KAPITA SELEKTA & ILMU SOSIAL

KAPITA SELEKTA (2) Perubahan Sosial dan Modernisasi, Terdapat 9 (sembilan) item perubahan Sosial akibat Modernisasi, Jelaskan dengan contoh

Apa itu “The Changes”? Perubahan Sosial akibat modernisasi, dimulai dari gaya hidup (life Style) dan bahkan sampai pada perubahan struktur sosial dan budaya sebagai akibat modernisasi. Apa Itu Modernisasi? Modernisasi bisa terjadi karena lebih cenderung dirancang oleh institusi baik pemerintah maupun swasta. Namun Modernisasi Kebudayaan tidak terjadi karena dirancang, tetapi karena adanya adopsi dari budaya luar. Modrnisasi meliputi hampir seluruh aktifitas kehidupan manusia. Kemunculan teori pembangunan dipengaruhi oleh adanya fenomena kemiskinan di banyak negara dunia ketiga terutama setelah Perang Dunia II. Permasalahan ini didekati melalui perspektif yang berbeda, yaitu

  1. Teori modernisasi yang menjelaskan bahwa kemiskinan terutama disebabkan oleh faktor-faktor internal atau faktor yang terdapat di dalam negeri di setiap kawasan negara yang bersangkutan; dan
  2. Teori dependensi atau teori struktural yang lebih banyak mempersoalkan faktor-faktor eksternal sebagai penyebab kemiskinan. Kemiskinan dilihat terutama sebagai akibat bekerjanya kekuatan-kekuatan luar yang menyebabkan negara yang bersangkutan gagal melakukan pembangunannya.

Ingat bahwa lawan dari paradigma Modern adalah Paradigma Tradisional, dimana batas-batas antara keduanya ditandai oleh perubahan struturalisasi sosial dan budaya.

Terdapat minimal 9 item perubahan sosial yang nyata dalam kehidupan kita sehari-hari (jelaskan beserta contoh) Bobot 30%

Selamat bertugas

46 pemikiran pada “KAPITA SELEKTA (2) Perubahan Sosial dan Modernisasi, Terdapat 9 (sembilan) item perubahan Sosial akibat Modernisasi, Jelaskan dengan contoh

  1. Reblogged this on alvisptsr and commented:

    Perubahan sosial dapat diartikan sebagai suatu proses pergeseran atau berubahnya struktur/tatanan didalam masyarakat, meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan penghidupan yang lebih bermartabat.
    9 contoh perubahan sosial dalam kehidupan nyata:
    1. Gaya Pakaian
    Perubahan mode pakaian pada masyarakat bisa saja terjadi. Dahulu semua masyarakat menggunakan pakaian-pakaian yang tertutup. Namun, seiring dengan kemajuan dari perkembangan masyarakat tersebut membuat sedikit demi sedikit anggota masyarakat mulai meninggalkan pakaian seperti itu dan menggunakan pakaian yang menjadi trend. Seperti contoh, sekarang adalah jamannya demam Korea. Bagi penggemar beratnya, mereka selalu mencari dan menggunakan pakaian yang biasa digunakan orang Korea yang pakaiannya seperti pakaiannya kekurangan bahan.
    2. Cara Berkomunikasi
    Zaman dahulu untuk berkomunikasi atau menyatakan cinta seseorang harus menggunakan surat, Namun sekarang dengan menggunakan jejaring sosial atau alat komunikasi, seseorang bisa berkomunikasi atau menyatakan cinta dengan cepat dan praktis. Contohnya zaman dulu untuk menyatakan cinta saja seseorang harus ribet merangkai kata-kata yang indah lalu dikirim ke seseorang yang dia cintai, kalau sekarang mah tinggal kirim emoticon.
    3. Makanan
    Perkembangan Globalisasi juga berdampak pada aspek Makanan. Yang dulunya makanan dibuat dengan cara sederhana seperti membuat tempe, tahu, atau bumbu-bumbu masakan, kini makanan atau bumbu-bumbu itu dapat diperoleh dengan cepat. Contohnya; Kini banyak sekali bermunculan bumbu-bumbu dalam kemasan saset seperti, bumbu racik tempe goreng, tumis, nasigoreng dan lain-lain. Apalagi sekarang banyak sekali bermunculan makanan-makanan cepat saji, Masyarakat Indonesia yang ada di kota-kota besar banyak yang mengkonsumsi makanan junk food sebenarnya berasal dari negara lain seperti ayam goreng (Mc Donald), pizza, spaghetti, dan hamburger dari pada makanan tradisional yang sudah jarang terlihat contohnya, kue cucur, kue putu, lontong sayur, ketupan sayur dan masih banyak lagi. Mereka lebih bangga atau menyukai makanan tersebut daripada makanan khas Indonesia seperti nasi gudeg, nasi gandul, nasi pecel dan lain-lain.
    4. Tradisi
    Tradisi yang berlangsung di masyarakat lama kelamaan luntur. Masyarakat sudah tidak begitu mengikuti tradisi yang ada. Misalnya tradisi menggunakan pakaian “DODOT” untuk adat Jawa pada saat resepsi. Namun sebaliknya, masyarakat khususnya generasi muda cenderung menyukai adat dan tradisi asing. Seperti memakai gaun-gaun yang serba mewah.
    5. Gaya Hidup
    Arus globalisasi juga berdampak pada gaya hidup, baik itu dampak negatif maupun positif. Mayarakat kita khususnya para remaja banyak yang lupa akan identitas diri sebagai bangsa Indonesia, karena gaya hidupnya cenderung meniru budaya barat yang oleh masyarakat dunia dianggap sebagai kiblat. Arus globalisasi berdampak negatif pada masyarakat, misalnya gaya masyarakat sehari-hari cenderung bergaya hidup mewah. Dengan melihat tayangan-tayangan sinetron, telenovela yang ada di TV membuat orang tidak menyesuaikan dengan pendapatan rumah tangganya. Namun juga berdampak positif, misalnya orang sekarang sangat menghargai waktu. “TIME IS MONEY” Ungkapan itu secara mudah berarti waktu adalah uang. Ungkapan yang tak asing lagi bagi kita. Menghargai waktu sangat penting. Begitu pentingnya waktu, mereka menyamakan waktu dengan uang. Jadi waktu adalah sesuatu yang sangat berharga. Oleh karena itu, banyak di kalangan kita yang menghargai waktu. Hal ini berdampak positif bagi bangsa indonesia. karena, dengan adanya ungkapan itu, waktu tidak terbuang dengan sia-sia.
    6. Transportasi
    Sejak dahulu kala transportasi telah digunakan dalam kehidupan masyarakat. Hanya saja alat angkut yang dimaksud bukan seperti sekarang ini. Sebelum tahun 1800 alat pengangkutan yang digunakan adalah tenaga manusia, hewan, dan sumber tenaga dari alam. Pengangkutan barang-barang dalam jumlah kecil serta waktu yang ditempuh lama sekali. Tetapi Bagi masyarakat sekarang, menempuh jarak yang jauh tidaklah menjadi kendala. Berbagai sarana angkutan sudah tersedia dari yang sederhana sampai yang canggih.
    7. Pendidikan
    Kecanggihan teknologi juga mengubah sistem pendidikan di Indonesia. Zaman dahulu para siswa hanya bergantung pada buku-buku yang sudah disediakan, namun sekarang, mereka bisa membuka internet digadget mereka masing-masing untuk memudahkan mencari materi-materi tugas.
    8. Model Rambut
    Model rambut juga banyak berubah. Bahkan masyarakat cenderung merasa harus mengikuti trend tersebut jika tidak mau dikatakan ‘jadul’ atau ‘culun’. Pengaruh terbesar adalah model rambut ‘punk’ yang membuat banyak remaja mengikuti model rambut dan gaya hidup orang dengan model rambut tersebut.
    9. Kesenian
    Saat ini, banyak kesenian di Indonesia yang mulai punah karena anak bangsa tidak suka dengan kesenian tersebut. Bahkan mereka lebih suka mempelajari kesenian asing dengan alasan trendy. Contohnya, anak-anak muda lebih menyukai tarian-tarian Hiphop daripada tarian-tarian tradisional seperti saman, tarian piring, dan lain-lain.
    Itulah contoh perubahan sosial budaya yang terjadi pada masyarakat. Pada dasarnya setiap masyarakat yang ada di muka bumi ini dalam hidupnya dapat dipastikan akan mengalami apa yang dinamakan dengan perubahan-perubahan, perubahan tersebut dipastikan akan terus – menerus. Tetapi perubahan yang terjadi antara masyarakat yang satu dengan yang lain tidaklah selalu sama.

    Suka

  2. Reblogged this on Public Relation and commented:
    Perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai, sikap-sikap sosial, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat. saya akan sebutkan 9 item yang menandai adanya perubahan sosial.

    1. Makanan

    ada perubahan makan yang terjadi sekarang ialah food delevery yang akan mengantar makanan anda kerumah hanya melalui telpon atau internet. perubahan ini terjadi karna malasnya orang orang untuk berpergian ke pasar dan memasak yang membutuh waktu yang cukup lama.

    2. Komunikasi

    Perubahan yang terjadi saat ini ialah banyaknya anak-anak muda zaman sekarang lebih memelih untuk bertemu teman baru melalui dunia maya. ini dikarenakan malesnya mereka untuk berinteraksi langsung didunia luar. saya akan mengambil contoh yang kita ketahuan sedang mendunia yaitu KPOP. kebenyakan KPOP fans lebih menyukai membuat teman baru sesama KPOP fans melalui Twitter dan Facebook. Perubahan ini mengakibatkan terjadi Anti-Social karna kurangnya mereka berinteraksi dengan dunia luar.

    3. Cara Berpakaian

    Terjadinya beragam cara berpakaian yang kita ketemu sehari hari. ada yang berpakaian seperti idola mereka karna ingin terlihat cantik sama seperti idolnya. ada juga berpakain mengikuti tren yaitu hotpants. kebanyak orang orang zaman sekerang lebih memilih berpaikan terbuka ketimbang tertutup seperti zaman dulu. perubahan ini akan terus terjadi tanpa kita sadari kelak akan kita lakukan juga.

    4. Buku

    Sekarang dengan adanya E-book yang terdapat di gadget orang orang lebih memilih membaca di gadget mereka ketimbang membawa buku yang berat kemana mana. dengan kemudahan yang diberikan kepada kita sekarang sudah jarang kita temui orang orang yang membawa buku dan membacanya karna mereka memilih membaca melalui E-book.

    5. Bahasa

    Bahasa merupakan salah satu perubahan sosial. kalau kita perhantikan anak-anak zaman sekerang hampir tidak ada yang menggunakan bahasa daerah mereka sendiri tetapi mereka menggunakan bahasa asing yang merupakan bukan bahasa mereka itu sendiri. dengan berjalannya waktu bahasa kita sendiri akan hilang karna perubahan sosial yang mendorongnya.

    6. Gaya Hidup

    Banyaknya Gaya hidup yang berubah sekarang. Gaya hidup yang berubah salah satunya Mesin Cuci. Dulu kita membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mencuci dengan tangan tapi sekerang dengan ada mesin cuci kita tidak perlu repot dan hanya memakan waktu yang sebentar.

    7. Media Komunikasi

    Handphone sebagian banyak orang mengatakan handphone adalah benda yang paling mudah untuk berkomunikasi. Dulu kita berkomunikasi dengan handphone melalui telpon atau sms tapi tanpa kita sadari telpon dan sms sudah jarang digunakan karna ada media sosial yaitu BBM, LINE, TWITTER. kita hanya membutuhkan internet untuk mengirim pesan melalui BBM tidak seperti sms yang butuh biaya yang cukup lumayan.

    8. Budaya

    Sekarang sulitnya kita untuk mencari pertunjukan wayang yang dulu banyak sekali. orang orang lebih memilih hiburan di TV ketimbang wayang. budaya ini semakin lama akan hilang karna tidak ada generasi yang mau untuk menjaganya dan meneruskannya.

    9. Game

    Semakin cangihnya teknologi beragam permain yang ada. permainan-permainan yang dulu pun terlupakan. anak anak kecil sekarang mungkin tidak mengenal permainan yang dulu. sering sekali kita melihat anak yang beumur 5 tahun sedang bermain gedget mereka ketimbang bermain dengan teman-teman. perubahan ini sangat terlihat dan nyata.

    Suka

  3. Perubahan sosial dan budaya dengan cepat dan merata berkembang di seluruh dunia berkat adanya kecanggihan alat komunikasi dan informasi. Perubahan sosial dan budaya bukan suatu masalah yang perlu dihindari, hal itu merupakan bukti bahwa dunia berkembang dalam berbagai aspek, namun perlu diawasi agar perubahan tersebut tidak merubah tradisi baik dan bahkan merubah ideology.
    Proses modernisasi mencakup proses yang sangat luas yang kadangkadang tak dapat ditetapkan batas-batasnya secara mutlak. Di Indonesia misalnya, modernisasi terutama ditekankan pada sektor pertanian, industri, di samping faktor-faktor lainnya. Di Indonesia pelaksanaan modernisasi terutama melalui perubahan-perubahan yang direncanakan, yakni sebagaimana dilaksanakannya program pembangunan lima tahun (Repelita) yang mulai berlangsung sejak tanggal 1 April 1969.
    Pada dasarnya pengertian modernisasi mencakup suatu transformasi total dari kehidupan bersama yang tradisional atau pra modern (dalam arti teknologi dan organisasi sosialnya), ke arah pola-pola ekonomis dan politis yang menyamai negara-negara barat yang stabil. Karakteristik yang umum daripada modernisasi menyangkut aspek-aspek sosio-demografi dari masyarakat dan aspek-aspek sosio-demografi yang digambarkan dengan istilah gerak sosial (social mobility), yaitu suatu proses di mana unsur-unsur sosial ekonomi dan psikologis dari masyarakat, mulai menunjukkan adanya peluang-peluang ke arah pola-pola yang baru melalui sosialisasi dan pola-pola perikelakuan, yang berujud pada aspekaspek kehidupan modern seperti misalnya mekanisasi, mass media yang teratur, urbanisasi, peningkatan pendapatan perkapita, dan sebagainya.
    Berikut 9 contoh perubahan dan modernisasi yang telah terjadi dimasyarakat :

    1. Alat komunikasi
    Jika dibandingkan dengan 100 tahun lalu, perubahan di bidang komunikasi sudah berkembang sangat jauh dan pesat yang pada saat itu alat untuk berkomunikasi hanya dengan surat , lonceng, telegraf, kentongan ,dll. Sekarang sudah ada smartphone, telephone, faximille, maupun gadget lainnya yang hanya dengan hitungan detik, orang yang berjauhan ribuan kilometer bisa langsung terkoneksi.

    2. Alat transportasi
    Alat transportasi pun tidak kalah pesat perkembangannya yang dulu masyarakat Indonesia khususnya, biasa menggunakan sepeda, bahkan kuda atau kerbau sebagai kendaraan. Jalanan masih sunyi sepi, damai tanpa macet. Sekarang berbagai kendaraan sudah tumplek dijalan dengan berbagai kecanggihan dan kualitas, yang membuat membuat kemacetan dimana-mana. Begitu pula jika bila ingin ke luar pulau atau Negara, masyarakat menggunakan perahu dan membutuhkan waktu yang sangat lama sedangkan saatsudah ada pesawat jet.

    3. Gaya hidup
    Masyarakat di era 80-an mempunyai gaya hidup yang jauh berbeda dengan gaya hidup masyarakat zaman sekarang. Gaya hidup masyarakat dulu yang mana memiliki pola pikir tradisional, mereka masih suka melakukan pemborosan tnapa memikirkan masa depan, tidak suka berinvestasi, easy going yakni tidak perfectionist dalam hal penampilan,dll. Sedangkan gaya hidup masyarakat sekarang adalah gaya hidup modern yang menyukai investasi, gaya hidup hemat, gaya hidup sehat, lebih menghargai sesuatu seperti kesempatan dan waktu dan masih banyak lagi.

    4. Desain bangunan
    Desain bangunan pun ikut berubah pastinya, lihat saja model-model bangunan masyarakat daerah atau rumah adat, mayoritas bangunan terbuat dari kayu, jika memang sudah menggunakan semen namun desainnya masih sangat simple dan kuno. Sekarang, rumah didesain semenarik mungkin dan mendominasinya konsep rumah masa depan berupa konsep minimalis yang canggih tapi hemat tanah atau area. Berikut juga desain bangunan-bangunan besar seperti perkantoran, gedung sekolah dan lainnya.

    5. Hobi
    Hobi masyarakat, terutama anak-anak, di era 45-an hanya masih berupa kegiatan yang dasar dan tradisional seperti bermain sepakbola, membajak sawah, mengumpani ternak, membaca buku, menulis dan lainnya. Di abad 21, hobi anak-anak bermacam-macam seperti bermain game online, olahraga, balap mobil/motor, membuat program, otomotif, dancing, dan masih banyak lagi. Di samping itu, dahulu hanya perempuan saja yang menggeluti bidang masak-memasak, atau tari-menari, namun sekarang banyak laki-laki menggeluti bidang itu dan merupakan hal yang lumrah terjadi.

    6. Pendidikan
    Dahulu yang mana didalam proses ajar-mengajar hanya menggunakan media spidol, kapur, papan tulis,dan alat tulis lainnya, namun sekarang bukan hanya menggunakan alat tulis, tapi juga menggunakan media seperti laptop, gadget, proyektor untuk pengganti papan tulis, dan lainnya. Selan itu, tamatan sma sudah dianggap tinggi pendidikannya, sekarang gelar sarjana saja masih kurang.

    7. Mode
    Begitu juga mode masyarakat yang terus berubah hampir tiap tahunnya mulai dari hairstyle, fashion, sampai gaya bicara. Dahulu adalah seorang elvis Presley yang menjadi role model, sekarang sudah ada gaya k-pop, gaya borgue, metal, reggae, dan lainnya.

    8. Pekerjaan
    Jika pekerjaan masyarakat dulu berupa pekerjaan seperti petani, guru, nelayan, sekarang sudah lebih berfariasi seperti koki, akuntan, marketing, guru, petani, nelayan, sekretaris, manager di berbagai bidang, teknisi kelistrikan, teknisi otomotif, dan masih banyak lagi.

    9. Makanan
    Makanan yang dulu di indonesia hanya berupa nasi, singkong, pecel yang digemari masyarakat, sekarang sudah banyak makanan dari luar seperti pizza, burger, atau makanan dengan teknologi yang berupa makanan instant yang bahakan lebih diminati karena praktis.

    10. Pola pikir
    Masyarakat dahulu lebih mementingkan persaudaraan, kekeluargaan, berbagi. Namun pola pikir masyarakat sekarang berupa pola pikir individualistis, yang hanya memikirkan diri sendiri dan tak acuh kepada orang lain, bahkan tetangga.

    Sekian beberapa contoh perubahan sosial dan budaya akibat modernisasi yang terjadi, semoga bermanfaat, terimakasih.

    Suka

  4. Reblogged this on annisaokvalia and commented:

    Apapun bentuk perubahan sosial budaya akan menghasilkan suatu bentuk, pola, dan kondisi kehidupan masyarakat yang baru. Kita tentu harus bisa menentukan sikap terhadap dampak perubahan sosial budaya yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Sikap yang berlebihan tentu saja tidak perlu dikedepankan, mengingat sikap tersebut merupakan salah satu penyebab terhambatnya proses perubahan sosial budaya yang berujung pada terhambatnya proses perkembangan masyarakat dan modernisasi. Demikian juga dengan sikap menerima setiap perubahan tanpa terkecuali. Sikap tersebut cenderung akan membuat kita meniru terhadap setiap perubahan sosial budaya yang terjadi, meskipun perubahan tersebut mengarah pada perubahan yang bersifat negatif. Kita diharapkan mampu memiliki dan mengembangkan sikap kritis terhadap proses perubahan sosial budaya yang terjadi di masyarakat. Perubahan sosial budaya yang bersifat positif dapat kita terima untuk memperkaya kebudayaan bangsa kita, sebaliknya perubahan sosial budaya yang bersifat negatif harus kita saring dan kita cegah perkembangannya dalam kehidupan masyarakat kita. Dalam pelaksanaannya, kita harus mampu mengikuti perkembangan zaman dengan memperluas pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang. Namun di sisi lain, nilai-nilai dan norma kehidupan bangsa yang luhur harus dapat terus kita jaga dan lestarikan. Berikut ini adalah contoh perubahan sosial dan budaya yang nyata dalam kehidupan kita:

    1. Fashion
    Pada era modern ini, fashion atau cara berbusana sangat berbeda dengan jaman dahulu. Hilangnya cara berpakaian yang pada wanita Indonesia identik dengan kebaya kini telah luntur. Penggunaan batik kini hanya digunakan pada acara-acara tertentu. Fashion pada saat ini terutama pada anak muda, sudah mengikuti gaya berpakaian yang kebarat- baratan. Faktor yang mempengaruhi perubahan cara berpakaian yaitu media massa dan internet. Kita tidak dapat memungkiri dampak dari media massa terhadap masyarakat, termasuk trend fashion. Media massa baik cetak maupun elektronik selalu menyajikan informasi termasuk informasi seputar dunia fashion. Melalui media ini, trend fashion seakan disosialisasikan kepada masyarakat dan itulah trend fashion yang harus diikuti. Masyarakat sudah tentu melihat trend fashion yang ditampilkan dalam setiap acara di televise sehingga membuat masyarakat mengikuti gaya berbusana ala kebarat-baratan.

    2. Perubahan Model Rambut
    Model rambut pada saat ini telah mengalami perubahan yang pesat. Gaya rambut ala jadul dengan rambut yang gondrong, belah tengah, kini sudah jarang sekali ditemukan. Kebanyakan masyarakat zaman sekarang terutama anak muda, saya akan mengambil contoh gaya rambut pada anak lelaki yang saat ini dinamakan dengan model The Short Cut. Ini merupakan potongan yang memiliki bagian tipis disamping kanan dan kiri. Untuk bagian atas agak tebal dan bagian belakanganya juga tidak terlalu tebal. Dengan pengaruh media massa membuat model rambut ala jadul ini perlahan mulai hilang.

    3. Makanan
    Banyak sekali makanan khas Indonesia yang sangat lezat. Tetapi dengan adanya pengaruh dari luar dengan berbagai macam makanan junk food atau makanan siap saji yang masuk ke Indonesia membuat makanan khas Indonesia sulit ditemui. Faktor lain yang menyebabkan makanan siap saji lebih dinikmati yaitu sistem delivery yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan makanan dengan cepat dan praktis. Contoh makanan siap saji yang telah masuk ke Indonesia yaitu kfc, mc.donalds, pizza hut, dan masih banyak lagi makanan-makanan junk food yang lain.

    4. Transportasi
    Indonesia mempunyai banyak alat transportasi tradisional, di antaranya delman dan becak. Tetapi di era modern ini alat transportasi tersebut semakin lama semakin jarang digunakan dan diminati masyarakat. Di era ini, masyarakat lebih identik dengan menggunakan busway, taxi, mobil, dan motor. Karena salah satu faktornya adalah dengan menggunakan alat transportasi tersebut waktu akan lebih efisien.

    5. Permainan tradisional
    Pada zaman dahulu banyak sekali permainan tradisional yang dinikmati, di antaranya bermain congklak, petak umpet, kelereng, ular tangga, dan lain sebagainya. Namun kini, dengan adanya gadget dan martphone, membuat permainan tradisional lama-kelamaan hilang. Anak-anak saat ini lebih seneng bermain gadgetnya karena disitulah terdapat berbagai informasi dan juga permainan yang sudah bisa dinikmati melalui gadget.

    6. Bahasa
    Indosesia kaya akan nilai budayanya terutama bahasa. Indonesia memiliki banyak sekali bahasa daerah. Tetapi pada era globalisasi ini, masyarakat Indonesia terutama para anak muda sudah jarang sekali menggunakan bahasa daerahnya karena lebih senang menggunakan bahasa Indonesia bahkan bahasa inggris. Itu semua karena faktor sosial budaya dan media massa, yang membuat mereka lebih suka menggunakan bahasa Indonesiadan bahasa inggris sehingga membuat bahasa daerah jarang sekali di gunakan di era ini.

    7. Teknologi
    Perubahan teknologi di Indonesia saat ini sudah semakin pesat. Contohnya teknologi dalam berkomunikasi. Dulu masyarakat dapat berkomunikasi dengan jarak jauh dengan sistem surat-menyurat yang memakan waktu lama. Namun saat ini masyarakat dapat berkomunikasi sangat cepat karena adanya teknologi yaitu internet dan gadget. Kini masyarakt dapat berkomunikasi melalui handphone, social media, dan lain sebagainya. Bahkan surat menyuratpun dapat dikirim melalui email tanpa harus memakan waktu yang lama dengan mengirimkannya melalui wesel atau pos.

    8. Pendidikan
    Pendidikan pada saat ini sangat berbeda dengan zaman dahulu. Pada saat ini pendidikan sangatlah penting. Tidak membedakan antara pria dan wanita. Setiap orang bersaing mendapatkan pendidikan yang tinggi untk dapat bersaing di era ini. Apalagi kita akan memasuki masyarakat bebas asean 2015 yang membuat dunia pekerjaan pasti akan semakin ketat dimana mereka yang kuat dan menang yang dapat bertahan. Maka dari itu pendidikan di era modern ini sangatlah penting. Beda dengan zaman dahulu yang hanyadiwajibkan pendidikan 9 tahun. Apalagi wanita, tidak terlalu penting menurut mereka mengemban pendidikan yang tinggi karena mereka berfikir wanita pada akhirnya akan menjadi ibu rumah tangga. Zaman sekarang pria dan wanita itu sama. Kemajuan teknologi dan modernisasi memaksa kita untk bersaing dan menjadi pemenang agar dapat bertahan terutama di kota-kota besar.

    9. Kesenian
    Indonesia adalah negara yang kaya akan nilai seni dan budaya. Mulai dari tarian adat, alat musik tradisional, dan lain sebagainya. Masyarakat Indonesia terutama anak muda, kini lebih suka dengan tarian modern ala kebarat-baratan yang menggunakan baju yang ketat, rok mini, sepatu yang tinggi, dan gaya tariannya yang lebih eksotis. Tidak banyak para anak muda yang suka dan lebih menekuni tarian tradisional. Kemudian alat musik, alat musik daerah kini sudah jarang digunakan. Contohnya adalah gendang atau rebana yang sudah jarang sekali digunakan karena mereka lebih suka memainkan drum. Kita sebagai pemuda Indonesia harus melestarikan budaya indonesia yang semakin jarang diminati ini, dengan mempelajari tarian daerah dan alat musik tradisional.

    Suka

  5. Apapun bentuk perubahan sosial budaya akan menghasilkan suatu bentuk, pola, dan kondisi kehidupan masyarakat yang baru. Kita tentu harus bisa menentukan sikap terhadap dampak perubahan sosial budaya yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Sikap yang berlebihan tentu saja tidak perlu dikedepankan, mengingat sikap tersebut merupakan salah satu penyebab terhambatnya proses perubahan sosial budaya yang berujung pada terhambatnya proses perkembangan masyarakat dan modernisasi. Demikian juga dengan sikap menerima setiap perubahan tanpa terkecuali. Sikap tersebut cenderung akan membuat kita meniru terhadap setiap perubahan sosial budaya yang terjadi, meskipun perubahan tersebut mengarah pada perubahan yang bersifat negatif. Kita diharapkan mampu memiliki dan mengembangkan sikap kritis terhadap proses perubahan sosial budaya yang terjadi di masyarakat. Perubahan sosial budaya yang bersifat positif dapat kita terima untuk memperkaya kebudayaan bangsa kita, sebaliknya perubahan sosial budaya yang bersifat negatif harus kita saring dan kita cegah perkembangannya dalam kehidupan masyarakat kita. Dalam pelaksanaannya, kita harus mampu mengikuti perkembangan zaman dengan memperluas pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang. Namun di sisi lain, nilai-nilai dan norma kehidupan bangsa yang luhur harus dapat terus kita jaga dan lestarikan. Berikut ini adalah contoh perubahan sosial dan budaya yang nyata dalam kehidupan kita:

    1. Fashion
    Pada era modern ini, fashion atau cara berbusana sangat berbeda dengan jaman dahulu. Hilangnya cara berpakaian yang pada wanita Indonesia identik dengan kebaya kini telah luntur. Penggunaan batik kini hanya digunakan pada acara-acara tertentu. Fashion pada saat ini terutama pada anak muda, sudah mengikuti gaya berpakaian yang kebarat- baratan. Faktor yang mempengaruhi perubahan cara berpakaian yaitu media massa dan internet. Kita tidak dapat memungkiri dampak dari media massa terhadap masyarakat, termasuk trend fashion. Media massa baik cetak maupun elektronik selalu menyajikan informasi termasuk informasi seputar dunia fashion. Melalui media ini, trend fashion seakan disosialisasikan kepada masyarakat dan itulah trend fashion yang harus diikuti. Masyarakat sudah tentu melihat trend fashion yang ditampilkan dalam setiap acara di televise sehingga membuat masyarakat mengikuti gaya berbusana ala kebarat-baratan.

    2. Perubahan Model Rambut
    Model rambut pada saat ini telah mengalami perubahan yang pesat. Gaya rambut ala jadul dengan rambut yang gondrong, belah tengah, kini sudah jarang sekali ditemukan. Kebanyakan masyarakat zaman sekarang terutama anak muda, saya akan mengambil contoh gaya rambut pada anak lelaki yang saat ini dinamakan dengan model The Short Cut. Ini merupakan potongan yang memiliki bagian tipis disamping kanan dan kiri. Untuk bagian atas agak tebal dan bagian belakanganya juga tidak terlalu tebal. Dengan pengaruh media massa membuat model rambut ala jadul ini perlahan mulai hilang.

    3. Makanan
    Banyak sekali makanan khas Indonesia yang sangat lezat. Tetapi dengan adanya pengaruh dari luar dengan berbagai macam makanan junk food atau makanan siap saji yang masuk ke Indonesia membuat makanan khas Indonesia sulit ditemui. Faktor lain yang menyebabkan makanan siap saji lebih dinikmati yaitu sistem delivery yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan makanan dengan cepat dan praktis. Contoh makanan siap saji yang telah masuk ke Indonesia yaitu kfc, mc.donalds, pizza hut, dan masih banyak lagi makanan-makanan junk food yang lain.

    4. Transportasi
    Indonesia mempunyai banyak alat transportasi tradisional, di antaranya delman dan becak. Tetapi di era modern ini alat transportasi tersebut semakin lama semakin jarang digunakan dan diminati masyarakat. Di era ini, masyarakat lebih identik dengan menggunakan busway, taxi, mobil, dan motor. Karena salah satu faktornya adalah dengan menggunakan alat transportasi tersebut waktu akan lebih efisien.

    5. Permainan tradisional
    Pada zaman dahulu banyak sekali permainan tradisional yang dinikmati, di antaranya bermain congklak, petak umpet, kelereng, ular tangga, dan lain sebagainya. Namun kini, dengan adanya gadget dan martphone, membuat permainan tradisional lama-kelamaan hilang. Anak-anak saat ini lebih seneng bermain gadgetnya karena disitulah terdapat berbagai informasi dan juga permainan yang sudah bisa dinikmati melalui gadget.

