Etika & Filsafat Komunikasi


TUGAS KELOMPOK

I. Komunikasi dan Budaya dalam Pendekatan Antar Budaya, Menampilkan hubungan yang terbentuk antar budaya serta perilaku orang yang ada di dalam perwakilan budaya itu sendiri. Menjelaskan adanya kendala-kendala yang sensitif karena bahasa, sehingga komunikasi tersendat. Contohnya adalah pernikahan beda suku tentu akan saling mempertahankan budaya dan adat istiadatnya masing-masing.

II. Simbol dan Budaya dalam pendekatan kepercayaan – religius manusia. Dalam presentasi ini akan ditampilkan bagaimana manusia itu masih menjujung tinggi simbol yang ada dalam kitab suci. Hal itu dianggap sangat suci dan dianggap nilainya sangat tinggi, Misalnya tempat ibadah dan perilaku manusia. Pakaian dan busana asesories lainnya yang dianggap suci dan sangat dipercayai sebagai patokan etika dan nilai iman.

III. Tradisi Gender dan Komunikasi, dalam pendekatan Etika komunikasi. Budaya kita masih menganggap wanita belum setara dari sisi nilai etika dan komunikasi. Apakah itu disebabkan oleh dominasi kaum pria atau karena filsafat dari nenek moyang kita, atau karena pesan-pesan dalam kitab-kitab yang kita percayai.

IV. Filsafat Komunikasi, yang berati bagaimana pengetahuan ilmu komunikasi terbentuk dan dijadikan sebagai suatu displin ilmu. Presentasi akan membahas tentang komunikasi dan sosiologi serta antropolgi. Termasuk Psikologi komunikasi yang membahas tentang hubungan antar manusia.

V. Bahasa dan Komunikasi, menggambarkan bahwa cikal bakal komunikasi adalah bahasa, dalam hal ini bahasa dipandang dalam tiga presepsi, bahasa isyarat, bahasa vocal, dan bahasa sebagai simbol.

VI. Bahasa, Ideologi dan Komunikasi dalam ranah dominasi, politik dan kekuasaan. Bagaimana etika manusia dalam menggunakan bahasa sebagai representasi kekuasaan dalam berpolitik.

VII. Teori Komunikasi sebagai landasan filosofi. Menggambarkan teori dasar Filosofi, Teori dasar komunikasi dan tradisi dalam teori komunikasi serta perkembangan terakhir tentang Ilmu Komunikasi.

VIII. Teori Komunikasi Antar Budaya, Bagaimana menjaga etika dan kehormatan budaya antar suku dan bang di dunia, termasuk aksi pembauran dan hidup dalam kondisi multi etnis.

IX. Komunikasi Kontemporer yang menggambarkan filosofi Teori, dan Peta Teori Ilmu Komunikasi. Komunikasi kekinian yang merepresentasikan perubahan dan pemakaian simbol emotion code.

X. Komunikasi dalam Perseptif hubungan; Komunikasi Intra-Personal dan Inter Personal. Menguraikan adanya perubahan komunikasi dalam hubungan antar manusia. Adanya perubahan sikap dan etika dalam menjalin hubungan, filsafat kuno ditinggalkan.

XII. Etika Komunikasi dalam terapan Media Jejaring Sosial, Perubahan nyata dan sangat besar andil perubahan komunikasi adalah adanya berbagai fasilitas aplikasi jejaring sosial. (uriaikan) dan apa tujuan2 yang berubah dari tujuan semula

XIII. Komunikasi dan teori-teori Konflik, Manusia pada prinsipnya ingin bersosial sehingga masing2 personal atau kelompok berusaha mengenali bahasa bangsa dan suku lainnya. Namun mengapa pada akhirnya terjadi Konflik?

XIV. Teori Komunikasi dan Teknologi New Media. Berkembangnya teknologi mendorong etika dan filsafat manusia berubah. Sebutkan 9 item topik apa yg berubah itu ?

Syarat :

  1. Presentasi terbaik, disertai gambar-gambar yang rapi minimal 16 halaman power point.
  2. Makalah dibuat sebagaimana aturan penulisan yang sudah disepakati dan di jilid
Iklan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: