MATA KULIAH PUBLIC SPEAKING (Dasar) 3 SKS FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI

Mustika Ranto Gulo
Mustika Ranto Gulo

Ada 10 Magic Of Public Speaking by Mustika Ranto Gulo, ST., M.IKom :

  1. Language Proficiency, Penguasaan Bahasa, Istilah dan Referensi, dituntut untuk memiliki perbendaharaan kata, penguasaan bahasa dan istilah yang mampu menghipnotis audiens, dengan mengutip referensi sesuai dengan teori yang ada.
  2. Say it Right, kemampuan Spelling atau kemampuan mengucapkan kata dengan pengejaan yang benar (Spell the word correctly), tidak menimbulkan presepsi yang berbeda dari audiens anda.
  3. Charismatic Speaker, seorang yang berkharisma, anda adalah seorang ahli dibidang topic yang anda bawakan. Persiapan narasi yang tematis sangat dibutuhkan, intinya anda terlihat sangat berkharisma karena menguasai bidang anda dengan sangat akurat
  4. Body Language, gerak-gerik anda menentukan segalanya dipanggung, jika anda kaku dan tidak bebas bergerak maka jangan naik panggung. Anda adalah bintang saat naik panggung tetapi jangan pula over acting, seadanya saja.
  5. Confident and Nervous, faktornya adalah penguasaan diri yang rentan, banyak faktor penyebab yang berhubungan dengan psikologis sang pembicara.
  6. Show Case, tampilkan kasus dengan memulai pertanyaan yang unik dan tidak disangka-sangka untuk memulai pembicaraan yang hebat
  7. Consideration of alternative Solutions, Berikan pertimbangan dengan sejumlah pendapat nara sumber yang mendekati alternatif jawaban pada ‘case’ yang sesuai topik dan tema pembicaraan
  8. Sleigh Audience in your opinion, Giring audiens pada opini anda dengan memberikan contoh jawaban pada  kasus sesuai tema anda dan berikan solusi yang tepat, misalnya ‘bagaimana mengambil sikap pada masalah yang sesuai tema anda.
  9. Draw great conclusions, tariklah kesimpulan dengan hebat dan giring semua audiens masuk dalam kesimpulan anda, dengan mengajukan banyak pertanyaan dan menggiring jawabannya pada tema anda.
  10. Show Empathy at the End Speech, Tutup pembicaraan dengan penuh empati kepada audiens anda. Pembicaraan akhir menimbulkan kesan yang lama tersimpan pada audiens.

Klik disini untuk SAP (SATUAN ACARA PERKULIAHAN)

2 respons untuk ‘MATA KULIAH PUBLIC SPEAKING (Dasar) 3 SKS FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI

Apa Komentar Anda