Proposal Penelitian Mustika Ranto Gulo

Proposal Penelitian :       

FENOMENA SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO) DALAM PEMILIHAN PERANGKAT KATA KUNCI DI GOOGLE ADWORDS SEBAGAI TEKNIK BERPROMOSI MEDIA ONLINE

(Study pemilihan kata kunci di http://cctvonlineindonesia.com sebagai teknik promosi melalui media online)

oleh

Mustika Ranto Gulo

______________________________________

Latar belakang

Penelitian ini difokuskan kepada study teknik pemilihan kata kunci sebagai teknik promosi melalui media online dengan menggunakan SEO sebagai mesin pencari. Sebagai dasar pemikiran saya ajukan beberapa kasus seperti ini :

  1. Apakah ditemukan realitas bahwa masyarakat cyber telah digiring ke website tertentu ketika mencari sesuatu “kata” dalam google engine tanpa mereka sadari?Theory Baru "CyberTech Layers"
  2. Perlu diungkap apa yang sedang terjadi di masyarakat maya (Cyber Community)? Mengapa masyarakat cenderung mencari sesuatu di internet dari pada di buku direktori.
  3. Apakah masyarakat cyber sudah memahami cara berpromosi di media online? Apakah ada kemungkinan Realitas bahwa para agen iklan (perusahaan advertising)sudah bisa menangkap peluang ini?
  4. Apa peran SEO atau disebut Optimisasi mesin pencari dalam mengarahkan sebuah kata kunci ke laman web yang sudah berpromosi? Apakah SEO dijamin visibilitasnya dalam menampilkan website yang seharusnya tanpa rating menjadi urutan pertama dalam laman google Engine? Apakah ada rasa nyaman berpromosi di dunia maya yang tidak bisa dipegang validitasinya, tetapi kinerjanya akurat dan dapat dipercaya.
  5. Sejauhmana rasa nyaman berpromosi dalam Google Adwords ? Sistem dan kerja Google Adwords akan diungkap dan diteliti sehingga dapat menjadi bahan informasi bagi masyarakat cyber dimanapun.

SEO menempatkan website yang berpromosi di urutan pertama, kedua dan ketiga sesuai dengan anggaran yang sudah disepakati. Kalau tidak memakai SEO, maka rating website perusahaan akan drop di halaman yang jauh di laman searching engine. Teknik berpromosi di media seperti media cetak, media elektronik (TV dan Radio) adalah hal yang biasa dilakukan oleh agency iklan atau oleh masyarakat pada umumnya. Apakah masih relevan dengan persaingan berpromosi di Google Engine? Banyak hal yang harus diungkap karena masyarakat menganggap bahwa iklan di TV, Radio dan Media cetak tidak efektif dan mengadung biaya besar bahkan dianggap telah ketinggalan. Tetapi cara berpromosi di media online adalah sebuah tantangan baru bagi masyarakat cyber media. Mengapa berpromosi di media online (portal)? Karena masyarakat telah menggunakan internet sebagai salah satu kebutuhan primer saat ini. Seluruh aktifitas masyarakat berhubungan dengan aktifitas internet. Fenomena ini didasarkan pada dua realitas : (1) realitas Fakta Sosial; (2) Realitas Sistem Normatif.

Ada dua realitas

  1. Realitas fakta sosial, bahwa masyarakat yang mencari informasi tentang apapun di laman google search, bisa mendapatkan berbagai informasi dengan cuma-cuma tanpa batas dengan berbagai pilihan konten yang tidak terbatas. Tujuan ’search’ pada sebuah kata, untuk menampilkan informasi lengkap yang mudah di unggah dalam komputer sendiri. Masyarakat yang mencari informasi produk dalam directory seperti buku ’yellow pages’ sekarang sudah tidak efektif lagi. Sebab masyarakat dapat mencarinya di dalam media internet yang sangat kaya informasi itu, semua sudah tersedia begitu luas tanpa batas bahkan masyarakat bisa terlibat langsung untuk mengelola konten, merubah, menambah dan mengarahkannya. Dengan realitas tersebut, maka para pemakai internet akses, menggunakan kelebihan pencarian kata kunci tersebut menjadi alat promosi. Tekni Pencarian Kata Kunci tersebut telah menjadi peluang bisnis baru bagi kalangan media onine, dengan adanya SEO, maka promosi melalui pencarian kata kunci telah merubah pola beriklan dan berpromosi yang murah dan efektif. Hal ini telah menjadi realitas di masyarakat maya ”cyber community” bahwa mereka mendapat informasi produk dan jasa di halaman depan google search engine. Siapa mereka ? mereka adalah masyarakat yang bisa mengakses internet dari berbagai instrumen yang ada, seperti, komputer, Tablet PC, Smart Phone, Handphone dan lain-lain.
  2. Realitas Sistem Normatif, bahwa perusahaan-perusahaan mengurangi anggaran belanja untuk kegiatan iklan di media cetak dan media elektronik dan mengambil keputusan untuk memindahkan belanja promosi itu ke media online yang dinilai lebih efektif. Google adalah portal terbesar dunia selain Yahoo. Keduanya telah mengembangkan SEO dengan cara mengkampanyekan sebuah konten dengan cara mengarahkan sebuah kata kunci ke suatu konten (URL) yang dikehendaki. Program ini disebut Google Adwords yang menyediakan sistem perangkat lunak yang sangat canggih untuk menemukan konten web yang sudah disiapkan oleh pihak yang berpromosi pada saat para pencari kata kunci tersebut.

