di internet yang merupakan pusat dari segala informasi yang ada,Di internet kita bisa mencari banyak hal seperti pekerjaan,informasi berita danbahkan mahasiswa sekalipun dapat mengetahui kelulusannya lewat internet tanpa harus mendatangi ke kampusnya.,Tetapi di balik dampak positive akan ada dampak negatif dampak negatif nya yaitu akan banyak nya penipuan di internet,penipuan akan merajalela karna kita tidak kenal satu sama lain,ada juga perjudian, Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya dan ada juga Violence and Gore yaitu Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat menjual situs mereka.Tetapi Bagi masyarakat sekarang, teknologi informasi dan komunikasi merupakan suatu religion. Pengembangannya dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang adaTidak dapat dipungkiri, kini kita telah menjadi “budak” dari peradaban teknologi informasi itu sendiri tetapi banyak juga zaman sekarang pelajar yang menjadi pengguna barang elektronik seperti gadget atau handphone,ipad,laptop atau komputer,dengan ada nya hal itu bisa melupakan segala nya,di suatu keluarga jika jarang berinteraksi maka mereka akan terfokus dengan barang yang mereka punya masing masing,Di lain hal, teknologi informasi dan komunikasi juga dapat mendorong kita untuk melihat hal kecil sebagai hal yang dapat dijadikan sebagai sejumlah peluang yang tersaji di hadapan mata. Karena dengan begitu, maka kita dapat membalikkan arah imperialisme budaya yang dibawa oleh perkembangan di bidang tekonologi informasi ini, menjadi sesuatu yang bermanfaat.

    Contoh :

    1.Zaman Tradisional

    Zaman Tradisional : Zaman Tradisional betergantungan dengan alam,Tergantung dengan alam seperti bergantung dengan hasil tanam yang di hasilkan oleh alam itu sendriri,Bukan berarti negara yang bergantung dengan alam itu tidak kaya,Justru banyak negara yang bergantung dengan hasil alam nya sendiri dan hasil di jual untuk menambah hasil sendiri,Contoh negara nya yaitu arab di Timur Tengah kaya minyak tersebut dengan negara-negara maju bukan hanya dalam bidang eksplorasi minyak dan perdagangan minyak saja, namun terus berlanjut hingga pembangunan kota-kota megah mereka. Tanpa bantuan teknologi dan kepakaran dari negara-negara maju tidak mungkin Dubai (contohnya) dapat menjadi sementereng dan semegah sekarang. Tanpa campur tangan kontraktor-kontraktor dan ahli-ahli dari negara maju rasanya mustahil orang-orang UEA bisa membangun sendiri The World, Dubai Palm Island, ‘Burj al-Arab ataupun ‘Burj Dubai yang megah itu. Pendek kata dengan hanya modal kekayaan alam saja, kita akan tetap saja sangat bergantung dari negara-negara lain

    2.Zaman Modern : Di zaman modern sudah banyak kemajuan masing masing bidang ,kemajuan terutama dalam bidang teknologi,Contoh dalam hal teknologi yaitu handphone,handphone sudah banyak aneka ragam nya dari harga yang murah sampai berjuta juta,hal ini menggambarkan zaman yang berkembang semakin lama semakin maju,dan dengan handphone yang berharga mahal biasa nya banyak kelebihan nya misal seperti bisa mengetahui kita berada di posisi mana.

    3. Masuk nya Internet: Masuknya internet juga bisa berdampak positif maupun negatif,dampak positif bnya banyak orang orang mendapatkan informasi dengan gampang,Tetapi dampak Negatif nya yaitu akan banyak nya penipuan dengan mengatas namakan orang lain.

    4.Berpenampilan: Zaman sekarang penampilan bermacam macam,Setiap orang akan mencoba untung berpenampilan menarik agar bisa menarik simpati dari orang orang di sekitar nya,hal ini biasa terjadi di kalangan remaja masa kini,contoh penampilan nya seperti memakai kawat gigi,di zaman dulu tidak banyak orang yang menginginkan untuk memakai kawat gigi,tetapi zaman sekarang menjadi populer karna terlihat menarik.

    5.Internet: internet menjadi inti dari kehidupan setiap manusia,mereka sangat membutuhkan internet karna menjadi pusat sarana informasi dan komunikasi,kita bisa berkomunikasi dengan contoh aplikasi yaitu “facebook”,tidak jarang pengguna aplikasi itu melakukan chating setiap saatnya,dan mendapatkan suatu informasi melalui google,yahoo dan instropedia,web ini bisa mencari apa saja yang kita cari yang pernah di upload oleh orang orang.

    Kesimpulan

    Kesimpulan dari semua ini adalah di setiap zaman berkembang selalu,perkembangan ini tidak terjadi secara langsung,tetapi secara berangsur angsur,dan berkembang dari 1 tahap ke tahap lain nya.

    Suka

  33. Reblogged this on syahputra30595 and commented:
    Pada zaman yang serba modern saat ini, informasi merupakan sebuah hal yang sangat penting dan harus dapat segera diakses oleh para pemakai yang membutuhkannya. Hal ini sebagai akibat dari makin beragam dan kompleksnya aktivitas manusia diberbagai sektor kehidupan. Dengan makin tingginya penemuan di bidang teknologi khususnya teknologi informasi, menjadikan teknologi sebagai jembatan yang mampu menghubungkan jutaan manusia dibelahan dunia dalam mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Teknologi informasi telah terbukti membantu memecahkan banyak permasalahan yang sering dihadapi manusia, terutama yang berkaitan dengan faktor kelemahan manusia. Hal ini sejalan dengan kemajuan teknologi informasi banyak berperan dalam bidang-bidang antara lain :

    1. Bidang pendidikan (e-education)
    Berkembangnya teknologi informasi telah menghasilkan hal yang awalnya sulit diterapkan menjadi mudah dan menyenangkan. Hal tersebut salah satunya dapat ditemukan pada bidang pendidikan. Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka (Mukhopadhyay M., 1995). Ini menggambarkan bahwa dengan adanya teknologi informasi, para siswa yang ingin mendapatkan ilmu tidak harus bertatap muka dengan pengajarnya seperti yang ada sekarang, cukup dengan megakses internet maka kegiatan belajar mengajar pun dapat dilakukan meskipun tidak 100% menggantikan sistem konvensional.
    Peranan teknologi informasi dalam pembelajaran ini juga selain membantu siswa dalam belajar adalah memiliki peranan yang cukup berpengaruh untuk guru terutama dalam pemanfaatan fasilitas untuk kepentingan memperkaya kemampuan mengajarnya.