    6. Bahasa
    Indosesia kaya akan nilai budayanya terutama bahasa. Indonesia memiliki banyak sekali bahasa daerah. Tetapi pada era globalisasi ini, masyarakat Indonesia terutama para anak muda sudah jarang sekali menggunakan bahasa daerahnya karena lebih senang menggunakan bahasa Indonesia bahkan bahasa inggris. Itu semua karena faktor sosial budaya dan media massa, yang membuat mereka lebih suka menggunakan bahasa Indonesiadan bahasa inggris sehingga membuat bahasa daerah jarang sekali di gunakan di era ini.

    7. Teknologi
    Perubahan teknologi di Indonesia saat ini sudah semakin pesat. Contohnya teknologi dalam berkomunikasi. Dulu masyarakat dapat berkomunikasi dengan jarak jauh dengan sistem surat-menyurat yang memakan waktu lama. Namun saat ini masyarakat dapat berkomunikasi sangat cepat karena adanya teknologi yaitu internet dan gadget. Kini masyarakt dapat berkomunikasi melalui handphone, social media, dan lain sebagainya. Bahkan surat menyuratpun dapat dikirim melalui email tanpa harus memakan waktu yang lama dengan mengirimkannya melalui wesel atau pos.

    8. Pendidikan
    Pendidikan pada saat ini sangat berbeda dengan zaman dahulu. Pada saat ini pendidikan sangatlah penting. Tidak membedakan antara pria dan wanita. Setiap orang bersaing mendapatkan pendidikan yang tinggi untk dapat bersaing di era ini. Apalagi kita akan memasuki masyarakat bebas asean 2015 yang membuat dunia pekerjaan pasti akan semakin ketat dimana mereka yang kuat dan menang yang dapat bertahan. Maka dari itu pendidikan di era modern ini sangatlah penting. Beda dengan zaman dahulu yang hanyadiwajibkan pendidikan 9 tahun. Apalagi wanita, tidak terlalu penting menurut mereka mengemban pendidikan yang tinggi karena mereka berfikir wanita pada akhirnya akan menjadi ibu rumah tangga. Zaman sekarang pria dan wanita itu sama. Kemajuan teknologi dan modernisasi memaksa kita untk bersaing dan menjadi pemenang agar dapat bertahan terutama di kota-kota besar.

    9. Kesenian
    Indonesia adalah negara yang kaya akan nilai seni dan budaya. Mulai dari tarian adat, alat musik tradisional, dan lain sebagainya. Masyarakat Indonesia terutama anak muda, kini lebih suka dengan tarian modern ala kebarat-baratan yang menggunakan baju yang ketat, rok mini, sepatu yang tinggi, dan gaya tariannya yang lebih eksotis. Tidak banyak para anak muda yang suka dan lebih menekuni tarian tradisional. Kemudian alat musik, alat musik daerah kini sudah jarang digunakan. Contohnya adalah gendang atau rebana yang sudah jarang sekali digunakan karena mereka lebih suka memainkan drum. Kita sebagai pemuda Indonesia harus melestarikan budaya indonesia yang semakin jarang diminati ini, dengan mempelajari tarian daerah dan alat musik tradisional.

    Suka

  6. Reblogged this on prayogachandra0.komunikasi.com and commented:

    Perubahan social budaya adalah segala hal yang terjadi di masyarkat yang melingkupi kehidupan social dan kebudayaan . perubahan tersebut terjadi karena adanya modernisasi ,modernisasi bisa berdampak positif , namun juga bisa negative .
    9 item perubahan social yang nyata dalam kehidupan sehari-hari
    1. Memasak
    Dulu ketika kita akan memasak , kita harus menggunakan kayu bakar untuk api menyala agar bisa memasak , namun sekarang ini sudah hamper tidak ada lagi orang yang menggunakan kayu bakar untuk memasak . karena di zaman sekarang ini sudah ada kompor gas,dan kompor listirk untuk memasak . sehingga tidak perlu menggunakan kayu bakar lagi untuk memasak .
    2. Mengirim surat
    Di masyarakat dahulu jika seseorang ingin mengabari sanak keluarga/ saudaranya pasti mereka mengirim surat lewat kantor pos, namun hal seperti itu di zaman ini sudah sangat jarang sekali ditemui. karna di zaman sekarang ini sudah ada e-mail untuk mengabari orang tua / sanak saudara yang ingin dikabari dan juga sudah bisa sms, bbm, dan macam-macam social media lainnya.

    3. Mandi
    Di zaman dahulu jika kita kelak ingin mandi , maka kita harus menimba air dahulu di sumur untuk air yang akan kita pakai untuk mandi , namun di zaman sekarang ini sudah tidak perlu lagi menimba air didalam sumur karena sudah ada pompa air. di zaman sekarang ini jika kita kelak mau mandi maka tinggal putar keran lalu air langsung keluar. Tidak peru menimba air lagi di sumur.

    4. Bertamu
    Jika kita bertamu di zaman dahulu pasti kita akan disiapkan makanan-makanan kecil seperti kue, dan minuman segar seperti sirup , namun di zaman sekarang ini jika kita bertamu ke rumah orang dan kita tidak disiapkan minuman dan makanan kue kecil. maka kita janganlah tersinggung . karena dizaman sekarang ini sang pemilik rumah jiaka ada tamu yang datang ke rumahnya maka ia akan dengan senang hati menyuruh si tamu, untuk memilih sendiri dan mengambil sendiri makanan dan minuman yang tamu inginkan.

    5. Gaya rambut
    Di zaman dahulu gaya rambut tidak terlalu menjadi suatu kepentingan, namun sangatlah berbeda di zaman sekarang ini , di zaman sekarang ini gaya rambut sangat menjadi perhatian , dan orang-orang sekarangpun selalu mengganti gaya rambutnya mengikuti perkembangan zaman , gaya rambut zaman sekarang antara lain adalah: Mohawk, punk, klimis, pompadour ,spike dan masih banyak lagi.

    6. Permainan tradisional
    Di zaman sekarang ini permainan tradisional sudah hamper punah , seperti permainan gundu , congklak , dan lain-lain, hal ini disebabkan dizaman sekarang ini para orang tua sudah membelikan anaknya gadget untuk bermain , padahal masa kanak-kanak sangat rentan , namun orang tua di zaman sekarang ini tidak begitu peduli tentang bahayanya anak-anak diberi gadget. Yang orang tua zaman sekarang mengerti hanyalah agar anak senang.

    7. Pakaian
    Di zaman sekarang ini banyak sekali model pakaian , bermacam –macam pakaian dengan gaya yang berbeda beda dan dengan juga harga yang lumayan tinggi , di zaman sekarang ini pakaian menjadi prioritas utama manusia untuk hidup , karena di zaman sekarang ini pakaian sangatlah penting untuk agar menutupi aurat dan agar terlihat lebih sopan dan rapih.

    8. Transportasi
    Di zaman dahulu masyarakat jika hendak berpergian jauh pasti membutuhkan waktu lama, hal ini disebabkan transportasi di jaman dahulu masih terbatas, seperti : sepeda , dan becak.
    Beda dengan di zaman sekarang ini , jika di zaman sekarang ini kita hendak ingin berpergian jauh , maka tidak akan memakan waktu lama. karna alat transportasi di zaman sekarang ini sudahlah canggih. Seperti contohnya: pesawa, mobil, kereta api express, motor , bus , dan masih banyak lagi.
    9. Pendidikan
    Di zaman dahulu orang menganggap pendidikan bukanlah hal yang penting karena di zaman dahulu jika kita ingin bersekolah , kita harus berjuang dahulu , seperti berjuang biaya, berjuang berjalan menuju sekolah , dan berjuang untuk berpikir, namun di zaman sekarang ini pendidikan sudah bisa dinikmati seluruh anak-anak bangsa karena di Indonesia ini sekarang sudah dilakukan program wajib belajar 12 tahun . hal ini tentu sangat bisa disebut kemajuan di bidang pendidikan . karena anak-anak bangsa bisa bersekolah dengan gratis tanpa harus membebani biaya kepada orang tuanya.

    Suka

  7. Perubahan sosial budaya adalah segala hal yang terjadi di masyarkat yang melingkupi kehidupan sosial dan kebudayaan . perubahan tersebut terjadi karena adanya modernisasi ,modernisasi bisa berdampak positif , namun juga bisa negative .
    9 item perubahan sosial yang nyata dalam kehidupan sehari-hari
    1. Memasak
    Dulu ketika kita akan memasak , kita harus menggunakan kayu bakar untuk api menyala agar bisa memasak , namun sekarang ini sudah hamper tidak ada lagi orang yang menggunakan kayu bakar untuk memasak . karena di zaman sekarang ini sudah ada kompor gas,dan kompor listirk untuk memasak . sehingga tidak perlu menggunakan kayu bakar lagi untuk memasak .
    2. Mengirim surat
    Di masyarakat dahulu jika seseorang ingin mengabari sanak keluarga/ saudaranya pasti mereka mengirim surat lewat kantor pos, namun hal seperti itu di zaman ini sudah sangat jarang sekali ditemui. karna di zaman sekarang ini sudah ada e-mail untuk mengabari orang tua / sanak saudara yang ingin dikabari dan juga sudah bisa sms, bbm, dan macam-macam social media lainnya.

    3. Mandi
    Di zaman dahulu jika kita kelak ingin mandi , maka kita harus menimba air dahulu di sumur untuk air yang akan kita pakai untuk mandi , namun di zaman sekarang ini sudah tidak perlu lagi menimba air didalam sumur karena sudah ada pompa air. di zaman sekarang ini jika kita kelak mau mandi maka tinggal putar keran lalu air langsung keluar. Tidak peru menimba air lagi di sumur.

    4. Bertamu
    Jika kita bertamu di zaman dahulu pasti kita akan disiapkan makanan-makanan kecil seperti kue, dan minuman segar seperti sirup , namun di zaman sekarang ini jika kita bertamu ke rumah orang dan kita tidak disiapkan minuman dan makanan kue kecil. maka kita janganlah tersinggung . karena dizaman sekarang ini sang pemilik rumah jiaka ada tamu yang datang ke rumahnya maka ia akan dengan senang hati menyuruh si tamu, untuk memilih sendiri dan mengambil sendiri makanan dan minuman yang tamu inginkan.

    5. Gaya rambut
    Di zaman dahulu gaya rambut tidak terlalu menjadi suatu kepentingan, namun sangatlah berbeda di zaman sekarang ini , di zaman sekarang ini gaya rambut sangat menjadi perhatian , dan orang-orang sekarangpun selalu mengganti gaya rambutnya mengikuti perkembangan zaman , gaya rambut zaman sekarang antara lain adalah: Mohawk, punk, klimis, pompadour ,spike dan masih banyak lagi.

    6. Permainan tradisional
    Di zaman sekarang ini permainan tradisional sudah hamper punah , seperti permainan gundu , congklak , dan lain-lain, hal ini disebabkan dizaman sekarang ini para orang tua sudah membelikan anaknya gadget untuk bermain , padahal masa kanak-kanak sangat rentan , namun orang tua di zaman sekarang ini tidak begitu peduli tentang bahayanya anak-anak diberi gadget. Yang orang tua zaman sekarang mengerti hanyalah agar anak senang.

    7. Pakaian
    Di zaman sekarang ini banyak sekali model pakaian , bermacam –macam pakaian dengan gaya yang berbeda beda dan dengan juga harga yang lumayan tinggi , di zaman sekarang ini pakaian menjadi prioritas utama manusia untuk hidup , karena di zaman sekarang ini pakaian sangatlah penting untuk agar menutupi aurat dan agar terlihat lebih sopan dan rapih.

    8. Transportasi
    Di zaman dahulu masyarakat jika hendak berpergian jauh pasti membutuhkan waktu lama, hal ini disebabkan transportasi di jaman dahulu masih terbatas, seperti : sepeda , dan becak.
    Beda dengan di zaman sekarang ini , jika di zaman sekarang ini kita hendak ingin berpergian jauh , maka tidak akan memakan waktu lama. karna alat transportasi di zaman sekarang ini sudahlah canggih. Seperti contohnya: pesawa, mobil, kereta api express, motor , bus , dan masih banyak lagi.
    9. Pendidikan
    Di zaman dahulu orang menganggap pendidikan bukanlah hal yang penting karena di zaman dahulu jika kita ingin bersekolah , kita harus berjuang dahulu , seperti berjuang biaya, berjuang berjalan menuju sekolah , dan berjuang untuk berpikir, namun di zaman sekarang ini pendidikan sudah bisa dinikmati seluruh anak-anak bangsa karena di Indonesia ini sekarang sudah dilakukan program wajib belajar 12 tahun . hal ini tentu sangat bisa disebut kemajuan di bidang pendidikan . karena anak-anak bangsa bisa bersekolah dengan gratis tanpa harus membebani biaya kepada orang tuanya.

    Suka

  8. Reblogged this on tionovelia and commented:

    Sikap masyarakat selama hidupnya pasti mengalami perubahan perubahan. Perubahan di dalam masyarakat dapat mengenai nilai sosial, pola perilaku, organisasi, susunan, lembaga kemasyarakatan, lapisan dalam masyarakat, kekuasaan, ilmu pengetahuan, kesenian, dan teknologi. modernisasi adalah proses prubahan masyarakat beserta dengan kebudayaan nya dari hal-hal yang bersifat tradisional menuju modern.
    1. Teknologi
    Perubahan teknologi dari zaman dahulu sampe sekarang sangat berbeda. Dulu untuk menanyakan kabar kepada saudara atau keluarga kita memakai surat sekarang sudah ada teknologi canggih seperti handphone, laptop atau pun media lainnya.
    2. Penampilan
    Seiring perkembangan zaman , masuknya budaya luar ke dalam negri kita adalah factor terjadinya perubahan penampilan. Dari cara berpakaian, potongan rambut, dan lain lain. ebagai contoh ngehits nya boy band/girl band korea di kalangan anak muda.
    3.bahasa
    Zaman skg sudah banyak sekolah sekolah yang mewajibkan anak didiknya untuk berbahasa inggris atau berbahasa lain . Mengapa? Apa karena tidak pentingnya bahasa Indonesia untuk kita pahami atau pelajari? Dan para orangtua pun mendukung program tersebut,malah mereka menggunakan bahasa asing dalam kehidupan sehari hari mereka. Bahasa asing memanglah perlu tapi tidak ada salahnya kan kita memakai bahasa kita sendiri untuk membudayakan bahasa kita itu.
    4.Pendidikan
    Masyarakat sekarang berbondong2 mengejar pendidikan sampai ke negri cina. Minimnya tingkat pendidikan dulu sangatlah berpengaruh kepada zaman skg. Dikarenakan dengan faktornya rendahnya pendidikan dizaman dahulu dan tidak mampu untuk biaya sekolah. Dan pada zaman sekarang pemerintah melalukan system “ wajib belajar 9 tahun” itu untuk membantu meningkatkan pendidikan anak . kelihatan bukan pendidikan zaman dulu dengan sekarang?
    5.Permainan tradisional
    Hilangnya permainan tradisional sudah terjadi sejak beberapa tahun ini. Anak anak zaman sekarang tidak lagi bermain kelereng,petak umpet,congklak ataupun yang lainnya. Anak sd saja sekarang tidak mengenal permainan itu lagi melainkan mereka sudah mahir dalam memainkan dan sudah paham dalam menggunakan gadget.
    6. Makanan
    Sekarang memasak sudah tidak menggunakan kayu dan api lagi. Perubahan social sudah melahirkan beberapa teknologi untuk memasak seperti kompor gas. Tidak perlu lagi harus capek capek ke hutan untuk mengambil kayu karena dengan sekali hidupkan kompor kita sudah dapat memasak dan proses nya sudah cepat. Juga system delivery pun sudah ada, tinggal telfon pesan tunggu beberapa menit pesanan anda sudah sampai di depan mata.
    7.Alat transportasi
    Zaman sekarang sudah ada mobil,motor,kereta yang mempermudah kita untuk sampai ditempat tujuan. Perjalanan pun sudah mudah diakses karena adanya jalan tol hanya dengan berapa menit sudah sampai meskipun kadang macet. sedangkan zaman dulu masyarakat dulu hanya menggunakan kerbau/delam, sepeda bahkan berjalan kaki .
    8.Adat istiadat
    Hilangnya ada istiadat dapat kita lihat dengan jarangnya sudah kita lihat gotong royong di lingkungan kita. Jangankan untuk bergotong royong, siapa tetangga kita pun kita tidak mengenalinya. Saat berpergian ke luar kota membawa oleh oleh untuk para tetangga pun sudah jarang kita temuin di zaman sekarang ini.
    9. Kesenian
    Hilangnya kesenian zaman dahulu sudah semakin memudr. Munculnya kesenian dari budaya luar menarik perhatian anak zaman sekarang. Karena dianggap kesenian itu lebih trend dan modis.Dan pada akhirnya kesenian di Indonesia mulai punah,tetapi masih ada juga yang bertahan dengan kesenian Indonesia misalnya wayang.

    Suka

  9. Reblogged this on dindadwitaa and commented:

    Perubahan sosial budaya adalah perubahan pada kebudayaan atau kebiasaan pada masyarakat. Perubahan sosial budaya dipengaruhi oleh faktor dari luar masyarakat (dari masyarakat lain). Perubahan sosial budaya bisa merubah struktur, fungsi, nilai, norma, pranata, dan semua aspek lainnya.

    1. Pakaian
    Perubahan mode pakaian pada masyarakat bisa saja terjadi. Dahulu semua masyarakat menggunakan pakaian adat khasnya. Namun, seiring dengan kemajuan dari perkembangan masyarakat tersebut membuat sedikit demi sedikit anggota masyarakat mulai meninggalkan pakaian adatnya dan menggunakan pakaian yang menjadi trend di daerah itu. Seperti contoh, sekarang adalah jamannya demam Korea. Bagi penggemar beratnya, mereka selalu mencari dan menggunakan pakaian yang biasa digunakan orang Korea. Namun, masyarakat tetap tidak meninggalkan pakaian adat mereka dan tetap menggunakannya dalam acara tertentu. Seperti pakaian adat Bali yang digunakan setiap kali mereka sembahyangdi di pura.

    2. Pertanian
    Pertanian di Indonesia semakin menurun. Banyak petani yang menjual lahan pertaniannya. Penyebabnya bermacam-macam. Mulai dari hasil panen yang tidak seberapa bahkan seringkali gagal panen, kebutuhan yang semakin kompleks dan mahal, hingga tergiur dengan upah yang didapat oleh para tenaga kerja di kota. Masyarakat juga lebih suka membeli hasil pertanian di swalayan sehingga petani lokal merugi.

    3. Model Rambut
    Model rambut juga banyak berubah. Bahkan masyarakat cenderung merasa harus mengikuti trend tersebut jika tidak mau dikatakan ‘jadul’ atau ‘culun’. Pengaruh terbesar adalah model rambut ‘punk’ yang membuat banyak remaja mengikuti model rambut dan gaya hidup orang dengan model rambut tersebut.

    4.Ekonomi
    Perubahan ekonomi tampak jelas pada sifat masyarakat. Pada umumnya, masyarakat lebih suka dengan produk impor dibandingkan produk di dalam negeri karena kualitasnya dianggap lebih bagus. Selain itu, dengan adanya Singapura sebagai negara maju, maka masyarakat yang kaya lebih memilih berlibur ke Singapura ketimbang ke Bali. Hal ini dapat mengurangi devisa negara.

    5. Kesenian
    Kesenian bisa saja berubah atau tergantikan seiring perkembangan zaman. Saat ini, banyak kesenian di Indonesia yang mulai punah karena anak bangsa tidak suka dengan kesenian tersebut. Bahkan mereka lebih suka mempelajari kesenian asing dengan alasan trendy. Namun, masih banyak kesenian populer Indonesia yang masih bisa bertahan sampai sekarang.

    6. Bahasa Daerah
    Indonesia memiliki banyak sekali bahasa daerah. Namun, banyak juga bahasa yang mulai punah. disebabkan karena mereka lebih berminat untuk menggunakan Bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dibandingkan bahasa daerahnya sendiri. Itu mungkin karena bahasa tersebut jangkauan komunikasinya lebih luas dibandingkan bahasa daerahnya yang cenderung hanya dimengerti oleh anggota masyarakat di daerah tersebut.

    7. Pendidikan
    Dunia pendidikan di Indonesia berkembang pesat. Salah satu penyebab utamanya adalah perkembangan teknologi. Teknologi membuat para remaja yang biasanya mencari referensi tugas di perpustakaan berubah menjadi di internet. Teknologi juga yang membuat cara belajar dan mengajar berubah menjadi menggunakan laptop dan gadget.

    8. Masuknya Budaya Barat
    Budaya di Indonesia telah banyak tercampur dengan budaya asing. Itu mungkin disebakan karena kebudayaan itu lebih menyenangkan dibandingkan budayanya sendiri. Seperti budaya hari Valentine dan pesta ulang tahun. Sebenarnya budaya asli Indonesia telah memiliki budaya yang mirip dengan budaya tadi. Namun, budaya tersebut terkadang dianggap kurang meriah. Contoh perubahan besar lainnya adalah penggunaan komputer dan alat-alatteknologi sebagai pengganti buku untuk mencari tugas. Hal itu disebabkan oleh kemudahan menggunakan alat-alat teknologi tersebut.

    9. Cara Berkomunikasi
    Perubahan pada cara berkomunikasi bisa terjadi. Beberapa tahun lalu kita masih menggunakan surat untuk berkomunikasi jarak jauh dan sekarang, dengan menggunakan jejaring sosial atau alat komunikasi, seseorang bisa berkomunikasi dengan cepat dan praktis.

    Suka

  10. PERUBAHAN SOSIAL AKIBAT MODERNISASI MODERNISASI

    Modernisasi merupakan suatu proses perubahan masyarakat tradisional menjadi modern atau menujun kearah yang lebih maju dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat zaman sekarang. Sebagai suatu bentuk perubahan sosial, modernisasi biasanya merupakan bentuk perubahan sosial terencana. Perencanaan sosial (social planning menjadi ciri umum bagi masyarakat atau negara yang sedang mengalami perkembangan. Suatu perencanaan sosial haruslah didasarkan pada pengertian yang mendalam tentang bagaimana suatu kebudayaan dapat berkembang dari taraf yang lebih rendah ke taraf yang lebih maju atau modern.
    Perubahan sosial secara umum dapat diartikan sebagai suatu proses pergeseran atau berubahnya struktur/tatanan didalam masyarakat, meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan penghidupan yang lebih bermartabat.
    Pada dasarnya setiap masyarakat yang ada di muka bumi ini dalam hidupnya dapat dipastikan akan mengalami apa yang dinamakan dengan perubahan-perubahan. Adanya perubahan-perubahan tersebut akan dapat diketahui bila kita melakukan suatu perbanding¬an dengan menelaah suatu masyarakat pada masa tertentu yang kemudian kita bandingkan dengan keadaan masyarakat pada waktu yang lampau. Perubahan-perubahan yang terjadi di dalam masyarakat,pada dasarnya merupakan suatu proses yang terus menerus, ini berarti bahwa setiap masyarakat pada kenyataannya akan mengalami perubahan-peru¬bahan.
    dibawah ini terdapat 9 perubahan dan modernisasi :

    1.SISTEM EKONOMI
    Yang dimaksud sistem ekonomi adalah suatu cara untuk mengatur dan mengorganisasi segala aktivitas ekonomi dalam masyarakat baik yang dilakukan oleh pemerintah atau swasta berdasarkan prinsip tertentu dalam rangka mencapai kemakmuran atau kesejahteraan .
    Contoh :
    •Terbukanya pasar bebas memungkinkan produk luar negeri masuk dengan mudahnya. Dengan banyaknya contoh :produk luar negeri dan ditambahnya harga yang relatif lebih murah dapat mengurangi rasa kecintaan masyarakat terhadap produk dalam negeri.
    • Semakin mudah mengakses modal investasi dari luar negeri. Apabila investasinya bersifat langsung, misalnya dengan pendirian pabrik di Indonesia maka akan membuka lapangan kerja. Hal ini bisa mengatasi kelangkaan modal di Indonesia.
    2.Norma Sosial
    Norma adalah aturan-aturan yang berisi petunjuk tingkah laku yang harus atau tidak boleh dilakukan manusia dan bersifat mengikat. Hal ini berarti bahwa manusia wajib menaati norma yang ada. Norma adalah kaidah atau ketentuan yang mengatur kehidupan danhubungan antar manusia dalam arti luas. Norma merupakan petunjuk hidup bagi manusia dan pedoman perilaku seseorang yang berlaku di masyarakat.
    Contoh:
    • Adanya kesenjangan ekonomi antara orang kaya dengan orang miskin. Orang kaya mampu membeli apa saja yg mereka inginkan,berbanding terbalik dengan orang miskin. Hal tersebut mengakibatkan sebagian orang kaya kadang-kadang membeda-bedakan kedudukan antar dirinya dengan orang miskin saat menjalani hubungan dalam pergaulan sehari-hari.
    • Budaya konsumerisme dapat diartikan sebagai suatu sifat seseorang/sekelompok masyarakat yg selalu ingin serba memiliki barang walaupun barang yg mereka inginkan terkadang tidak penting dan harganya mahal. Budaya konsumerisme ini kadang diikuti oleh orang yg berkemampuan ekonomi rendah, sehingga mereka akan menggunakan segala macam cara untuk mendapatkan segala yg mereka inginkan.
    3.Teknologi
    Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana.Perkembangan teknologi terbaru, termasuk di antaranya mesin cetak, telepon, dan Internet.
    Contoh:
    • Penggunaan laptop dan tablet sebagai pengganti komputer PC untuk bekerja atau belajar. Komputer jinjing yang praktis dan fleksibel ini makin memudahkan orang untuk menyelesaikan pekerjaannya dimanapun ia berada.
    • Internet yang dapat memperkuat ikatan dengan konsumen. Seperti kegiatan salah satu toko buku Online, Amazon.com yang menciptakan sense of community dengan melibatkan wawancara dengan penulis, dan reviewer secara live dan memberitahu konsumen tentang buku-buku terbaru

    4.Keluarga
    Rumah tangga yang memiliki hubungan darah atau perkawinan atau menyediakan terselenggaranya fungsi-fungsi instrumental mendasar dan fungsi-fungsi ekspresif keluarga bagi para anggotanya yang berada dalam suatu jaringan. Didefenisikan berdasarkan kehadiran atau ketidakhadiran anggota keluarga, seperti orang tua, anak, dan kerabat lainnya.
    Contoh:
    Sang ayah harus meninggalkan rumahtangganya untuk bekerja di tempat yang lain, dengan sendirinya kehilangan banyak fungsinya untuk memberi latihan ekonomi yang sebelumnya diberikannya pada anak-anaknya. Sang ibu merupakan satu-satunya orang dewasa di antara para anak-anak selama hampir sehari penuh, mengembangkan suatu hubungan emosionil yang lebih intensif dengan mereka. Peranannya dalam sosialisasi menjadi lebih penting, karena ia memiliki hampir semua tanggungjawab untuk membina kehidupan emosional yang pertama dari anak-anak itu.

    5. Bidang Politik
    Aktivitas politik semakin kompleks dan terencana dan melahirkan berbagai teori dan konsep dalam kehidupan politik masa kini. Ditandai dengan semakin banyaknya Negara yang lepas dari penjajahan, tumbuhnya Negara-negara demokrasi, dan semakin diakuinya hak-hak asasi manusia.
    Contoh:
    • bermunculan partai- partai baru sehingga masyarakat lebih bebas menyalurkan aspirasinya. Hal ini menunjukkan tingginya keinginan masyarakat untuk berpartisipasi dan terjun langsung ke dunia politik. Bayangkan saja pada pemilu presiden 2009 lalu, terdapat kurang lebih 34 partai yang ikut serta.
    • dulu pada masa pemerintahan Soeharto, tidak ada orang yang berani menentang kekuasaanya dengan cara berdemo. Akan tetapi di masa sekarang banyak orang berdemonstrasi. Ini menunjukkan bahwa rakyat bebas beraspirasi tanpa takut mendapat sanksi dari pemerintah yang sedang berkuasa

    6.Kebudayaan
    Globalisasi budaya dimana kebudayaan diartikan sebagai nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat ataupun persepsi yang dimiliki oleh warga masyarakat terhadap berbagai hal. Baik nilai-nilai maupun persepsi berkaitan dengan aspek-aspek kejiwaan atau psikologis, yaitu apa yang terdapat dalam alam pikiran. Aspek-aspek kejiwaan ini menjadi penting artinya apabila disadari, bahwa tingkah laku seseorang sangat dipengaruhi oleh apa yang ada dalam alam pikiran orang yang bersangkutan.
    Perkembangan globalisasi kebudayaan secara intensif terjadi pada awal abad ke-20 dengan berkembangnya teknologi komunikasi. Kontak melalui media menggantikan kontak fisik sebagai sarana utama komunikasi antarbangsa. Perubahan tersebut menjadikan komunikasi antarbangsa lebih mudah dilakukan, hal ini menyebabkan semakin cepatnya perkembangan globalisasi kebudayaan
    Contoh:
    ketika teknologi semakin maju, banyak masyarakat menggunakan HP. Perubahan sosial terjadi karena globalisasi, maka perubahan kebudayaan juga terjadi dari menggunakan surat untuk berkomunikasi jarak jauh, kini menggunakan HP.

    7.Agama/ sistem kepercayaan
    Masyarakat Indonesia sering dikatakan sebagai masyarakat yang religius karena warga masyarakatnya hidup dengan berpedoman pada kaidah-kaidah agama yang dijamin dan dikuatkan dalam UUD (Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan beribadat menurut agama dan kepercayaannya). Sebagai masyarakat yang religius, modernisasi dalam kehidupan beragama sangat perlu. Modernisasi itu mencakup modernisasi secara fisik dan non-fisik, BACK sehingga akan terdapat keseimbangan dalam membangun kehidupan di dunia dan di akhirat.
    Contoh :
    Anda beragama Islam wajib hukumnya menolak ajaran agama lain didasari oleh keyakinan pada ajaran agama Anda, tetapi penganutnya atau manusianya Anda hargai
    8.Sistem Pendidikan
    Pendidikan berfungsi menyiapkan masinis-masinis untuk menjalankan lokomotif penarik gerbong modernisasi. Pendidikan sangat berperan dalam proses pergeseran sikap dan mentalitas. Internasionalisasi dalam pendidikan, dipandang sebagai salah satu cara untuk memodernisasikan pendidikan.
    Contoh:
    • Makin banyaknya kerjasama Indonesia dengan perguruan tinggi (maupun sekolah) di luar negeri. Sehingga terjadi pertukaran pelajar dan kesempatan menuntut ilmu di luar negeri. Hal ini dilakukan demi terciptanya transfer dan pertukaran pengetahuan.
    • Mendatangkan dosen dan mahasiswa asing, menyelenggarakan perkuliahan dengan bahasa pengantar bahasa Inggris. Hal itu diterapkan agar pendidikan Indonesia bisa sejajar dengan pendidikan di negara maju Pengertian ilmu pengetahuan adalahalat untuk membedakan antara orang yang mengetahui dengan tidak mengetahui. Bahasa yang bisa dimengerti oleh manusia sebagai usaha untuk mengetahui dan mengingat tentang sesuatu.
    9. Bidang Komunikasi
    Globalisasi membawa kemajuan di bidang komunikasi.Kita dapat berkomunikasi dengan siapapun secara mudah dan cepat.
    Contoh:
    • Hampir semua remaja di Indonesia memiliki handphone merk Blackberry atau BB. Saking asyiknya membalas BBM dari teman, mereka tidak sadar sudah mengabaikan keadaan sekitar. Chatting berasa lebih seru ketimbang ngobrol bersama keluarga. Kebutuhan akan handphone sudah nyaris menjadi kebutuhan primer.
    • Kasus dimana masyarakat dengan bebasnya menceritakan apa yang sedang mereka lakukan sekarang, bahkan hal-hal privasi mereka di jejaring sosial. Mungkin di zaman modern ini masyarakat sudah menemukan cara baru untuk berkeluh kesah tentang apa yang terjadi dengan dirinya melalui situs jejaring sosial, tetapi di sisi lain itu seperti menghancurkan pembatas privasi.

