Mata Kuliah Dosen Irwansyah

SAP Klik disini Mata kuliah Teknologi Media Baru:

Materi Perkuliahan
Pengantar Teknologi dan Media Baru
Determinan Teknologi dalam Media Baru
Budaya Teknologi dalam Media Baru
Konstruksi Sosial Teknologi dalam Media Baru
Jaringan Aktor dalam Media Baru
Usabilitas Teknologi dan Media Baru
Budaya Visual dan Media Digital Storytelling
UTS
Mobile Communication
Cyberspace dan Cybercommunity
Long Tail dan Economic of Scope
Cyberculture
Cyberpolitics
Cyberethics
Masa Depan Teknologi dan Media Baru
UAS

UNIVERSITAS MERCU BUANA

PROGRAM PASCASARJANA

PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KOMUNIKASI

Q

No.Dokumen 122.423.4.36.00 Distribusi
Tgl. Efektif 1 Juni 2008

Kaprodi

TU Prodi

UJIANAKHIR SEMESTER

SEMESTER GANJIL TAHUN AKADEMIK 2012/2013

Mata Kuliah/SKS   : Teknologi dan Media Baru/3

Hari/Tanggal          : Sabtu/19Januari2013

Waktu                    : 08.00 – 13.30WIB

SifatUjian               : OPEN BOOK

Dosen                     : DR. Irwansyah, MA

 

Perhatian.

Bacalah petunjuk berikut sebelum anda mengerjakan soal. Anda diharuskan mengumpulkan dokuemn makalah, respon paper, dan presentasi sesuai dengan yang telah dijelaskan sebelumnya pada saat pertemuan terakhir. Jika anda tidak mengumpulkan dokumen tersebut maka ujian anda dianggap tidak ada. Oleh karena itu kumpulkan dokumen anda bersama dengan kertas hasil jawaban ujian yang telah diselesaikan.

Jawaban anda harus diketik dan dibuat per pertanyaan antara 750-1500 kata. Jawaban harus dalam bentuk semi artikel ilmiah yang mengedepankan narasi, argumentasi, dan justifikasi akademis. Artinya pendapat anda dalam menganalisis soal yang disediakan harus memiliki referensi-referensi berupa bukti, data, fakta dan pendapat yang mampu memberikan gambaran secara logis dan sistematis. Setelah anda menjawab jangan lupa untuk menyimpan softcopy file anda dengan format “nama_nim_uts_tmb.docx”. Kemudian kirim ke email penugasan@gmail.com dengan subjek “nama uts tmb minggu” (misalnya “irwansyah uts tmb minggu”). Pengiriman paling lambat satu jam setelah jadwal ujian. Selain pengumpulan dengan menggunakan email, maka penyerahan file juga dilakukan dengan menggunakan flashdisk. Kehilangan salah satu cara pengumpulan naskah ujian akan mempengaruhi penilaian hingga 50%. Oleh karena itu hindari kesalahan atau kelalaian baik disengaja ataupun tidak disengaja.

Soal 1: Cyberspace dalam komunikasi berkembang sebagai komunitas, politik, budaya, dan etika. Jelaskan (1) satu contoh kasus yang mampu menjelaskan ruang lingkupnya dalam (1) cybercommunity, (2) cyberpolitics, (3) cyberculture, dan (4) cyberethics dalam konteks Indonesia. Perlihatkan konsistensi yang dapat saling terkait dalam kasus yang dipilih.

Soal 2: Perkembangan teknologi media baru sangat ditentukan oleh perubahan analog menuju digital. Oleh karena itu (1) jelaskan bentuk perubahan digitalisasi dalam konteks news gathering, news production, dan news distribution; (2) bagaimana perubahan digitalisasinya jugadalam konteks socially created content, socially highlighted content dan social network; (3) jelaskan juga perubahannya dalam konteks konvergensi atau kolaborasi.

Soal 3:Infrastruktur komunikasi sangat ditentukan dengan adanya jaringan kabel bawah laut dan nirkabel. Namun yang terjadi saat ini terjadi arus konten yang memiliki kesenjangan cukup tinggi. Menurut anda: (1) jelaskan perbedaan kesenjangan konten media arus utama dan baru yang terjadi saat ini, misalnya dalam negara maju dan berkembang; (2) bagaimana penjelasan sederhana tentang kelangkaan media arus utama dan berkembangnya konten di dalam media baru di masa yang akan datang; (3) bagaimana aplikasi yang berkembang dalam konteks sunset dan sunrise industry di Indonesia.

Soal 4:Masa depan media baru juga mengalami seiring dengan perubahan yang menarik dalam me-redefinisi-kan penyiaran antara lain terjadi di radio dan televisi. Jelaskan (1) masa depan radio yang terjadi dalam mengatasi kompetisi media yang terjadi; (2) masa depan televisi yang terus berubah dari sisi teknologi produksi, distribusi, maupun konsumsinya. Kemudian (3) bagaimana web 2.0 sebagai aplikasi internet yang berkembang saat ini sebagai suatu framework.

Soal 5:Siklus media berkembang dari statis (home) menjadi dinamis (mobile). Jelaskan (1) dinamikanya di lihat dari media center, interfaces, home network, dan home media. Kemudian (2) jelaskan elemen yang bersinergi dalam konteks handheld, portable, interfaces, location based media, dan outdoor media. Pada saat yang sama (3) bagaimana hubungan media statis dan dinamis dalam lautan konten (sea of content) dan awan personal (personal cloud

 

Soal 6:Dalam strategic framework masa depan media, (1) jelaskan format dalam mainstream media; (2) revenue dalam social media; (3) content dalam konteks siklus interrelasi pengguna, filterisasi, media, dan kreasi; (4) distribusi dalam saluran, mobile, devices, dan fixed.

 

AcuanPembuatanSoal:1. SAP PokokBahasan9-15 Ditinjaudandiverifikasioleh:Dr. Farid Hamid, M.SiKetuaProgram StudiMagister IlmuKomunikasiTanggal: Soalujiandibuatoleh:Dr. Irwansyah, MATanggal: 12 Januari 2013

5 pemikiran pada “Mata Kuliah Dosen Irwansyah

  1. TMB
    Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
    Memperkenalkan konsep dasar teknologi dan media baru
    Mendiskusikan deterministik dan budaya teknologi dalam media baru
    Memperlihatkan konstruksi sosial dan jaringan aktor dalam teknologi media baru
    Membahas usabilitas teknologi dan media baru

    Suka

  2. Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
    Memperkenalkan konsep dasar teknologi dan media baru
    Mendiskusikan deterministik dan budaya teknologi dalam media baru
    Memperlihatkan konstruksi sosial dan jaringan aktor dalam teknologi media baru
    Membahas usabilitas teknologi dan media baru
    Mendeskripsikan budaya baca dan visual dalam media digital
    Mengidentifikasi komunikasi media baru bergerak
    Mendiskusikan dunia siber dan pengaruhnya terhadap komunitas dan ekonomi
    Menggambarkan perubahan budaya dan politik dalam dunia siber
    Mengidentifikasi etika dan regulasi dalam dunia siber dan media baru
    Mendiskusikan masa depan teknologi dan media baru

    Suka

  3. Mata kuliah ini menjelaskan konsep dan praktek teknologi yang menyebabkan perubahan media menjadi baru. Mata kuliah ini juga memperlihatkan kehadiran teknologi dalam media baru yang mengubah sosial, ekonomi, budaya, politik, etika dan hukum dalam masyarakat

    Suka

  4. Ping-balik: Mata Kuliah

Apa Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s