    2. Bidang Keuangan dan Perbankan
    Saat ini telah banyak para pelaku ekonomi, khususnya di kota-kota besar yang tidak lagi menggunakan uang tunai dalam transaksi pembayarannya, tetapi telah memanfaatkan layanan perbankan modern. Layanan perbankan modern yang hanya ada di kota-kota besar ini dapat dimaklumi karena pertumbuhan ekonomi saat ini yang masih terpusat di kota-kota besar saja, yang menyebabkan perputaran uang juga terpusat di kota-kota besar. Sehingga sektor perbankan pun agak lamban dalam ekspansinya ke daerah-daerah. Hal ini sedikit banyak disebabkan oleh kondisi infrastruktur saat ini selain aspek geografis Indonesia yang unik dan luas.
    Untuk menunjang keberhasilan operasional sebuah lembaga keuangan/perbankan seperti bank, sudah pasti diperlukan sistem informasi yang handal yang dapat diakses dengan mudah oleh nasabahnya, yang pada akhirnya akan bergantung pada teknologi informasi online, sebagai contoh, seorang nasabah dapat menarik uang dimanapun dia berada selama masih ada layanan ATM dari bank tersebut, atau seorang nasabah dapat mengecek saldo dan mentransfer uang tersebut ke rekening yang lain hanya dalam hitungan menit saja, semua transaksi dapat dilakukan.

    3. Bidang Industri
    Revolusi industri menjadikan mesin-mesin sebagai pengganti otot manusia maka teknologi informasi ini telah menciptakan sebuah revolusi digital dan menciptakan mesin-mesin yang mengganti otak manusia.
    Di bidang Industri, teknologi ini sangat membantu dalam pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. Tercakup dalam definisi teknologi tersebut adalah semua perangkat keras, perangkat lunak, kandungan isi, dan infrastruktur komputer maupun telekomunikasinya. Ia tidak terbatas pada hal-hal seperti proses, perangkat lunak komputer, sistem informasi, perangkat keras, bahasa program , atau data konstruksi. Beberapa tugas yang TI lakukan dalam bidang Industri termasuk didalamnya manajemen data, jaringan, rekayasa perangkat keras komputer, database, desain perangkat lunak, serta manajemen dan administrasi sistem secara keseluruhan.

    4. Bidang Sosial dan Budaya
    Manusia dilahirkan di dunia tak hanya sebagai makhluk Tuhan dan makhluk individu saja, tetapi sebagai makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia harus dapat berinteraksi dengan orang sekitarnya dan lingkungannya.Interaksi sosial pun tak jauh dari teknologi. Segala aspek yang berhubungan dengannya dapat diakses melalui TIK. Banyak hal positif yang dihasilkan dari teknologi dalam kehidupan sosial dan budaya. Tetapi, banyak juga hal negatif yang ditimbulkan dari pemnfaatan TIK yang kurang bertanggung jawab. Dan ada pula beberapa tujuan tersebut diantaranya adalah:
    1. Menggambarkan hubungan antara TIK dan sosisal budaya.
    2. Mengidentifikasi dampak atau pengaruh yang ditimbulkan oleh TIK dalam aktivitas sosial dan budaya.
    3. Memecahkan permasalahan yang timbul akibat TIK dalam kehidupan sosial dan budaya.
    4. Mencari dan menggambarkan beberapa solusi atas permasalahan yang ada. Inti dari teknologi adalah media. Semua media yang dapat memudahkan manusia dalam mengerjakan dan memenuhi kebutuhan hidupnya dikatakan teknologi.

    5. Bidang Ekonomi
    Kemajuan Teknologi Informasi mempengaruhi segala Aspek Kehidupan salah satunya yang menonjol adalah penggunaan Teknologi Informasi dalam Bidang Ekonomi. kemajuan ini memberikan dampak positif dalam bidang perekonomian diantaranya yaitu :
    1. Pertumbuhan ekonomi yang semakin Tinggi, Hal ini ditunjukan dengan banyaknya perusahaan besar menggunakan Perangkat dan sistem yang berbasis Teknologi Informasi.
    2. Tingkat Produktifitas semakin tinggi,dalam hal ini di dunia Industrialisasi dikarenakannya adanya Otomatisasi dalam bidang perkantoran.
    3. Terjadinya Industrialisasi di berbagai daerah,Hal ini ditunjukan semakin banyak kota yang berkembang untuk maju, dan tidak hanya terjadi di kota- kota besar saja.

    Suka

  34. Pada zaman yang serba modern saat ini, informasi merupakan sebuah hal yang sangat penting dan harus dapat segera diakses oleh para pemakai yang membutuhkannya. Hal ini sebagai akibat dari makin beragam dan kompleksnya aktivitas manusia diberbagai sektor kehidupan. Dengan makin tingginya penemuan di bidang teknologi khususnya teknologi informasi, menjadikan teknologi sebagai jembatan yang mampu menghubungkan jutaan manusia dibelahan dunia dalam mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Teknologi informasi telah terbukti membantu memecahkan banyak permasalahan yang sering dihadapi manusia, terutama yang berkaitan dengan faktor kelemahan manusia. Hal ini sejalan dengan kemajuan teknologi informasi banyak berperan dalam bidang-bidang antara lain :

    1. Bidang pendidikan (e-education)
    Berkembangnya teknologi informasi telah menghasilkan hal yang awalnya sulit diterapkan menjadi mudah dan menyenangkan. Hal tersebut salah satunya dapat ditemukan pada bidang pendidikan. Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka (Mukhopadhyay M., 1995). Ini menggambarkan bahwa dengan adanya teknologi informasi, para siswa yang ingin mendapatkan ilmu tidak harus bertatap muka dengan pengajarnya seperti yang ada sekarang, cukup dengan megakses internet maka kegiatan belajar mengajar pun dapat dilakukan meskipun tidak 100% menggantikan sistem konvensional.
    Peranan teknologi informasi dalam pembelajaran ini juga selain membantu siswa dalam belajar adalah memiliki peranan yang cukup berpengaruh untuk guru terutama dalam pemanfaatan fasilitas untuk kepentingan memperkaya kemampuan mengajarnya.

    2. Bidang Keuangan dan Perbankan
    Saat ini telah banyak para pelaku ekonomi, khususnya di kota-kota besar yang tidak lagi menggunakan uang tunai dalam transaksi pembayarannya, tetapi telah memanfaatkan layanan perbankan modern. Layanan perbankan modern yang hanya ada di kota-kota besar ini dapat dimaklumi karena pertumbuhan ekonomi saat ini yang masih terpusat di kota-kota besar saja, yang menyebabkan perputaran uang juga terpusat di kota-kota besar. Sehingga sektor perbankan pun agak lamban dalam ekspansinya ke daerah-daerah. Hal ini sedikit banyak disebabkan oleh kondisi infrastruktur saat ini selain aspek geografis Indonesia yang unik dan luas.
    Untuk menunjang keberhasilan operasional sebuah lembaga keuangan/perbankan seperti bank, sudah pasti diperlukan sistem informasi yang handal yang dapat diakses dengan mudah oleh nasabahnya, yang pada akhirnya akan bergantung pada teknologi informasi online, sebagai contoh, seorang nasabah dapat menarik uang dimanapun dia berada selama masih ada layanan ATM dari bank tersebut, atau seorang nasabah dapat mengecek saldo dan mentransfer uang tersebut ke rekening yang lain hanya dalam hitungan menit saja, semua transaksi dapat dilakukan.