    Suka

  11. Reblogged this on putriandamdewi12 and commented:

    Setiap saat manusia pasti mengalami perubahan. Dibandingkan dengan jaman dahulu (tradisional) hingga ke jaman sekarang (modern) jaman yang serba instan. Dulu masyarakat percaya dan mengikuti kata-kata nenek moyang, tetapi sekarang masyarakat tidak banyak yang mempercayai Karena dari berbagai masyarakat menganggap itu hanya omongan biasa. Dan banyak masyarakat yang memilih untuk ke jaman yang lebih instan. Sebagai contoh kasus, dahulu keluarga sepenuhnya berfungsi sebagai tempat perlindungan bagi anak-anak yang belum dewasa, sumber pengetahuan (pendidikan) dan keterampilan serta sumber ekonomi. Namun, pada masa sekarang, fungsi keluarga mengalami perubahan. Anak-anak tidak hanya memperoleh pengetahuan dari keluarga, tetapi juga melalui berbagai media massa, seperti televisi, radio, koran dan internet. Dapat disimpulkan bahwa perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi dalam struktur sosial dan lembaga sosial masyarakat. Perubahan sosial meliputi perubahan dalam berbagai hal, seperti perubahan teknologi, perilaku, sistem sosial dan norma. Perubahan tersebut mempengaruhi individu dalam masyarakat tertentu.
    9 contoh kasus perubahan sosial dalam kehidupan sehari-hari :
    1. Cara Berpakaian
    Pada jaman dahulu masyararakat memakai pakaian itu sebagai kebutuhan fisik. Tetapi jaman sekarang pakaian menjadi tren agar kita lebih dipandang dan percaya diri. Untuk kaum remaja tren mode jaman sekarang yang sangat berubah dari jaman dahulu. Sekarang kaum remaja berlomba-lomba memakai baju yang tren saat ini. Seperti tren mengikuti Negara-negara lain, sedangkan jaman dahulu hanya mengikuti tren di artis-artis dalam negeri. Zaman dulu, remaja laki-laki memakai celana panjang yang lebar dibawah sedangkan sekarang itu sudah tidak tren lagi. Sekarang berpakaian merupakan tren dan fashion yang membuat seseorang lebih dilihat dan percaya diri.

    2. Pendidikan
    Dulu pendidikan hanya didapat dari keluarga dekat dan teman terdekat. Setiap ingin berangkat ke sekolah pasti setiap pelajar harus berjalan berpuluh – puluh km. belum lagi harus melewati jembatan, hutan, dan menyebarang sungai di berbagai pelosok desa. Tetapi sekarang di desa sudah banyak pelajar yang menggunakan kendaraan itu karena adanya perubahan sosial. Zaman dulu, harus belajar di setiap malam, Mencatat yang tadi di pelajari, menghitung lagi tanpa menggunakan kalkulator yang jaman sekarang serba instan yang sangat dibutuhkan. Sedangkan zaman sekarang pendidikan tidak hanya dari keluarga hanya perlu modem dan gadget yang bisa tersambung dengan internet dan akhirnya disitulah kita bisa mendapatkan ilmu hanya dengan alat kecil yang sudah di miliki banyak kaum remaja zaman sekarang.

    3. Bahasa
    Bahasa dulunya memakai bahasa keseharian pada setiap daerahnya, dan memakai bahasa yang baku dan sopan apabila berbicara dengan yang lebih tua. Sedangkan zaman sekarang karena trend an mode nya memakai bahasa luar dalam keseharian seperti bahasa inggris biasanya yang sering ditemukan. Disisi lain dalam zaman dulu menggunakan simbol tangan untuk menyampaikan pesan dari jauh, sedangakan sekarang memakai pesan singkat pada gagget yang sudah tren dengan bahasa inggris.

    4. Makanan
    Dalam keseharian zaman sekarang untuk makanan sudah serba instan. Untuk memasak saja tidak perlu sulit untuk meniup-niup kayu bakar seperti zaman dahulu. Sekarang sudah ada kompor gas yang tinggal siap pakai hanya dengan memencet tombolnya. Tidak perlu ber-adu dengan abu-abu yang ada dikompor tiup itu. Dan zaman sekarang tidak perlu repot jika ingin makan makanan di luar. Hanya tinggal telepon delivery 30 menit sudah sampai rumah. Hanya duduk dan menunggu sambil bersantai makanan di depan mata. Betapa instannya zaman sekarang, begitulah perubahan sosial dalam makanan di zaman sekarang dan dahulu.

    5. Permainan Tradisional
    Permainan tradisional zaman dahulu sudah tergantikan dengan gadget yang di dalamnya sudah banyak game game yang online dan mudah di akses. Dulunya anak kecil permainannya main petak umpet, gerobak sodor, benteng, congklak, bekel, dsb. Tetapi permainan itu sudah tidak dimainkan lagi digantikan dengan ke canggihan gadget yang di dalamnya banyak permainan online.

    6. Alat Transportasi
    Zaman dahulu masyarakat menggunakan tenaga hewan dan untuk berbergian, seperti delman dan becak. Beda dengan zaman sekarang yang menggunakan kendaraan seperti motor dan mobil. zaman dulu, masyarakat jika ingin berpergian butuh menggunakan waktu yang lama dan berminggu-minggu. Sedangkan sekarang hanya dengan berapa menit sudah sampai. Zaman sekarang ada jalan tol yang sangat mudah di akses.

    7. Gaya Hidup
    Gaya hidup zaman sekarang berbeda dengan zaman dahulu, gaya hidup zaman sekarang sudah sangat dimanjakan dengan gadget yang sangat membuat gaya hidup lebih instan.seperti contohnya zaman dulu gaya hidup masyarakat masih menimba air jika ingin mandi. Kalau ingin mencuci harus pergi ke kali, dan mencuci tidak memakai sabun cuci yang banyak mereknya seperti sekrang tetapi memakai abu gosok yang tidak wangi. Dan gaya hidup masyarakat sekarang sangat dimanjakan dengan sebagian masyarakat yang membuka jasa cuci yang dinamakan laundry.

    8. Adat istiadat
    Adat istiadat zaman sekarang sudah hamper punah karena tren modern yang sangat canggih sehingga masyarakat melupakan adat istiadat. Didesa adat istiadat sangat digunakan bagi kalangan erdesaan. Contohnya seperti menjenguk saat tetangga sakit, bergotong royong membuat jalan. Pada zaman sekarang sudah jarang sekali ditemukan gotong royong di perkotaan. Salam sapa saja tidak ditemukan pada penduduk kota. Padahal itu adat istiadat yang harus dilestarikan.

    9. Teknologi
    Teknologi ini sangat berhubungan dengan gadget. Masyarakat sangat dimanjakan dengan gadget, yang kemana mana serba menggunakan gadget. Yang tadinya computer besar sekali dan sekarang menjadi kecil dan bisa dimasukkan kedalam saku celana. Cara Berkomunikasi dengan teknologi gadget sangat memudahkan masyarakat dengan emoticon saja orang bisa mengatakan bahwa dia suka, itulah kemajuan teknologi zaman sekarang.

    Suka

  12. Reblogged this on okthavianiiwiseso and commented:

    PERAN TEKNOLOGI GLOBALISASI DAN PERUBAHAN SOSIAL

    Teknologi
    Dalam arti ini dapat diketahui melalui barang-barang, benda-benda, atau alat-alat yang berhasil dibuat oleh manusia untuk memudahkan dan menggampangkan realisasi hidupnya di dalam dunia. Hal mana juga memperlihatkan tentang wujud dari karya cipta dan karya seni (Yunani techne) manusia selaku homo technicus. Dari sini muncullah istilah “teknologi”, yang berarti ilmu yang mempelajari tentang “techne” manusia. Tetapi pemahaman seperti itu baru memperlihatkan satu segi saja dari kandungan kata “teknologi”. Teknologi sebenarnya lebih dari sekedar penciptaan barang, benda atau alat dari manusia selaku homo technicus atau homo faber. Teknologi bahkan telah menjadi suatu sistem atau struktur dalam eksistensi manusia di dalam dunia. Teknologi bukan lagi sekedar sebagai suatu hasil dari daya cipta yang ada dalam kemampuan dan keunggulan manusia, tetapi ia bahkan telah menjadi suatu “dayapencipta” yang berdiri di luar kemampuan manusia, yang pada gilirannya kemudian membentuk dan menciptakan suatu komunitas manusia yang lain.

    Manusia dan teknologi adalah dua kata yang tak bisa dipisahkan pada era modern pada saat ini. Kita tahu bahwa perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini, seakan-akan memudahkan dan memanjakan manusia dalam menjalankan aktivitas kehidupannya. Hubungan manusia dan teknologi ini bisa temui disetiap aktivitas yang kita lakukan, Manusia tak akan pernah lepas dari sebuah Teknologi. Sehingga Teknologi saat ini, merupakan bagian dari kebutuhan pokok yang harus wajib dirasakan dan dinikmati manfaatnya, selain kebutuhan pokok seperti pangan, sandang, dan papan.
    berkembangnya Teknologi yang semakin pesat saat ini, hal itu tak lepas dari peranan manusia itu sendiri dalam menciptakan Teknologi-Teknologi yang Baru. Kebutuhan manusia akan sebuah teknologi baru guna memudahkan manusia dalam beraktivitas merupakan faktor utama terciptanya teknologi baru. Gaya konsumtif manusia terhadap sebuah teknologi yang sangat besar inilah, sehingga mendorong manusia-manusia itu sendiri untuk menciptakan alat teknologi baru. Oleh Karena atas dasar hal inilah, perkembangan teknologi baru merupakan simbol dari titik majunya peradaban manusia. Dan hal inilah yang juga menjadi faktor agar manusia dituntut untuk belajar dan memanfaatkan teknologi itu sendiri, jika ia tidak ingin dikatakan ketinggalan zaman.
    5 contoh “mengapa dan bagaimana bisa teknologimempengaruhi kehidupan manusia dan akhirnya bergantung pada teknologi tersebut :
    1. Membantu mempercepat pekerjaan manusia
    Dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, pekerjaan manusia akan menjadi lebih cepat dan mudah.Misalnya,proses membuat proposal yayasan sosial,apabila menggunakan mesin ketik,maka diperlukan waktu yang lama dengan keakuraatan yang rendah.Lain halnya apabila dikerjakan dengan menggunakan computer printer untuk mencetaknya,pekerjaan ini akan menjadi lebih cepat dan akurat untuk menyusun proposal yang akan dikerjakan.

    2. Mengirimkan komunikasi jarak jauh
    Sebelum adanya teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini,proses komunikasi masih bersifat analog.Untuk mengirikan kabar menuju keluarga yang letaknya jauh,harus menggunakan surat dengan waktu yang ditempuh 2 hari,itupun tidak sampai pada tujuan.Dengan teknologi sekarang bisa menggunakan sms atau e-mail dan lain sebagainnya yang merupakan teknologi informasi.Maka jarak yang jauh bukan menjadi hambatan komunikasi,walaupun relative singkat dengan kekuratan yang sangat terjamin.
    3. Mempermudah sistem Administrasi
    System informasi tanpa menggunakan bahan teknologi informasi dan komunikasi akan menjadi lambat dan membutuhkan tempat yang besar.Dalam hal ini,misalnnya untuk proses perhitungan KPU.Dalam hitungan jam saja,sudah bisa terhitung total suara dalam satu Negara.Betapa besar manfaat adanya teknologi ini.Bisa dibayangkan seandainya tidak ada teknologi ini,mungkin perlu waktu hingga berbulan-bulan lamanya kalau dihitung secara manual.
    4. Mempermudah proses transaksi keuangan
    Sebelum berkembanng teknologi informasi dan komuniksi,proses transaksi keuangan dilakukan secara konvesional.Nasabah Bank harus mendatangi Bank untuk bertransaksi,begitu pula apabila akan dilakukan transaksi jual beli,pihak pembeli harus bertemu dengan pihak penjual. Namun sekarang ini,proses transaksi sudah biasa. dilakukan bisa melalui ATM atau SMS E-Banking.
    5. Manusia menjadi malas beraktifitas
    Ini adalah dampak yang paling nyata yang dapat dirasakan,hampir setiap waktu,sepulang sekolah,siswa sekolah yang lebih banyak menghabiskan waktunya diinternet untuk bermain game online.Waktun untuk belajarpun berkurang maka orang tua harus bisa menjelaskan pada anaknya mengenai pembagian waktu belajar dan bermain.

    Di era globalisasi, teknologi informasi berperan sangat penting. Dengan menguasai teknologi dan informasi, kita memiliki modal yang cukup untuk menjadi pemenang dalam persaingan global.Kehidupan kita sekarang perlahan mulai berubah ,teknologi informasi sebagai bagian utama. Dan pada saat bersamaan juga menyebabkan perubahan struktural dalam kehidupan politik, kebudayaan, kehidupan sosial masyarakat.

    Perbedaan utama antara negara maju dan negara berkembang adalah kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemajuan yang pesat di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di negara-negara maju karena didukung oleh sistem informasi yang bagus. Sebaliknya, sistem informasi yang lemah di negara-negara berkembang mengakibatkan keterbelakangan dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Teknologi maju atau tidaknya di suatu negara sangat ditentukan oleh penguasaan terhadap informasi, karena informasi merupakan modal utama dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menjadi kemajuan pokok untuk membangun negara. Sehingga apabila satu negara ingin maju dan tetap eksis dalam persaingan global, maka negara tersebut harus menguasai informasi.
    Di era globalisasi dan informasi ini penguasaan terhadap informasi tidak cukup harnya sekedar menguasai, diperlukan kecepatan dan ketepatan. Sebab hampir tidak ada guna menguasai informasi yang telah usang, padahal perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat mengakibatkan usia informasi menjadi sangat pendek.Perkembangan teknologi informasi dan jaringan telekomunikasi yang sangat cepat dengan kapasitas besar memungkinkan manusia berkomunikasi dari mana saja di berbagai belahan dunia. Awalnya hanya bisa berkomunikasi dengan suara saja (telepon), sekarang telah mencakup multimedia: data, suara, gambar ,dan video secara cepat dan seketika (on-line). manusia dapat berkomunikasi kapan saja, dimana saja, seketika dan dengan cara yang mudah dan murah.
    Dampak yang paling kontras dirasakan dikalangan masyarakat ialah perubahan gaya hidup dan pola tingkah laku yang menuntut masyarakat bersikap serba instant sehingga menyebabkan terjadi pergeseran nilai-nilai budaya dalam kehidupan masyarakat. Media massa mempengaruhi gaya hidup masyarakat untuk menjadi serupa dengan apa yang disajikan oleh media. Sadar atau tidak masyarakat pun masuk kedalamnya bahkan menuntut lebih dari itu. Kehadiran media massa dirasakan lebih berpengaruh terhadap generasi muda yang sedang berada dalam tahap pencarian jati diri.Informasi-informasi yang diterima dari media tersebut mempengaruhi kehidupan sosial budaya suatu masyarakat baik dalam persepsi sikap serta perilaku hidupnya.

    Suka

  13. Modernisasi diartikan sebagai perubahan-perubahan masyarakat tradisional menuju perubahan masyarakat modern. Seperti masyarakat yang dulunya lebih mengikuti tata cara hidup seperti inenek moyang terahulu, kini beralih kemasyarakat lebih modern dikarenakan lebih efesien.
    Contoh 9 item perubahan sosial yang nyata dalam kehiupan sehari-hari :
    1.pendidikan
    Pendidikan zaman dulu sangat sulit didapatkan itu disebabkan karena, butuh pengorbanan untuk sampai ditempat tujuan, seseorang harus berjalan berpuluh- puluh meter untuk sampai di tempat tujuan yaitu sekolah,di zaman dahulu sulit sekali mendapatkan ilmu, butuh pengorbanan untuk mencari ilmu karena zaman dahulu pendidikan belum terlalu diutamakan, itu terbukti pada zaman dahulu wanita tidak boleh bersekolah, ini adalah salah satu bukti bahwa pendidikan sangat sulit pada era tersebut, kini di zaman modern ini, pendidikan sangat penting bagi kehidupan masyarakat. dengan pentingnya pendidikan, pemerintah menetapkan bahwa anak-anak harus wajib belajar sembilan tahun, karena di zaman modern ini, pendidikan salah satu hal terpenting dalam pembentukan karakter suatu bangsa, kini dengan cepatnya perkembangan teknologi seseorang bisa belajar tanpa menempuh berpuluh- puluh meter untuk mendapatkan ilmu seperti zaman dulu, kini seseorang hanya perlu fasilitas jaringan wifi dan computer sudah bisa mendapatkan ilmu.
    2. cara berpakaian
    Pakaian merupakan sebuah kebutuhan bagi setiap manusia. Namun pada Pada era modern ini, pakaian bukan hanya sekedar kebutuhan tetapi juga sebagai ajang bergaya atau biasa disebut fashion. Hal ini sering dilakukan oleh kaum muda khususnya oleh kaum remaja. Fashion menjadi cerminan yang memakainya,semakin bagus pakaiannya , semakin membuat orang tersebut percaya diri.
    3.makanan
    Kini makanan tradisional seperti kue tradisional, makanan tradisional sulit didapatkan ,disebabkan karena banyaknya makanan cepat saji seperti junk food,burger, pizza, dll. itu adalah contoh makanan cepat saji yang sedang terkenal saat ini, itu karena diera modern ini masyakarat hanya memilih makanan cepat saji karena lebih menghemat waktu dan tidak sulit untuk didapat dan mudah di buat, beda dengan masakan tradisional, masakan ini membutuhkan waktu dan bahan penyajian cukup memakan waktu ,seperti membuat rending,rawon,dll,untuk membuat makanan tersebut sangat menyita waktu bagi seseorang yang memiliki kesibukan,oleh karena itu mereka lebih memilih makanan cepat saji yang mudah diapat dan mengenyangkan.
    4. budaya perfilman
    Di zaman modern ini perfilman Indonesia lebih sedikit peminatnya dibandingkan perfilman bernuansa luar negeri.dengan banyaknya peminat untuk mengkonsumsi perfilman luar, dapat mempengaruhi gaya hidup menjadi kebarat-baratan, karena perfilman cepat sekali meresap kedalam otak masyarakat. mengapa perfilman menjadi salah satu dari perubahan social , itu karena dengan adanya perfilman luar ,masyarakat dapat mengetahui lebih jelas budaya kebarat baratan karena film tersebut menampilkan budaya barat.
    5.gaya hidup
    Kini gaya hidup masyarakat lebih mudah terpengaruh dengan budaya asing. masyarakat lebih menyukai gaya hidup era sekarang. dibandingkan dengan gaya hidup yang dulu, gaya hidup zaman sekarang lebih simple dan tidak rumit contohnya memakai baju dan rok mini, pakaian tersebut terlihat simple sekali. masyarakat lebih nyaman berpakaian ala kebarat baratan karena terlihat simple dan modis. teknologi semakin maju itu sangat mempengaruhi pola pikir manusia.
    6. bahasa
    Perkembangan bahasa luar sangat diperlukan di zaman moedrn ini, karena bahasa luar sangat penting,pentingnya bahasa luar membuat seseorang lebih banyak bertambah wawasan dan ilmu.
    7. alat transportasi
    Alat transportasi dulunya hanya memakai tenaga (hewan, manusia),seperti delman dan becak kini dengan berkembangnya teknologi menjadi memakai mesin,seperti memakai mobil motor,kini dengan berkembangnya teknologi, masyarakat lebih mudah dan cepat berpergian sampai di tempat tujuan dengan cepat, zaman dulu seseorang ingin berpergian butuh watu berhari hari atau berminggu minggu untuk sampai tujuan beda dengan zaman sekarang ,seseorang ingin keluar kota atau keluar negeri hanya butuh beberapa jam untuk sampai tempat tujuan.
    8. alat komunikasi
    Alat komunikasi sekarang lebih canggih dari pada alat komunikasi dulu .zaman dulu hanya bisa memakai surat dan butuh berhari hari untuk surat itu sampai ditempat tujuan, tapi dengan berkembangnya teknologi kini masyarakat bisa menghubungi siapa saja dan kapan saja dan dimana saja lewat telephone,dengan adanya telephon membuat orang jauh menjadi dekat dan lebih menghemat waktu dibandingkan menulis surat.
    9.adat istiadat
    Kini adat istiadat mulai memudar dengan adanya budaya asing. Contohnya diwilayah perkotaan kini jarang sekali terlihat masih ada yang dapat mempertahankan adat istiadat, contohnya saat dia berada didesa sangat terjaga adat istiadat ya seperti saling membantu atau gotong royong,dan saat berpergian ke luar kota harus membawa oleh oleh untuk para tetangga,namun ketika ia tinggal kota adat istiadat saling membantu dan gotong royong mulai memudar karena adat istiadat tersebut jarang digunakan di masyrakat kota.
    NAMA:BESSE NORMAH
    NIM:44114210002

    Suka

  14. Reblogged this on normabesse and commented:
    Modernisasi diartikan sebagai perubahan-perubahan masyarakat tradisional menuju perubahan masyarakat modern. Seperti masyarakat yang dulunya lebih mengikuti tata cara hidup seperti inenek moyang terahulu, kini beralih kemasyarakat lebih modern dikarenakan lebih efesien.
    Contoh 9 item perubahan sosial yang nyata dalam kehiupan sehari-hari :
    1.pendidikan
    Pendidikan zaman dulu sangat sulit didapatkan itu disebabkan karena, butuh pengorbanan untuk sampai ditempat tujuan, seseorang harus berjalan berpuluh- puluh meter untuk sampai di tempat tujuan yaitu sekolah,di zaman dahulu sulit sekali mendapatkan ilmu, butuh pengorbanan untuk mencari ilmu karena zaman dahulu pendidikan belum terlalu diutamakan, itu terbukti pada zaman dahulu wanita tidak boleh bersekolah, ini adalah salah satu bukti bahwa pendidikan sangat sulit pada era tersebut, kini di zaman modern ini, pendidikan sangat penting bagi kehidupan masyarakat. dengan pentingnya pendidikan, pemerintah menetapkan bahwa anak-anak harus wajib belajar sembilan tahun, karena di zaman modern ini, pendidikan salah satu hal terpenting dalam pembentukan karakter suatu bangsa, kini dengan cepatnya perkembangan teknologi seseorang bisa belajar tanpa menempuh berpuluh- puluh meter untuk mendapatkan ilmu seperti zaman dulu, kini seseorang hanya perlu fasilitas jaringan wifi dan computer sudah bisa mendapatkan ilmu.
    2. cara berpakaian
    Pakaian merupakan sebuah kebutuhan bagi setiap manusia. Namun pada Pada era modern ini, pakaian bukan hanya sekedar kebutuhan tetapi juga sebagai ajang bergaya atau biasa disebut fashion. Hal ini sering dilakukan oleh kaum muda khususnya oleh kaum remaja. Fashion menjadi cerminan yang memakainya,semakin bagus pakaiannya , semakin membuat orang tersebut percaya diri.
    3.makanan
    Kini makanan tradisional seperti kue tradisional, makanan tradisional sulit didapatkan ,disebabkan karena banyaknya makanan cepat saji seperti junk food,burger, pizza, dll. itu adalah contoh makanan cepat saji yang sedang terkenal saat ini, itu karena diera modern ini masyakarat hanya memilih makanan cepat saji karena lebih menghemat waktu dan tidak sulit untuk didapat dan mudah di buat, beda dengan masakan tradisional, masakan ini membutuhkan waktu dan bahan penyajian cukup memakan waktu ,seperti membuat rending,rawon,dll,untuk membuat makanan tersebut sangat menyita waktu bagi seseorang yang memiliki kesibukan,oleh karena itu mereka lebih memilih makanan cepat saji yang mudah diapat dan mengenyangkan.
    4. budaya perfilman
    Di zaman modern ini perfilman Indonesia lebih sedikit peminatnya dibandingkan perfilman bernuansa luar negeri.dengan banyaknya peminat untuk mengkonsumsi perfilman luar, dapat mempengaruhi gaya hidup menjadi kebarat-baratan, karena perfilman cepat sekali meresap kedalam otak masyarakat. mengapa perfilman menjadi salah satu dari perubahan social , itu karena dengan adanya perfilman luar ,masyarakat dapat mengetahui lebih jelas budaya kebarat baratan karena film tersebut menampilkan budaya barat.
    5.gaya hidup
    Kini gaya hidup masyarakat lebih mudah terpengaruh dengan budaya asing. masyarakat lebih menyukai gaya hidup era sekarang. dibandingkan dengan gaya hidup yang dulu, gaya hidup zaman sekarang lebih simple dan tidak rumit contohnya memakai baju dan rok mini, pakaian tersebut terlihat simple sekali. masyarakat lebih nyaman berpakaian ala kebarat baratan karena terlihat simple dan modis. teknologi semakin maju itu sangat mempengaruhi pola pikir manusia.
    6. bahasa
    Perkembangan bahasa luar sangat diperlukan di zaman moedrn ini, karena bahasa luar sangat penting,pentingnya bahasa luar membuat seseorang lebih banyak bertambah wawasan dan ilmu.
    7. alat transportasi
    Alat transportasi dulunya hanya memakai tenaga (hewan, manusia),seperti delman dan becak kini dengan berkembangnya teknologi menjadi memakai mesin,seperti memakai mobil motor,kini dengan berkembangnya teknologi, masyarakat lebih mudah dan cepat berpergian sampai di tempat tujuan dengan cepat, zaman dulu seseorang ingin berpergian butuh watu berhari hari atau berminggu minggu untuk sampai tujuan beda dengan zaman sekarang ,seseorang ingin keluar kota atau keluar negeri hanya butuh beberapa jam untuk sampai tempat tujuan.
    8. alat komunikasi
    Alat komunikasi sekarang lebih canggih dari pada alat komunikasi dulu .zaman dulu hanya bisa memakai surat dan butuh berhari hari untuk surat itu sampai ditempat tujuan, tapi dengan berkembangnya teknologi kini masyarakat bisa menghubungi siapa saja dan kapan saja dan dimana saja lewat telephone,dengan adanya telephon membuat orang jauh menjadi dekat dan lebih menghemat waktu dibandingkan menulis surat.
    9.adat istiadat
    Kini adat istiadat mulai memudar dengan adanya budaya asing. Contohnya diwilayah perkotaan kini jarang sekali terlihat masih ada yang dapat mempertahankan adat istiadat, contohnya saat dia berada didesa sangat terjaga adat istiadat ya seperti saling membantu atau gotong royong,dan saat berpergian ke luar kota harus membawa oleh oleh untuk para tetangga,namun ketika ia tinggal kota adat istiadat saling membantu dan gotong royong mulai memudar karena adat istiadat tersebut jarang digunakan di masyrakat kota.
    NAMA:BESSE NORMAH
    NIM:44114210002

    Suka

  15. Reblogged this on sarahsiregar and commented:

    Setiap manusia selama hidupnya pasti mengalami perubahan. perubahan yang terbatas maupun luas, dan ada juga perubahan yang berjalan dengan lambat maupun cepat. Perubahan-perubahan tersebut biasanya berkaitan dengan nilai-nilai sosial, pola pikir, pola-pola perilaku, tradisi dan budaya.

    9 contoh perubahan sosial dalam kehidupan nyata:

    1. Cara Berkomunikasi
    Cara ber komunikasi sekarang ini sangatlah berbeda dengan zaman dahulu. Zaman sekarang lebih menuntut ke praktisan dalam segala hal. Sebagai contoh Berkomunikasi dengan Keluarga atau Teman yang berada jauh dari kita. Zaman dulu, untuk dapat Berkomunikasi dengan orang jauh hanya bisa semnggunakan media Surat. Berbeda dengan sekarang yang tinggal me-mencet beberapa tombol angka di Handphone dan langsung terhubung dengan siapapun yang berada jauh ataupun dekat dari kita.

    2. Cara Berpenampilan
    Perubahan hidup satu ini sangatlah terlihat dari dari zaman dahulu hingga sekarang ini. Perubahan cara berpenampilan bisa dikarenakan karna Masuknya Trend Negara Asing ke Negara kita. Sebagai contoh ngehits nya boy band/girl band korea di kalangan anak muda, tidak sedikit anak muda zaman sekarang yang mengikuti cara berpenampilan seperti idolanya tersebut. Dari cara berpakaian, potongan rambut, dan lain lain. Untuk contoh perbedaan pakaian zaman dulu dan zaman sekarang ialah pemakaian Celana. Kalian ingat celana “Cutbray”? Ya, celana yang bagian bawahnya melebar, itu model celana yang sangat terkenal pada zaman dulu. Kalau sekarang tidak ada lagi celana seperti itu, yang ada model celana “Pensil”, itu model celana yang bagian bawahnya bertolak belakang dengan celana “Cutbray”, bagian itu dibuat sangat ketat sehingga mengepas dengan pergelangan kaki.

    3. Penyajian Makanan
    Penyajian makanan pada zaman sekarang ini sangatlah praktis, memasaknya pun tidak perlu sulit-sulit mencari minyak tanah ataupun kayu bakar kesana-kemari, karna sudah digantikan dengan kompor gas, bahkan kompor listrik sekalipun. Kalaupun kalian malas memasak, tak perlu repot-repot keluar untuk mencari makanan. Zaman sekarang ini sudah banyak restoran cepat saji yang juga menyediakan jasa Delivery makanan ke rumah kalian. Contoh: Kentucky Fried Chicken, Mac Donal’s, Pizza Hut, dan masih banyak lagi.

    4. Pendidikan
    Pendidikan zaman sekarang sudah tidak sulit bagi anak-anak sekolah maupun kuliah. Kecanggihan teknologi sangat berpengaruh bagi mereka. Dengan adanya Gadget, mereka dipermudah untuk mendapatkan materi-materi yang merela cari tanpa harus membeli buku ataupun meminjam ke perpustakaan sekolah/kampus.

