New Media & Society

Dikutip dari makalah bapak Mustika Ranto Gulo, ST., M.IKom., CPS, bahwa media lama mengalami perkembangan teknologi digitalisasi juga sehingga terjadi perubahan drastis pada seluruh wajah / tampilan media.

Hadirnya New Media mengakibatkan pola bisnis industry media berubah drastis sekalipun masih berusaha dipertahankan oleh pemilik media itu sendiri. Konfergensi media sengaja dilakukan agar media lama tidak sekaligus terkapar. Tetapi perubahan pola bisnisnya hampir berubah seluruhnya.

NEW MEDIA 230866
Gambar : Mustika Ranto Gulo

dalam makalah tersebut dikatakan bahwa research 2015 itu menyatakan ada perubahan sangat mempengaruhi kehidupan sosial manusia, bukan hanya di indonesia tetapi hampir diseluruh dunia. Terjadi secara global sehingga diistilahkan loncatan budaya baru. Manusia menyesuaikan diri pada perubahan-perubahan tersebut dan dikenal dengan kulturisasi budaya baru.

Adapun perubahan pada industri media itu meliputi :

  1. Proses Produksi
  2. Biaya Produksi
  3. Distribusi
  4. Human Resource
  5. Advertising
  6. Data Based
  7. Responsibilities (komentarian)
  8. Reading Style (Gaya Baca)
  9. Sharing (Berbagi)
  10. Multi Aplikasi
  11. Upgradeable
  12. dll

Pada research ini memperlihatkan masih banyak hal yang memang terjadi sebagai akibat dari digitalisasi media.

wikipedia menulis bahwa

New media adalah Media baru (bahasa Inggris: new media) merupakan sebuah terminologi untuk menjelaskan konvergensi antara teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi serta terhubung ke dalam jaringan. Contoh dari media yang sangat merepresentasikan media baru adalah Internet. Program televisi, film, majalah, buku, suratkabar, dan jenis media cetak lain tidak termasuk media baru.

Menurut Everett M. Rogers (dalam Abrar, 2003:17-18) merangkumkan perkembangan media komunikasi ke dalam empat era. Pertama, era komunikasi tulisan, Kedua, era komunikasi cetak, Ketiga, era telekomunikasi, dan Keempat, era komunikasi interaktif. Media baru adalah media yang berkembang pada era komunikasi interaktif.

Tugas :

Jelaskan dan berikan contoh apa saja yang berubah dari hadirnya New Media dan pengaruhnya pada kehidupan sosial kita.

 

Natasya HM

Iklan