    3. Bidang Industri
    Revolusi industri menjadikan mesin-mesin sebagai pengganti otot manusia maka teknologi informasi ini telah menciptakan sebuah revolusi digital dan menciptakan mesin-mesin yang mengganti otak manusia.
    Di bidang Industri, teknologi ini sangat membantu dalam pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. Tercakup dalam definisi teknologi tersebut adalah semua perangkat keras, perangkat lunak, kandungan isi, dan infrastruktur komputer maupun telekomunikasinya. Ia tidak terbatas pada hal-hal seperti proses, perangkat lunak komputer, sistem informasi, perangkat keras, bahasa program , atau data konstruksi. Beberapa tugas yang TI lakukan dalam bidang Industri termasuk didalamnya manajemen data, jaringan, rekayasa perangkat keras komputer, database, desain perangkat lunak, serta manajemen dan administrasi sistem secara keseluruhan.

    4. Bidang Sosial dan Budaya
    Manusia dilahirkan di dunia tak hanya sebagai makhluk Tuhan dan makhluk individu saja, tetapi sebagai makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia harus dapat berinteraksi dengan orang sekitarnya dan lingkungannya.Interaksi sosial pun tak jauh dari teknologi. Segala aspek yang berhubungan dengannya dapat diakses melalui TIK. Banyak hal positif yang dihasilkan dari teknologi dalam kehidupan sosial dan budaya. Tetapi, banyak juga hal negatif yang ditimbulkan dari pemnfaatan TIK yang kurang bertanggung jawab. Dan ada pula beberapa tujuan tersebut diantaranya adalah:
    1. Menggambarkan hubungan antara TIK dan sosisal budaya.
    2. Mengidentifikasi dampak atau pengaruh yang ditimbulkan oleh TIK dalam aktivitas sosial dan budaya.
    3. Memecahkan permasalahan yang timbul akibat TIK dalam kehidupan sosial dan budaya.
    4. Mencari dan menggambarkan beberapa solusi atas permasalahan yang ada. Inti dari teknologi adalah media. Semua media yang dapat memudahkan manusia dalam mengerjakan dan memenuhi kebutuhan hidupnya dikatakan teknologi.

    5. Bidang Ekonomi
    Kemajuan Teknologi Informasi mempengaruhi segala Aspek Kehidupan salah satunya yang menonjol adalah penggunaan Teknologi Informasi dalam Bidang Ekonomi. kemajuan ini memberikan dampak positif dalam bidang perekonomian diantaranya yaitu :
    1. Pertumbuhan ekonomi yang semakin Tinggi, Hal ini ditunjukan dengan banyaknya perusahaan besar menggunakan Perangkat dan sistem yang berbasis Teknologi Informasi.
    2. Tingkat Produktifitas semakin tinggi,dalam hal ini di dunia Industrialisasi dikarenakannya adanya Otomatisasi dalam bidang perkantoran.
    3. Terjadinya Industrialisasi di berbagai daerah,Hal ini ditunjukan semakin banyak kota yang berkembang untuk maju, dan tidak hanya terjadi di kota- kota besar saja.

    Suka

  35. Reblogged this on pujanggabuta and commented:
    Masyarakat dalam kehidupannya pasti mengalami perubahan. Perubahan yang terjadi bukan hanya menuju ke arah kemajuan, tetapi dapat juga menuju kearah kemunduran. Terkadang perubahan- perubahan yang terjadi berlangsung dengan cepat, sehingga membingungkan dan menimbulkan ”kejutan budaya” bagi masyarakat. Perubahan itu dapat terjadi di berbagai aspek salah satunya adalah dalam aspek teknologi dan ilmu pengetahuan.
    Berikut contoh contoh perubahan sosial akibat teknologi dan ilmu pengetahuan:
    1. Petani yang sudah tidak menggunakan kerbau untuk membajak sawah.
    Jika dulunya masyarakat pertanian cenderung ‘kolot’ akan hal hal yang bersifat inovatif, lain halnya dengan sekarang ketergantungan akan hal hal yang berhubungan dengan teknologi seakan menjadi bagian hidup mereka. Sebagai contoh, untuk membeli bibit saja mereka rela dating jauh jauh dari tempat tinggal ke toko toko atau pusat penjualan sarana produksi (input) pertanian seperti bibit, benih, dan input lainnya seperti pupuk dan pestisida. Hal ini mengindikasikan masyarakat pertanian telah sepenuhnya dapat menerima sentuhan teknologi dalam kehidupan mereka. Dan juga pada saat ini, para petani sudah tidak menggunakan kerbau untuk membajak sawah seperti dulu lagi, sekarang sudah hamper semua petani menggunakan traktor untuk membajak sawah. Hal ini terbukti bahwa telah terjadi perubahan sosial pada petani yang dulunya menggunakan kerbau menjadi menggunakan traktor.
    2. Penggunaan Handphone sebagai alat komunikasi.
    Jika kita lihat dari zaman dahulu, semua serba sederhana, begitu juga dalam hal mengirim pesan kepada kerabat keluarga dan orang orang terdekat kita. Dulu kita hanya dapat mengirim pesan lewat surat, dan hal itu membutuhkan waktu yang sangat lama untuk pesan tersebut bias sampai kepada orang yang kita tuju. Seiring dengan berjalannya waktu, muncul lah teknologi yang bernama handphone, suatu alat untuk mengirim pesan yang praktis, efisien, dan terihtung sangat cepat. Dengan menggunakan teknologi ini kita dapat mengirim pesan hanya kurang dari hitungan menit sudah dapat diterima oleh orang yang kita tuju. Dan juga handphone tidak hanya berguna sebagai alat komunikasi, tetapi juga menjadi computer dalam genggaman tangan, jadi saat ini sebagian besar orang memiliki handphone.
    3. Penggunaan alat alat pabrik (robot)
    Salah satu contoh teknologi yang mempengaruhi perubahan sosial yaitu penggunaan alat alat berat yang digunakan oleh pabrik pabrik. Sebelumnya banyak pekerjaan yang hanya dapat dilakukan oleh manusia, seperti mengaduk, memotong, menggulung, membungkus dll. Tetapi aibat berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan, diciptakanya lah alat alat atau mesin yang dapat menggantikan pekerjaan manusia tersebut, dan sampai saat ini pun akan terus dikembangkan.
    4. Metode belajar E-Learning
    Berkembangnya teknologi informasi telah menghasilkan hal yang awalnya sulit diterapkan menjadi mudah dan menyenangkan. Hal tersebut salah satunya dapat ditemukan pada bidang pendidikan. Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka. Ini menggambarkan bahwa dengan adanya teknologi informasi, para siswa yang ingin mendapatkan ilmu tidak harus bertatap muka dengan pengajarnya seperti yang ada sekarang, cukup dengan megakses internet maka kegiatan belajar mengajar pun dapat dilakukan meskipun tidak 100% menggantikan sistem konvensional.
    Peranan teknologi informasi dalam pembelajaran ini juga selain membantu siswa dalam belajar adalah memiliki peranan yang cukup berpengaruh untuk guru terutama dalam pemanfaatan fasilitas untuk kepentingan memperkaya kemampuan mengajarnya.
    5. Berkembangnya Teknologi Transportasi
    Dulu semua orang untuk berpindah tempat hanya dapat dilakukan dengan jalan kaki atau menunggangi kuda, oleh karna itu dibutuhkan waktu yang lama untuk menempuh jarak yang jauh, tetapi sekarang, karna berkembangnya teknologi dibidang transportasi, kemanapun menjadi lebih cepat dan lebih aman karna sudah adanya motor, mobil, pesawat terbang, dll. Tetapi karna hal tersebut, jarang adanya orang yang jalan kaki, padahal jalan kaki itu termasuk olah raga yang baik untuk tubuh kita.

