Ada 6 Unsur Manajemen : The Six M’s in Management

Ada 6 Unsur Manajemen, anda diminta jelaskan 5 di antaranya dalam ujian semester 2014-2015

The Six M’s in Management adalah uraian singkat mengenai enam unsur manajemen tersebut :

1). M e n (manusia, orang-orang, tenaga kerja)

Manusia dianggap sebagai capital asset dalam manajemen perusahaan. Sehingga dalam laporan keuangan tahunan posisi manusia (tenaga Kerja) dapat dilihat pada lapran rugi laba. Karena para pemimpin perusahaan selalu menganggap bahwa mereka telah berinvestasi kepada karyawan untuk menidiknya dan menjadi seoran profesional. Dalam kegiatan manajemen faktor manusia adalah yang paling menentukan. Titik pusat dari manajemen adalah manusia, sebab manusia membuat tujuan dan dia pulalah yang melakukan proses kegiatan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkannya itu. Manajemen timbul karena adanya orang yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.

2). Money (uang yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan)

Uang memiliki makna sebagai alat tukar, sebagai modal dan sebagai sistem nilai. Faktor monay (Uang) telah menempatkan posisi kedua sebagai unsur yang penting untuk mencapai tujuan disamping faktor manusia yang menjadi unsur paling penting (the most important tool) dan faktor-faktor lainnya. Dalam dunia modern yang merupakan faktor yang penting sebagai alat tukar dan alat pengukur nilai suatu usaha. Suatu perusahaan yang besar diukur pula dari jumlah uang berputar pada perusahaan itu. Tetapi yang menggunakan uang tidak hanya perusahaan saja, instansi pemerintah dan yayasan-yayasan juga menggunakannya. Jadi uang diperlukan pada setiap kegiatan manusia untuk mencapai tujuannya. Terlebih dalam pelaksanaan manajemen ilmiah, harus ada perhatian yang sungguh-sungguh terhadap faktor uang karena segala sesuatu diperhitungkan secara rasional yaitu memperhitungkan berapa jumlah tenaga yang harus dibayar, berapa alar-alat yang dibutuhkan yang harus dibeli dan berapa pula hasil yang dapat dicapai dari suatu investasi.

3). Machines (mesin atau alat-alat yang diperlukan untuk mencapai tujuan).

Memang tidak selamanya unsur mesin ditemukan dalam usaha-usaha sekarang ini, tetapi pandangan ini telah mewakili semua peralatan yang memberi dukungan kepada suksesnya perusahaan. Alat atau Mesin dapat meringankan dan memudahkan dalam melaksanakan pekerjaan. Hanya yang perlu diingat bahwa penggunaan mesin sangat tergantung pada manusia, bukan manusia yang tergantung atau bahkan diperbudak oleh mesin. Mesin itu sendiri tidak akan ada kalau tidak ada yang menemukannya, sedangkan yang menemukan adalah manusia. Mesin dibuat adalah untuk mempermudah atau membantu tercapainya tujuan hidup manusia.

4). Methods ( metode atau cara yang digunakan dalam usaha mencapai tujuan).

Metode adalah cara dan sistem pelaksanaan pekerjaan, namun tidak hanya terbatas pada sistem, dibutuhkan nilai-nilai kreatif di dalamnya. Metode ini diperlukan dalam setiap kegiatan menejemen yaitu dalam kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Dengan cara kerja yang baik akan memperlancar dan memudahkan pelaksanaan pekerjaan. Dibutuhkan proses pelatihan dalam mewujudkan hasil maksimal terhadap pemahaman metode kerja, sebab kalau orang yang diserahi tugas pelaksanaannya kurang mengerti atau tidak berpengalaman maka hasilnya juga akan tetap kurang baik.

5). Materials (bahan atau perlengkapan yang diperlukan untuk mencapai tujuan).

Material adalah bahan-bahan yang akan diolah menjadi produk yang siap di jual. Namun dalam banyak kasus material menjadi bahan debat, karena dalam perusahaan jasa tidak menemukan pengolahan material dalam industry yang menggunakan mesin. Material dapat diartikan sebagai bahan yang menunjang terciptanya skill pada manusia yang melakukan pekerjaan jasa. Manusia tanpa material atau bahan-bahan tidak akan dapat mencapai tujuan yang dikehendakinya, sehingga unsur material dalam manajemen tidak dapat diabaikan.

6) Market (pasar untuk menjual output/barang yang dihasilkan).

Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli. Sebelum memproduksi sesuatu tentu menghitung seberapa besar peluang pasar yang akan dimasuki oleh produk baru. Dengan memperhatikan bagaimana kekuatan pesaing. . Dengan perkataan lain pasar sangat penting untuk dikuasai demi kelangsungan proses kegiatan perusahaan atau industri. Oleh karena itu penguasaan pasar untuk mendistribusikan hasil-hasil produksi agar sampai kepada konsumen merupakan hal yang menentukan dalam aktivitas manajemen. Ada tiga hal yang menjadi dasar perhitungan kekuatan dalam pasar yaitu (1) unsur harga; (2) unsur kualitas dan (3) unsur kecepatan distribusi.

SOAL

Jelaskan menurut saudara dengan membuat contoh kasus minimal 5 unsur-unsur manajemen yang menjadi acuan bagi seorang pemimpin membangun perusahaan.