KAPITA SELEKTA (3) Peran Teknologi, globalisasi dan perubahan Sosial

Mengapa dan bagaimana bisa mempengaruhi kehidupan manusia dan akhirnya manusia bergantung pada teknologi itu?
Karena di era globalisasi saat ini setiap manusia ingin semuanya dapat dilakukan secara instant dan cepat agar menghemat waktu . maka dari itu teknologi hadir sebagai solusi untuk kehidupan manusia di era globalisasi ini . dan secara tidak sadar teknologi telah membuat gaya hidup manusia di era globalisasi ini menjadi ketergantungan terhadap teknologi itu sendiri . bayangkan saja bila di era globalisasi ini ada manusia yang belum mengenal teknologi . maka ia akan kalah bersaing dengan individu-individu yang sudah mengerti banyak tentang teknologi . oleh sebab itu kita harus dapat menerima perkembangan teknologi yang terjadi di era globalisasi ini. Salah satu teknologi yang paling berkembang pesat adalah teknologi informasi dan komunikasi . teknologi informasi dan komunikasi di era globalisasi kini sudah sangat canggih. Berikut saya akan memberikan contoh-contohnya.
5 contoh tekonologi informasi dan komunikasi yang membuat manusia menjadi ketergantungan
1. Handphone Di kehidupan sehari-hari
Hampir semua manusia yang bangun tidur lalu akan melakukan aktivitas seperti sekolah, bekerja ,kuliah dll ,pasti mereka akan membawa alat komunikasi . alat komunikasi yang mereka bawa rata-rata adala handphone. setiap hari mereka selalu membawa handphone . alasannya karena handphone di masa kini tidak hanya untuk melakukan komunikasi namun juga untuk browsing, mencari tempat melalui maps dll. tidak jarang dari mereka yang bila akan melakukan aktivitas namun ketika dijalan ia lupa membawa handphone maka ia akan kembali kerumah untuk mengambil handphonenya yang tertinggal . hal ini pasti sering kita temui bahkan kita alami sendiri dalam kehidupan sehari -hari. Karena secara tidak sadar handphone telah membuat kita menjadi ketergantungan terhadapnya di kehidupan sehari-hari.

2. Televisi

Di era kini hamper setiap manusia dirumahnya pasti memiliki televise karena televisi bisa menjadi berbagai macam fungsi contontohya : sebagai informasi, hiburan, dll. sebagai informasi , contohnya adalah ketika kita sebagai manusia ingin mengetahui apa yang sedang terjadi di masyarakat maka kita otomatis akan menonton berita di televise .sebagai hiburan ,contohnya adalah ketika manusia selesai melakukan aktivitasnya yang sehari-hari dilakukan maka ia butuh hiburan maka manusia itu akan menonton acara seperti sinetron, kartun, acara-acara sport dll untuk menjernihkan kembali pikirannya setelah capek seharian beraktivitas.

3. Power bank

Di kehidupan sehari-hari hamper setiap manusia mebawa power bank untuk beraktivitas, hal tersebut bertujuan agar ketika gadget mereka baterai-nya akan habis , mereka tidak perlu mencari colokan di dinding-dinding lagi. karena sudah memiliki power bank , alat ini sangat membantu manusia karena ketika baterai gadget nya habis tinggal colok dengan kabel yang telah disambungkan dari power bank ke gadget mereka . sehingga gadget mereka akan men-charge dengan otomatis dan gadget dapat digunakan kembali untuk informasi dan komunikasi di kehidupan sehari-hari .

4. Internet
Internet sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari –hari , tidak hanya di kalangan pelajar dan mahasiswa namun juga dikalangan pengusaha dan lain-lain . mengapa internet dibutuhkan?, karena internet dapat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari seperti membantu belajar, membantu mencari tugas, dan juga sebagai komunikasi jarak jauh . membantu dalam belajar ,contohnya adalah ketika hal yang tidak dimengerti oleh siswa dari apa yang dijelaskan gurunya di sekolah mereka dapat mencari di internet hal yang tidak mereka mengerti tadi. Membantu mencari tugas, contohnya adalah ketika guru memberi tugas kepada siswa maka siwa harus mengerjakan,namun terkadang tugas yang diberikan guru ada yang tidak dimengerti oleh siswa , maka dari itu siswa bisa langsung mencarinya di internet tenteang tugas apa yang mereka tidak mengerti. Sebagi alat komunikasi jarak jauh , contohnya adalah ketika kita dengan keluarga kita berada berbeda tempat seperti beda kota, beda Negara ataupun beda rumah, kita bisa menggunakan internet sebagai alat untuk menjalin komunikasi dengan keluarga . dengan menggunakan media social seperti facebook, skype, twitter, yahoo messenger , dan masih banyak lagi.
5. Game online
Di era kini kebanyakan anak –anak sudah tidak mau lagi bermain permainan tradisional seperti main gundu, lompat tali dan lain-lain . mereka lebih senang bermain permainan online di warnet. hal ini sangat membahayakan bagi mereka , karena game online mereka lupa belajar, lupa sekolah, lupa beribadah dan lain-lain, maka dari itu ini menjadi perhatian khusus kepada para orang tua untuk membimbing anaknya agar tidak terlalu kecanduan game online.

Di era globalisasi ini memang perkembangan teknologi dan perubahan sosial semakin cepat terjadi , namun kita harus bisa menyikapinya dengan cara yang bijak . hali ini bertujuan agar kita tidak terlalu berpengaruh terhadap teknologi dan bisa menghadapi perubahan sosial yang terjadi.

TEMPAT BELAJAR ILMU KOMUNIKASI

PERUBAHAN SOSIAL

Salah satu pemicu adanya perubahan sosial dalam masyarakat adalah karena terobosan ilmu pengetahuan; terutama karena “Ledakan Teknologi Informasi dan Komunikasi”. Terjadinya perubahan sosial dan bahkan budaya karena teknologi Informasi dan Komunikasi telah membuka babak baru bagi masyarakat untuk situasi persaingan hidup yang lebih keras. Manusia dipicu untuk lebih cepat melandapatkan informasi baik tentang peluang maupun tentang perkembangan lawan atau pesaing.
Tuliskan 5 contoh dan jelaskan contoh-contoh itu “mengapa dan bagaimana bisa mempengaruhi kehidupan manusia dan akhirnya bergantung pada teknologi itu”

Bobot 30% (500 kata).

Lihat pos aslinya