    Suka

  36. Reblogged this on syahputra30's Blog and commented:
    Pada zaman yang serba modern saat ini, informasi merupakan sebuah hal yang sangat penting dan harus dapat segera diakses oleh para pemakai yang membutuhkannya. Hal ini sebagai akibat dari makin beragam dan kompleksnya aktivitas manusia diberbagai sektor kehidupan. Dengan makin tingginya penemuan di bidang teknologi khususnya teknologi informasi, menjadikan teknologi sebagai jembatan yang mampu menghubungkan jutaan manusia dibelahan dunia dalam mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Teknologi informasi telah terbukti membantu memecahkan banyak permasalahan yang sering dihadapi manusia, terutama yang berkaitan dengan faktor kelemahan manusia. Hal ini sejalan dengan kemajuan teknologi informasi banyak berperan dalam bidang-bidang antara lain :

    1. Bidang pendidikan (e-education)
    Berkembangnya teknologi informasi telah menghasilkan hal yang awalnya sulit diterapkan menjadi mudah dan menyenangkan. Hal tersebut salah satunya dapat ditemukan pada bidang pendidikan. Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka (Mukhopadhyay M., 1995). Ini menggambarkan bahwa dengan adanya teknologi informasi, para siswa yang ingin mendapatkan ilmu tidak harus bertatap muka dengan pengajarnya seperti yang ada sekarang, cukup dengan megakses internet maka kegiatan belajar mengajar pun dapat dilakukan meskipun tidak 100% menggantikan sistem konvensional.
    Peranan teknologi informasi dalam pembelajaran ini juga selain membantu siswa dalam belajar adalah memiliki peranan yang cukup berpengaruh untuk guru terutama dalam pemanfaatan fasilitas untuk kepentingan memperkaya kemampuan mengajarnya.

    2. Bidang Keuangan dan Perbankan
    Saat ini telah banyak para pelaku ekonomi, khususnya di kota-kota besar yang tidak lagi menggunakan uang tunai dalam transaksi pembayarannya, tetapi telah memanfaatkan layanan perbankan modern. Layanan perbankan modern yang hanya ada di kota-kota besar ini dapat dimaklumi karena pertumbuhan ekonomi saat ini yang masih terpusat di kota-kota besar saja, yang menyebabkan perputaran uang juga terpusat di kota-kota besar. Sehingga sektor perbankan pun agak lamban dalam ekspansinya ke daerah-daerah. Hal ini sedikit banyak disebabkan oleh kondisi infrastruktur saat ini selain aspek geografis Indonesia yang unik dan luas.
    Untuk menunjang keberhasilan operasional sebuah lembaga keuangan/perbankan seperti bank, sudah pasti diperlukan sistem informasi yang handal yang dapat diakses dengan mudah oleh nasabahnya, yang pada akhirnya akan bergantung pada teknologi informasi online, sebagai contoh, seorang nasabah dapat menarik uang dimanapun dia berada selama masih ada layanan ATM dari bank tersebut, atau seorang nasabah dapat mengecek saldo dan mentransfer uang tersebut ke rekening yang lain hanya dalam hitungan menit saja, semua transaksi dapat dilakukan.

    3. Bidang Industri
    Revolusi industri menjadikan mesin-mesin sebagai pengganti otot manusia maka teknologi informasi ini telah menciptakan sebuah revolusi digital dan menciptakan mesin-mesin yang mengganti otak manusia.
    Di bidang Industri, teknologi ini sangat membantu dalam pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. Tercakup dalam definisi teknologi tersebut adalah semua perangkat keras, perangkat lunak, kandungan isi, dan infrastruktur komputer maupun telekomunikasinya. Ia tidak terbatas pada hal-hal seperti proses, perangkat lunak komputer, sistem informasi, perangkat keras, bahasa program , atau data konstruksi. Beberapa tugas yang TI lakukan dalam bidang Industri termasuk didalamnya manajemen data, jaringan, rekayasa perangkat keras komputer, database, desain perangkat lunak, serta manajemen dan administrasi sistem secara keseluruhan.

    4. Bidang Sosial dan Budaya
    Manusia dilahirkan di dunia tak hanya sebagai makhluk Tuhan dan makhluk individu saja, tetapi sebagai makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia harus dapat berinteraksi dengan orang sekitarnya dan lingkungannya.Interaksi sosial pun tak jauh dari teknologi. Segala aspek yang berhubungan dengannya dapat diakses melalui TIK. Banyak hal positif yang dihasilkan dari teknologi dalam kehidupan sosial dan budaya. Tetapi, banyak juga hal negatif yang ditimbulkan dari pemnfaatan TIK yang kurang bertanggung jawab. Dan ada pula beberapa tujuan tersebut diantaranya adalah:
    1. Menggambarkan hubungan antara TIK dan sosisal budaya.
    2. Mengidentifikasi dampak atau pengaruh yang ditimbulkan oleh TIK dalam aktivitas sosial dan budaya.
    3. Memecahkan permasalahan yang timbul akibat TIK dalam kehidupan sosial dan budaya.
    4. Mencari dan menggambarkan beberapa solusi atas permasalahan yang ada. Inti dari teknologi adalah media. Semua media yang dapat memudahkan manusia dalam mengerjakan dan memenuhi kebutuhan hidupnya dikatakan teknologi.

    5. Bidang Ekonomi
    Kemajuan Teknologi Informasi mempengaruhi segala Aspek Kehidupan salah satunya yang menonjol adalah penggunaan Teknologi Informasi dalam Bidang Ekonomi. kemajuan ini memberikan dampak positif dalam bidang perekonomian diantaranya yaitu :
    1. Pertumbuhan ekonomi yang semakin Tinggi, Hal ini ditunjukan dengan banyaknya perusahaan besar menggunakan Perangkat dan sistem yang berbasis Teknologi Informasi.
    2. Tingkat Produktifitas semakin tinggi,dalam hal ini di dunia Industrialisasi dikarenakannya adanya Otomatisasi dalam bidang perkantoran.
    3. Terjadinya Industrialisasi di berbagai daerah,Hal ini ditunjukan semakin banyak kota yang berkembang untuk maju, dan tidak hanya terjadi di kota- kota besar saja.