    5. Teknologi
    Perubahan yang terjadi dalam perkembangan teknologi sejak zaman dahulu sampai saat ini memberikan pengaruh yang besar terhadap masyarakat. Teknologi baru yang muncul di masyarakat memang diciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia, dan juga berpengaruh pada kebiasaan, cara berinteraksi, cara berkomunikasi, serta sistem-sistem yang ada di masyarakat. Seperti contoh ada nya Internet, Keberadaan internet di kalangan masyarakat sangatlah dibutuhkan. Banyak memberi informasi, mau yang bersifat berita lowongan kerja, informasi pendidikan, Game(Bagi anak-anak), dan juga Sosial media yang memudahkan kita untuk berinteraksi cepat seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, Ask.fm, Yahoo, dan lain-lain.

    6. Tradisi
    Tradisi adalah kebiasaan turun-temurun yang masih dijalankan dalam masyarakat. Tradisi juga merupakan penilaian atau anggapan bahwa cara-cara yang telah ada merupakan cara yang paling baik dan benar. Era globalisai berpengaruh pada perubahan tradisi. Tradisi warisan leluhur bangsa Indonesia mengalami perubahan terutama tradisi kuno yang tidak dapat diterima akal. Masyarakat pada Era globalisasi lebih mendasarkan pada akal pikiran dalam bertindak. Contoh perubahan tradisi, Pada waktu Hari Raya Idul Fitri dulu satu rumah mengirimi berkat di semua warga yang ada di kampungnya. Sekarang, tradisi tersebut sudah terhapus dari masyarakat modern sekarang ini.

    7. Permainan Tradisional
    Hilangnya permainan tradisional sudah terjadi sejak lama. Anak muda zaman sekarang, bahkan anak kecil sekalipun sudah jarang terlihat memainkan permainan tradisional seperti congklak, petak umpet dan lain-lain. Contohnya anak SD sekarang ini, mereka sudah mahir dalam memainkan Gadget, sehingga mereka lupa, bahkan tidak mengetahui keberadaan permainan-permainan zaman dulu yang sudah ada turun-temurun.

    8. Alat Transportasi
    Transportasi zaman dulu dengan zaman sekarang sangatlah berbeda. Zaman dulu leebih memanfaatkan tenaga hewan, seperti kuda. Dulu, masyarakat jika ingin kemana-mana lebih menggunakan kendaraan bertenaga kuda, yaitu Delman. Contoh, dimana Ketika ada pesta pernikahan, pengantin di arak memakai delman, beda dengan sekarang yang menggunakan tenaga mesin seperti Mobil. Zaman sekarang, masyarakat jika ingin pergi ke tempat yang dekat-dekat saja pasti menggunakan angkutan umum, ada pula yang mengendarai motor bagi yang punya, beda dengan masyarakat dulu yang hanya menaiki delman.

    9. Gaya Hidup
    Gaya hidup zaman sekarang sangatlah harus diperhatikan. Terutama untuk kalangan anak muda. Dengan ada nya teknologi modern sekarang, manusia dimanjakan dengan ke praktisan yang diberikan oleh teknologi tersebut. Contoh, online shopping, itu adalah salah satu hal yang membuat manusia merasa dimanjakan, dan malas untuk bergerak. Hanya dengan memsan melalui Gadget yang kita punya memesan apapun bisa, Dari pakaian, alat-alat untuk bekerja, sampai ke makanan, semua tinggal dipesan lalu akan dikirim kerumah, dan membuat merasa tidak perlu capek-capek berjalan keluar untuk membelinya. Gaya hidup bermalas-malasan seperti itu memicu generasi anak muda menjadi Malas.

    Suka

  16. Mengingat bahwa kita sudah dalam era baru (new era) dimana zaman semakin dan semakin maju dengan sangat pesat dalam waktu yang bisa dikatakan cukup singkat ditambah peran asing yang cukup mengambil peran besar dalam perubahan ini dimana “orang kita” dengan sangat cepat terpengaruh / terbawa / ter’ikut’ kedalam nya, pertama saya akan turut membahas pula bagaimana pandangan positif & negatifnya ?? Tentu dalam setiap hal selalu ada sisi baik dan buruk, bgitu pula dengan perubahan sosial ini .
    Apa keuntungan yang dapat kita ambil ? Coba kita ambil dalam hal Teknologi , senang kah kita? Mudah kah kita? tertolong kah kita karena teknologi sekarang? contoh dari teknologi sederhana yaitu gadget misal, dahulu orang-orang berkomunikasi sangat sulit bergantung kepada pos surat, sekarang? Haruskah saya mendetailkan yang sesungguhnya kita sendiri sudah tau betapa bermanfaat nya gadget ini, fungsinya sama seperti Menjauhkan Yang Dekat, intinya .
    Nah itu salah satu hal positif bagaimana negatifnya? Adakah negatifnya ?? Taukah anda kita hidup di Negara (Indonesia) yang terkenal dengan begitu banyak suku budaya bahasa adat istiadat yang tidak dimiliki oleh negara lain? Dengan pesatnya kemajuan ini sadarkah kita bahwa apa yang kita punya sedikit demi sedikit dengan sangat perlahan sedang kita tinggalkan karena kita lebih memilih sesuatu yang berguna untuk kelangsungan hidup kedepan, tapi kita melupakan aset2 berharga dalam negara ini, peninggalan dari nenek moyang (leluhur) kita sendiri .
    Berikut contoh 9 Perubahan Sosial dalam kehidupan sehari – hari :

    1.Teknologi
    Seperti contoh di atas, dahulu cara orang saling berkomunikasi adalah melalui surat yang harus menunggu berhari – hari bahkan berminggu – minggu untuk dapat kita terima (dan sebaliknya) lalu gadget bermunculan perlahan mulai dari yang hanya bisa menerima telfon kemudian ditambah lagi dengan SMS lalu sampai sekarang sudah terlalu banyak fitur yang mempermudah segalanya, adanya Video Call dimana kita bisa mengobrol tidak hanya dengan suara tapi bisa dengan video yang membuat kita seperti mengobrol secara langsung. Bentuk bya pun semakin berkembang dulu bentuk dri gadget sendiri masih terbilang besar ada antena nya yang tentu saja tidak efisien tempat skrg sudah sangat diperbaiki mulai dr ukuran, tombol dan layar

    2.Perilaku
    Sadar kah bahwa perilaku kita berbeda dengan perilaku kita sekitar 6 taun yang lalu? Atau perilaku anak2 sekarang dengan anak2 di zaman kita. Saya rasa dulu bagaimana kita sangatt menikmati waktu bermain permainan ‘kampung’ yang tidak hentinya dimainkan, Contoh : bola bekel, Ular naga panjang, Congklak, Kelereng dsb dahulu juga setiap ada kesempatan untuk berkumpul dengan teman atau pun keluarga kita saling menghormati dan menghargai kebersamaan, tapi pertama – tama permainan ‘kampung’ itupun hilang, tidak lagi saya melihat para bocah memainkan nya, yang terlihat hanya mereka sendiri dengan kesibukannya yang saya tak mengerti. Maksutnya ??? Maksutnya adalah Gadget, ya gadget. Gadget juga dapat merubah perilaku ((Gadget bisa dalam kategori teknologi dan perilaku/kebiasaan)) pernah kah kita sekarang menghargai waktu kebersamaan dengan orang2 terdekat? Waktu kebersamaan itu tetap kita gunakan untuk menyayang-nyayangi gadget kita sendiri

    3.Tren/Mode
    Tren juga banyak kategorinya mulai dari pakaian, Indonesia memiliki baju daerah dari setiap provinsi yang mencerminkan daerah tersebut semua warga indonesia boleh memakai baju adat tersebut walaupun (misal) orang sunda memakai baju aceh, bolehkah? Tentu saja kita sesama Indonesia satu bangsa. Lalu kalau kita belum terpengaruh oleh kemodern-modern an mungkin saat ini yang kita kenakan bukan kaos dengan banyak motif bukan celana jeans bukan T-Shirt dsb yang kita gunakan saat ini bisa saja kebaya, baju adat atau malah hanya ditutupi oleh selendang saja? Tren berbusana masuk kian cepatnya kedalam diri kita.

    4.Makanan
    Taukah Rendang (makanan khas) dari Padang dinobatkan sebagai makanan ter- enak di Dunia no 1 ? Saya sebagai warga indonesia sangatlah bangga akan hal itu, tidak hanya rendang tapi setiap daerah memiliki makanan khas nya masing-masing yang apabila dikembangakn akan menjadikan itu sebagai keuntungan karena saya yakin dan memang! Makanan khas indonesia beda daripada yang lain bumbu rempah yang tidak didapatkan darimanapun kaya akan cita rasa nya. Tetapi kini Junk Food telah menjamur dimana-mana semua orang lebih memilih untuk memakan Junk Food atau yg mereka sebut Fast Food, memang makanan cepat saji ini tidak terlalu bertele-tele karena penyajiannya yang memang Fast (cepat) karena kebanykan kita orang sibuk dan tak ada waktu untuk makan dan harus menunggu makanannya diolah dengan waktu yang cukup lama, tapi saya sangat merindukan makanan khas asli Indonesia itu yang diharapkan adalah Makanan Indonesia yang menjamur dimana2 bukan Fast Food yang kalah banyak dalam hal gizi. Ibu2 rumah tangga pun kini lebih memlih untuk beli makanan fast food agar tidak ribet2 di dapur dan tinggal jadi saja

    5.Bahasa
    Sekarang pelajaran wajib dari Sekolah dasar sampai sekolah paling tinggi pun mewajibkan pelajar nya untuk belajar bahasa inggris, karena menurut mereka bahasa inggris adalah bahasa internasional yang memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan orang dri negara lain, tidak hanya bahasa inggris tetapi bahasa asing seperti Jepang , Mandarin , Perancis dsb ikut dipelajari juga agar kita dapat bersaing secara international. Tetapi malah yang saya lihat orang indonesia sendiri pun menggunakan bahasa asing itu di kehidupan sehari2 nya dan kemudian, kembali lagi.. Sesuatu yang khas dari dalam diri kita mulai tertinggal, pahlawan kitapun menganjurkan kita berbahasa Indonesia, bangga akan bahasanya sendiri. Bahasa asing itu memang perlu tapi dalam hal yang memang dibutuhkan untuk berbahasanya

    6.Transportasi
    Transportasi sangat lah mengambil pengaruh dalam kehidupan ini dahulu orang2 menuju suatu tempat dengan berjalan kaki menempuh tujuan dengan jarak yang tidak dekat karena memang tidak ada apapun ya paling mereka menaiki Unta/Gajah/Kuda lalu berkembang dengan yang kecil dahulu yaitu Delman, masih menggunakan Kuda tetapi sudah ditambahkan tempat agar dapat mengangkut lebih dari 2 orang, kemudian disusul becak, becak masih menggunakan tenaga manusia untuk mengayuhnya dimana manusia mempunyai rasa lelah, terua dan terus maju mulai dari motor dan dari motor pun ada perkembangannya sehabis dari motor dibuatlah mobil yang paling diminati saat ini

    7.Lapangan Pekerjaan
    Sebenarnya semakin modern zaman ini semakin banyak lapangan pekerjaan yang terbuka karena perusahaan2 baru didirikan dengan begitu cepatnya dan tidak hanya 1 perusahaan saja, dahulu mencari pekerjaan sangat sulit ingat bahwa kita dijajah dinegri sendiri, harus bekerja Rodi mempertaruhkan nyawa . Dulu paling menjadi petani dan nelayan adalah pekerjaan yang sudah lumayan tetapi bekerja dikantor di gedung dengan bangunan yang nyaman lebih dipilih orang daripada harus bersusah payah

    8.Pendidikan
    Dulu terbatasnya pendidikan dan pengetahuan lah yang menbuat kita sangat terbelakang dan mampu dibodoh2i tetapi sekarang sekolah tinggi bahkan adalah suatu keharusan demi bersaing dengan orang2 diluar sana, walau kadang Lulusan sekolah menengah sudah sangat lumayan. Dulu jangankan sekolah tinggi / menengah yang hanya sekolah dasar pun ada, karena tidak adanya pendidikan dan kewajiban sekarang sekolah sudah ada dimana2 dengan biaya yg tidak mahal pula apalagi Sekolah Negri semua biaya ditanggung oleh pemerintah agar tidak ada lagi yang namanya putus sekolah

    9.Rekreasi
    tempat wisata keluarga yang dulu dikunjungi hanyalah itu2 saja kebanyakan monumen2 bersejarah atau Museum2 berisi arkeolog2 sejarah atau mungkin dahulu sekali belum ada rekreasi karena apa yang ingin dikunjungi? Paling kedai kopi, tapi sekarang tempat wisata liburan telah dibangun besar2an dimana2 semenarik mungkin untuk menarik orang2 agar berkunjung terlalu banyak tempat wisata dengan berbagai macam tema. Malah sekarang ketika tempat wisata di Indonesia banyak dibangun kita lebih memilih berwisata keluar negri tidak lagi didalam negeri karena ingin mencari sesuatu yang baru di negara lain. Sulitnya untuk berlibur bersama keluarga dulu kini justru berbanding terbalik dengan saat ini karena banyak tempat wisata yang dikembangkan dan menarik sehingga kita selalu ingin berkunjung kesana

    Suka

  17. Setiap manusia selama hidupnya pasti mengalami perubahan. perubahan yang terbatas maupun luas, dan ada juga perubahan yang berjalan dengan lambat maupun cepat. Perubahan-perubahan tersebut biasanya berkaitan dengan nilai-nilai sosial, pola pikir, pola-pola perilaku, tradisi dan budaya.

    9 contoh perubahan sosial dalam kehidupan nyata:

    1. Cara Berkomunikasi
    Cara ber komunikasi sekarang ini sangatlah berbeda dengan zaman dahulu. Zaman sekarang lebih menuntut ke praktisan dalam segala hal. Sebagai contoh Berkomunikasi dengan Keluarga atau Teman yang berada jauh dari kita. Zaman dulu, untuk dapat Berkomunikasi dengan orang jauh hanya bisa semnggunakan media Surat. Berbeda dengan sekarang yang tinggal me-mencet beberapa tombol angka di Handphone dan langsung terhubung dengan siapapun yang berada jauh ataupun dekat dari kita.

    2. Cara Berpenampilan
    Perubahan hidup satu ini sangatlah terlihat dari dari zaman dahulu hingga sekarang ini. Perubahan cara berpenampilan bisa dikarenakan karna Masuknya Trend Negara Asing ke Negara kita. Sebagai contoh ngehits nya boy band/girl band korea di kalangan anak muda, tidak sedikit anak muda zaman sekarang yang mengikuti cara berpenampilan seperti idolanya tersebut. Dari cara berpakaian, potongan rambut, dan lain lain. Untuk contoh perbedaan pakaian zaman dulu dan zaman sekarang ialah pemakaian Celana. Kalian ingat celana “Cutbray”? Ya, celana yang bagian bawahnya melebar, itu model celana yang sangat terkenal pada zaman dulu. Kalau sekarang tidak ada lagi celana seperti itu, yang ada model celana “Pensil”, itu model celana yang bagian bawahnya bertolak belakang dengan celana “Cutbray”, bagian itu dibuat sangat ketat sehingga mengepas dengan pergelangan kaki.

    3. Penyajian Makanan
    Penyajian makanan pada zaman sekarang ini sangatlah praktis, memasaknya pun tidak perlu sulit-sulit mencari minyak tanah ataupun kayu bakar kesana-kemari, karna sudah digantikan dengan kompor gas, bahkan kompor listrik sekalipun. Kalaupun kalian malas memasak, tak perlu repot-repot keluar untuk mencari makanan. Zaman sekarang ini sudah banyak restoran cepat saji yang juga menyediakan jasa Delivery makanan ke rumah kalian. Contoh: Kentucky Fried Chicken, Mac Donal’s, Pizza Hut, dan masih banyak lagi.

    4. Pendidikan
    Pendidikan zaman sekarang sudah tidak sulit bagi anak-anak sekolah maupun kuliah. Kecanggihan teknologi sangat berpengaruh bagi mereka. Dengan adanya Gadget, mereka dipermudah untuk mendapatkan materi-materi yang merela cari tanpa harus membeli buku ataupun meminjam ke perpustakaan sekolah/kampus.

    5. Teknologi
    Perubahan yang terjadi dalam perkembangan teknologi sejak zaman dahulu sampai saat ini memberikan pengaruh yang besar terhadap masyarakat. Teknologi baru yang muncul di masyarakat memang diciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia, dan juga berpengaruh pada kebiasaan, cara berinteraksi, cara berkomunikasi, serta sistem-sistem yang ada di masyarakat. Seperti contoh ada nya Internet, Keberadaan internet di kalangan masyarakat sangatlah dibutuhkan. Banyak memberi informasi, mau yang bersifat berita lowongan kerja, informasi pendidikan, Game(Bagi anak-anak), dan juga Sosial media yang memudahkan kita untuk berinteraksi cepat seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, Ask.fm, Yahoo, dan lain-lain.

    6. Tradisi
    Tradisi adalah kebiasaan turun-temurun yang masih dijalankan dalam masyarakat. Tradisi juga merupakan penilaian atau anggapan bahwa cara-cara yang telah ada merupakan cara yang paling baik dan benar. Era globalisai berpengaruh pada perubahan tradisi. Tradisi warisan leluhur bangsa Indonesia mengalami perubahan terutama tradisi kuno yang tidak dapat diterima akal. Masyarakat pada Era globalisasi lebih mendasarkan pada akal pikiran dalam bertindak. Contoh perubahan tradisi, Pada waktu Hari Raya Idul Fitri dulu satu rumah mengirimi berkat di semua warga yang ada di kampungnya. Sekarang, tradisi tersebut sudah terhapus dari masyarakat modern sekarang ini.

    7. Permainan Tradisional
    Hilangnya permainan tradisional sudah terjadi sejak lama. Anak muda zaman sekarang, bahkan anak kecil sekalipun sudah jarang terlihat memainkan permainan tradisional seperti congklak, petak umpet dan lain-lain. Contohnya anak SD sekarang ini, mereka sudah mahir dalam memainkan Gadget, sehingga mereka lupa, bahkan tidak mengetahui keberadaan permainan-permainan zaman dulu yang sudah ada turun-temurun.

    8. Alat Transportasi
    Transportasi zaman dulu dengan zaman sekarang sangatlah berbeda. Zaman dulu leebih memanfaatkan tenaga hewan, seperti kuda. Dulu, masyarakat jika ingin kemana-mana lebih menggunakan kendaraan bertenaga kuda, yaitu Delman. Contoh, dimana Ketika ada pesta pernikahan, pengantin di arak memakai delman, beda dengan sekarang yang menggunakan tenaga mesin seperti Mobil. Zaman sekarang, masyarakat jika ingin pergi ke tempat yang dekat-dekat saja pasti menggunakan angkutan umum, ada pula yang mengendarai motor bagi yang punya, beda dengan masyarakat dulu yang hanya menaiki delman.

    9. Gaya Hidup
    Gaya hidup zaman sekarang sangatlah harus diperhatikan. Terutama untuk kalangan anak muda. Dengan ada nya teknologi modern sekarang, manusia dimanjakan dengan ke praktisan yang diberikan oleh teknologi tersebut. Contoh, online shopping, itu adalah salah satu hal yang membuat manusia merasa dimanjakan, dan malas untuk bergerak. Hanya dengan memsan melalui Gadget yang kita punya memesan apapun bisa, Dari pakaian, alat-alat untuk bekerja, sampai ke makanan, semua tinggal dipesan lalu akan dikirim kerumah, dan membuat merasa tidak perlu capek-capek berjalan keluar untuk membelinya. Gaya hidup bermalas-malasan seperti itu memicu generasi anak muda menjadi Malas.

    Suka

  18. Reblogged this on vikrido and commented:

    Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi sebagai suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima karena adanya perubahan kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun adanya difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.

    1. Cara Berkomunikasi

    Berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi merubah cara kita dalam berkomunikasi. Dulu komunikasi dilakukan dengan surat-menyurat, tetapi saat ini dilakuan dengan sms atau e-mail. Dulu juga ada yang namanya telegram dan telegraf, akan tetapi saat ini perannya digantikan dengan telepon, handphone, dan jejaring sosial. Ini membuktikan bahwa perkembangan teknologi dapat menyebabkan perubahan budaya dimasyarakat.

    2. Cara Berpakaian

    Cara masyarakat kita berpakaian tidak lepas dari globalisasi dan modernisasi di Indonesia. Dulu, orang-orang kita bangga mengenakan pakaian adat dari daerah masing-masing. Tetapi, saat ini rasanya hal itu sangat sulit dijumpai kecuali kalau ada acara-acara adat. Cara berpakaian dipengaruhi dari informasi-informasi yang didapatkan dari berbagai media seperti Tv dan Internet. Saat ini, cara berpakaian sebagian masyarakat banyak dipengaruhi oleh budaya barat.

    3. Gaya Hidup

    Salah satu perubahan sosial budaya yang terjadi didalam masyarakat Indonesia adalah gaya hidup a.k.a lifestyle. Sebagian masyarakat menerapkan gaya hidup yang baik didalam kehidupannya seperti menjadi vegetarian, workaholic, dll. Tetapi ada juga sebagian masyarakat yang terjerumus kedalam lifestyle yang tidak baik yang tentu tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia seperti narkoba dan pergaulan bebas.

    4. Westernisasi (Kebarat-baratan)

    Tidak sedikit budaya barat yang masuk ke Indonesia, contohnya adalah perayaan hati valentine dan halloween. Meskipun kedua budaya tersebut bukan budaya asli indonesia, akan tetapi tidak sedikit masyarakat Indonesia yang melestarikan budaya tersebut. Banyak masyarakat Indonesia yang menyatakan bahwa budaya asing jauh lebih menarik ketimbang budaya kita sendiri, hal ini yang menyebabkan interest kepada budaya lokal semakin menurun.

    5. Masyarakat Semakin Kritis

    Perkembangan informasi dan komunikasi membuat akses terhadap informasi semakin mudah. Informasi tersebut bisa didapatkan dari berbagai media komunikasi, seperti koran, televisi, internet, dll. Hal tersebut membuat masyarakat kita semakin cerdas dan kritis, contohnya adalah masyarakat selalu mengomentari kebijakan-kebijakan yang dilakukan pemerintah untuk negeri ini, terlebih jika kebijakan tersebut tidak populis dimata rakyat.

    6. Hilangnya Permainan Tradisional

    Saat ini, kita akan sulit untuk menemukan permainan tradisional seperti gasing atau congklak. Kalaupun ada, pasti dimainkannya didaerah-daerah terpencil seperti pedesaan. Padahal permainan itu sangat populer pada masanya, dan merupakan permainan asli Indonesia. Sekarang perannya sudah diganti dengan permainan modern seperti Playstation, Xbox, Wii, dan lain-lain. Nampaknya permainan modern jauh lebih menarik ketimbang permainan tradisional.

    7. Pudarnya Minat Kepada Alat-alat Musik Tradisional

    Minat masyarakat terhadap alat-alat musik tradisional seperti angklung, gamelan dan lainnya semakin berkurang. kalaupun ada itu hanya sebagian kecil masyarakat yang peduli dan tergerak hatinya untuk melestarikan alat-alat musik tradisional. Sekarang banyak masyarakat yang cenderung menyukai alat-alat. musik modern seperti gitar, piano, drum dan lainnya. Jika hal ini tidak segera diantisipasi, bukan tidak mungkin alat-alat musik tradisional kita akan hilang.

    8. Tergerusnya Kebudayaan Indonesia

    Bentuk lain perubahan sosial budaya di Indonesia adalah tergerusnya budaya asli Indonesia. Perlu diketahui bersama bahwa tidak sedikit dari kebudayaan kita yang sudah mulai punah. Meskipun demikian, banyak masyarakat Indonesia yang lebih berminat dengan budaya asing yang masuk ke Indonesia seperti break dance, beat box, dan lainnya. Ini sangat mengkhawatirkan dan perlu segera perlu segera ditindaklanjuti bersama.

    9. Penggunaan Bahasa Daerah Semakin Jarang

    Contoh perubahan sosial budaya lainnya adalah penggunaan bahasa daerah yang sudah semakin jarang. Kita tahu bersama, ada banyak bahasa daerah di Indonesia ini (lebih dari 100 bahasa daerah). Akan tetapi saat ini banyak masyarakat yang cenderung menggunakan bahasa Indonesia. Hal ini bukan tanpa alasan, karena bahasa Indonesia dimengerti oleh semua sedangkan bahasa daerah hanya dimengerti oleh masyarakat daerah tertentu saja.

    Suka

  19. Perubahan bisa diartikan sebagai suatu proses berubah seseorang menuju kehidupan yg lebih baik lagi,perubahan sosial budaya dipengaruhi oleh factor luar masyarakat(masyarakat lain)Perubahan sosial bisa mempengaruhi struktur,fungsi nilai,norma,pranata,dan semua aspek lainnya.Perubahan ini bisa terjadi pada seluruh masyarakat.
    Berikut contoh kasus perubahan sosial yaitu :
    1.Menyukai produk luar negri
    Kebanyakan masyarakat lebih menyukai produk luar negri dibandingkan dalam negri.Produk luar negri memang sudah banyak menghiptonis di kalangan masyarakat,karena bagi mereka produk luar negri lebih bagus dan lebih murah.Dengan masuknya budaya asing ke Indonesia,kecintaan masyarakat akan produk luar negri semakin meningkat.contoh produknya yaitu:pakaian,peralatan rumah tangga,elektronik,dll.
    2.Kesenian
    Seiring perkembangannya zaman,anak bangsa sekarang sedang terhipnotis oleh kesenian budaya asing.Bahkan mereka lebih senang mempelajari kesenian asing misalnya K-POP karena bagi mereka kesenian itu lebih trendy dan modis.Dan pada akhirnya kesenian di Indonesia mulai punah,tetapi masih ada juga yang bertahan dengan kesenian Indonesia.
    3.Bahasa
    Indonesia banyak sekali memiliki Bahasa daerah,mulai dari daerah jawa,sunda,Sumatra,dll.Namun dengan adanya perubahan masyarakat lebih sering menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa inggris dibandingkan dengan Bahasa daerahnya sendiri,Karena menurut mereka kedua Bahasa tersebut jangkauannya komunikasinya lebih luas dibandingkan Bahasa daerahnya sendiri yang cenderung hanya dapat dimengerti oleh masyarakat daerah itu sendiri.
    4.Pendidikan
    Dengan adanya teknologi,siswa yang dulunya mencari tugas diperpustakaan berubah mencari lewat internet.Teknologi juga mengubah proses cara belajar dan mengajar melalui laptop.
    5.Pakaian
    Perubahan mode pakaian dimasyarakat selalu terjadi,dahulu masyarakat lebih sering menggunakan pakaian adat daerahnya sendiri,dengan adanya perubahan kemajuan dan perkembangan sekarang masyarakat lebih menyukai pakaian asing contoh K-POP,mereka tidak segan-segan memburu pakaian yang sama persis digunakan oleh orang korea.Namun masyarakat tetap tidak meninggalkan pakaian adat,hanya saja pakaian adat itu digunakan untuk acara tertentu.
    6.Emansipasi wanita
    Salah satu bentuk perubahan sosial yaitu emansipasi wanita yang artinya wanita memiliki derajat yang sama dengan pria.Dulu jarang sekali kita melihat para wanita menjadi pemimpin, bahkan kata orang tua dulu wanita lebih pantas menjadi ibu rumah tangga yang harusnya kerja didapur dan mengurusi keluarga.Namun seiring berkembangnya waktu kebanyakan wanita sekarang menjabat peran penting di negri ini seperti pemimpin perusahaan,anggota parlemen,dll.
    7.Pudarnya alat music tradisional di Indonesia
    Saat ini jarang sekali anak bangsa menyukai alat music tradisional seperti angklung,gamelan,dll,kecuali sebagian kecil masyarakat yang masih peduli melestarikan alat music tradisional.Kebanyakan masyarakat lebih menyukai seperti gitar,piano,dll.Jika tidak segera di antisipasi bukan berarti alat music tradisional akan semakin hilang.
    8.Hilangnya permainan tradisional
    Zaman dahulu anak-anak lebih menyukai permainan petak umpet,congklak,dll,padahal permainan itu sangat terkenal pada massanya dan merupakan permainan asli Indonesia.Tetapi dengan seiringnya waktu anak bangsa sekarang lebih menyukai permainan teknologi seperti PS,tblet.Mungkin permainan teknologi itu lebih menarik daripada permainan zaman dahulu.
    9.Gaya hidup
    Salah satu perubahan sosial budaya yang terjadi di masyarakat Indonesia adalah gaya hidup.Sebagian masyarakat menerapkan gaya hidup yang baik dalam kehidupannya seperti menjadi vegetarian.Tetapi ada juga sebagian masyarakat yang terjerumus kedalam gaya hidup yang tidak baik dan tidak sesuai dengan keperibadian bangsa Indonesia seperti narkoba dan pergaulan bebas.
    Itulah contoh kesmbialn kasus perubahan sosial yang terjadi di masyarakat akan tetapi perlu diingat bahwa perubahan tidak selamanya berdampak baik,ada juga yang dapat merugikan kiat.Jika perubahan itu baik maka kita manfaatkan secara optimal namun jika dampaknyanya kurang baik maka buanglah jauh-jauh perubahan tersebut.
    Akibat positif perubahan sosial adalah sebagai berikut.
    – Perubahan terhadap nilai dan sikap menuju ke arah yang lebih baik.
    – Menggalakkan disiplin nasional.
    – Minat masyarakat terhadap ilmu pengetahuan sangat besar.
    – Masyarakat semakin banyak memanfaatkan teknologi dalam beraktivitas.
    – Mendorong masyarakat menggunakan bahasa secara baik dan benar, serta efektif dan efisien.

    Akibat negatif perubahan sosial adalah sebagai berikut.
    – Gaya hidup kebarat-baratan atau westernisasi.
    – Hidup boros atau timbulnya budaya konsumerisme.
    – Keresahan sosial atau kecemburuan sosial.
    – Timbulnya konflik.

