Dasar Manajemen Kepemimpinan


SAP -Jadwal Minggu 10.15 s/d 12.45 (Baca Juga Apa Itu Manajemen?)

Dasar Manajemen Kepemimpinan

1 Min, 7 Sep 201410:15 – 12:45@ Pengertian dan peranan manajemen. (PERKULIAHAN)
2 Min, 14 Sep 201410:15 – 12:45@ Pengertian dan peranan manajemen. (PERKULIAHAN)
3 Min, 21 Sep 201410:15 – 12:45@ Lingkungan Organisasi dan Managerial (Kepemimpinan). (PERKULIAHAN)
4 Min, 28 Sep 201410:15 – 12:45@ Perencanaan. (PERKULIAHAN)
5 Min, 5 Okt 201410:15 – 12:45@ Perencanaan Strategis. (PERKULIAHAN)
6 Min, 12 Okt 201410:15 – 12:45@ Implementasi Strategi Dan Peran Pemimpin dalam Pembuatan Keputusan. (PERKULIAHAN)
7 Min, 19 Okt 201410:15 – 12:45@ Pengorganisasian. (PERKULIAHAN)
8 10:15 – 12:45@ Ujian Tengah Semester/UTS (UTS)
9 Min, 2 Nov 201410:15 – 12:45@ Koordinasi dan Rentang Manajemen. (PERKULIAHAN)
10 Min, 9 Nov 201410:15 – 12:45@ Mengelola Konflik dan Desain Pekerjaan. (PERKULIAHAN)
11 Min, 16 Nov 201410:15 – 12:45@ Pemimpin, Kekuasaan dan Distribusi Wewenang. (PERKULIAHAN)
12 Min, 23 Nov 201410:15 – 12:45@ Pengendalian (PERKULIAHAN)
13 Min, 30 Nov 201410:15 – 12:45@ Pengendalian (PERKULIAHAN)
14 Min, 7 Des 201410:15 – 12:45@ Kepemimpinan (PERKULIAHAN)
15 Min, 14 Des 201410:15 – 12:45@ Pemimpin sebagai pengelola Perubahan dan Inovasi Organisasi (PERKULIAHAN)
16 10:15 – 12:45@ Ujian Akhir Semester/UAS (UAS)

Sumber Prodi Ilmu Komunikasi S1 UMB

TUGAS untuk Kelompok 1 s/d 9 :

1.Konsep Leadership dan Management (MEYTRI SUSANTI + Angelica RF)

2.Personal Vision & Organizational Vision (Hendra + Aulia P)

3.Developing Strategy in Organization (Tiwi Selviana + Pujiono)

4.People Personality (Angga Priatama + Endah R)

5.Motivating People (Atina H + Natasya PS)

6.Managing People (Fitria DR + Ayu Lanjar )

7.Coaching & Counseling (Veronica EM + Santi PH)

8. Bagimana cara mendorong, mengarahkan, dan memotivasi orang lain. (Sesaria S + Anastasya)

9. Manajemen Konflik dan Penanganannya (Clarisa Debora Rosta)

____________________

TUGAS INDIVIDU :

Pilih Judul Paper Anda dan minta persetujuan kepada Dosen :

1.Konsep manajemen dan konsep kepemimpinan.

2.Peran dan tugas seorang pemimpin (4 Fungsi Manajemen)

3. Peran Visi pribadi dalam mendukung visi organsiasi Menjadi Sukses

4.Bagaimana cara menetapkan sasaran kerja dalam strategi untuk menggerakkan orang lain menjalankan tugasnya.

5.Kepribadian dan karakter mempengaruhi Organisasi

6.Bagimana cara mendorong, mengarahkan, dan memotivasi orang lain.

7.Wawasan dan Kepercayaan Diri Seorang Pemimpin

Syarat Paper :