    Suka

  37. Teknologi informasi dan komunikasi
    Teknologi Informasi dan Komunikasi, adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.
    Pengaruh teknologi informasi dan komunikasi
    Budaya dalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi sebagaimana juga budaya,merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis ,ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaanya membuktikan bahwa budaya itu dipelajari,bangsa Indonesia harus mempersiapkan diri untuk pengaruh teknologi komunikasi terhadap seluruh aspek kebudayaan kehidupan bangsa ,karena perkembangan teknologi saat ini begitu luar biasa terutama yang berhubungan dengan telekomunikasi dan informasi . teknologi yang ada diciptakan dengan tujuan untuk membantu memberikan kemudahan dalan berbagai aspek kehidupan manusia,baik pada saa manusia bekerja ,berakifitas, bahkan berkomunikasi. Banyak hal posited yang dapat diambil dengan adanya teknologi dan komunikasi yang semakin canggih ,tetapi tidak berarti teknologi komunikasi tidak menimbulkan persoalan.teknolgi dapa membentuk individu bagaimana cara berpikir ,berperilaku dalam masyarakat dan teknologi tersebu akhirnya mengarahkan manusia untuk bergerak,kemajuan ini ,peralatan komunikasi yang dibentuk oleh manusia ,pada akhirnya membuat manusia itu bergantung dan mempengaruhi kehidupan manusia itu sendiri.
    teknologi juga memperngaruhi aspek sosial
    seperti dunia maya,semakin banyak orang yang terpengaruh oleh dunia maya dan berkenalan dengan seseorang melalui dunia maya ,mereka menghabiskan waktu berjam-jam untuk berkenalan dengan yang baru dikenal

    teknologi juga mempengaruhi aspek kebudayaan
    membuat semakin hilangkan kebudayaan di Negara kita,karena manusia yang ada dinegara dan bangsa kita lebih cenderung menyukai kebudayaan kebudayaan yang ada diluar ,seperti korea dan lain-lain,bahkan kebudayaan bangsa Indonesia bisa direbut lagi oleh bangsa atau Negara lain dikarenakan kesalahan masyarakat didalamya yang tidak menjaga kebangsaannya sendiri.
    Perubahan sosial budaya meliputi perubahan fungsi kebudayaan dan perilaku manusia dalam masyarakat dari suatu keadaan tertentu kekeadaan lain.hal ini mengandung arti bahwa perubahan yang terjadi tersebut meliputi perubahan sosial dan budaya ,terjadi di masyarakat ,serta menghasilkan suatu keadaan baru bagi manusia .pada dasarnya semua bangsa didunia ini mengalami proses untuk perubahan yang lebih baik.tetapi masyarakat Indonesia sulit untuk beradaptasi dengan hal hal yang harus dihindari seperti kehilanggannya sosialisasi antara manusia dan kebudayaan yang semakin tidak dipertahankan oleh masyarakat indonesia
    Perkembangan Teknologi Informasi sudah sedemikian pesatnya sehingga sulit bagi kita untuk mengontrolnya. Hampir setiap detik produk Teknologi Informasi tercipta di seluruh belahan dunia. Kita patut mengapresiasi perkembangan Teknologi Informasi ini karena tentunya akan semakin membantu kehidupan manusia. Dampak positif dan negatif pemanfaatan IT sudah pasti ada dan sudah sewajarnya kita mewaspadai hal ini.
    Berikut ini beberapa hal yang menjadi dampak positif perkembangan Teknologi Informasi.
     Mempermudah dan mempercepat akses informasi yang kita butuhkan.
     Mempermudah dan mempercepat penyampaian atau penyebaran informasi.
     Mempermudah transaksi perusahaan atau perseorangan untuk kepentingan bisnis.
     Mempermudah penyelesaian tugas-tugas atau pekerjaan.
     Mempermudah proses komunikasi tidak terhalang waktu dan tempat.
     Banyaknya penggunaan teknologi informasi membuka lowongan kerja.

    Sementara itu dampak negatif perkembangan Teknologi Informasi antara lain,
     Isu SARA, kekerasan dan pornografi menjadi hal yang biasa.
     Kemudahan transaksi memicu munculnya bisnis-bisnis terlarang seperti narkoba dan produk black market atau ilegal.
     Para penipu dan penjahat bermunculan terutama dalam kasus transaksi online.
     Munculnya budaya plagiarisme atau penjiplakan hasil karya orang lain.
    Semua kebijakan atau suatu perkembangan pasti diikuti sisi positif dan negatif termasuk dalam perkembangan Teknologi Informasi dalam kehidupan kita dan hendaknya kita sendiri yang mewaspadai fenomena yang terjadi supaya bisa meminimalisir sisi yang negatif.

    Saya setuju dengan pendapat ranto bahwa manusia dipicu untuk lebih cepat melandapatkan informasi baik tentang peluang maupun tentang perkembangan lawan atau pesaing,didalam sebuah persaingan industri atau ekonomi dinegara kita harus mempunyai kemampuan yang memicu dengan pelajaran yang pernah dipelajari ,megapa setiap orang dipicu untuk lebih cepat mendapatkan informasi dengan menggunakan teknologi yang semakin modern dizaman ini karena persaingan yang semakin ketat dalam bidang industry ekonomi dan lain-lain
    5 contoh “mengapa dan bagaimana bisa mempengaruhi kehidupan manusia dan akhirnya bergantung pada teknologi itu”,menurut saya teknologi bisa dipergunakan untuk berbagai macam bidang didunia ini banyak contohnya dalam bidang pendidikan,perindustrian,perkantoran,pergaulan,dan lain-lain.berikut adalah 5 contoh menurut saya :
    1. Dalam bidang pendidikan
    Teknologi didalam pendidikan juga mempengaruhi cara belajar atau cara mengajar didalamnya,contohnya seperti sebagian sekolah dasar yang mengerjakan tugas ujiannya dirumahnya dengan menggunakan via internet untuk menjawab soal ujian yang telah diberikan oleh gurunya,pembuktian dari hal ini adalah bahwa sejak kecil kita sudah harus mengerti tentang teknologi didunia ini semakin kita besar semakin tinggi pula kebutuhan kita dalam teknologi dan untuk memenuhi kepentingan.

    2. Dalam bidang perkantoran
    Kita sudah dikenalkan sejak kecil dengan teknologi dari yang sederhana sampai yang sanggat canggih,pada saat masyarakat sudah memilih untuk bekerja diperkantoran ,sudah sangat jarang seseorang yang bekerja diperkantoran untuk dating kekantornya hanya untuk mengerjakan tugas bahkan dengan teknologi yang canggih kita bisa mengerjakan tugas perkantoran dirumah dengan santai,seperti halnya seorang penulis yang menulis novel yang ia buat bila ia ingin mencari ilham untuk menulis ia bisa pergi kepuncak atau daerah daerah yang dianggap membuat nyaman kita bila penulisan sudah selesai mereka tidak perlu lagi kekantor untuk menyerahkan hasil tulisannya hanya dengan mengirim via email pun sudah bisa dengan menggunakan laptop atau computer yang mereka miliki.

