PUBLIC SPEAKING – MUSTIKA RANTO GULO, ST., M.IKom.

Selamat pagi sahabat mahasiswa/i yang baik, selamat belajar semoga sukses. Hari ini saya kirimkan Note Visual saya kepada Ketua Kelas Nona : Veronica Joice Sparkim agar mengetiknya di Blog kita.

Saya harap pertemuan selanjutnya akan saya usahakan hadir sampai menyelesaikan 16 sesi pertemuan. Adapun Satuan Acara Perkuliahan kita (akan ada penyesuaian jika dibutuhkan) sbb:

I. Perkenalan, Kontrak Perkualiahan, Penjelasan Pustaka dan strategy perkuliahan, Pembagian Kelompok dan Judul Tugas. Dalam kesempatan pertemuan ini saya jelaskan tentang Sejarah, latar belakang dan fungsi serta tujuan : Mengapa PUBLIC SPEAKING menjadi salah satu ilmu yang menarik untuk dipelajari dan dijadikan mata kuliah dijurusan Public Relation Ilmu Komunikasi.

II. Teori-Teori Public Speaking yang didasari oleh Teori Retorika, Psikologi Massa (Perilaku kolektif) dan Teori tentang Audiens (Khalayak Aktif). Presentasi Kelompok 1

III. Attitude & Ethic Of a Speaker, topik ini sering disebut pra skill seorang pembicara didepan umum. lEBIH BANYAK BERBICARA TENTANG COMPETENSI DASAR SEORANG PEMBICARA DI DEPAN UMUM. DIMANA SEORANG PEMBICARA ‘diarus memiliki sikap dan etika dasar agar bisa menjadi seorang pembicara yang mau didengar di depan umum’. Bagaimana syarat seorang pembicara agar di dengar oleh orang lain dan dipercaya, tentu harus melalui penguasaan diri, sikap dan etika. Presentasi Kelompok 2

IV. Skill Of Mastered Audiens (SMA), Peserta kuliah harus berlatih bagaimana menguasai audiens melalui instrumen-instrumen baik dari dalam diri sendiri seperti kontak mata, body language, intonasi suara dan lain-lain. Presentasi Kelompok 3

V. MASTER OF CEREMONY (MC), Profesi Pemandu Acara atau protokol masuk juga dalam ranah ilmu komunikasi bidang Public Speaking yang mengfokuskan bagaimana mengatur sebuah acara, bagaimana membuat konsep protokoler formal. Presentasi Kelompok 4

VI. Content Message in a Speech (CMS) Meliputi penentuan tema pidato, Jenis Pidato, Ciri pidato yang Baik, teks dan Skema Pidato, Metode dan Penyajian Pidato Tertulis, Teknik Mempersiapkan Pidato, Perbandingan contoh-contoh Rumusan Pidato, Apa tujuan Pidato, pesan dalam pidato, menutup Pidato. Presentasi Kelompok 5.

VII. Psikologi Audiens, sasarannya adalah bagaimana cara menguasaiaudiens secara psikologis, dengan cara memahami kebutuhan audiens anda. Beberapa teori tentang teknik menguasailawan bicara dan juga apa yang dimaksud dengan Komunikasi Massa yang bersifat individu dan kelompok. Berikan contoh-contoh konkrit yang berhubungan dengan komunikasi massa. Presentasi kelompok 6.

VIII. Pertemuan ini digunakan untuk Ujian Tengah Smester (UTS)

IX. Presentasi 10 Magic Of Public Speaking sesuai teori yang disusun oleh bapak Mustika Ranto Gulo, ST., M.IKom (Klik untuk lihat topic ini)

X. Effect Of Stage Management & Governance of Event, Sukses sebuah acara ditandai dengan persiapan panggung dan tata ruang serta pernak-pernik di dalamnya. Selain itu juga pengaruh ‘Sound effect’ sangat besar terhadap pembicara. Manajemen Panggung dituntut untuk menyediakan fasilitas ini sehingga acara terlihat sangat profesional. Anda harus memahami tentang Tata kelola Manajemen Panggung. Presentasi Kelompok VII

XI. MANAGEMENT OF TOASTMASTERS, tentang pengenalan dasar pelatihan yang dilakukan oleh lembaga pendidikan khusus Public Speaking. Carilah contoh baik di dalam negeri Indonesia maupun dari luar negeri, suguhkan tema apa saja yang menjadi perhatian mereka untuk dilatih. Kelompok VIII

XII. PRAKTEK BERPIDATO 1, Latihan dasar berpidato oleh Kelompok 1-3

XIII. PRAKTEK BERPIDATO 2, Latihan dasar berpidato oleh kelompok 4-6

XIV. PRAKTEK BERPIDATO 2, Latihan dasar berpidato oleh kelompok 7-8

XV. Kisi-kisi dan kesimpulan perkuliahan, persiapan Ujian Akhir Smester (UAS)

XVI. Ujian Akhir Smester (UAS)

Disusun Oleh Mustika Ranto Gulo, ST., M.IKom (Praktisi dan DOsen)

email : ranto.komunikasi@gmail.com

4 pemikiran pada “PUBLIC SPEAKING – MUSTIKA RANTO GULO, ST., M.IKom.

  1. Retorika sangat berguna dalam kehidupan sehari2,membuat hidup lebih hidup karena dgn retorika kita akan dpt memberikan semangat hidup kepada orang lain.

    Suka

  2. 3. TRADISI RETORIKA (Komunikasi sebagai seni berbicara didepan umum)

    Ada enam keistimewaan karakteristik yang berpengaruh pada tradisi komunikasi retorika, yaitu : (1) sebuah keyakinan yang membedakan manusia dengan hewan dalam kemampuan berbicara, (2) sebuah kepercayaan diri dalam berbicara didepan umum dalam sebuah forum demokrasi, (3) sebuah keadaan dimana seorang pembicara mencoba mempengaruhi audiens melalui pidato persuasif yang jelas, (4) pelatihan kecakapan berpidato adalah landasan dasar pendidikan kepemimpinan, (5) sebuah tekanan pada kekuasaan dan keindahan bahasa untuk merubah emosi orang dan menggerakkannya dalam aksi, dan (6) pidato persuasi adalah bidang wewenang dari laki-laki.

    Suka

Apa Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s