Teknik SEO yang mengarahkan kata kunci untuk menuju web yang sudah berpromosi di Google Adwords mampu meningkatkan klik. Kata kunci yang ditemukan oleh para klikers dan tersesuaikan dengan SEO, akan menampilkan website yang sudah dirancang untuk display berbagai produk dan jasa, sehingga masyarakat cyber yang melihatnya, tertarik untuk membeli, yang akhirnya mampu meningkatkan penjualan.

Masyarakat Maya dan SEOPengaruh peningkatan pembangunan infrastruktur, pembuatan konten dan  aksesbility internet telah merasuk dalam kehidupan masyarakat, beberapa tahun terakhir. Dari berbagai usia  buktinya orang – orang mencari apa saja di internet sebagai realitas sosial bahwa sekarang terdapat situasi di mana kehidupan tidak akan bergerak maju tanpa internet. Saat ini kegiatan pembelian dan penjualan barang dan jasa melalui internet disebut E commerce.

Beberapa langkah untuk melakukan e-commerce :

  1. Membangun konten yang disebut website,  yang mampu memberikan informasi perusahaan, seperti informasi produk dan jasa yang ditawarkan kepada masyarakat.Hal ini berhubungan dengan pemilihan nama website, contoh http://cctvonlineindonesia.com” yang harus didaftarkan dan diaktifkan pada lembaga tertentu. Kemudian pastikan bahwa website itu di simpan (hosting) disuatu server yang memiliki jaringan yang besar dan memadai, sehingga mudah diakses.
  2. Langkah berikutnya, optimalisasi web dengan berbagai cara. Salah sau caranya adalah dengan memakai SEO dari Google Adwords. Tujuannya adalah bagaimana agar web (dalam hal ini penelitian saya pada http://cctvonlineindonesia.com) bisa tampil di branda depan, cepat dan mudah dicari oleh para klikers.

Mohon jangan di copy !

4 pemikiran pada “Proposal Penelitian Mustika Ranto Gulo

  1. Search Engine Optimization adalah upaya pemasaran online dengan mengoptimalkan sebuah situs agar dapat menduduki peringkat tertinggi pada hasil pencarian search engine (mesin pencari).
    Hal ini dapat dicapai dengan mendesain situs web yang search enginefriendly, penulisan konten yang tertarget, membangun link building yang berkualitas, dan masih banyak lagi.

    Suka

  2. Persyaratan Nama Domain :
    Berikut ini adalah beberapa ketentuan umum yang perlu diketahui para anggota NamaDomain.com yang berlaku jika Anda mendaftarkan nama domain di NamaDomain.com:

    UDRP (Uniform Dispute ResolutionPolicy) – English Format
    Kebijakan yang mengatur Perselisihan antara pemilik domain dengan pihak ketiga. Kebijakan ini adalah kebijakan yang berlaku universal dan harus ditaati oleh Registrar, Pemilik Domain dan pihak manapun yang berkaitan erat dengan pendaftaran nama domain.

    Persetujuan
    Merupakan suatu kebijakan yang ditetapkan oleh NamaDomain.com kepada pendaftar domain. Kebijakan ini akan mengikat antara pendaftar domain dengan pihak Namadomain.com, yang dalam hal ini adalah situs NamaDomain.com

    Keamanan Data atau Infomasi yang diberikan
    Kebijakan yang berisikan jaminan dari NamaDomain.com kepada para pendaftar nama domain di situs NamaDomain.com. Kebijakan ini akan memberikan jaminan bahwa semua informasi yang diberikan oleh pihak pendaftar nama domain terjamin keamanannya dari kemungkinan disalahgunakan oleh pihak ketiga.

    Ketentuan dan persyaratan lainnya – English Format
    Kebijakan yang berisikan ketentuan-ketentuan umum lainnya yang belum dimuat baik itu dalam UDRP, Persetujuan maupun Kebijakan Keamanan Informasi.

    Ketentuan dan persyaratan Registrasi DotTV – English Format
    Kebijakan yang berisikan ketentuan-ketentuan umum dalam hal peregistrasian domain dengan ccTLD dotTV.

    Kesepakatan IP Klaim gTLD dotBIZ – English Format
    Kesepakatan bersama antara registry dotBIZ, registrar dan registrant untuk dapat turut dalam proses IP Claim gTLD dotBIZ.

    Kesepakatan Registrasi gTLD dotBIZ – English Format
    Kesepakatan bersama antara registry dotBIZ, registrar dan registrant yang harus dipatuhi dalam meregistrasikan gTLD dotBIZ.

    Kesepakatan Registrasi gTLD dotInfo – English Format
    Kesepakatan bersama antara registry dotInfo, registrar dan registrant yang harus dipatuhi dalam meregistrasikan gTLD dotInfo

    Suka

Apa Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s