    3. Dalam bidang industri
    Industri adalah suatu kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah,bahan baku ,menjadi barang setengah jadi dan barang jadi menjadi bahan yang bernilai tinggi untuk penggunanya,termasuk kegiatan rancang bangunan dan perekayasaan industry,kelebihan yang disebabkan oleh teknologi didalam industry yaitu: a. meningkakan produktifitas b.keakuratan yang lebih baik c.mengurangi energy manusia untuk memeriksa suatu barang atau file-file,seperti contoh dalam industry perfilman yang banyak menggunakan teknologi dalam mengedit atau membuat film tersebut yang diharuskan menggunakan teknologi yang canggih untuk hasil yang bagus.

    4. Dalam pergaulan
    Di zaman yang modern ini tentunya teknologi semakin berkembang.Dan juga berpengaruh terhadap kehidupan remaja saat ini.Dengan adanya teknologi remaja dapat mengakses sesuatu yang mereka inginkan.Misalnya dengan membuat akun jejaring social seperti facebook,path,twitter,instagram,dan lain-lain.Melalui jejaring ini mereka tidak perlu keliling dunia untuk mendapatkan teman. Sebenarnya apabila kita mengetahui dengan baik manfaat teknologi tentunya sangat berguna dalam kehidupan kita.Dengan adanya teknologi kita dapat menambah ilmu pengetahuan.selain itu,ada juga yang memanfaatkanya sebagai sarana mengapresiasikan diri agar tidak ketinggalan jaman.

    5. Dalam bidang kesehatan
    implementasi CT scan dan perkembangannya dalam dunia komputerisasi serta peran dari CT scan yang diterapkan dalam medis.Teknologi informasi yang diterapkan pada peralatan-peralatan medis, misalnya pada CTscan (Computer Tomography). CT scan adalah peralatan yang mampu memotret bagian dalam dari seseorang tanpa dilakukan pembedahan, yakni dengan menggunakan teknologi sinar X. CT scan telah merevolusi bidang medis karena memungkinkan dokter untuk melihat penyakit di masa lalu, yang sering kali ini hanya bisa ditemukan dimeja operasi atau proses otopsi. CT scan adalah pemeriksaan yang non-invasif, aman,dan ditoleransi dengan baik. Hal ini memberikan hasil tampilan yang sngat rinci pada beberapa bagian tubuh. Eknologi didalam bidang kesehatan mempermudah pemeriksaan dan mempercepat tindakan

    menurut saya diatas merupakan penjelasan mengapa dan bagaimana seseorang bergantung terhadap teknologi dikarenakan semakin berkembangnya zaman seseorang semakin membutuhkan suatu hal yang lebih praktis dan lebih cepat.

    Suka

  38. Reblogged this on putridk and commented:
    Saya setuju dengan apa yang dipost oleh pak ranto mengenai urbanisasi menimbulkan efek negative di kota Jakarta,Surabaya dan lain-lain bahkan menimbulkan penumpukan penduduk di kota-kota besar ini tanpa mereka mempunyai pekerjaan bahkan tidak memiliki kemampuan saat mereka memutuskan untuk pindah dari desa ke kota ,benar apa yang dikatakan pak ranto mereka beranggapan bahwa kota selalu dipandang sebagai pusat pendidikan,pusat kegiatan ekonomi dan pusat pemerintahan,mereka beranggapan seperi itu teapi mereka tidak tercangkup dalam orang-orang yang melakukan pendidikan,tidak memiliki keahlian untuk menyambung hidup hanya mampu bekerja dibawah langit.
    Menurut Sarlito (1992:62), salah satu persoalan yang sampai saat ini terus dirasakan adalah adanya perbedaan kelas sosial ekonomi yang makin lama makin menyolok karena kaum urban atau orang yang berubanisasi semakin banyak setiap tahunnya dan semakin bertumpuk dikota-kota besar. Golongan yang mampu makin berkuasa dan makin kaya sedangkan golongan miskin bertambah miskin. Semakin besar, semakin padat dan heterogen penduduknya, semakin jelaslah ciri-ciri tersebut.Di samping itu, fenomena lain pada kehidupan kota adalah adanya sifat kompetitif yang sangat besar, dan sifat hubungan antar personal yang lebih dititikberatkan pada pertimbangan keuntungan secara ekonomis.
    Pengertian urbanisasi itu sendiri adalah suatu proses terbentuknya kehidupan perkotaan yang berbeda dengan kehidupan pedesaan ,dalam konteks ekonomi,sosial dan mentalitas masyarakatnya,
    pengertian dari masyarakat urban adalah suatu yang bersifat kekotaan yang secara langsung maupun tidak,terkait dengan urbanisasi ( perpindahan dari desa ke kota ) ,fenomena urban pada hakikatnya terkait erat dengan persoalan tardisi dan modernias ,masyarakat urban identik dengan industrialisasi dan konsumsi gaya hidup telah menyuburkan keberadaan “ anggota msayarakat modern” atau sosialita dalam arti fenomena gemerlap
    sedangkan pengertian kota adalah tempat bermukimnya manusia dengan segala kemampuan maka kota daah bagian dari “human settlement (ruang dan isinya)”
    perbedaan masyarakat kota dan desa mempunyai ciri-ciri masing masing ,yaitu :
    Masyarakat pedesaan :
    1. perilaku homogeny
    2 . perilaku yang dilandasi oleh konsep kekeluargaan dan kebersamaan
    4. isolasisosial sehingga statik
    5. kesatuan dan keutuhan cultural
    6. banyak ritual dan nilai-nilai sacral
    7. kolektivisme
    Sedangkan Masyarakat kota:
    1. perilaku heterogen
    2. perilaku yang dilandasi oleh konsep pengandalan diri dan kelembagaan
    3. perilaku yang berorientasi pada rasionalitas dan fungsi
    4. mobilitassosial sehingga dinamik
    5. kebauran dan diversifikasi cultural
    6. birokrasi fungsional dan nilai-nilai secular
    7. individualisme
    Gejala-gejala masyarakat pedesaan yang membuat mereka berurbanisasi kekota ,yaitu:
    a) Konflik (pertengkaran)
    b) Kompetisi (persiapan)
    c) Kegiatan pada masyaraka pedesaan
    Dalam masyaraka modern ,sering dibedakan antara masyarakat pedesaan (rural community) dan masyarakat perkotaan (urban community).menurut soekanto (1994) perbedaan ersebut sebenarnya tidak mempunyai hubungan dengan penggertian masyaraka sederhana ,karena dalam masyarakat modern,berapapun kecilnya suatu desa,pasti ada pengaruh-pengaruh dari kota,perbedaan masyarakat perdesaan dan masyarakat perkotaan ,pada hakekatnya bersifat gradual
    FAKTOR PENARIK TERJADINYA URBANISASI:
    1. Kehidupan kota yang lebih modern dan lebih mewah
    2. Sarana dan prasarana kota yang lebih bagus
    3. Banyaknya lapangan pekerjaan dikota
    4. Pendidikan yang jauh lebih baik dari pada dipedesaan
    FAKTOR PENDORONG TERJADINYA URBANISASI:
    1. Lahan pertanian yang semakin sempit
    2. Merasa kurang cocok dengan budaya asalnya
    3. Mengagnggur karena tidak banyak lapanga kerja didesa
    4. Terbatasnya sarana dan prasarana yang ada didesa
    5. Memiliki impian kuat untuk menjadi orang kaya
    5 contoh kasus sosial akibat faktor urbanisasi:
    1. Munculnya kawasan kumuh (slum area) yang bisa menghambat perkembangan kota dan menurunkan estetika dari kota itu sendiri
    2. Angka pengangguran semakin tinggi
    3. Meningkatkan polusi udara diperkotaan
    4. Tingkat kriminalitas yang tinggi,mengurangi rasa nyaman bagi penduduk sekitar
    5. Pencemaran yang bersifat sosial dan ekonomi
    6. Penyebab kemacetan lalulintas
    7. Merusak tata kota