    Suka

  20. Perubahan sosial dapat diartikan sebagai suatu proses pergeseran atau berubahnya struktur/tatanan didalam masyarakat, meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan penghidupan yang lebih bermartabat.
    9 contoh perubahan sosial dalam kehidupan nyata:
    1. Gaya Pakaian
    Perubahan mode pakaian pada masyarakat bisa saja terjadi. Dahulu semua masyarakat menggunakan pakaian-pakaian yang tertutup. Namun, seiring dengan kemajuan dari perkembangan masyarakat tersebut membuat sedikit demi sedikit anggota masyarakat mulai meninggalkan pakaian seperti itu dan menggunakan pakaian yang menjadi trend. Seperti contoh, sekarang adalah jamannya demam Korea. Bagi penggemar beratnya, mereka selalu mencari dan menggunakan pakaian yang biasa digunakan orang Korea yang pakaiannya seperti pakaiannya kekurangan bahan.
    2. Cara Berkomunikasi
    Zaman dahulu untuk berkomunikasi atau menyatakan cinta seseorang harus menggunakan surat, Namun sekarang dengan menggunakan jejaring sosial atau alat komunikasi, seseorang bisa berkomunikasi atau menyatakan cinta dengan cepat dan praktis. Contohnya zaman dulu untuk menyatakan cinta saja seseorang harus ribet merangkai kata-kata yang indah lalu dikirim ke seseorang yang dia cintai, kalau sekarang mah tinggal kirim emoticon.
    3. Makanan
    Perkembangan Globalisasi juga berdampak pada aspek Makanan. Yang dulunya makanan dibuat dengan cara sederhana seperti membuat tempe, tahu, atau bumbu-bumbu masakan, kini makanan atau bumbu-bumbu itu dapat diperoleh dengan cepat. Contohnya; Kini banyak sekali bermunculan bumbu-bumbu dalam kemasan saset seperti, bumbu racik tempe goreng, tumis, nasigoreng dan lain-lain. Apalagi sekarang banyak sekali bermunculan makanan-makanan cepat saji, Masyarakat Indonesia yang ada di kota-kota besar banyak yang mengkonsumsi makanan junk food sebenarnya berasal dari negara lain seperti ayam goreng (Mc Donald), pizza, spaghetti, dan hamburger dari pada makanan tradisional yang sudah jarang terlihat contohnya, kue cucur, kue putu, lontong sayur, ketupan sayur dan masih banyak lagi. Mereka lebih bangga atau menyukai makanan tersebut daripada makanan khas Indonesia seperti nasi gudeg, nasi gandul, nasi pecel dan lain-lain.
    4. Tradisi
    Tradisi yang berlangsung di masyarakat lama kelamaan luntur. Masyarakat sudah tidak begitu mengikuti tradisi yang ada. Misalnya tradisi menggunakan pakaian “DODOT” untuk adat Jawa pada saat resepsi. Namun sebaliknya, masyarakat khususnya generasi muda cenderung menyukai adat dan tradisi asing. Seperti memakai gaun-gaun yang serba mewah.
    5. Gaya Hidup
    Arus globalisasi juga berdampak pada gaya hidup, baik itu dampak negatif maupun positif. Mayarakat kita khususnya para remaja banyak yang lupa akan identitas diri sebagai bangsa Indonesia, karena gaya hidupnya cenderung meniru budaya barat yang oleh masyarakat dunia dianggap sebagai kiblat. Arus globalisasi berdampak negatif pada masyarakat, misalnya gaya masyarakat sehari-hari cenderung bergaya hidup mewah. Dengan melihat tayangan-tayangan sinetron, telenovela yang ada di TV membuat orang tidak menyesuaikan dengan pendapatan rumah tangganya. Namun juga berdampak positif, misalnya orang sekarang sangat menghargai waktu. “TIME IS MONEY” Ungkapan itu secara mudah berarti waktu adalah uang. Ungkapan yang tak asing lagi bagi kita. Menghargai waktu sangat penting. Begitu pentingnya waktu, mereka menyamakan waktu dengan uang. Jadi waktu adalah sesuatu yang sangat berharga. Oleh karena itu, banyak di kalangan kita yang menghargai waktu. Hal ini berdampak positif bagi bangsa indonesia. karena, dengan adanya ungkapan itu, waktu tidak terbuang dengan sia-sia.
    6. Transportasi
    Sejak dahulu kala transportasi telah digunakan dalam kehidupan masyarakat. Hanya saja alat angkut yang dimaksud bukan seperti sekarang ini. Sebelum tahun 1800 alat pengangkutan yang digunakan adalah tenaga manusia, hewan, dan sumber tenaga dari alam. Pengangkutan barang-barang dalam jumlah kecil serta waktu yang ditempuh lama sekali. Tetapi Bagi masyarakat sekarang, menempuh jarak yang jauh tidaklah menjadi kendala. Berbagai sarana angkutan sudah tersedia dari yang sederhana sampai yang canggih.
    7. Pendidikan
    Kecanggihan teknologi juga mengubah sistem pendidikan di Indonesia. Zaman dahulu para siswa hanya bergantung pada buku-buku yang sudah disediakan, namun sekarang, mereka bisa membuka internet digadget mereka masing-masing untuk memudahkan mencari materi-materi tugas.
    8. Model Rambut
    Model rambut juga banyak berubah. Bahkan masyarakat cenderung merasa harus mengikuti trend tersebut jika tidak mau dikatakan ‘jadul’ atau ‘culun’. Pengaruh terbesar adalah model rambut ‘punk’ yang membuat banyak remaja mengikuti model rambut dan gaya hidup orang dengan model rambut tersebut.
    9. Kesenian
    Saat ini, banyak kesenian di Indonesia yang mulai punah karena anak bangsa tidak suka dengan kesenian tersebut. Bahkan mereka lebih suka mempelajari kesenian asing dengan alasan trendy. Contohnya, anak-anak muda lebih menyukai tarian-tarian Hiphop daripada tarian-tarian tradisional seperti saman, tarian piring, dan lain-lain.
    Itulah contoh perubahan sosial budaya yang terjadi pada masyarakat. Pada dasarnya setiap masyarakat yang ada di muka bumi ini dalam hidupnya dapat dipastikan akan mengalami apa yang dinamakan dengan perubahan-perubahan, perubahan tersebut dipastikan akan terus – menerus. Tetapi perubahan yang terjadi antara masyarakat yang satu dengan yang lain tidaklah selalu sama.

    Suka

  21. Reblogged this on goyaoyaauliya and commented:

    perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi di dalam masyarakat, pada umumnya menyangkut hal-hal yang kompleks.
    Definisi dan pengertian tentang perubahan sosial menurut beberapa ahli diantaranya adalah sebagai berikut :
    Gillin
    Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi sebagai suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima karena adanya perubahan kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun adanya difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.
    Emile Durkheim
    Perubahan sosial terjadi sebagai hasil dari faktor-faktor ekologis dan demografis, yang mengubah kehidupan masyarakat dari kondisi tradisional yang diikat solidaritas mekanistik, ke dalam kondisi masyarakat modern yang diikat oleh solidaritas organistik.
    Kingsley Davis
    Perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat
    perubahan sosial biasanya terjadi pada :

    1. Gaya Hidup => dilihat dari perkembangan zaman dan tekhnologi banyak perubahan pada mode pakaian. dulu orang-orang berpakaian hanya dengan kain atau pakaian yang hanya menutupi kemaluan saja. seiring berjalannya waktu mode pakaian berubah menjadi lebih sopan dana tertutup. tetapi kini setelah masuknya budaya dari luar melalui kemajuan teknologi cara berpakaian mulai berubah menjadi pakaian yang minim.
    2. Budaya => dulu di lingkungan rumah sering sekali diadakan kegiatan yang membangun demi kepentingan bersama seperti gotong royong, sis kamling (ronda), dll. tetapi kini kegiatan itu hanya terlihat di beberapa wilayah saja bahkan kita seperti tidak memerlukan ketua rukun tetangga (RT).
    3. Pendidikan => sesuai dengan kemajuan teknologi, saat ini sudah banyak kegiatan pendidikan formal maupun non formal yang tidak hanya mengandalkan guru atau pembimbing. karena banyaknya cara untuk memperoleh pendidikan seperti dengan menggunakan internet. bahkan pemerintah juga selalu memperbaharui sistem kurikulum di republik ini.
    4. komunikasi => berbicara tentang komunikasi tentunya sangat banyak perubahan yang terjadi pada konteks ini. Perubahan pada cara berkomunikasi bisa sangat mudah terjadi. Beberapa tahun lalu kita masih menggunakan surat untuk berkomunikasi jarak jauh dan sekarang, dengan menggunakan jejaring sosial atau alat komunikasi, seseorang bisa berkomunikasi dengan cepat dan praktis.
    5. tata krama (sopan santun) => saat ini sangat sulit kita menemukan orang yang memiliki etika yang baik karena rusaknya pendidikan tata krama yang sudah di kembangkan sejak awal. contohnya dulu ketika hendak sekolah kita berpamitan dengan orang tua, hal yang paling kecil adalah bersalaman. tetapi kini banyak sekali pelajar yang langsung saja meninggalkan rumah tanpa berpamitan.
    6. Industrialisasi => dulu buruh makmur tetapi kini buruh sangat di rendahkan bahkan banyak yang di PHK akibat tenaga manusia kini telah digantikan dengan tenaga mesin.
    7. Ekonomi => Pada umumnya, masyarakat lebih suka dengan produk impor dibandingkan produk di dalam negeri karena kualitasnya dianggap lebih bagus. Selain itu, dengan adanya Singapura sebagai negara maju, maka masyarakat yang kaya lebih memilih berlibur ke Singapura ketimbang ke Bali.
    8. Politik => dulu RIS sekarang NKRI , dulu UUDS sekarang UUD 1945, dulu dipilih MPR sekarang pemilu , dulu kabinet parlementer sekarang kabinet presidensial, dulu jumlah partai sedikit sekarang sangat banyak, dulu kampanye dari rumah ke rumah sekarang melalui media , dulu perhitungan suara secara manual sekarang bisa dengan quick count.
    9. Sosial => perluasan kolonialisme dan imperialisme berakibat makin melemahnya kedudukan dan perekonomian penguasa pribumi. Penguasa pribumi lebih banyak ditugaskan untuk menggali kekayaan bumi Indonesia, seperti memungut pajak, mengurusi tanaman milik pemerintah dan mengerahkan tenaga kerja untuk kepentingan pemerintah Belanda.Turunnya kedudukan penguasa pribumi mengakibatkan turunnya derajat dan kehormatan sebagai penguasa pribumi.

    Nama : Auliya Azizah
    NIM : 44114210011

    Suka

  22. Reblogged this on aviyolla and commented:
    Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi pada masyarakat, yang mempengaruhi sistem sosialnya seperti nilai, sikap, pola pik dan pola perilakunya. Sedangkan Modernisasi adalah suatu proses transformasi atau lebih jelasnya perubahan dari cara-cara yang tradisional ke cara-cara yang lebih baru untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyrakat itu sendiri. Modernisasi adalah bentuk perubahan sosial yang terarah dan terencana.
    Contoh dari 9 item perubahan sosial yang terjadi akibat modernisasi beserta contohnya :
    1.Lifestyle
    Gaya hidup adalah salah satu contoh perubahan sosial yang terjadi akibat modernisasi. Gaya hidup merupakan suatu sikap, perbuatan, tongkah laku yang sesuai dengan tuntutan zaman.
    Contoh : Hidup dan gaya orang yang tinggal di kota metropolis seperti dijakarta ini. Dapat kita lihat dari cara berpakaian anak muda nya, mengikuti tren yang ada dan sedang tenar. Mengikuti model yang kebarat-baratan dan lebih terbuka. Perubahan gaya tersebut tejadi untuk memenuhi tuntutan zaman yang semakin modern.
    Dampak dari perubahan gaya hidup pun bermacam-maxam akan memberikan rasa senang namun menghilangkan kebudayaan yang ada di Negara kita ini.
    2.Teknologi
    Perubahan sosial terjadi sangat cepat di akibatkan oleh teknologi yang semakin canggih dan murah. Bayangkan saja, saya akan mengambil sebuah contoh : seorang anak kecil yang dahulu biasanya hanya bermain egrang, congklak, petak jongkok, dan permainan dareah. Sekarang mereka lebih memilih gadget yang didalam nya ber isi permainan. Contoh nya lagi saya ambil dari seorang keluarga, yang dulu biasanya dapat menghabiskan waktu untuk mengobrol bersama, dengan adanya teknologi pertemuan dan pembicaraan dapat di bicarakan dengan teknologi handphone mengakibatkan pertemuan untuk bercengkrama bersama keluarga menjadi berkurang. Dampak nya segala sesuatu dapat di selesaikan dengan mudah dan cepat, namun membuat manusia modern menjadi malas.
    3.Beverages and Food
    Dahulu dapat kita lihat jajanan kampung yang murah, sehat dan enak yang dapat kita temui dimana-mana. Namun akibat modernisasi jajanan tersebut jarang kita jumpai lagi, hanya jajanan cepat saji yang kualitas nya jauh lebih tidak baik dibadingkan jajanan kampung yang di olah terlebih dahulu. Di supermarket banyak jajanan instant yang kesehatan nya tidak terjamin namun karena lebih muda masyarakat jaman sekarang lebih memilih membelinya karena cepat dan mudah
    4.Model transaksi
    Perubahan sosial akibat modernisasi terjadi pada model transaksi. Dahulu orang di kampung mengirim uang akan terasa sulit dan membutuhkan waktu yang lama, jarak yang ditempuh pun cukup jauh. Namun dijaman modern saat ini transaksi dapat kita jangkau dengan waktu cepat dan jarak tempuh yang lebih mudah. Transaksi menjadi lebih mudah karena modernisasi sekarang tersedia atm center, atm banking yang bisa dilakukan dengan sms.

    5.Otomotif
    Ribuan kendaraan yang ada di Indonesia, Perubahan sosial akibat modernisasi. Dahulu orang berjalan kaki untuk mencapai tempat yang ingin ia tuju, berkilometer jarak yang ditempuh dan membutuhkan waktu yang cukup lama. namun sekarang banyak nya fasilitas umum dan kendaraan umum memudahkan seseorang untuk beraktivitas. Banyak bermunculan kendaraan yang memperlihatkan kelenihan nya, membuat pasar konsumen pun banyak yang ingin memiliki kendraan tersebut.
    Dampak dari otomotif sendiri adalah akan meninggalkan kebudayaan yang ada di Negara kita dan mengedepankan budaya luar.
    6.Struktur Sosial
    Struktur Sosial adalah bentuk susunan masyrakat yang hirerarkis. Dapat bersifat vertical atau pun horizontal.Struktur Sosial merupakan suatu pergaulan hidup manusia meliputi tipe kelompok yang terjadi dari banyak orang dan lembaga- lembaga dimana orang banyak tersebut ambil bagian. Struktur sosial sifatnya dinamis, sesuai dengan tuntutan zaman. Awaknya ketika manusia hidup masih bergerombol dan membentuk sebuah kelompok yang berkepentingan. Namun karena struktur sosial bersifat dinamis makan akan terus berkembang dengan sampai sekarang ini. Kita hidup dengan bersuku bangsa adalah salah satu contoh dari struktur sosial yang terus berkembang dan berubah sesuai dengan tuntutan zaman.
    7.Pendidikan

    Suka

  23. Reblogged this on my blog and commented:
    Modernisasi adalah sebuah bentuk transformasi dari keadaan yang kurang maju atau kurang berkembang ke arah yang lebih baik dengan harapan akan tercapai kehidupan masyarakat yang lebih maju, berkembang, dan makmur.
    Life style
    Life style atau gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman atau keinginan seseorang untuk mengubah gaya hidupnya. Gaya hidup di era modern sekarang sudah banyak terjadi seperti cara berpakaian yang minim dan ketat yang memperlihatkan bentuk tubuh, zaman dahulu seperti anak sekolah yang menggunakan baju seragam sekolah yang sopan roknya yang panjang meskipun ada juga yang pendek tapi pendeknya itu di bawah dengkul, beda dengan yang sekarang anak sekolah zaman sekarang baju seragam sekolahnya di buat seketat mungkin dan roknya di potong pendek di atas dengkul, zaman dahulu kalau perawatan tubuh menggunakan bahan-bahan alami dan membuatnya sendiri, zaman sekarang perawatan tubuh banyak menggunakan bahan-bahan yang terbuat dari merkuri dan kebanyakan orang melakukan perawatannya di salon terkenal. Kebanyakan artis Indonesia atau Manca Negara melakukan treatment seperti sulam alis, sulam bibir, sulam eyeliner, operasi plastik, dll.
    Teknologi
    Di Indonesia sekarang ini sudah mencapai tahap pemikiran yang sangat modern, Indonesia sendiri sudah mampu menciptakan alat-alat teknologi yang praktis dan efisien seperti layaknya yang ada di kehidupan sehari – hari seperti Televisi, telepon genggam,komputer, laptop, dan lainnya, sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang digunakan pun memiliki kajian – kajian penting dalam proses kemajuan dan perkembangan teknologi yang membuat Indonesia lebih modern. Contohnya zaman sekarang orang kalau ingin bertemu atau meet up tidak perlu menggunakan surat kabar lagi, tinggal menghubungi dengan cara menelepon atau sms (mengirim pesan) lewat handphone atau telepon rumah, dan anak kecil zaman sekarang sudah mengerti menggunakan teknologi yang sangat canggih seperti iPad, Tablet, Laptop, Handphone, anak kecil sekarang sudah jarang main sama temannya seperti permainan tradisional; petak umpet, petak jongkok, kelereng, layangan, dll. Sekarang pada mainanya game online yang berada di gadget mereka masing-masing.
    Otomotif
    Zaman dahulu itu orang transfortasi menggunakan delman, ada juga menggunakan mobil tetapi orang-orang tertentu saja yang menggunakan mobil, itu juga mobil yang kecepatannya standar seperti mobil kodok, mobil- mobil klasik, dll. Kalo zaman modern seperti sekarang ini sudah sangat canggih mobil sport pintunya yang di buka ke atas ada juga yang kebuka sendiri pintunya, sekarang velgnya udah bagus-bagus, mobil atau motor zaman sekarang udah di modif-modif biar keliatan bagus atau keren, menggunakan mobil zaman sekarang bukan hanya orang-orang tertentu tapi hampir semua orang mempunyai mobil bagi mereka mobiladalah sebuah kebutuhan.
    Beverege and food
    Makanan seperti junkfood atau makanan siap saji yang sudah terkenal dimana-mana, padahal makanan seperti itu kurang sehat. Seharusnya kita bersyukur sebagai orang Indonesia, karena di Indonesia banyak sekali rempah-rempah atau bumbu-bumbu yang sehat sebagai perasa buat makanan, di Indonesia banyak juga makanan yang lezat seperti masakan padang (rendang, sambal ijo, dll), masakan sunda (ikan laut atau ikan tawar, tahu, tempe, sayur-mayur,dll.), masakan betawi (soto betawi, balado jengkol, dll.). Tapi anak muda sekarang jarang makan masakan Indonesia kebanyakan lebih suka makanan junkfood seperti pizza, spaghety, dll. Karena menurut mereka kalo tidak makan junkfood itu kurang gaul.
    Model transaksi
    Zaman dahulu dengan sistem barter atau tukar menukar, zaman sekarang orang bertransaksi dengan mudah langsung bertatap wajah dan bayar secara tunai atau bisa bertransaksi menggunakan atm di bank. Seperti berbelanja di mall saat ingin bayar langsung gesek kartu atm di mesin atm yang disediakan di kasir, atau di online shop sistem transaksinya langsung ke bank atau m-banking.
    Pendidikan
    Bicara tentang pendidikan, di era sekarang sudah mudah untuk belajar kapan saja dan dimana saja, alat penyampaian dalam belajar pun sudah mudah seperti lewat powerpoint dengan OHP, dan menggunakan whiteboard dan spidol. Di zaman dahulu dalam belajar menggunakan papan tulis hitam atau blackboard dan kapur. Dahulu jika ingin belajar sangan susah, maka pendidikan di pelosok sangat rendah dan banyaknya orang yang tidak berpendidikan, tetapi ada faktor ekonominya juga yang tidak mampu untuk sekolah.
    Politik
    Politik zaman dahulu sangat amat baik, tidak ada yamg namanya korupsi karena tujuan memiliki sebuah pemimpin adalah untuk memimpin rakyatnya dengan adil dan untuk membela bangsa Indonesia. Namun sekarang sangat amat berbeda, karena mereka lebih banyak memikirkan kepentingan pribadi bukan kepentingan rakyat, dan era sekarang sudah banyak yang menjadi politikus yang berkeliaran mengambil uang rakyat.
    Pekerjaan
    pekerjaan sangat penting bagi semua orang, dulu orang mendapatkan pekerjaannya dengan cara melihat surat kabar atau saling memberi tahu, nah kalo sekarang mencari pekerjaan sangatlah mudah yaitu dengan melihat di internet atau datang ke tempat. layanan pekerjaan yang biasanya banyak di daerah senayan city yang sedang membutuhkan karyawan-karyawan kantor-kantor swasta.
    Bahasa
    bahasa adalah hal terpenting dalam menyampaikan sesuatu, dahulu orang indonesia sering menggunakan bahasa daerah yang sesuai dengan daerah mereka masing-masing, seperti menggunakan bahasa jawa, bahasa sunda, bahasa batak, bahasa melayu, dll. Namun sekarang disepakati dengan menggunakan bahasa indonesia, dan anak muda sekarang lebih sering menggunakan bahasa asing atau bahasa inggris.

    Suka

  24. Reblogged this on assyfaramadani and commented:
    kapita selekta (2) perubahan sosial dan modernisasi,terdapat 9 item perubahan sosial
    Modernisasi adalah suatu transformasi total dari kehidupan bersama yang tradisional atau pemodern dalam arti teknologi serta organisasi sosial,ke arah pola-pola ekonomis dan politis.dan suatu bentuk dari perubahan sosial yang terarah yang didasarkan pada suatu perencanaan yang biasanya dinamakan planning
    9 item perubahan sosial akibat modernisasi :
    1, life style
    Life style atau gaya hidup contohnya : gaya hidup remaja masa kini sudah tidak karuan dibandingkan gaya hidup remaja-remaja jaman dulu,apalagi gaya hidup yang terjadi pada remaja metropolitan mereka cenderung mengikuti gaya berpakaian jaman sekarang,tentu saja mode yang mereka tiru adalah mode dari orang barat,seperti memakai,hotpans,mini dress,dll bahkan yang lebih menyedihkan di stasiun tv,banyak di tampilkan mode gaya hidup orang barat,sehingga tidak hanya remaja metropolitan saja yang menggunakan pakaian bermode orang barat.tetapi juga orang-orang yang ada di perkampungan dan di pedesaan.sehingga mereka melupakan baju-baju daerah yang mereka kenakan sebelumnya.
    2. budaya
    ditandai dengan semakin terdesaknya budaya tradisional oleh masuknya pengaruh budaya dari luar, sehingga budaya asli semakin pudar.
    Contoh: Permainan canggih seperti Playstation, hingga Game Online mulai menggantikan permainan tradisional seperti petak umpet, congklak,egrang. Padahal, permainan tradisional memiliki banyak nilai positif. Seperti menjauhkan anak dari sikap konsumtif,gerak tubuh yang ekspresif, dan melatih tingkat kecerdasan dan logikanya.
    Masyarakat lebih menyukai musik modern daripada musik tradisional. Para promotor musik berlomba-lomba mendatangkan musisi luar negeri ke Indonesia. Masyarakat sampai rela berdesak-desakan untuk membeli tiket konser tanpa peduli harga mahal. Pemberitaannya pun ramai di media massa. Berbanding terbalik dengan pementasan gambang kromong, wayang,dan sebagainya. Kenyataan mirisnya, orang asing lebih mengapresiasi dan tertarik belajar musik trasional dibanding anak muda indonesia sendiri.

    3.politik
    Aktivitas politik semakin kompleks dan terencana dan melahirkan berbagai teori dan konsep dalam kehidupan politik masa kini. Ditandai dengan semakin banyaknya Negara yang lepas dari penjajahan, tumbuhnya Negara-negara demokrasi, dan semakin diakuinya hak-hak asasi manusia. Contoh: bermunculan partai- partai baru sehingga masyarakat lebih bebas menyalurkan aspirasinya. Hal ini menunjukkan tingginya keinginan masyarakat untuk berpartisipasi dan terjun langsung ke dunia politik. Bayangkan saja pada pemilu presiden 2009 lalu, terdapat kurang lebih 34 partai yang ikut serta dulu pada masa pemerintahan Soeharto, tidak ada orang yang berani menentang kekuasaanya dengan cara berdemo. Akan tetapi di masa sekarang banyak orang berdemonstrasi. Ini menunjukkan bahwa rakyat bebas beraspirasi tanpa takut mendapat sanksi dari pemerintah yang sedang berkuasa.

    4. sosial
    Gejala modernisasi dapat dilihat dari tumbuhnya kelompok-kelompok baru dengan posisi dan ekonomi untuk mencapai kepentingan bersama. Contoh: Adanya kesenjangan ekonomi antara orang kaya dengan orang miskin. Orang kaya mampu membeli apa saja yg mereka inginkan,berbanding terbalik dengan orang miskin. Hal tersebut mengakibatkan sebagian orang kaya kadang-kadang membeda-bedakan kedudukan antar dirinya dengan orang miskin saat menjalani hubungan dalam pergaulan sehari-hari. Budaya konsumerisme dapat diartikan sebagai suatu sifat seseorang/sekelompok masyarakat yg selalu ingin serba memiliki barang walaupun barang yg mereka inginkan terkadang tidak penting dan harganya mahal. Budaya konsumerisme ini kadang diikuti oleh orang yg berkemampuan ekonomi rendah, sehingga mereka akan menggunakan segala macam cara untuk mendapatkan segala yg mereka inginkan.

    5. pendidikan
    Pendidikan sangat berperan dalam proses pergeseran sikap dan mentalitas. Internasionalisasi dalam pendidikan, dipandang sebagai salah satu cara untuk memodernisasikan pendidikan. Contoh: Makin banyaknya kerjasama Indonesia dengan perguruan tinggi (maupun sekolah) di luar negeri. Sehingga terjadi pertukaran pelajar dan kesempatan menuntut ilmu di luar negeri. Hal ini dilakukan demi terciptanya transfer dan pertukaran pengetahuan. Mendatangkan dosen dan mahasiswa asing, menyelenggarakan perkuliahan dengan bahasa pengantar bahasa Inggris. Hal itu diterapkan agar pendidikan Indonesia bisa sejajar dengan pendidikan di negara maju
    6. teknologi
    Modernisasi teknologi adalah usaha-usaha manusia dengan berbagai cara yang ditemukan dalam rangka mengubah keadaan sekitar untuk memenuhi kebutuhan hidup. Modernisasi hanya dapat berlangsung jika ada perkembangan teknologi. Contoh: Penggunaan laptop dan tablet sebagai pengganti komputer PC untuk bekerja atau belajar. Komputer jinjing yang praktis dan fleksibel ini makin memudahkan orang untuk menyelesaikan pekerjaannya dimanapun ia berada. Internet yang dapat memperkuat ikatan dengan konsumen. Seperti kegiatan salah satu toko buku Online, Amazon.com yang menciptakan sense of community dengan melibatkan wawancara dengan penulis, dan reviewer secara live dan memberitahu konsumen tentang buku-buku terbaru.

    7. ekonomi
    Ditandai tumbuhnya komplek industri secara besar-besaran yang mengadakan produksi secara masal. Contoh: Sejak awal tahun 1970 an di Indonesia telah terjadi proses modernisasi di sektor pertanian seperti penggantian pupuk kandang menjadi pupuk urea. pemakaian bibit padi jenis unggul, penerapan teknik irigasi baru. Hal ini bertujuan meningkatkan taraf hidup, terlepas dari ketergantungan terhadap orang lain, dan peningkatan produksi barang-barang industri dan jasa. Di sektor industri, banyak teknologi dan cara produksi baru yang berkembang untuk meningkatkan produktivitas ekonomi, seperti mengganti tenaga manusia dengan tenaga mesin agar hasil produksi meningkat dan pendapatan meningkat
    8.transaksi
    Pada jaman dahulu barter adalah kegiatan tukar menukar barang atau jasa tanpa perantara uang,sedangkan jaman sekarang,transaksi lebih menggunakan uang ada juga yang di maksud dengan E-commerce yaitu pada transaksi bisnis berbasis individu dengan menggunakan internet sebagai medium pertukaran barang atau jasa baik antara dua buah institusi (business to business) dan konsumen langsung (business to consumer) melewati kendala ruang dan waktu
    9. otomotif
    pada jaman dahulu manusia berpergian menggunakan kuda atau unta namun seiring berjalanya modernisasi kini manusia sudah mampu menciptakan alat transportasi,contonya motor,angkutan umum dan mobil pribadi bisa mereka gunakan pada saat ini

    Suka

  25. Reblogged this on syahputra300593 and commented:
    Ada sepuluh hal yang menandai adanya perubahan sosial dalam kehidupan sehari-hari, yaitu :

    1. Perubahan yang direncanakan. Hal ini adalah perubahan-perubahan yang diperkirakan atau yang telah direncanakan terlebih dahulu oleh pihak-pihak yang hendak mengadakan perubahan di dalam masyarakat. Pihak-pihak yang menghendaki suatu perubahan dinamakan agent of change, yaitu seseorang atau sekelompok orang yang mendapat kepercayaan dari masyarakat sebagai pemimpin satu atau lebih lembaga-lembaga kemasyarakatan. Oleh sebab itu, suatu perubahan yang direncanakan selalu di bawah pengendalian dan pengawasan agent of change. Secara umum, perubahan berencana dapat juga disebut perubahan dikehendaki.
    Sebagai contoh, untuk mengurangi angka kematian anak-anak akibat polio, pemerintah mengadakan gerakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) atau untuk mengurangi pertumbuhan jumlah penduduk pemerintah mengadakan program KB.
    2. Perubahan yang tidak direncanakan. Biasanya hal ini berupa perubahan yang tidak dikehendaki dan dapat terjadi di luar jangkauan masyarakat. Karena terjadi di luar perkiraan dan jangkauan, perubahan ini sering membawa masalah-masalah yang memicu kekacauan atau kendala-kendala dalam masyarakat. Dengan demikian, perubahan yang tidak dikehendaki sangat sulit ditebak kapan akan terjadi.
    Contohnya, kasus banjir bandang di Sinjai, Kalimantan Barat. Timbulnya banjir dikarenakan pembukaan lahan yang kurang memerhatikan kelestarian lingkungan. Sebagai akibatnya, banyak perkampungan dan permukiman masyarakat terendam air yang mengharuskan para warganya mencari permukiman baru.
    3. Perubahan Besar. Hal ini merupakan suatu perubahan dikatakan berpengaruh besar jika perubahan tersebut mengakibatkan terjadinya perubahan terhadap struktur kemasyarakatan, sistem mata pencaharian, hubungan kerja dan stratifikasi masyarakat.
    Sebagai contoh, dapat dilihat pada perubahan masyarakat agraris menjadi industrialisasi , pada perubahan ini memberi pengaruh secara besar-besaran terhadap jumlah kepadatan penduduk di wilayah industri dan mengakibatkan adanya perubahan mata pencaharian.
    4. Perubahan-perubahan berpengaruh kecil. Ini merupakan perubahan – perubahan yang terjadi pada struktur sosial yang tidak membawa pengaruh langsung atau berarti untuk masyarakat. Sebagai contoh, perubahan pada mode pakaian dan mode rambut. Perubahan-perubahan tersebut tidak membawa pengaruh yang besar dalam masyarakat karena tidak mengakibatkan perubahan-perubahan pada lembaga kemasyarakatan homolis.
    5. Perubahan Struktural. Perubahan ini adalah perubahan yang sangat mendasar yang menyebabkan timbulnya reorganisasi dalam masyarakat. Contohnya, perubahan sistem pemerintahan dari monarkhi ke sistem pemerintahan republik.
    6. Perubahan proses. Yaitu, perubahan yang sifatnya tidak mendasar. Perubahan tersebut hanya merupakan penyempurnaan dari perubahan sebelumnya. Contohnya, perubahan kurikulum dalam pendidikan. Sifatnya menyempurnakan kekurangan-kekurangan yang terdapat dalam perangkat atau dalam pelaksanaan kurikulum sebelumnya.
    7. Perubahan progres. Hal ini adalah perubahan yang membawa keuntungan bagi masyarakat. Contohnya, perkembangan pendidikan masyarakat.
    8. Perubahan regres. Hal ini dimana perubahan yang membawa kemunduran bagi masyarakat di bidang tertentu. Sebagai contoh, perubahan pola kehidupan remaja yang mabuk-mabukan.
    9. Perubahan revolusi. Ini merupakan perubahan yang berlangsung secara cepat dan tidak ada kehendak atau perencanaan sebelumnya. Secara sosiologis perubahan ini diartikan sebagai perubahan-perubahan sosial mengenai unsur-unsur kehidupan atau lembaga – lembaga kemasyarakatan yang berlangsung relatif cepat. Dalam revolusi, perubahan dapat terjadi dengan direncanakan atau tidak direncanakan, dimana sering kali diawali dengan ketegangan atau konflik dalam tubuh masyarakat yang bersangkutan.
    Revolusi tidak dapat terjadi di setiap situasi dan kondisi masyarakat. Secara sosiologi, suatu revolusi dapat terjadi harus memenuhi beberapa syarat tertentu, antara lain adalah:
    Ada beberapa keinginan umum mengadakan suatu perubahan.
    Adanya seorang pemimpin atau sekelompok orang yang dianggap mampu memimpin masyarakat tersebut.
    Pemimpin tersebut dapat menampung keinginan-keinginan tersebut, untuk kemudian merumuskan serta menegaskan rasa tidak puas dari masyarakat, untuk dijadikan program dan arah bagi geraknya masyarakat.
    Pemimpin tersebut harus dapat menunjukkan suatu tujuan pada masyarakat.
    Harus ada momentum untuk revolusi, yaitu suatu saat di mana segala keadaan dan faktor adalah baik sekali untuk memulai dengan gerakan revolusi.
    Sebagai contoh dari perubahan revolusi adalah peristiwa reformasi (runtuhnya rezim Soeharto), peristiwa Tsunami di Aceh, semburan lumpur Lapindo (Sidoarjo).
    10. Perubahan evolusi. Perubahan ini merupakan perubahan-perubahan sosial yang terjadi dalam proses lambat, dalam waktu yang cukup lama dan tanpa ada kehendak tertentu dari masyarakat yang bersangkutan. Perubahan-perubahan ini berlangsung mengikuti kondisi perkembangan masyarakat, yaitu sejalan dengan usaha-usaha masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Dengan kata lain, perubahan sosial terjadi karena dorongan dari usaha-usaha masyarakat guna menyesuaikan diri terhadap kebutuhan-kebutuhan hidupnya dengan perkembangan masyarakat pada waktu tertentu.
    Sebagai contoh, perubahan sosial dari masyarakat berburu menuju ke masyarakat meramu.