    Suka

  39. Reblogged this on atikahapriyatni and commented:
    1.Mempermudah kegiatan/aktivitas seseorang
    dengan adanya internet merupakan jaringan rangkaian komputer dengan rangkaian komputer lainnya di seluruh dunia. menganal satu sama lain dengan adat dan daerah yang berbeda. menyatukan tali persaudaran. dengan adanya sistem ini komunikasi global yang menghubungkan antar individu dan kelompok. secara umum jaringan mempunyai beberapa manfaat yang lebih dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri. menajagainformasi agar tetap handal. mempercepat memproses data transfer data pada jaringan selalu ebih cepat dibandingkan sengan sarana berbagi data dengan yang lainnya
    contoh : berguna untuk kita berkomunikasi,bertukat informasi,file,data,suara dan gambar

    2.Mempermudah pengendalian listrik
    Perkembangan teknologi khususnya elektronika telah merambah hampir ke semua aspek kehidupan.Seperti halnya beragam perala
    tan listrik yang tersebar diberbagai tempat.Apabila beragam peralatan listrik tersebut dikendalikan secara manual dalam situasi dan kondisi tertentu tentunya sangat merepotkan.Apalagi jika
    jarak antara satu dengan yang lainnya berjauhan.Berdasarkan masalah tersebut kita dapat memanfaatkan sebuah alat pengendali untuk mengendalikan beragam peralatan listrik melalui komputer yang ada di perusahaan.Sebagai pengendalian alat listrik berupa lampu. Pengendalian lampu ini digunakan untuk sistem Billing
    pada lampu meja billiard. Dengan adanya sistem pengendalian lampu
    pada Billing meja billiard maka banyak kemudahan yang didapatkan
    Contohnya : kita tidak perlu menyalakan lampu meja billiard secara manual
    tapi hanya mengendalikan lewat komputer atau PC untuk menyalakannya

    3.Membawa keyakinan untuk perubahan sosial
    Perubahan tersebut merupakan akibat dari adanya interaksi antar manusia dan antarkelompok. Akibatnya, di antara mereka terjadi proses saling memengaruhi yang menyebabkan perubahan sosial. Hal ini berarti perubahan sosial tidak bisa kita hindari. Kemajuan teknologi yang amat pesat telah membawa berbagai macam pengaruh, baik dari dalam maupun dari luar. Pengaruh kemajuan teknologi begitu mudah hadir di tengah-tengah kita. Lambat laun tanpa disadari orang telah mengadopsi nilai-nilai baru tersebut. Perubahan yang terjadi di masyarakat bisa berupa perubahan nilai-nilai sosial, norma-norma yang berlaku di masyarakat, pola-pola perilaku individu dan organisasi, susunan lembaga kemasyarakatan, lapisan-lapisan atau kelas-kelas dalam masyarakat, kekuasaan, wewenang, interaksi sosial, dan masih banyak lagi. Dengan kata lain, perubahan sosial bisa meliputi perubahan organisasi sosial, status, lembaga, dan struktur sosial dalam masyarakat. Perubahan pada bidang-bidang kehidupan tertentu tidak hanya semata-mata berarti suatu kemajuan, namun dapat pula berarti kemunduran. Dengan kata lain, perubahan sosial merupakan ketidaksesuaian unsur-unsur yang saling berbeda yang ada di masyarakat sehingga menghasilkan suatu pola kehidupan yang fungsinya tidak serasi yang keadaannya lebih buruk dari sebelumnya.
    Contohnya : Perubahan biasanya dipelopori oleh para generasi muda yang memiliki pembaru. Jadi perubahan sosial haya dapat diketahui oleh seseorang yang bercita-cita maju.

    4.Munculnya atau Meiliki sifat individualis dan ambisius
    Manusia memiliki dua peranan yang harus dilakoni dalam kehidupan ini, yaitu manusia sebagai makhluk individu dan manusia sebagai makhluk sosial. Sebagai seorang individu manusia memiliki sifat egois, ambisius dan tidak pernah puas. Sedangkan dalam peranannya sebagai makhluk sosial mereka dituntut untuk bisa berbagi dan saling tolong menolong. Dari kedua sifat yang saling bertolak belakang itulah muncul teknologi. Singkat kata teknologi juga memiliki dua sifat yang berbeda, yaitu positif dan negatif. Kedua dampak tersebut pasti berjalan beriringan seiring dengan teknologi yang dihasilkan manusia. Karena akhir-akhir ini banyak yang lebih mementingkan individualisme dari pada sosial kemasyarakat, maka teknologi yang dihasilkanpun cenderung kepada sifat yang negatif. Banyak kerugian yang ditimbulkan daripada keuntungannya
    Contohnya : penerapan teknologi nuklir yang diselewengkan menjadi senjata pemusnah masal dan pengerukan sumber daya alam secara berlebihan yang berdampak pada hilangnya keseimbangan ekosistem di bumi dampak negatif yang muncul akibat sifat egois, ambisius dan tidak pernah puasnya manusia dalam kehidupannya.

    5.Kemajuan teknologi tidak selalu berdampak positif
    Kemajuan teknologi tidak selalu berdampak positif, namun juga terhadap lingkungan alam. asap kendaraan bermotor kemajuan alat transportasi sangat menunjang kelancaran dan kenyamanan dalam beraktivitas.namun disamping bermanfaat ,perkembangan alat transportasi juga menimbulkan dampak negatif
    Contohnya : Asap kendaraan bermotor menimbulkan polusi udara dampak asap kendaraan bermotor…sistem pernafasan manusia terganggu,lapisan ozon diubumi semakin menipis,perubahan fotosintesis menjadi terganggu

    Suka

  40. Reblogged this on bimo nur indrapadi and commented:
    1. Membantu mempercepat pekerjaan manusia
    dengan menggunakan teknologi informasi dan teknologi. pekerjaan manusia akan menjadi lebih cepat dan mudah. pekerjaan ini akan menjadi lebih cepat dan akurat untuk menyusun proposal yang akan dikerjakan
    contoh : misalnya proses pembuatan proposal. apabila menggunakan mesin ketik maka diperlukan waktu yang lama dan dengan keakuratan yang rendah. lain hal nya bila dikerjakan dengan menggunakan komputer dan printer untuk mencetaknya

    2. Mempermudah Komunikasi jarak jauh
    sebelum adanya teknologi informasi dan komunikasi seperti sekarang saat ini, proses komunikasi bersifat analog.untuk mengirim kabar ke keluarga yang letaknya jauh. harus menggunakan surat dengan waktu tempuhlebih dari 2 hari dan itu pun terkadang tidak sampai pada tujuan. maka jarak yang jauh bukan lagi menjadi suatu hambatan dalam berkomunikasi. waktu tempuh relatif singkata dengan keakuratan yang sangat terjamin
    contoh : dengan teknologi sekarang bisa melalui dengan via sms,e-mail,dan lain sebagainya yang merupakan produck teknologi informasi

    3.Mempermudah sistem administrasi
    sistem administrasi tanpa menggunakan bantuan teknologi infromasi dan komunikasi. akan menjadi lambat dan membutuhkan tempat yang cukup besar. betapa besarnya manfaat adanya suatu teknologi. mungkin digunakan dengan waktu sampai berbulan-bulan untuk menghitung secara manual
    contoh : untuk proses penghitungan suara oleh KPU. dalam hitungan jam saja sudah bisa terakumulasi total suara dalam satu negara

    4.Munculnya perilaku individualisme.ketergantungan dan egois
    semakin ketergantungannya akan bidang ini.maka jiwa sosialnya pun bisa berkurang. tidak adanya kesabaran,ketulusan,serta rasa syukur tentang apa yang telah tuhan hendaki. karena dengan seseorang yang hanya berfikir hanya untuk harta atau jabatan. lupa dengan komitmen apa yang harus dijalankan dengan sebenarnya,sebaiknya dengan kerendahan hati serta dibantu dengan kejujuran.
    contoh : misalnya seseorang akan lebih senang berada di depan komputer hanya untuk bermain game yang membuang waktu. dari pada mengikuti suatu kegiatan remaja atau beribadah

    5.Manusia menjadi malas beraktivitas
    ini adalah dampak yang paling nyata. yang dapat kita lihat dan dapat kita rasakan. hampir setiap detik,setiap jam,bahkan setiap hari. waktu mereka untuk belajar punmenjadi berkurang. disinilah peran orang tua harus aktif. untuk menjelaskan pada akhirnya mengenai pembagian waktu untuk belajar
    contoh : setelah pulang sekolah. siswa atau siswi sekolah lebih banyak menghabiskan banyak waktunya di warnet atau nongkrong di tempat yang tak sepantasnya di singgahi untuk bermain

    Suka

  41. 1. Membantu mempercepat pekerjaan manusia
    dengan menggunakan teknologi informasi dan teknologi. pekerjaan manusia akan menjadi lebih cepat dan mudah. pekerjaan ini akan menjadi lebih cepat dan akurat untuk menyusun proposal yang akan dikerjakan
    contoh : misalnya proses pembuatan proposal. apabila menggunakan mesin ketik maka diperlukan waktu yang lama dan dengan keakuratan yang rendah. lain hal nya bila dikerjakan dengan menggunakan komputer dan printer untuk mencetaknya

    2. Mempermudah Komunikasi jarak jauh
    sebelum adanya teknologi informasi dan komunikasi seperti sekarang saat ini, proses komunikasi bersifat analog.untuk mengirim kabar ke keluarga yang letaknya jauh. harus menggunakan surat dengan waktu tempuhlebih dari 2 hari dan itu pun terkadang tidak sampai pada tujuan. maka jarak yang jauh bukan lagi menjadi suatu hambatan dalam berkomunikasi. waktu tempuh relatif singkata dengan keakuratan yang sangat terjamin
    contoh : dengan teknologi sekarang bisa melalui dengan via sms,e-mail,dan lain sebagainya yang merupakan produck teknologi informasi

    3.Mempermudah sistem administrasi
    sistem administrasi tanpa menggunakan bantuan teknologi infromasi dan komunikasi. akan menjadi lambat dan membutuhkan tempat yang cukup besar. betapa besarnya manfaat adanya suatu teknologi. mungkin digunakan dengan waktu sampai berbulan-bulan untuk menghitung secara manual
    contoh : untuk proses penghitungan suara oleh KPU. dalam hitungan jam saja sudah bisa terakumulasi total suara dalam satu negara

    4.Munculnya perilaku individualisme.ketergantungan dan egois
    semakin ketergantungannya akan bidang ini.maka jiwa sosialnya pun bisa berkurang. tidak adanya kesabaran,ketulusan,serta rasa syukur tentang apa yang telah tuhan hendaki. karena dengan seseorang yang hanya berfikir hanya untuk harta atau jabatan. lupa dengan komitmen apa yang harus dijalankan dengan sebenarnya,sebaiknya dengan kerendahan hati serta dibantu dengan kejujuran.
    contoh : misalnya seseorang akan lebih senang berada di depan komputer hanya untuk bermain game yang membuang waktu. dari pada mengikuti suatu kegiatan remaja atau beribadah

    5.Manusia menjadi malas beraktivitas
    ini adalah dampak yang paling nyata. yang dapat kita lihat dan dapat kita rasakan. hampir setiap detik,setiap jam,bahkan setiap hari. waktu mereka untuk belajar punmenjadi berkurang. disinilah peran orang tua harus aktif. untuk menjelaskan pada akhirnya mengenai pembagian waktu untuk belajar
    contoh : setelah pulang sekolah. siswa atau siswi sekolah lebih banyak menghabiskan banyak waktunya di warnet atau nongkrong di tempat yang tak sepantasnya di singgahi untuk bermain

    Suka

  42. saya sdh terima jawaban Yulistika, masih ada kesempatan u melengkapinya, dengan keterangan-keterangan total kata 500 kata, bukan huruf. Silakahkan perbaiki dan lengkapi jawaban anda. Selamat belajar

    Suka

  43. 1.penggunaan ponsel dengan fitur chatting yang serba canggih hingga menimbulkan sikap malas, terutama para pelajar untuk belajar dan sikap menuntut yang berlebihan kepada orang tua yang biasanya harus segera dipenuhi, dan jika tidak umumnya akan berpengaruh ke pendidikan yang sedang dijalani, yaitu tidak mau sekolah atau sering disebut bolos .
    2.penyalahgunaan fitur fitur canggih yang ada dalam ponsel/komputer yang memanfaatkan memori sebanyak mungkin untuk menyimpan file file dari blue film atau lebih dikenal dengan BF .
    3.ketergantungan dengan fitur fitur dunia maya seperti Facebook,Twittwe,Instagram,Path,Yahoo,dll
    4.penggunaan hp saat jam belajar mengajar
    5.penggunaan hp untuk tindakan asusila

    Suka

Apa Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s