    Suka

  26. Reblogged this on ratuskurnia and commented:
    Modernisasi adalah suatu proses transformasi dari suatu perubahan ke arah yang lebih maju atau meningkat di berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat. Secara sederhana, dapat dikatakan bahwa modernisasi adalah proses perubahan dari cara-cara tradisional ke cara-cara baru yang lebih maju dalam rangka untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat. Sebagai suatu bentuk perubahan sosial, modernisasi biasanya merupakan bentuk perubahan sosial yang terarah dan terencana. Perencanaan sosial (social planning) dewasa ini menjadi ciri umum bagi masyarakat atau negara yang sedang mengalami perkembangan. Suatu perencanaan sosial haruslah didasarkan pada pengertian yang mendalam tentang bagaimana suatu kebudayaan dapat berkembang dari taraf yang lebih rendah ke taraf yang lebih maju atau modern.

    Contoh 9 item perubahan sosial yang nyata dalam kehidupan kita sehari-hari :

    1. Teknologi

    Teknologi sekarang semakin canggih. Dahulu HP hanya bisa untuk menelpon dan SMS, sekarang telah ada HP, laptop, pesawat terbang, situs jejaring sosial, internet, mobil, dan semua alat teknologi yang semakin memudahkan manusia. Akibat dari perkembangan teknologi ini ternyata mengarah pada perubahan sosial. Remaja masa kini lebih suka berkomunikasi via SMS atau jejaring sosial dibandingkan melalui pos atau bertemu langsung. Hal itu mungkin dikarenakan lebih murah dan cepat. Namun, hal ini juga memberikan dampak negatif seperti makin banyak orang yang menggunakan kata tidak baku dalam berkomunikasi. Bahasa Indonesia baku terkesan hilang. Bahkan, banyak yang menggunakan kata singkatan dan menggabungkan bahasa Indonesia dengan bahasa lain(bahasa gado-gado). Juga banyak orang yang menggunakan sarana jejaring sosial sebagai tempat untuk melampiaskan kekesalan atau kemarahannya melalui status. Hal itu membuat beberapa pihak menjadi tersinggung dan akhirnya timbul konflik. Maka, saat ini banyak terjadi pertengkaran yang disebabkan oleh status yang menyinggung. Sebenarnya, menulis di status sama saja dengan berteriak di depan umum. Walaupun banyak yang merespon baik melalui komentar, kita tidak menyadari bahwa yang kita singgung itu juga dapat membacanya. Melalui status pula, kita bisa tahu sifat dan karakter dari seseorang.

    2. Lifestyle

    Salah satu perubahan sosial budaya yang terjadi didalam masyarakat Indonesia adalah gaya hidup atau lifestyle. Sebagian masyarakat menerapkan gaya hidup yang baik didalam kehidupannya seperti menjadi vegetarian, workaholic, dll. Tetapi ada juga sebagian masyarakat yang terjerumus kedalam lifestyle yang tidak baik yang tentu tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia seperti narkoba dan pergaulan bebas.

    3. Foods

    Moderenisasi telah merubah segalanya begitupun tentang makanan, dahulu biasanya orang selalu menanti memakan masakan di rumah, tapi sekarang? Sangat jarang biasanya anak anak pulang sekolah membeli makanan di luar, memakan makanan junk food yang menurut jaman modern ini terlihat keren dan lain sebagainya.

    4. Otomotif

    Otomotif dahulu belum berkembang, dahulu alat alat otomotif hanya beberapa saja, mungkin bisa di hitung jari, tetapi di jaman sekarang apapun bisa di jadikan alat dengan otomotif atau bisa bergerak lebih jelasnya, contohnya, dulu membajak sawah manggunakan sapi, tapi sekarang menggunakan traktor.

    5. Model Transaksi

    Transaksi di jaman sekarang dan jaman dahulu sangatlah berbeda, dulu jika orang ingin membeli sesuatu ya harus pergi ke pasar membeli dan membayar, jaman sekarang tidak perlu seperti itu, kita tinggal hanya duduk santai di atas sofa, dengan gadget apapun bisa kita beli dan dia akan datang dengan berupa paket, bagaimana membayarnya? Dengan m-banking, itu juga di gunakan lewat gadget dan hanya lewat pesan semua transaksi selesai. Semua serba instant tidak perlu lelah lelah keluar rumah

    6. Struktur Sosial

    Struktur sosial hanya bisa muncul pada individu-individu yang memiliki status dan peran. Status dan peranan masing-masing individu hanya bisa terbaca ketika mereka berada dalam suatu sebuah kelompok atau masyarakat. Pada setiap sistem sosial terdapat macam-macam status dan peran indvidu. Status yang berbeda-beda itu merupakan pencerminan hak dan kewajiban yang berbeda pula. Jaman sekarang semua orang apapun status nya bisa membangun struktur sosialnya, status social budanya atau sukunya dan lain sebagainya

    7. Pendidikan

    Pendidikan di jama dulu, belajar dimana pun bisa, jaman sekarang harus ada fasilitas, atau kalau tidak si pelajar tidak mungkin mau belajar, jaman dahulu belajar menggunakan pena dan buku biasa, tapi di jaman sekarang belajar menggunakan laptop, internet, dan lain sebagainya, yang membentuk anak anak menjadi malas menjadi tidak ingin membaca dan menulis, karena apa jaman sekarang dengan gadged dan internet apapun mereka piker bisa di cari dan di catat di dalam gadget mereka.

    8. Politik

    Menginjak abad ke-20, boleh dikatakan Indonesia mulai memasuki zaman modern. Pada saat itu peralihan dari akhir abad ke-19 ke permulaan abad ke-20 telah terjadi perubahan dalam kehidupan di bidang sosial dan politik. Ada dua perkembangan yang membawa ke arah terjadinya perubahan-perubahan tersebut, yaitu masuknya politik etis dan emansipasi wanita oleh R.A Kartini.

    9. Alat Transportasi

    Dahulu kala jika ingin berpergian orang orang biasanya berjalan kaki/menggunakan hewan peliharaan seperti kuda/unta dsb, jika menggunakan kendaraan umum pun tidak lain dan tidak bukan menggunakan becak atau delman, di jaman sekarang sudah sangat jarang, manusia di jaman sekarang pasti menggunakan motor/ mobil, yang menyebabkan polusi di mana mana, kemacetan di mana mana, moderenisasi membuat semua orang merasa gengsi jika tetap berpegang teguh dalam kebiasaan jaman dahulu.

    Suka

  27. Reblogged this on rofiramadhan185 and commented:
    Modernisasi adalah perubahan – perubahan yang bergerak dari keadaan yang tradisional atau pra modern menuju suatu yang modern atau lebih maju dan meningkat. Kalau menurut Widjojo Nitisastro modernisasi itu adalah suatu transformasi total dari kehidupan bersama yang tradisional atau pra modern ke arah pola – pola ekonomis dan politis.

    Contoh dalam kehidupan sehari – hari:

    1. Berpakaian
    Dulu semua orang/masyarakat mengenakan pakaian adat khasnya. Namun, seiring adanya modernisasi dari perkembangan masyarakat tersebut membuat sedikit demi sedikit masyarakat mulai meninggalkan pakaian adatnya dan menggunakan pakaian yang menjadi trend. Contohnya pada demam Korea. Mereka selalu pakaian yang biasa digunakan orang Korea.

    2. Pertanian
    Banyak petani yang menjual lahan pertaniannya, karena mulai dari hasil panen yang tidak seberapa bahkan seringkali gagal panen, kebutuhan yang semakin kompleks dan mahal hingga tergiur dengan upah yang didapat oleh para tenaga kerja di kota. Pada zaman modernisasi ini masyarakat lebih suka membeli hasil pertanian di swalayan sehingga petani lokal merugi.

    3. Industri
    Modernisasi industri membuat perbahan besar – besaran pada kehidupan sehari – hari. Mulai dari ketimpangan antara industri dengan agrikultur, banyaknya pengangguran, munculnya gerakan sosialis, rendahnya kesejahteraan buruh, dan lain-lain.

    4. Ekonomi
    Perubahan ekonomi tampak jelas pada modernisasi. Pada umumnya, penduduk di negara kita lebih suka dengan produk impor dibandingkan produk dalam negeri karena kulitasnya yang dianggap lebih bagus. Selain itu, dengan adanya negara Singapura sebagai negara maju, maka penduduk yang kaya lebih memilih berlibur ke Singapura ketimbang ke Bali. Hal ini dapat mengurangi devisa negara.

    5. Gaya rambut
    Pada zaman modernisasi model ramut bayak berubah, bahkan masyarakat cenderung mengikuti trend zaman sekarang jika tidak ingin dikatakan “jadul” atau “culun”. Model rambut “punk” yang membuat banyak remaja mengikuti model rambut dan gaya hidup orang dengan model rambut tersebut.

    6. Kesenian
    Kesenian bisa saja berubah seiring jalannya modernisasi. Saat ini, banyak kesenian di Indonesia yang mulai punah karena anak bangsa tidak suka dengan kesenian tersebut. Bahkan mereka lebih suka mempelajari kesenian asing dengan alasan trendy. Namun, masih banyak kesenian populer Indonesia yang masih bisa bertahan sampai sekarang.

    7. Pendidikan
    Dunia pendidikan di Indonesia berkembang pesat. Salah satu penyebab utamanya adalah perkembangan teknologi. Teknologi membuat para siswa yang biasanya mencari referensi tugas di perpustakaan berubah menjadi di internet. Teknologi juga yang membuat cara belajar dan mengajar berubah menjadi menggunakan laptop dan tablet seiring berjalannya modernisasi.

    8. Masuknya budaya barat
    Budaya di Indonesia telah banyak tercampur dengan budaya asing. Itu mungkin disebakan karena kebudayaan itu lebih menyenangkan dibandingkan budayanya sendiri. Seperti budaya hari Valentine dan pesta ulang tahun. Sebenarnya budaya asli Indonesia telah memiliki budaya yang mirip dengan budaya tadi. Namun, budaya tersebut terkadang dianggap kurang meriah. Contoh perubahan besar lainnya adalah penggunaan komputer dan alat-alat tekonologi sebagai pengganti buku untuk mencari tugas. Hal itu disebabkan oleh kemudahan menggunakan alat-alat teknologi tersebut.

    9. Berkomunikasi
    Perubahan pada cara berkomunikasi pada zaman modernisasi berubah secara drastis. Beberapa tahun lalu kita masih menggunakan surat untuk berkomunikasi jarak jauh dan sekarang, dengan menggunakan jejaring sosial atau alat komunikasi, seseorang bisa berkomunikasi dengan cepat dan praktis.
    Itulah contoh perubahan sosial budaya yang terjadi pada masyarakat. Semua masyarakat pasti saja akan mengalami perubahan sosial budaya. Namun, perubahan tersebut umumnya tidak dirasakan atau tidak terjadi pada masyarakat terpencil.

    Suka

  28. Reblogged this on abdulbarisalam and commented:
    NO.2 Modernisasi dalam ilmu sosial merujuk pada sebuah bentuk transformasi dari keadaan yang kurang maju atau kurang berkembang ke arah yang lebih baik dengan harapan akan tercapai kehidupan masyarakat yang lebih maju, berkembang, dan makmur.

    Diungkapkan pula modernisasi merupakan hasil dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang sekarang ini. Tingkat teknologi dalam membangun modernisasi betul-betul dirasakan dan dinikmati oleh semua lapisan masyarakat, dari kota metropolitan sampai ke desa-desa terpencil.

    contoh dalam bidang beverage food
    seiring perkembangan moderenisasi dan tingkat peluang yang ada di negara indonesia banyak perusahaan makanan asing yang mencoba membuka cabang di indonsia. zaman sekarang orang hanya mementingkan gengsi bayang kan saja hanya sebuah kue bisa di jual dengan harga hingga 3x lipat . namun banyak orang yang membeli karena tinginya gengsi .zaman dahulu masakan di rumah selalu lebih enak dari masakan yang ada di luar . tapi sekarang jarang ada yang makan di rumah hampir semua membeli makianan cepat saji itu

    contoh dalam bidang lifestyle
    gaya hidup jaman sekarang sangat lah beragam mereka ingin terihat lebih tinggi derajatnya contoh dengan memiliki mobil lebih dari 2 .padahal mungkin 1 saja sudah cukup untuk bisa jalan jalan dengan keluarga api seiring perkembangan zaman gengsi pun meningkat agar mereka terlihat lebih istimewa di banding dengan yang lainya dengan memiliki banyak mobil yang sebenarnya hanya untuk bergaya saja.

    contoh dalam bidang teknologi
    zaman sekarang orang sudah tidak perlu harus membeli barang atau kebutuhan mereka dengan harus berbelanja ke mall . seiring perkembangan waktu dan kemajuan teknologi orang sudah berani atau percaya pada penjual penjual online yang ada di dunia maya. mereka hanya tingggal memilih barang dan meneransfer uang mereka maka baraqng tersebut akan di antarkan kerumah . maupun masih banyak kasus penipuan tapi tetap saja mereka lebih memilih cara yang sangat mudah dan tidak harus mebuang tenaga dan waktu

    contoh dalam bidang trasportasi
    zaman dahulu manusia masih berjalan kaki atau menaiki kuda seiring berkembangnya teknologi dan moderenisasi sekarang manuisa bisa berpergian menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi .

    contoh dalam bidang pembayaran atau transaksi
    zaman dahulu orang mengirim uang mengguakan kantor pos bayangkan berapa lama uang itu sampai bisa hampir 2 minggu .bagaimana kalo kebutuhan itu mendadak ? zaman sekarang seiring berkembangnya moderenisasi orang sudah mempunyai atm(anjungan tunai mandiri) ini carqa efektif melakukan transaksi pembayaran sekarang hanya perlu ke atm atau melalui gadget bisa mengirim uang dengan cara mudah tidak perlu waktu lama .dikirim sat itu dan saat itu pun juga uang bisa sampai . hampir seluruh masyarakat mempunyai atm karena mudah untuk transaksi dan pengiriman uang
    contoh dalam bidang pendidikan
    seiring berkembang nya pendidikan pelajar sekarang memakai teknologi yang moderen contoh dari papan tulis dulu mereka belajar menggunakan papan tulis dan guru menulis materi di papan tulis . cara seperti ini kurang efektif karena memakan waktu untuk menjelaskan kepada sisswa tentang materi guru yang ingin di sampaikan kesiswa . sekarang seiring berkembangnya teknologi papan tulis mulai di tingggalkan dengan memakai proyektorr untuk menjelaskan atau memberi materi pada siswa cara yang cukup efektif karena ini mampu menghemat waktu dan dapat di beri variasi agar siswa lebih tertarik mendengerkan pelajarn tesebut dari pada hanya di papan tulis biasa

    contoh dalam bidang politik
    politik sekarang banyak di salah gunakan karena makin tinggi nya kebutuhan hidup dan gengsi hidup mereka .membeli perhiasan mewah mobil hingga miliyaran tapi mereka tidak memikir kan rakyat yang ada di bawah mereka .dahulu politik berjalan mulus dan sekarang seiring berkembang nya moderenisasi merka mulai melakukan kecurangan dengan black campaign melalu dan menjelek jelekan pasangan lain melalui media media sosial dan tv . dan memicu permasalahan yang baru.
    contoh dalam bidang perindustrian jaman sekarng industri lebih memakai mesin dari pada dahulu lebih memakai tenaga manusia tapi muncul masalah baru limbah industri yang mencemari lingkungan dan merusak lingkungan

    Suka

  29. Reblogged this on agnesclaudiabc and commented:
    Nama: Agnes Claudia
    Nim: 44114210012
    Jurusan: Broadcast
    jawaban Nomor 2
    Saya sangat setuju dengan apa yang di katakan pak Ranto, perubahan sosial terjadi akibat moderisasi. Dapat di liat pada remaja jaman sekarang yang merasa canggung untuk mengikuti budaya indonesia seperti menari tradisional, berpakaian tradisional, lebih memilih makanan dari luar negeri. Dampak buruk orang indonesia terhadap canggungnya mereka mengikuti budaya sendiri adalah seperti contoh batik yang di claim oleh orang malaysia, apakah harus tunggu di claim dulu baru di pertahankan? baru di buat hari batik nasional?, sedangkan dari yang kita tau batik sudah sangat lama di perkenalkan kepada rakyat indonesia sebagai kain dan motif khas indonesia.
    Berikut adalah 9 item THE CHANGES:
    1. Life Sytle
    Pada jaman yang maju sekarang ini banyak peruahan – perubahan sosial yang terjadi salam moderisasi, salah satunya adalah life style atau gaya hidup. perubahan terjadi adalah mengikuti budaya luar, budaya indonesia sendiri sudah mulai pudar. berikut beberapa contoh perubahan gaya hidup yang terjadi kini:
    a. Profesi petani yang dulu membajak sawah dengan menggunakan tenaga sapi, karena perubahan jaman sekrang membjak sawah dengan menggunakan alat traktor. mungki karena proses membajak dengan menggunakan traktor jauh lebih cepat. dampak positif dari pemakaian traktor ini menurut saya sebagai pecinta satwa dan aktif di kegiatan penggerak kesejahteraan satwa sangatlah baik karena sangatlah tidak patas satwa di pekerjakan secara rutin dan untuk keperluan tertentu.
    b. Cara berpakaian remaja, jaman sekarang yang sangat terlihat adalah mengikuti fashion korea yang berpakaian minim dan terbuka,beda sekali dengan budaya indonesia yang sopan dan tertutup.
    c. Cara berkerudung, jaman dahulu memakai kerudung seadanya, yang penting tertutup. tetapi jaman sekrang makin bervariasi, denan banyak model gaya hijab wanita berkerudung jadi makin modis dan tidak kuno. ada juga hal negatif yang di berikan dari kerudung jaman sekarang adalah perempuan memakai jilbab tetapi cara berpakaian yang ketat, memperlihatkan elok tubuh yang tidaak pantas di sandingkan dengan kerudung yang bersifat menutup aurat, ada pun anak sekolah yang memakai kerudung tetapi poni terlihat dan kancing tas bajunya di buka sehingga bagian dada pun terlihat.
    d. Cara beribadah keagamaan, saya sebagai umat Kristiani perubahan dalam cara beribadah sudahlah berubah, dahulu jemaat gereja mengguakan alkitab untuk membaca firman Tuhan tetapi dengan membawa handphone saja yang pas di kantong dan tidak usah repot membawa alkitab sudah banyak di lakukan.
    2. Teknologi
    Seperti yang dapat di lihat, perubahan teknologi jaman sekarang sangatlah cepat terjadi, manusia pun sangat bergantung pada teknologi yang ada sekarang. teknologi sudah meracuni semua usia dari anak kecil sama sampai dewasa menggunakan teknologi. sebagai contoh: jaman dahulu teknologi belum semelejit sekarang, dahulu berkomunikasi dengan tatap muka atau dengan surat menyurat dengan surat kaleng, mencari informasi dari mulut kemulut, mencurahkan perasaan dengan menulis diary atau mencurahkan kepada orang tua. namun, sekarang tidak usah repot – repot menulis surat sekarang sudah gadget yang mempermudah manusia untuk berkomunikasi dengan sosial media.
    3. Otomotif
    otomotif pada jaman yang semakin maju ini sudah banyak beragam, jaman dahulu mobil yang di pakai terbuka tidak ada penutup, motor yang di pakai cc nya sangat kecil betuknya pun seperti sepedah. tetapi jaman sekarang mobil sudah sangat terlihat mewah, ada mobil matic, vitur – vitur dalam mobil sudah sangat canggih, motor yang ccnya semakin besar.
    4. Beverege And Food
    Makanan, sesuatu yang penting bagi kehidupan manusia. seperti yang di ketahui makanan indonesia sangatlah enak dengan rempah rempah yang berlimpah dan harganya yang relatif murah.seperti rendang yang pernah di nobatkan sebagai makanan terenak sedunia. tetapi sudah banyak makanan makanan luar yang masuk ke indonesia seperti kimci dari korea, capcay dan puyung hay dari china.
    5. Model Transaksi
    Manusia sudah malas untuk di repotkan dalam hal uang dan transaksi. dengan menggunakan ATM aau m-banking transasi terasa mudah, tidak seperti jaman dulu yang harus COD. sebagai contoh, jaman sekarang online shop sangatlah booming dan sangat mempermudah bagi mereka yang tak sempat belanja. dengan transfer barang yang di pesan pun datang. ketimbang ke pusat perbelanjaan yang memakan waktu lama.
    6. Strutur Sosial
    Seperti yang di katakan pak Ranto jaman sekarang kita tidak membutuhkan RT, RW, Lurah tetapi yang kita butuhkan itu hanya administrasi negara seperti KTP, Akte lahir, dll. tetapi di pedesaan mereka masih membutuhkan pejabat pejabat seperti itu, dan RT RW dan lurah pun masih mau berkeliling desa untuk mematau keadaaan desa tersebut.
    7. Pendidikan
    Bila bicara soal pendidikan sudah banyak perubahan yang terjadi dari dahulu memakai blackboard, pakai kapur, memakai banyak buku, mengumpulkan tugas dengan banyak buku. namun jaman sekarang sudak dngan whiteboard, pakai spidol, guru menjelaskan dengan OHP, mengumpulkan tugas dengan email. seperti yang saya tahu juga cara pembelajaran di salah satu sekolah dimana sdulu saya menutut ilmu, di sana guru hanya menayangkan materi melalui ohp tanpa penjelasan, hal tersebut bertujuan agar siswa lebih aktiv mennyakan pada guru.
    8. Politik
    jaman dahulu politik tidak seramai yang di beritakan sekarang, tidak ada kerusuhan semua berlangsung damai. jaman sekarang politik sudaah sangat ramai di bicarakan di sosial media, banyak mereka yang tidak mendukung maupun mendukung calon calon pemerintah yang akan memimpin. yang tidak suka lebih banyak menjelekan calon pemerintah tersebut. politik sekarang pun tidak berjalan mulus. banyak masala yag di hadapi seperti adaya tikus tikus berdasi yang mengotori jalannya politik.
    9. Pekerjaan
    Pekerjaan adalah hal yang sangat di butuhkan manusia setelah menyelesaikan pendidikannya. tetapi jaman sekarang persaingan semakin ketat. cara melamar pekerjaannya pun sekarang beragam ada yang mengirim surat langsung, ada yang secara online, dan lain lain. tidak seperti jaman dahulu mencari kerja dengan melihat di koran, dari mulut ke mulut, dari kerabat.

    Suka

  30. Reblogged this on syahputra30595 and commented:
    Ada sepuluh hal yang menandai adanya perubahan sosial dalam kehidupan sehari-hari, yaitu :

    1. Perubahan yang direncanakan. Hal ini adalah perubahan-perubahan yang diperkirakan atau yang telah direncanakan terlebih dahulu oleh pihak – pihak yang hendak mengadakan perubahan di dalam masyarakat. Pihak-pihak yang menghendaki suatu perubahan dinamakan agent of change, yaitu seseorang atau sekelompok orang yang mendapat kepercayaan dari masyarakat sebagai pemimpin satu atau lebih lembaga – lembaga kemasyarakatan. Oleh sebab itu, suatu perubahan yang direncanakan selalu di bawah pengendalian dan pengawasan agent of change. Secara umum, perubahan berencana dapat juga disebut perubahan dikehendaki.
    Sebagai contoh, untuk mengurangi angka kematian anak-anak akibat polio, pemerintah mengadakan gerakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) atau untuk mengurangi pertumbuhan jumlah penduduk pemerintah mengadakan program keluarga berencana (KB).
    2. Perubahan yang tidak direncanakan. Biasanya hal ini berupa perubahan yang tidak dikehendaki dan dapat terjadi di luar jangkauan masyarakat. Karena terjadi di luar perkiraan dan jangkauan, perubahan ini sering membawa masalah-masalah yang memicu kekacauan atau kendala-kendala dalam masyarakat. Dengan demikian, perubahan yang tidak dikehendaki sangat sulit ditebak kapan akan terjadi.
    Contohnya, kasus banjir bandang di Sinjai, Kalimantan Barat. Timbulnya banjir dikarenakan pembukaan lahan yang kurang memerhatikan kelestarian lingkungan. Sebagai akibatnya, banyak perkampungan dan permukiman masyarakat terendam air yang mengharuskan para warganya mencari permukiman baru.
    3. Perubahan Besar. Hal ini merupakan suatu perubahan dikatakan berpengaruh besar jika perubahan tersebut mengakibatkan terjadinya perubahan pada struktur kemasyarakatan, hubungan kerja, sistem mata pencaharian dan stratifikasi masyarakat.
    Sebagai contoh, dapat dilihat pada perubahan masyarakat agraris menjadi industrialisasi, pada perubahan ini memberi pengaruh secara besar-besaran terhadap jumlah kepadatan penduduk di wilayah industri dan mengakibatkan adanya perubahan mata pencaharian.
    4. Perubahan-perubahan berpengaruh kecil. Ini merupakan perubahan – perubahan yang terjadi pada struktur sosial yang tidak membawa pengaruh langsung atau berarti bagi masyarakat. Sebagai contoh, perubahan mode pakaian dan mode rambut. Perubahan-perubahan tersebut tidak membawa pengaruh yang besar dalam masyarakat karena tidak mengakibatkan perubahan-perubahan pada lembaga kemasyarakatan homolis.
    5. Perubahan Struktural. Perubahan ini adalah perubahan yang sangat mendasar yang menyebabkan timbulnya reorganisasi dalam masyarakat. Contohnya, perubahan sistem pemerintahan dari monarkhi ke sistem pemerintahan republik.
    6. Perubahan proses. Yaitu, perubahan yang sifatnya tidak mendasar. Perubahan tersebut hanya merupakan penyempurnaan dari perubahan sebelumnya. Contohnya, perubahan kurikulum dalam pendidikan. Sifatnya menyempurnakan kekurangan-kekurangan yang terdapat dalam perangkat atau dalam pelaksanaan kurikulum sebelumnya.
    7. Perubahan progres. Hal ini adalah perubahan yang membawa keuntungan bagi masyarakat. Contohnya, perkembangan pendidikan masyarakat.
    8. Perubahan regres. Hal ini dimana perubahan yang membawa kemunduran bagi masyarakat di bidang tertentu. Sebagai contoh, perubahan pola kehidupan remaja yang mabuk-mabukan.
    9. Perubahan revolusi. Ini merupakan perubahan yang berlangsung secara cepat dan tidak ada kehendak atau perencanaan sebelumnya. Secara sosiologis perubahan ini diartikan sebagai perubahan-perubahan sosial mengenai unsur-unsur kehidupan atau lembaga – lembaga kemasyarakatan yang berlangsung relatif cepat. Dalam revolusi, perubahan dapat terjadi dengan direncanakan atau tidak direncanakan, dimana sering kali diawali dengan ketegangan atau konflik dalam tubuh masyarakat yang bersangkutan.
    Revolusi tidak dapat terjadi di setiap situasi dan kondisi masyarakat. Secara sosiologi, suatu revolusi dapat terjadi harus memenuhi beberapa syarat tertentu, antara lain adalah:
    Ada beberapa keinginan umum mengadakan suatu perubahan. Di dalam masyarakat harus ada perasaan tidak puas terhadap keadaan, dan harus ada suatu keinginan untuk mencapai perbaikan dengan perubahan keadaan tersebut.
    Adanya seorang pemimpin atau sekelompok orang yang dianggap mampu memimpin masyarakat tersebut.
    Pemimpin tersebut dapat menampung keinginan-keinginan tersebut, untuk kemudian merumuskan serta menegaskan rasa tidak puas dari masyarakat, untuk dijadikan program dan arah bagi geraknya masyarakat.
    Pemimpin tersebut harus dapat menunjukkan suatu tujuan pada masyarakat. Artinya adalah bahwa tujuan tersebut bersifat konkret dan dapat dilihat oleh masyarakat. Selain itu, diperlukan juga suatu tujuan yang abstrak. Misalnya perumusan sesuatu ideologi tersebut.
    Harus ada momentum untuk revolusi, yaitu suatu saat di mana segala keadaan dan faktor adalah baik sekali untuk memulai dengan gerakan revolusi. Apabila momentum (pemilihan waktu yang tepat) yang dipilih keliru, maka revolusi dapat gagal.
    Sebagai contoh dari perubahan revolusi adalah peristiwa reformasi (runtuhnya rezim Soeharto), peristiwa Tsunami di Aceh, semburan lumpur Lapindo (Sidoarjo).
    10. Perubahan evolusi. Perubahan ini merupakan perubahan-perubahan sosial yang terjadi dalam proses lambat, dalam waktu yang cukup lama dan tanpa ada kehendak tertentu dari masyarakat yang bersangkutan. Perubahan-perubahan ini berlangsung mengikuti kondisi perkembangan masyarakat, yaitu sejalan dengan usaha-usaha masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Dengan kata lain, perubahan sosial terjadi karena dorongan dari usaha-usaha masyarakat guna menyesuaikan diri terhadap kebutuhan-kebutuhan hidupnya dengan perkembangan masyarakat pada waktu tertentu.
    Sebagai contoh, perubahan sosial dari masyarakat berburu menuju ke masyarakat meramu.
    Menurut Soerjono Soekanto, terdapat tiga teori yang mengupas tentang evolusi, yaitu:
    Unilinier Theories of Evolution: menyatakan bahwa manusia dan masyarakat mengalami perkembangan sesuai dengan tahap-tahap tertentu, dari yang sederhana menjadi kompleks dan sampai pada tahap yang sempurna.
    Universal Theory of Evolution: menyatakan bahwa perkembangan masyarakat tidak perlu melalui tahap-tahap tertentu yang tetap. Menurut teori ini, kebudayaan manusia telah mengikuti suatu garis evolusi yang tertentu.
    Multilined Theories of Evolution: menekankan pada penelitian terhadap tahap perkembangan tertentu dalam evolusi masyarakat. Misalnya, penelitian pada pengaruh perubahan sistem pencaharian dari sistem berburu ke pertanian.

    Suka

  31. Maaf pak yang tadi salah post jawaban.
    Yang benar yang ini pak..

    Ada sepuluh hal yang menandai adanya perubahan sosial dalam kehidupan sehari-hari, yaitu :

    1. Perubahan yang direncanakan. Hal ini adalah perubahan-perubahan yang diperkirakan atau yang telah direncanakan terlebih dahulu oleh pihak – pihak yang hendak mengadakan perubahan di dalam masyarakat. Pihak-pihak yang menghendaki suatu perubahan dinamakan agent of change, yaitu seseorang atau sekelompok orang yang mendapat kepercayaan dari masyarakat sebagai pemimpin satu atau lebih lembaga – lembaga kemasyarakatan. Oleh sebab itu, suatu perubahan yang direncanakan selalu di bawah pengendalian dan pengawasan agent of change. Secara umum, perubahan berencana dapat juga disebut perubahan dikehendaki.
    Sebagai contoh, untuk mengurangi angka kematian anak-anak akibat polio, pemerintah mengadakan gerakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) atau untuk mengurangi pertumbuhan jumlah penduduk pemerintah mengadakan program keluarga berencana (KB).
    2. Perubahan yang tidak direncanakan. Biasanya hal ini berupa perubahan yang tidak dikehendaki dan dapat terjadi di luar jangkauan masyarakat. Karena terjadi di luar perkiraan dan jangkauan, perubahan ini sering membawa masalah-masalah yang memicu kekacauan atau kendala-kendala dalam masyarakat. Dengan demikian, perubahan yang tidak dikehendaki sangat sulit ditebak kapan akan terjadi.
    Contohnya, kasus banjir bandang di Sinjai, Kalimantan Barat. Timbulnya banjir dikarenakan pembukaan lahan yang kurang memerhatikan kelestarian lingkungan. Sebagai akibatnya, banyak perkampungan dan permukiman masyarakat terendam air yang mengharuskan para warganya mencari permukiman baru.
    3. Perubahan Besar. Hal ini merupakan suatu perubahan dikatakan berpengaruh besar jika perubahan tersebut mengakibatkan terjadinya perubahan pada struktur kemasyarakatan, hubungan kerja, sistem mata pencaharian dan stratifikasi masyarakat.
    Sebagai contoh, dapat dilihat pada perubahan masyarakat agraris menjadi industrialisasi, pada perubahan ini memberi pengaruh secara besar-besaran terhadap jumlah kepadatan penduduk di wilayah industri dan mengakibatkan adanya perubahan mata pencaharian.
    4. Perubahan-perubahan berpengaruh kecil. Ini merupakan perubahan – perubahan yang terjadi pada struktur sosial yang tidak membawa pengaruh langsung atau berarti bagi masyarakat. Sebagai contoh, perubahan mode pakaian dan mode rambut. Perubahan-perubahan tersebut tidak membawa pengaruh yang besar dalam masyarakat karena tidak mengakibatkan perubahan-perubahan pada lembaga kemasyarakatan homolis.
    5. Perubahan Struktural. Perubahan ini adalah perubahan yang sangat mendasar yang menyebabkan timbulnya reorganisasi dalam masyarakat. Contohnya, perubahan sistem pemerintahan dari monarkhi ke sistem pemerintahan republik.
    6. Perubahan proses. Yaitu, perubahan yang sifatnya tidak mendasar. Perubahan tersebut hanya merupakan penyempurnaan dari perubahan sebelumnya. Contohnya, perubahan kurikulum dalam pendidikan. Sifatnya menyempurnakan kekurangan-kekurangan yang terdapat dalam perangkat atau dalam pelaksanaan kurikulum sebelumnya.
    7. Perubahan progres. Hal ini adalah perubahan yang membawa keuntungan bagi masyarakat. Contohnya, perkembangan pendidikan masyarakat.
    8. Perubahan regres. Hal ini dimana perubahan yang membawa kemunduran bagi masyarakat di bidang tertentu. Sebagai contoh, perubahan pola kehidupan remaja yang mabuk-mabukan.
    9. Perubahan revolusi. Ini merupakan perubahan yang berlangsung secara cepat dan tidak ada kehendak atau perencanaan sebelumnya. Secara sosiologis perubahan ini diartikan sebagai perubahan-perubahan sosial mengenai unsur-unsur kehidupan atau lembaga – lembaga kemasyarakatan yang berlangsung relatif cepat. Dalam revolusi, perubahan dapat terjadi dengan direncanakan atau tidak direncanakan, dimana sering kali diawali dengan ketegangan atau konflik dalam tubuh masyarakat yang bersangkutan.
    Revolusi tidak dapat terjadi di setiap situasi dan kondisi masyarakat. Secara sosiologi, suatu revolusi dapat terjadi harus memenuhi beberapa syarat tertentu, antara lain adalah:
    Ada beberapa keinginan umum mengadakan suatu perubahan. Di dalam masyarakat harus ada perasaan tidak puas terhadap keadaan, dan harus ada suatu keinginan untuk mencapai perbaikan dengan perubahan keadaan tersebut.
    Adanya seorang pemimpin atau sekelompok orang yang dianggap mampu memimpin masyarakat tersebut.
    Pemimpin tersebut dapat menampung keinginan-keinginan tersebut, untuk kemudian merumuskan serta menegaskan rasa tidak puas dari masyarakat, untuk dijadikan program dan arah bagi geraknya masyarakat.
    Pemimpin tersebut harus dapat menunjukkan suatu tujuan pada masyarakat. Artinya adalah bahwa tujuan tersebut bersifat konkret dan dapat dilihat oleh masyarakat. Selain itu, diperlukan juga suatu tujuan yang abstrak. Misalnya perumusan sesuatu ideologi tersebut.
    Harus ada momentum untuk revolusi, yaitu suatu saat di mana segala keadaan dan faktor adalah baik sekali untuk memulai dengan gerakan revolusi. Apabila momentum (pemilihan waktu yang tepat) yang dipilih keliru, maka revolusi dapat gagal.
    Sebagai contoh dari perubahan revolusi adalah peristiwa reformasi (runtuhnya rezim Soeharto), peristiwa Tsunami di Aceh, semburan lumpur Lapindo (Sidoarjo).
    10. Perubahan evolusi. Perubahan ini merupakan perubahan-perubahan sosial yang terjadi dalam proses lambat, dalam waktu yang cukup lama dan tanpa ada kehendak tertentu dari masyarakat yang bersangkutan. Perubahan-perubahan ini berlangsung mengikuti kondisi perkembangan masyarakat, yaitu sejalan dengan usaha-usaha masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Dengan kata lain, perubahan sosial terjadi karena dorongan dari usaha-usaha masyarakat guna menyesuaikan diri terhadap kebutuhan-kebutuhan hidupnya dengan perkembangan masyarakat pada waktu tertentu.
    Sebagai contoh, perubahan sosial dari masyarakat berburu menuju ke masyarakat meramu.
    Menurut Soerjono Soekanto, terdapat tiga teori yang mengupas tentang evolusi, yaitu:
    Unilinier Theories of Evolution: menyatakan bahwa manusia dan masyarakat mengalami perkembangan sesuai dengan tahap-tahap tertentu, dari yang sederhana menjadi kompleks dan sampai pada tahap yang sempurna.
    Universal Theory of Evolution: menyatakan bahwa perkembangan masyarakat tidak perlu melalui tahap-tahap tertentu yang tetap. Menurut teori ini, kebudayaan manusia telah mengikuti suatu garis evolusi yang tertentu.
    Multilined Theories of Evolution: menekankan pada penelitian terhadap tahap perkembangan tertentu dalam evolusi masyarakat. Misalnya, penelitian pada pengaruh perubahan sistem pencaharian dari sistem berburu ke pertanian.

    Suka

  32. Menurut Menteri Dalam Negeri RI NO. 4/1980, Kota adalah suatu wilayah yang mempunyai batas administrasi wilayah. Kota adalah lingkungan kehidupan yang mempunayi ciri non-agraris. Secara geografis, kota adalah suatu bentang budaya yang ditimbulkan oleh unsur-unsur alami dan non-alami dengan gajala pemusatan penduduk tinggi, corak kehidupan yang heterogen, sifat penduduknya individualistis dan materialistis. Kota memiliki ciri fisik yakni adanya sarana ekonomi, Gedung pemerintahan, Alun-alun, Tempat parkir, Sarana rekreasi, Sarana olah raga dan Komplek perumahan.
    Beberapa ciri-ciri masyarakat kota yaitu selalu berusaha meningkatkan kualitas hidupnya dan terbuka dalam menerima pengaruh luar, menyebabkan teknologi terutama teknologi informasi berkembang dengan pesat dalam masyarakat kota karena bagi masyarakat kota penggunaan teknologi informasi di segala bidang telah sangat signifikan meningkatkan kualitas kehidupan mereka. Sehingga masyarakat desa tertarik dengan kehidupan masyarakat kota dan beranggapan bahwa tinggal di kota dapat merubah hidupnya dengan mengharapkan gaji yang tinggi dan juga gaya hidup yang lebih modern. Oleh karena itu, timbul keinginan masyarakat desa untuk pindah ke kota yang sekarang disebut dengan urbanisasi dan masyarakat tersebut disebut juga masyarakat urban.
    Tetapi, keinginan masyarakat urban tersebut tidak sesuai dengan keadaaan yang ada di perkotaan. Karena jumlah masyarakat kota yang sudah padat, masyarakat urban tersebut sudah tidak mampu lagi sebenarnya untuk ditampung dikota. Karena, mengingat jumlah pekerjaan yang terbatas, tempat tinggal yang terbatas dan banyak hal lainnya. Sehingga, tidak jarang masyarakat urban mengalami hidup lebih buruk di kota dibandingkan dengan di desanya dahulu.
    Dewasa ini, urbanisasi adalah masalah yang cukup serius bagi kita semua. Persebaran penduduk yang tidak merata antara desa dengan kota menimbulkan berbagai permasalahan kehidupan sosial kemasyarakatan. Jumlah peningkatan penduduk kota yang signifikan tanpa didukung dan diimbangi dengan jumlah lapangan pekerjaan. Faktor penarik terjadinya Urbanisasi :
    1. Kota memiliki sarana dan prasarana yang lebih baik
    2. Penghasilan di kota lebih tinggi
    3. Kehidupan di kota lebih modern dan menarik
    4. Terdapat banyaknya hiburan di kota dibandingkan di desa
    5. Di kota Pendidikan & Fasilitasnya lebih baik dari pada di desa.
    6. Faktor Pendorong terjadinya Urbanisasi
    Sempitnya lahan pekerjaan di desaLingkungan desa yang bersifat kaku
    Ingin mencoba mengadu nasib di kota
    Ingin mendapatkan pendidikan yang lebih lengkap dan memadai.
    Dengan demikian dapat di lihat faktor utama yang menjadi pendorong dan penarik terjadinya proses Urbanisasi adalah faktor Ekonomi. Selain itu kurang meratanya pembangunan dan lapangan pekerjaan yang dilakukan oleh pemerintah sehingga membuat masyarakat desa sulit untuk memenuhi keperluan sehari-harinya.
    Sebagai contoh, ibu kota jakarta, banyak masyarakat desa yang ingin pindah ke ibu kota karena melihat gaya hidup masyarakat jakarta yang tinggi seperti yang mereka lihat di televisi. Mereka pindah ke kota terkadang tanpa adanya rencana yang matang untuk kehidupan mereka di kota. Sehingga banyak sekali permasalahan-permasalahan sosial yang terjadi akibat urbanisasi yang besar tersebut, seperti:
    1. Tidak sedikitnya penduduk yang melakukan urbanisasi datang hanya untuk mengadu nasib, sehingga mereka tidak memiliki modal kemampuan (skill) yang dibutuhkan karena mereka hanya bermodalkan tekad yang kuat. Sehingga dapat meningkatkan jumlah pengangguran serta kemiskinan.

    2. Kehidupan di kota besar yang keras apabila dibandingkan dengan kehidupan di desa, membuat para urban yang belum memiliki pengalaman kerap kali salah memilih pergaulan, tidak sedikit bagi mereka yang terjerumus kedalam dunia malam, mengenal obat-obatan terlarang dan menjadi preman maupun tindak kriminal lainnya yang dapat membuat resah penduduk.

    3. Banyaknya jumlah urbanisasi mengakibatkan jumlah penduduk di desa semakin menipis. Sehingga, banyak lahan kosong yang tidak dimanfaatkan karena tenaga kerja yang ada lebih memilih untuk pergi ke kota.
    4. Masih berhubungan dengan jumlah pengangguran yang semakin meningkat, dapat mengakibatkan kesejahteraan masyarakat pun semakin berkurang. Karena mereka tidak memiliki pendapatan yang tetap sedangkan kebutuhan hidup terutama di kota besar sangat besar pula.

    5. Karena terjepit masalah pendapatan bagi mereka yang pengangguran, kebanyakan dari mereka pun memilih untuk menjadi pengamen ataupun pengemis dijalanan. Hal ini dapat membuat petugas keamanan menjadi kewalahan menghadapi mereka.

    Suka

  33. Modernisasi adalah suatu proses transformasi dari suatu perubahan ke arah yang lebih maju atau meningkat diberbagai aspek dalam kehidupan masyarakat, secara sederhana modernisasi adalah proses prubahan cara-cara baru yang lebih maju dalam rangka untuk mengingkatkan kualitas hidup masyarakat. Saya setuju dengan perkataan Pak Ranto bahwa modernisasi kebudayaan terjadi dengan tidak dirancang. Melainkan adanya adopsi dari luar.
    Contoh 9 item perubahan sosial yang nyata dalam kehidupan kita sehari-hari :
    1. Teknologi
    Perubahan teknologi begitu cepat terjadi contohnya :
    Zaman dahulu, teknologi sangat minim. Untuk memberikan informasi, bertukar kabar saja sangat sulit. Zaman dahulu untuk menanyakan kabar lewat surat, setelah surat telah kita buat, kita ergi ke kantor posuntuk mengirim surat kita, tapi tidak samopai disitu saja, surat itu tidak langsung diterima saat itu juga, kita harus menunggu sekitar 3 hari surat tersebut bisa sampai kepada penerimanya. Namun sekarang teknologi sudah semakin canggih. Bertukar kabar dan berbagi informasi sangatlah gampang. Bisa tinggal menelfo atau sms orang yang ingin kita hubungi. Malah sekarang sudah ada smartphone, cukup lewat whatssapp, bbm dan media sosial lainnya kita bisa dengan mudah bertukar informasi. Sekarang juga ada video call, jadi ketika kita menghubungi orang tersebut, kita bisa sambil menggunakan vdeo call tersebut untuk melihat keadaan orang yang kita telfon tersebut.
    2. Life style
    Perubahan gaya hidup masyakarat indpnesia yang ingin tampil cantik dan awet muda membuat industri kosmetik makin tinggi produksinya. Zaman dulu wanita hanya berdandan seadanya, mereka bersyukur atas apa yang Tuhan berikan kepada mereka. Namun sekarang dengan adanya perubahan sosial modernisasi, wanita cenderung lebih banyak menggunakan kommetik untuk mempercantik diri mereka. Bahkan demi mendapatkan proses yang instan mereka berani melakukan hal yang berbahaya. Mereka berani melakukan operasi plastik yang memiliki banyak efek samping. Mereka ingin mengubah penampilan mereka seperti idola atau artisyang mereka idolakan. Padahal belum tentu operasi tersebut dapat berhasil dan tidak menyebabkan efek samping.
    3. Beverages dan food
    Seiring dengan modernisasi dan westernisasi yang masuk ke indonesia, beverages dan food juga mengalami perubahan. Zaman dahulu ana-anak bisa makan hanya dengan singkong atau ubi. Mereka paling senang masakan ibunya dirumah. Namun anak-anak zaman sekarang lebih suka makanan cepat saji atau junk food sepeeti mc donald, kfc dll. Orang tidak lagi memakan makanan demi memenuhi kebutuhan rasa lapar yang dialami, tetapi sekarang ini lebih didominasi oleh adanya rasa gengsi yang tinggi apabila makan di restoran terkenal yang merupakan produk luar negeri.
    4. Otomotif
    Dahulu manusia berpindah tempat dari tempat satu ke tempat yang lain menggunakan unta, mungkin unta bisa disebut sebagai kendaraan manusia zaman dahulu, seiring perkembangan zaman dan ditemukannya mobi, manusia pun beralih menggunakan mobil untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain karena lebih efesien. Mobil zaman dahulu sangat sederhana, hanya menggunakan velg tanpa atap untuk melindungi pengendaranya. Setelah adanya pembaharuan mobil pun berubah dari kayu menjadi baja. Teknologi mesinnya pun berubah menjadi lebih bagus, dan dengan desain yang sangat menarik membuat manusia ingin memiliki mobil bagus. Sampai-sampai kebanyakan orang zaman sekarang, dp mobil dengan murah namun angsurannya sampai 3-4 tahun agar bisa memiliki mobil tersebut. Fungsi mobil pun berubah, bukan hanya utuk berkendara, mobil digunakan untuk balapan dan gengsi/kepuasan semata.
    5. Model transaksi
    Zaman dahulu sebelum masyarakat mengenal uang, jual beli dilaksanakan dengan system barter. Lalu setelah mengenal uang, masyarakat melakukan jual beli menggunakan uang sebagai alat tukarnya. Proses ini biasanya terjadi di sebuah tempat yang disebut PASAR. Proses ini dilakukan dengan nyata, dalam arti penjual dan pembeli saling bertemu, dan pembeli juga dapat melihat barang yang dijual secara langsung.

    Namun saat ini, dengan berkembangnya teknologi informasi, proses jual beli dapat dilakukan secara instan hanya dengan koneksi internet dengan e-commerce atau lewat HP. Penjual dan pembeli tidak perlu bertemu cukum dirumah, barang akan dikirim lewat pos atau dengan jasa pengiriman barang lainnya, dan pembayaran dilakukan dengan transfer uang melalui bank atau ATM.

    Model transaksi zaman sekarang dapat melalui koneksi internet, pembayaran dilakukan degan cara transfer uang melalui bank, ATM atau melalui paypal. Selain dengan internet komunikasi juga dapat dilakukan dengan HP
    6. Struktur Sosial
    Tahap awal dari proses terbentuknya struktur sosial masyarakat, secara mendasar bersamaan dengan proses terbentuknya masyarakat tersebut. Pada awalnya ketika manusia masih hidup berpindah-pindah dan bergerombol membentuk kelompok-kelompok etnis,struktur sosial seolah-olah hanya berfungsi sebagai sarana pembagian tugas untuk menyelenggarakan kehidupan bersam adalam kelompok itu.Proses awal ini terus-menerus mengalami perkembangan, sehingga masyarakat tersebut menjadi suku bangsa dalam jumlah besar dan bahkan menjadi bangsa yang besar. Dalam tahap awal, struktur sosial telah terbentuk sebagai sarana pengaturan tata hubungan antarindividu dalam masyarakat. Masyaraka tterus-menerus mengalami perubahan yang disebabkan oleh pengaruh intern maupun pengaruh ekstern. Perubahan ini dapat menimbulkan inkulturasi(pembudayaan) untuk mengakomodasi keadaan yang muncul atau dapat menimbulkan destrukturasi akibat adanya pergolakan ataupun revolusi sosial. Disinilah struktur sosial akan bergerak dan berubah menuju perkembangan yanglebih baik. Struktur sosial ini berisi susunan kedudukan dan peran orang-orang dalam masyarakat baik dalam dimensi vertikal maupun dalam dimensi horizontal.
    Pada dasarnya struktur sosial suatu masyarakat akan terus mengalami perkembangan, karena mendapatkan masukan atau pengaruh dari struktur-struktur masyarakat yang lain.Proses perubahan ini memungkinkan terjadinya kesesuaian yang lebih baik dan yang sesuai dengan tingka tperadaban masyarakat Contoh perubahan dari tahap awal ke tahap perkembangan adalah padamasyarakat yang berbudaya primitif, kehidupan berkelompok merupakankebutuhan bersama yang berproses secara alamiah untuk bertahan hidup. Disinilah awal tumbuhnya struktur sosial yang berdasar hukum alam. Makin berkembangnya peradaban masyarakat yang didukung oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan masyarakat juga mengalamiperkembangan ke arah struktur sosial yang lebih efektif. Dalam proses perkembangan struktur sosial inilah terjadi pula proses perubahan dan penyempurnaan secara hierarki, baik dalam pembagian status dan peran maupun dalam struktur kekuasaan dan wewenang.

    7. Pendidikan
    Pendidikan merupakan hal terpenting pada setiap orang karena dengan pendidikan orang bisa mencapai kualitas dalam hidupnya. Dan dengan pendidikan pula kita bisa menciptakan manusia manusia yang berakhlak baik dan cerdas. Dan kini pendidikan dari tahun ke tahun selalu mengalami perubahan. Banyak perubahan dari zaman dahulu hinga zaman sekarang dan sebagai contohnya, tujuan utama dari pendidikan sekarang bukanlah demi orang tua, nilai yang tinggi , diri sendiri ataupun guru namun saat ini yang ingin dicapai dari sekolah ialah mendapat manfaat yang bisa dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari.
    Cara mengajar guru pada murid pada masa lampau masih mengunakan papan tulis dan kapur untuk menjelaskan materi materi yang diberikan oleh guru sedangkan murid mengunakan pena pensil dan buku untuk menerima materi yang diberikan oleh guru dan yang diajarkan pada saat ini masih tentang mengajarkan nilai-nilai kehidupan pada seorang anak manusia namun zaman sekarang alat-alat yang digunakan sudah mengunakan alat elektronik seperti infokus, laptop untuk menjelaskan materi-materi yang diberikan pada murid. Siswa kini tidak perlu menulis materi yang diberikan cukup memahami dan mendengarkan apa yang diterangkan oleh pengajar. Zaman dahulu sekolah juga harus bertatap muka langsung, namun zaman sekarang akibat adanya modernisasi pendidikan dapat dilakukan lewat internet/e-learning. Bahkan ada yang tidak perlu datang ke sekolah, pendidikannya bisa dilakukan dirumah namanya home schooling.
    8. Politik
    Zaman dulu pada masa pemerintahan Soeharto, tidak ada orang yang berani menentang kekuasaannya dengan cara berdemo. Akan tetapi dimasa sekarang akibat terjadinya modernisasi dan lahirnya politik masa kini bermunculan partai-partai baru sehingga masyarakat lebih bebas mengeluarkan aspirasinya. Hal ini ditunjukkan dengan tingginya keinginan masyarakat untuk berpartisipasi dan terjun lansgung ke dunia pilitik. Banyak orang juga yang bebas berdemonstrasi tanpa takut menerima sanksi dari pemerintah yang sedang berkuasa.
    9. Alat Transportasi
    Contoh perubahan alat transportasi akibat modernisasi : Masyarakat pada masa lalu menggunakan alat transportasi yang masih sederhana. Sebelum ditemukan mesin, alat transportasi seperti pedati, delman, dan kuda merupakan alat transportasi andalan. Teknologi transportasi tersebut masih menggunakan tenaga hewan dan manusia. Kemampuan jelajahnya juga masih sangat terbatas dan memerlukan waktu yang lama. Sekarang orang masih menggunakan alat transportasi tersebut namun tidak menjadi alat utama. Seringkali kuda dan delman digunakan sebagai sarana rekreasi saja.Sejak ditemukan mesin uap, berkembang pula kendaraan bermesin lainnya. Alat transportasi bermesin seperti sepeda motor, mobil, kereta api merupakan alat transportasi yang modern. Dengan alat transportasi tersebut, jarak jauh dapat ditempuh dalam waktu yang singkat. Masyarakat pada masa lalu menggunakan alat transportasi air seperti perahu dayung, rakit, dan perahu layar. Perahu dayung dan rakit digerakkan oleh kekuatan tenaga manusia. Sedangkan perahu layar digerakkan oleh tenaga angin dan tenaga manusia. Seiring dengan ditemukannya mesin bermotor, masyarakat kini menggunakan perahu bermotor dan kapal sebagai alat transportasi air. Kapal-kapal modern dapat mengangkut barang berton-ton serta dapat menempuh jarak yang sangat jauh. Bahkan kini sebuah kapal besar dapat digunakan sebagai landasan pesawat tempur. Kapal ini dinamakan kapal induk. Perjalan udara sekarang bisa menggunakan perjalanan pesawat terbang. Pesawat terbang lebih cepat dibandingkan dengan angkutan darat atau angkutan laut. Sekarang terdapat berbagai jenis alat angkutan udara antara lain helikopter, pesawat tempur serta pesawat penumpang. Bahkan kini manusia dapat menjelajah luar angkasa dengan menggunakan pesawat luar angkasa.

    Suka

  34. Reblogged this on pandityoshadhara and commented:
    Perubahan modernisasi adalah perubahan transpormasi total dari kehidupan bersama yang tradisional dalam arti teknologi, ilmu pengetahuan serta organisasi social kearah ekonomis dan politis. Tingkat teknologi juga dapat membangun modernisasi bisa di nikmati dan di rasakan oleh lapisan masyarakat dari masyarakat metropolitan hingga desa-desa terpencil dan Ini adalah 9 item contoh perubahan social akibat modernisasi:

    1 Pertambahan Penduduk
    Pertambahan penduduk menyebabkan perubahan dalam pola tempat tinggal, yang semula terpusat pada lingkungan kerabat, berubah terpencar yang berorientasi pada pekerjaan contoh nya adalah urbanisasi penduduk dari desa ke kota untuk mencari kehidupan yang layak dikota ketimbang hidup di desa nya

    2 Pertentangan Dalam Masyarakat
    Konflik antarkelompok sosial atau golongan sosial dalam masyarakat menyebabkan perubahan masyarakat yang bersangkutan.
    Contoh: Konflik yang berlatar belakang SARA pada masyarakat majemuk, menyebabkan retaknya persatuan dan kesatuan bangsa.

    3 Terjadi Pemberontakan/Revolusi
    Pemberontakan/revolusi menyebabkan perubahan peta politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
    Contoh: Pemberontakan G 30 S/PKI tahun 1965 membawa perubahan dalam sistem politik Indonesia dan dilarangnya ajaran komunis di Indonesia.

    4 Sosial
    perluasan kolonialisme dan imperialisme berakibat makin melemahnya kedudukan dan perekonomian penguasa pribumi. Penguasa pribumi lebih banyak ditugaskan untuk menggali kekayaan bumi Indonesia, seperti memungut pajak, mengurusi tanaman milik pemerintah dan mengerahkan tenaga kerja untuk kepentingan pemerintah Belanda.Turunnya kedudukan penguasa pribumi mengakibatkan turunnya derajat dan kehormatan sebagai penguasa pribumi.

    5 Penemuan Baru
    Suatu proses sosial dan kebudayaan yang besar yang terjadi dalam jangka waktu tertentu tidak terlalu lama disebut penemuan baru atau inovasi. Penemuan baru yang merupakan penyebab perubahan dibedakan menjadi dua, yaitu discovery dan invention. Discovery adalah suatu penemuan unsur kebudayaan yang baru, baik alat maupun ide yang diciptakan individu/kelompok individu. Invention adalah suatu penemuan baru yang telah diakui, diterima, dan diterapkan/digunakan masyarakat contoh nya adalah penggunaan media social seperti twitter,facebook dan lain sebagainya.

    6 Peranan Nilai yang Diubah
    Nilai yang diubah membawa perubahan dalam masyarakat, misal pembudayaan NKKBS (Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera) di Indonesia mampu mencegah pertambahan penduduk contoh nya adalah KB (Keluarga Berencana) karna dengan adanya program KB dari pemerintah setiap pasangan yang baru menikah hanya boleh memiliki dua orang anak saja cukup, agar pertumbuhan penduduk tidak membeludak besar.

    7 Pendidikan
    sesuai dengan kemajuan teknologi, saat ini sudah banyak kegiatan pendidikan formal maupun non formal yang tidak hanya mengandalkan guru atau pembimbing. karena banyaknya cara untuk memperoleh pendidikan seperti dengan menggunakan internet. bahkan pemerintah juga selalu memperbaharui sistem kurikulum di republik ini.
    8 Gaya Hidup
    dilihat dari perkembangan zaman dan tekhnologi banyak perubahan pada mode pakaian. dulu orang-orang berpakaian hanya dengan kain atau pakaian yang hanya menutupi kemaluan saja. seiring berjalannya waktu mode pakaian berubah menjadi lebih sopan dana tertutup. tetapi kini setelah masuknya budaya dari luar melalui kemajuan teknologi cara berpakaian mulai berubah menjadi pakaian yang minim.
    9 tata krama atau perilaku
    saat ini sangat sulit kita menemukan orang yang memiliki etika yang baik karena rusaknya pendidikan tata krama yang sudah di kembangkan sejak awal. contohnya dulu ketika hendak sekolah kita berpamitan dengan orang tua, hal yang paling kecil adalah bersalaman. tetapi kini banyak sekali pelajar yang langsung saja meninggalkan rumah tanpa berpamitan.

    Suka

  35. Pengertian perubahan sosial budaya

    Perubahan sosial budaya adalah perubahan pada kebudayaan atau kebiasaan pada masyarakat. Perubahan sosial budaya dipengaruhi oleh faktor dari luar masyarakat (dari masyarakat lain). Perubahan sosial budaya bisa merubah struktur, fungsi, nilai, norma, pranata, dan semua aspek lainnya. Perubahan ini bisa terjadi pada salah satu anggota masyarakat atau seluruh lapisan masyarakat.
    Berikut adalah contoh dan kasus-kasus perubahan sosial yang terjadi di sekitar kita:

    1. Pakaian

    Perubahan mode pakaian pada masyarakat bisa saja terjadi.
    Seperti contoh, sekarang adalah jamannya pakaian hotpans dan pakain berrok mini serta pakaian ketat dan pakaian transparan. Di Jakarta telah menjadi kebiasaan umum. Mereka tidak lagi malu menggunakan itu. Kasian suaminya kelak , mau di kasih apa mereka. Meskipun tidak semuanya begitu. Saya sangat menghargai mereka yang mau tetap menjaga dan memakai pakaian yang benar dan sopan.

    2. Model Rambut

    Model rambut juga banyak berubah. Bahkan masyarakat cenderung merasa harus mengikuti trend tersebut jika tidak mau dikatakan ‘jadul’ atau ‘culun’. Pengaruh terbesar adalah model rambut ‘metal’ yang membuat banyak remaja mengikuti model rambut dan gaya hidup orang dengan model rambut tersebut. juga banyaknya model rambut jaman sekarang . antara lain : punk, emo, harujuku dan lain-lain. padahal bergaya rambut rapih itu lebih di sukai banyak wanita.

    3. Pertanian

    Pertanian di Indonesia semakin menurun. Banyak petani yang menjual lahan pertaniannya. Penyebabnya bermacam-macam. Mulai dari hasil panen yang tidak seberapa bahkan seringkali gagal panen, kebutuhan yang semakin kompleks dan mahal, hingga tergiur dengan upah yang didapat oleh para tenaga kerja di kota. Masyarakat juga lebih suka membeli hasil pertanian di swalayan sehingga petani lokal merugi.

    kasus dan contoh perubahan sosial di bidang pertanian :

    Jaman dahulu menggunakan kerbau untuk membajak sawah. Sekarang menggunakan mesin yang dinamakan traktor.

    4. Kesenian

    Kesenian bisa saja berubah atau tergantikan seiring perkembangan zaman. Saat ini, banyak kesenian di Indonesia yang mulai punah karena anak bangsa tidak suka dengan kesenian tersebut. Bahkan mereka lebih suka mempelajari kesenian asing dengan alasan trendy. Namun, masih banyak kesenian populer Indonesia yang masih bisa bertahan sampai sekarang.

    kasus dan contoh perubahan sosial di bidang kesenian :

    anak bangsa mulai mempelajari alat music DJ ketimbang anglung dan alat musik daerah lainnya.

    5. Industri

    Revolusi industri membuat perubahan besar-besaran pada kehidupan sosial masyarakat. Mulai dari ketimpangan antara industri dengan agrikultur, banyaknya pengangguran, munculnya gerakan sosialis, rendahnya kesejahteraan buruh, dll.

    kasus dan contoh perubahan sosial di bidang industri :

    pabrik-pabrik industry jaman dahulu serba manual. Banyak menggunakan tenaga kerja manusia. Tetapi sekarang mulai menggunakan mesin . dan itu mempengaruhi . karena menjadi sempitnya lapangan kerja. Dan banyaknya persaingan kerja. Karena untuk masuk ke industri di butuhkan tenaga yang professional.

    6. Bahasa

    kasus dan contoh perubahan sosial di bidang daerah :

    sekarang para generasi remaja malah menggunakan bahasa-bahasa alay maupun bahasa-bahasa gaul. Dan merubah-rubah bahasa asli Indonesia . ,misal kata “kali” diganti “keles”.

    7. Pendidikan

    Dunia pendidikan di Indonesia berkembang pesat. Salah satu penyebab utamanya adalah perkembangan teknologi. Teknologi membuat para siswa yang biasanya mencari referensi tugas di perpustakaan berubah menjadi di internet. Teknologi juga yang membuat cara belajar dan mengajar berubah menjadi menggunakan laptop dan tablet.
    Serta alat-alat lain. Misal: projector.

    8. Ekonomi

    Perubahan ekonomi tampak jelas pada sifat masyarakat. Pada umumnya, masyarakat lebih suka dengan produk luar negeri dibandingkan produk di dalam negeri karena kualitasnya dianggap lebih bagus. Sehingga produk dalam negeri di pandang sebelah mata.

    kasus dan contoh perubahan sosial di bidang ekonomi :

    masyarakat indonesia mulai membeli makanan dan minuman luar negeri. termasuk produk elektronik.

    9. Cara Berkomunikasi

    Perubahan pada cara berkomunikasi bisa terjadi. Beberapa tahun lalu kita masih menggunakan surat untuk berkomunikasi jarak jauh dan sekarang, dengan menggunakan jejaring sosial atau alat komunikasi, seseorang bisa berkomunikasi dengan cepat dan praktis.
    Sehingga manusia jaman sekarang selalu berkata. Tidak bisa hidup tanpa handphone.

    Itulah contoh perubahan sosial budaya yang terjadi pada masyarakat. Semua masyarakat pasti saja akan mengalami perubahan sosial budaya. Namun, perubahan tersebut umumnya tidak dirasakan atau tidak terjadi pada masyarakat terpencil.

    M. Vicky Rizza Fahlevi
    44114210014
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Broadcasting

    Suka

  36. Reblogged this on syahputra30's Blog and commented:
    Ada sepuluh hal yang menandai adanya perubahan sosial dalam kehidupan sehari-hari, yaitu :

    1. Perubahan yang direncanakan. Hal ini adalah perubahan-perubahan yang diperkirakan atau yang telah direncanakan terlebih dahulu oleh pihak-pihak yang hendak mengadakan perubahan di dalam masyarakat. Pihak-pihak yang menghendaki suatu perubahan dinamakan agent of change, yaitu seseorang atau sekelompok orang yang mendapat kepercayaan dari masyarakat sebagai pemimpin satu atau lebih lembaga-lembaga kemasyarakatan. Oleh sebab itu, suatu perubahan yang direncanakan selalu di bawah pengendalian dan pengawasan agent of change. Secara umum, perubahan berencana dapat juga disebut perubahan dikehendaki.
    Sebagai contoh, untuk mengurangi angka kematian anak-anak akibat polio, pemerintah mengadakan gerakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) atau untuk mengurangi pertumbuhan jumlah penduduk pemerintah mengadakan program keluarga berencana (KB).
    2. Perubahan yang tidak direncanakan. Biasanya hal ini berupa perubahan yang tidak dikehendaki dan dapat terjadi di luar jangkauan masyarakat. Karena terjadi di luar perkiraan dan jangkauan, perubahan ini sering membawa masalah-masalah yang memicu kekacauan atau kendala-kendala dalam masyarakat. Dengan demikian, perubahan yang tidak dikehendaki sangat sulit ditebak kapan akan terjadi.
    Contohnya, kasus banjir bandang di Sinjai, Kalimantan Barat. Timbulnya banjir dikarenakan pembukaan lahan yang kurang memerhatikan kelestarian lingkungan. Sebagai akibatnya, banyak perkampungan dan permukiman masyarakat terendam air yang mengharuskan para warganya mencari permukiman baru.
    3. Perubahan Besar. Hal ini merupakan suatu perubahan dikatakan berpengaruh besar jika perubahan tersebut mengakibatkan terjadinya perubahan pada struktur kemasyarakatan, hubungan kerja, sistem mata pencaharian, dan stratifikasi masyarakat.
    Sebagai contoh, dapat dilihat pada perubahan masyarakat agraris menjadi industrialisasi, pada perubahan ini memberi pengaruh secara besar-besaran terhadap jumlah kepadatan penduduk di wilayah industri dan mengakibatkan adanya perubahan mata pencaharian.
    4. Perubahan-perubahan berpengaruh kecil. Ini merupakan perubahan- perubahan yang terjadi pada struktur sosial yang tidak membawa pengaruh langsung atau berarti bagi masyarakat. Sebagai contoh, perubahan mode pakaian dan mode rambut. Perubahan-perubahan tersebut tidak membawa pengaruh yang besar dalam masyarakat karena tidak mengakibatkan perubahan-perubahan pada lembaga kemasyarakatan homolis.
    5. Perubahan Struktural. Perubahan ini adalah perubahan yang sangat mendasar yang menyebabkan timbulnya reorganisasi dalam masyarakat. Contohnya, perubahan sistem pemerintahan dari monarkhi ke sistem pemerintahan republik.
    6. Perubahan proses. Yaitu, perubahan yang sifatnya tidak mendasar. Perubahan tersebut hanya merupakan penyempurnaan dari perubahan sebelumnya. Contohnya, perubahan kurikulum dalam pendidikan. Sifatnya menyempurnakan kekurangan-kekurangan yang terdapat dalam perangkat atau dalam pelaksanaan kurikulum sebelumnya.
    7. Perubahan progres. Hal ini adalah perubahan yang membawa keuntungan bagi masyarakat. Contohnya, perkembangan pendidikan masyarakat.
    8. Perubahan regres. Hal ini dimana perubahan yang membawa kemunduran bagi masyarakat di bidang tertentu. Sebagai contoh, perubahan pola kehidupan remaja yang mabuk-mabukan.
    9. Perubahan revolusi. Ini merupakan perubahan yang berlangsung secara cepat dan tidak ada kehendak atau perencanaan sebelumnya. Secara sosiologis perubahan ini diartikan sebagai perubahan-perubahan sosial mengenai unsur-unsur kehidupan atau lembaga – lembaga kemasyarakatan yang berlangsung relatif cepat. Dalam revolusi, perubahan dapat terjadi dengan direncanakan atau tidak direncanakan, dimana sering kali diawali dengan ketegangan atau konflik dalam tubuh masyarakat yang bersangkutan.
    Revolusi tidak dapat terjadi di setiap situasi dan kondisi masyarakat. Secara sosiologi, suatu revolusi dapat terjadi harus memenuhi beberapa syarat tertentu, antara lain adalah:
    Ada beberapa keinginan umum mengadakan suatu perubahan. Di dalam masyarakat harus ada perasaan tidak puas terhadap keadaan, dan harus ada suatu keinginan untuk mencapai perbaikan dengan perubahan keadaan tersebut.
    Adanya seorang pemimpin atau sekelompok orang yang dianggap mampu memimpin masyarakat tersebut.
    Pemimpin tersebut dapat menampung keinginan-keinginan tersebut, untuk kemudian merumuskan serta menegaskan rasa tidak puas dari masyarakat, untuk dijadikan program dan arah bagi geraknya masyarakat.
    Pemimpin tersebut harus dapat menunjukkan suatu tujuan pada masyarakat. Artinya adalah bahwa tujuan tersebut bersifat konkret dan dapat dilihat oleh masyarakat. Selain itu, diperlukan juga suatu tujuan yang abstrak. Misalnya perumusan sesuatu ideologi tersebut.
    Harus ada momentum untuk revolusi, yaitu suatu saat di mana segala keadaan dan faktor adalah baik sekali untuk memulai dengan gerakan revolusi. Apabila momentum (pemilihan waktu yang tepat) yang dipilih keliru, maka revolusi dapat gagal.
    Sebagai contoh dari perubahan revolusi adalah peristiwa reformasi (runtuhnya rezim Soeharto), peristiwa Tsunami di Aceh, semburan lumpur Lapindo (Sidoarjo).
    10. Perubahan evolusi. Perubahan ini merupakan perubahan-perubahan sosial yang terjadi dalam proses lambat, dalam waktu yang cukup lama dan tanpa ada kehendak tertentu dari masyarakat yang bersangkutan. Perubahan-perubahan ini berlangsung mengikuti kondisi perkembangan masyarakat, yaitu sejalan dengan usaha-usaha masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Dengan kata lain, perubahan sosial terjadi karena dorongan dari usaha-usaha masyarakat guna menyesuaikan diri terhadap kebutuhan-kebutuhan hidupnya dengan perkembangan masyarakat pada waktu tertentu.
    Sebagai contoh, perubahan sosial dari masyarakat berburu menuju ke masyarakat meramu.
    Menurut Soerjono Soekanto, terdapat tiga teori yang mengupas tentang evolusi, yaitu:
    Unilinier Theories of Evolution: menyatakan bahwa manusia dan masyarakat mengalami perkembangan sesuai dengan tahap-tahap tertentu, dari yang sederhana menjadi kompleks dan sampai pada tahap yang sempurna.
    Universal Theory of Evolution: menyatakan bahwa perkembangan masyarakat tidak perlu melalui tahap-tahap tertentu yang tetap. Menurut teori ini, kebudayaan manusia telah mengikuti suatu garis evolusi yang tertentu.
    Multilined Theories of Evolution: menekankan pada penelitian terhadap tahap perkembangan tertentu dalam evolusi masyarakat. Misalnya, penelitian pada pengaruh perubahan sistem pencaharian dari sistem berburu ke pertanian.

    Suka

  37. Reblogged this on atikahapriyatni and commented:
    1.Perubahan Besar : perubahan besar adalah suatu perubahan yang berpengaruh terhadap masyarakat dan lembaga-lembaganya. seperti dalam sistem kerja,sistem hak milik tanah,hubungan kekeluargaan,dan stratifikasi masyarakat.
    contoh : kepadatan di pulau jawa. menimbulkanberbagai perubahan. seperti lahan menjadi sempit,banyak wanita dan anak-anak menjadi buruh pengemis munculnya buruh tani

    2.Perubahan yang dikehendaki atau Direncanakan : perubahan yang dikehendaki (intended change) atau direncanakan (planned change) merupakan perubahan yang diperkirakan atau yang telah direncanakan terlebih dahulu oleh puhak-pihak yang dihendak mengadakan perubahan didalam masyarakat
    contoh : lahirnya undang-undang perkawinan berdasarkan pererubahan aturan pemerintah no.10 tahun 1963 membatasi kaum laki-laki terutama pegawai negri untuk mempunyai istri lebih dari satu,kecuai ada alasan tertentu yang kuat

    3.Perubahan yang tidak di kehendaki atau tidak direncanakan : Perubahan sosial yang tidak dikehendaki (unintended change) atau tidak direncanakan (unplanned change) merupakan perubahan yang terjadi diluar jangkauan pengawasan masyarakat atau kemampuan masyarakat atau kemampuan manusia. perubahan dapat mengakibatkan timbulnya akibat-akibat sosial yang tidak diharapkan masyarakat
    contoh : kecenderungan pelaksanaan acara adat perkawinan yang bersifat praktis,tidak seperti pesta adat aslinya

    4.Perubahan struktural : perubahan yang sangat mendasar yang menyebabkan timbulnya reorganisasi dalam masyarakat.
    contoh : pengunaan alat-alat pertanian yang serba canggih

    5.Perubahan Proses : Perubahan yang sifatnya tidak mendasar perubahan tersebut hanya merupakan mendasar. Perubahan tersebut hanya merupakan penyempurnaan dari perubahan sebelumnya
    contoh : perubahan kurikulum dalam bidang pendidikan

    6,Aksi protes dan demonstrasi : Aksi protes merupakan gerakan yang dapat dilakukan secara perorangan. ataupun secara bersama-sama utnuk menyampaikan rasa tidak kepuasan. terhadapan tindakan atau kebijakan seseorang atau lembaga tertentu
    contoh ; aksi protes dan demonstrasi yang pernah terjadi di indonesia

    7.Kriminalitas ; tindakan kriminal merupakan tindakan sosial yang disosiatif. Kriminalitas ditandai dengan perilaku-perilaku menyimpang yang cenderung melawan hukum atau norma-norma yang berlaku dalam masyarakat. Tindakan kriminal bukan lah bawaan dari lahir. Dan dapat dilakukan oleh pria ataupun wanita dari beragam usia. Dari usia anak-anak samapai usia dewasa bahkan usia lebih lanjut. Tindakan kriminal dapat dilakukan melalu perencanaan . seperti tindakan mempertahankan atau membela diri yang mengakibatkan terbunuhnya seseorang
    contoh : perampokan,pembunuhan,penculikan,pemerkosaan,pemerasan,penipuan,penyalah gunaan obat-obatan pelanggar sumpah,dan korupsi

    8.Kenakalan remaja : masalah kenakalan remaja semakin hari semakin meresahkan masyarakat dan telah menjurus pada tindakan bersifat kriminal. Pada masa remaja emosi seseorang masih labil belum memiliki pegangan dan dalam proses mencari jati diri. Seorang remaja adalah manusia yang sedang mengalami masa pembentukan kepribadian, Untuk itu perlu adanya perhatian yang lebih dari orang tua agar seorang anak tidak terjerumus pada hal-hal yang dapat merugikan masa depannya
    contoh : Adanya keinginan untuk melawan seperti dalam bentuk radikalisme dan adanya sikap apatis yang biasanya disertai dengan rasa kekecewaan terhdapat kondisi masyarakat sekitar

    9.Globalisasi : sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan antar bangsa dan antar manusia diseluruh dunia melalui perdagangan,investasi,perjalanan,budaya populer,dan bentuk-bentuk interaksi lain. Globalisasi sebagai fenomena di abad ke-20 ini dapat dihubungkan dengan bangkitnya ekonomi internasional. Padahal interaksi antar bangsa di dunia telah ada selama berabad-abad. Bila ditelusuri benih-benih globalisasi telah tumbuh ketika manusia mulai mengenal perdagangan antarnegri sekitar tahun 1000 dan 1500 m
    contoh : zaman tranformasi sosial hebat , perubahan baik dalam pandangan mengenai dunia,nilai-nilai dasar,struktur politik,dan sosial

    Suka

  38. Reblogged this on bimo nur indrapadi and commented:
    1.Pengertian : setiap masyarakat pasti mengalami perubahan. pada dasarnya,perubahan tersebut merupakan proses modifikasi struktur sosial dan pola budaya dalam suatu masyarakat.perubahan yang terjadi dalam masyarakat disebut perubahan sosial.yaitu gejala umum terjadi sepanjang masa pada setiap masyarakat. Perubahan terjadi sesuai dengan hakikat dan sifat dasar manusia yang ingin mengadakan perubahan. Manusia sebenarnya merupakan penyebab dari perubahan. Manusia merupakan makhluk yang selalu ingin berubah,aktif,kreatif,inovatif,agresif,selalu berkembang dan responsif terhadap perubahan yang terjadi di lingkungan sekitar
    contoh : a) menghadapi masalah-masalah baru. b) ketergantungan pada suatu hubungan antar warga pewaris kebudayaan. c) Lingkungan yang berubah

    2. pandangan para tokoh tentang perubahan sosial : perubahan sosial memiliki makna yang sangat luas dan mencangkup berbagai segi kehidupan manusia seperti ekonomi,sosial dan politik. Karena itu,perubahan sosial yang terjadi dalam suatu masyarakat menyangkut perubahan nilai,pola perilaku,organisasi sosial,pelapisan sosial,kekuasaan serta segi kemasyarakatan lainnya.
    contoh : a) Selo Soemardjan (1190 : 337 ) menyatakan bahwa perubahan sosial adalah perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakatnya yang memperngaruhi sistem sosialnya. termasuk nilai-niai,sikap,dan perilakuantar kelompok dalam masyarakat. b) Kingsley Davis (1990 : 336 ) menyatakan bahwa perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. c) Jhon Lewis Gillin dan Jhon Philip Ghilin (1990 : 337) melihat perubahan sosial sebagai suatu variasi dari cara-cara hidup yang telah diterima karena perubahan geografis. d) Samuel Koenig (1990 : 337) menyatakan bahwa perubahan sosial menunjuk pada modifikasi-modifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia. e) Maclver (1990 : 337) melihat perubahan sosial sebagai perubahan dalam hubungan sosial atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan. f) William F.Ogburn (1990 : 336) menyatakan bahwa perubahan sosial menekankan pada kondisi teknologis yang menyebabkan terjadinya suatu perubahan

    3. Siklus : melihat suatu perubahan sebagai sesuatu yang mengulang-ngulang. Apa yang terjadi sekarang pada dasarnya memiliki kesamaan atau kemiripan dengan apa yang terjadi sebelumnya. Di dalam pola perubahan ini tidak nampak suatu kebatasan antara pola hidup primitif,tradisional dan modern
    contoh : a) kebudayaan ideasional (ideational cultural) kebudayaan ini di dasari oleh nilai-nilai dan kepercayaan terhadap unsur adikodrati (idealistic cultural). b) kebudayaan idealistis (idealistic cultural) kebudayaan ini berisi kepercayaan terhadap unsur adikodrati dan rasinalitas berdasarkan fakta saling bergabung dalam menciptakan masyarakat yang ideal. c) kebudayaan sensasi (sensational cultural) dalam kebudayaan ini,sensasi merupakan tolok ukur dari kenyataan dan tujuan hidup

    4. Perkembangan : dengan adanya suatu perkembangan perubahan dapat di arahkan ke suatu titik tujuan tertentu. seperti perubahan dari masyarakat tradisional ke masyarakat modern yang kompleks. masyarakat tradisional menggunakan peralatan yang terbuat dari bahan seadanya melalui proses pembuatan secara manual. Teknologi kemudian berkembang menjadi teknologi canggih yang pada intinya bertujuan mempermudah pekerjaan manusia
    contoh : perkembangan bisa dibagi menjadi dua,yaitu evolusi dan revolusi . EVOLUSI berpandangan bahwa masyarakat secara bertahap berkembang dari primitif dan tradisional menuju masyarakat modern yang kompleks dan maju dan REVOLUSI berpandangan bahwa masyarakat akan berubah secara revolusioner menjadi masyarakat kapitalis

    5. Modernisasi : melihat bahwa perubahan negara-negara terbelakang akan megikuti jalan yang sama degan negara industri di barat. cara tersebut adalah melalui proses modernisasi sehingga negara terbelakang menjadi negara yang berkembang. terbelakang memiliki banyak kekurangan sehingga harus menanggulangi kekurangan yang dimiliki untuk mencapai tinggal landas
    contoh : menurunnya angka kematian dan kelahiran,menurunnya pengaruh agama,menurunnya ukuran dan pengaruh keluarga,beralihnya fungsi pendidikan dari keluarga dan komunitas ke sistem pendidikan formal,munculnya kebudayaan massa,serta munculnya perekonomian pasar industrialisasi

    6. Ketergantungan : melihat bahwa adanya ketergantungan secara ekonomi negara-negara dunia ketiga terhadap negara-negara industri. perkembangan antar negara industri dan keterbelakangan negara dunia ketiga berjalan bersamaan
    contoh : ketika negara industri berkembang,negara dunia ketiga semakin terbelakang dengan proses kolonialisme dan neokolonialisme

    7. Perubahan Lambat (EVOLUSI) : perubahan ini merupakan rentetan-rentetan perubahan kecil yang saling mengikuti dengan lambat
    contoh : penelitian tentang pengaruh perubahan sistem pencaharian dari sistem berburu ke sistem pertanian terhadap sistem kekeluargaan dalam sebuah masyarakat

    8. Perubahan cepat (REVOLUSI) : perubahan sosial yang sangat cepat dan menyangkut dasar-dasar kehidupan masyarakat
    contoh : revolusi kemerdekaan di indonesia

    9. Perubahan kecil : Suatu perubahan yang terjadi pada unsur-unsur struktur yang tidak membawa pengaruh langung atau berarti bagi masyarakat
    contoh perubahan mode pakaian tidak akan membawa pengaruh berarti bagi masyarakat dalam secara keseluruhan

    Suka

  39. 1.Pengertian : setiap masyarakat pasti mengalami perubahan. pada dasarnya,perubahan tersebut merupakan proses modifikasi struktur sosial dan pola budaya dalam suatu masyarakat.perubahan yang terjadi dalam masyarakat disebut perubahan sosial.yaitu gejala umum terjadi sepanjang masa pada setiap masyarakat. Perubahan terjadi sesuai dengan hakikat dan sifat dasar manusia yang ingin mengadakan perubahan. Manusia sebenarnya merupakan penyebab dari perubahan. Manusia merupakan makhluk yang selalu ingin berubah,aktif,kreatif,inovatif,agresif,selalu berkembang dan responsif terhadap perubahan yang terjadi di lingkungan sekitar
    contoh : a) menghadapi masalah-masalah baru. b) ketergantungan pada suatu hubungan antar warga pewaris kebudayaan. c) Lingkungan yang berubah

    2. pandangan para tokoh tentang perubahan sosial : perubahan sosial memiliki makna yang sangat luas dan mencangkup berbagai segi kehidupan manusia seperti ekonomi,sosial dan politik. Karena itu,perubahan sosial yang terjadi dalam suatu masyarakat menyangkut perubahan nilai,pola perilaku,organisasi sosial,pelapisan sosial,kekuasaan serta segi kemasyarakatan lainnya.
    contoh : a) Selo Soemardjan (1190 : 337 ) menyatakan bahwa perubahan sosial adalah perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakatnya yang memperngaruhi sistem sosialnya. termasuk nilai-niai,sikap,dan perilakuantar kelompok dalam masyarakat. b) Kingsley Davis (1990 : 336 ) menyatakan bahwa perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. c) Jhon Lewis Gillin dan Jhon Philip Ghilin (1990 : 337) melihat perubahan sosial sebagai suatu variasi dari cara-cara hidup yang telah diterima karena perubahan geografis. d) Samuel Koenig (1990 : 337) menyatakan bahwa perubahan sosial menunjuk pada modifikasi-modifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia. e) Maclver (1990 : 337) melihat perubahan sosial sebagai perubahan dalam hubungan sosial atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan. f) William F.Ogburn (1990 : 336) menyatakan bahwa perubahan sosial menekankan pada kondisi teknologis yang menyebabkan terjadinya suatu perubahan

    3. Siklus : melihat suatu perubahan sebagai sesuatu yang mengulang-ngulang. Apa yang terjadi sekarang pada dasarnya memiliki kesamaan atau kemiripan dengan apa yang terjadi sebelumnya. Di dalam pola perubahan ini tidak nampak suatu kebatasan antara pola hidup primitif,tradisional dan modern
    contoh : a) kebudayaan ideasional (ideational cultural) kebudayaan ini di dasari oleh nilai-nilai dan kepercayaan terhadap unsur adikodrati (idealistic cultural). b) kebudayaan idealistis (idealistic cultural) kebudayaan ini berisi kepercayaan terhadap unsur adikodrati dan rasinalitas berdasarkan fakta saling bergabung dalam menciptakan masyarakat yang ideal. c) kebudayaan sensasi (sensational cultural) dalam kebudayaan ini,sensasi merupakan tolok ukur dari kenyataan dan tujuan hidup

    4. Perkembangan : dengan adanya suatu perkembangan perubahan dapat di arahkan ke suatu titik tujuan tertentu. seperti perubahan dari masyarakat tradisional ke masyarakat modern yang kompleks. masyarakat tradisional menggunakan peralatan yang terbuat dari bahan seadanya melalui proses pembuatan secara manual. Teknologi kemudian berkembang menjadi teknologi canggih yang pada intinya bertujuan mempermudah pekerjaan manusia
    contoh : perkembangan bisa dibagi menjadi dua,yaitu evolusi dan revolusi . EVOLUSI berpandangan bahwa masyarakat secara bertahap berkembang dari primitif dan tradisional menuju masyarakat modern yang kompleks dan maju dan REVOLUSI berpandangan bahwa masyarakat akan berubah secara revolusioner menjadi masyarakat kapitalis

    5. Modernisasi : melihat bahwa perubahan negara-negara terbelakang akan megikuti jalan yang sama degan negara industri di barat. cara tersebut adalah melalui proses modernisasi sehingga negara terbelakang menjadi negara yang berkembang. terbelakang memiliki banyak kekurangan sehingga harus menanggulangi kekurangan yang dimiliki untuk mencapai tinggal landas
    contoh : menurunnya angka kematian dan kelahiran,menurunnya pengaruh agama,menurunnya ukuran dan pengaruh keluarga,beralihnya fungsi pendidikan dari keluarga dan komunitas ke sistem pendidikan formal,munculnya kebudayaan massa,serta munculnya perekonomian pasar industrialisasi

    6. Ketergantungan : melihat bahwa adanya ketergantungan secara ekonomi negara-negara dunia ketiga terhadap negara-negara industri. perkembangan antar negara industri dan keterbelakangan negara dunia ketiga berjalan bersamaan
    contoh : ketika negara industri berkembang,negara dunia ketiga semakin terbelakang dengan proses kolonialisme dan neokolonialisme

    7. Perubahan Lambat (EVOLUSI) : perubahan ini merupakan rentetan-rentetan perubahan kecil yang saling mengikuti dengan lambat
    contoh : penelitian tentang pengaruh perubahan sistem pencaharian dari sistem berburu ke sistem pertanian terhadap sistem kekeluargaan dalam sebuah masyarakat

    8. Perubahan cepat (REVOLUSI) : perubahan sosial yang sangat cepat dan menyangkut dasar-dasar kehidupan masyarakat
    contoh : revolusi kemerdekaan di indonesia

    9. Perubahan kecil : Suatu perubahan yang terjadi pada unsur-unsur struktur yang tidak membawa pengaruh langung atau berarti bagi masyarakat
    contoh perubahan mode pakaian tidak akan membawa pengaruh berarti bagi masyarakat dalam secara keseluruhan

    Suka

  40. CONTOH PERUBAHAN SOSIAL

    1.Contoh Perubahan sosial Lambat (evolusi)
    -perkembangan industri
    -penggunaan komputer
    -penggunaan kapal terbang
    -evolusi ke zaman modern
    -evolusi manusia dari monyet
    2.contoh Perubahab sosial cepat ( Revolusi)
    -revolusi Prancis
    -perang kemerdekaan indonesia
    -Revolusi Vietnam
    -revolusi Negara Cina komunis menjadi Republik
    -revolusi kapal terbang
    3.contoh Perubahan sosial Kecil
    -Mode pakaian
    -mode rambut
    -mode sepatu
    -cara bicara
    -perubahan tata krama
    4.contoh Perubahan sosial Besar
    -perubahan sistem pemerintahan
    -perubahan kepala negara
    -perubahan susunan kabinet
    -perubahan industriaslisasi
    -pengangguran
    5.contoh perubahan sosial yang direncanakan
    -penindakan kriminalitas
    -imunisasi
    -proses penyuluhan narkoba
    -razia razia
    -perubahan dasar negara
    6.contoh Perubahan yang Tidak Direncanakan
    -revolusi
    -mode rambut
    -mode pakaian
    -cara bicara
    -pola pergaulan remaja
    7.contoh perubahan sosial struktural
    penggunaan alat canggih dalam pertanian
    8.contoh perubahan sosial Proses
    Perubahan kurikulum buku pelajaran
    9.contoh perubahan sosial komunikasi
    semakin banyaknya alat elektronik untuk berkomunikasi

    Suka

Apa Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s