1. Sampul berlogo UMB + Identitas Mahasiswa/i (Nama : Jurusan : Fakultas : Mata Kuliah : Email : Blog)

2. Kata Pengantar

3. BAB 1. Latar Belakang dan Fenomena

4. BAB 2. Pengertian dan Teori-teori

5. BAB 3. Uraian Dan Penjelasan (Study Kasus)

6. BAB 4. Kesimpulan dan Saran

7. Daftar Isi

Kirim ke ranto.komunikasi@gmail.com

By Mustika Ranto Gulo, ST. M.IKom

BACAAN UTAMA : BUKU WAJIB BACA

REF BUKU FOR LEADERSHIP
MUSTIKA RANTO GULO

25 respons untuk ‘Dasar Manajemen Kepemimpinan

  1. Di pagi itu si Jono mencoba peruntungannya, dengan sangat gembira dan penuh optimis iaakan pergi ke kantor perusahaan yang ia tuju, untuk melamar kerja,dan nama perusahaannya PT. Tak Kunjung Untung, yang bergerak di bidang furniture. Saat itu jam dinding dirumah Jono sudah menunjukan jam 6.30 pagi, Jono pun bangun dari tidur dengan berjuta mimpi indahnya, lalu Jono bergegas mandi dan sambil bernyanyi mepersiapkan diri agar bisa menggapai mimpi jono di pagi hari ini yang cerah, dan ia pun berpakaian rapih dengan mengenakan pakaian berwarna merah hati berdasi, bercelana bahan dan bersepatu kulit buaya yang nyentrik, ia pun memulai langkah sambil menatap langit serta berharap hari ini bisa diterima bekerja di perusahaan yang iya tuju. Jono pun dalam perjalan, ia sempat membuat status di profile BBM nya ” cuzzz…. cari kerja biar berkah ” sesampainya dikantor yang bernama PT. Tak Kunjung Untung, diapun menghela nafasnya dan mempersiapkan diri agar mendapatkan hasil yang terbaik dalam wawancara yang akan dihadapinya, iapun mulai memasuki lobi perusahaan melewati pintu otomatis yang terbuka dengan sendirinya, Jono pun bertanya kepada resepsionis…

    Jono : selamat pagi mba

    resepsionis : pagi pak, ada yang bisa saya bantu

    Jono : saya sudah mempunyai janji dengan Hrd untuk wawancara kerja

    resepsionis : ohw mohon ditunggu ya pak nanti saya beritahu ke Hrd dulu

    Jono : ok, terimakasih ya mba, maaf mba saya nunggu dimana ya…?

    resepsionis : oh bapak silahkan tunggu di ruang tunggu ya pak, jangan di toilet

    Jono : oh iya mba terimakasih (galak banget mba nya) #dalam hati jono

    si Jono pun pergi dan menunggu di ruang tunggu, cukup lama Jono menghabiskan waktu untuk menunggu diwawancarai kerja.

    setelah menunggu Jono pun dipanggil oleh sang resepsionis yang cantik dan sedikit galak itu.

    resepsionis : Pak Jono silahkan ke lantai 17 menemui HRD untuk wawancara.

    Jono : terimakasih mbak

    jono bergegas naik ke lantai 17 menggunakan lift dengan perasaan yang campur aduk antara senang dan gugup untuk menghadapi wawancara tersebut. sesampainya di lantai 17 ia langsung menuju ke ruangan HRD bertemu dan ia berkenalan dengan orang yang akan mewawancarainya HRD itu bernama ibu Clarra.

    Jono : selamat pagi bu saya Jono.

    Clara : iya pak Jono, saya Clara manager HRD dikantor ini

    jono : Senang bertemu dengan ibu

    Clara : silahkan duduk pak

    Dan ternyata si Jono tidak sendirian berada di ruangan ibu Clara ada 3 orang dan berjumlah 4 orang termasuk Jono yang akan di wawancarai oleh ibu Clara, ada Ujang, Jebret, Ucok dan Jono

    si jono pun mulai merasa tersaingi oleh peserta yang lainnya, dan iapun akan bertekad memberi jawaban terbaik ketika diwawancara nanti,

    Clara : selamat pagi semua bapak – bapak bagaimana kabarnya pagi ini? masih tetap semangat kan?

    bapak bapak : masih dong.

    clara : Sudah siap kan untuk wawancara bersama saya hari ini ?

    bapak bapak : siap bu.

    clara : langsung saja yaaa. tolong jawab pertanyaan saya yang pertama ini, bagaimana cara anda memindahkan 10 meja ini ke situ pak ?

    silahkan kepada bapak Ujang untuk menjawab.

    ujang: saya angkat bu di pundak saya pasti lebih terasa ringan

    clara : ohw begitu ya pak…? ok pak nanti saya kabari ya pak nanti kelanjutannya, selanjutnya pak Jebret

    jebret : ya bu saya

    clara : langsung jawab ya pak

    jebret : kalau saya bu, saya akan tumpuk meja itu sekaligus dua lalu saya seret bu

    clara : waw gitu ya pa.. ok nanti nunggu kabar dari saya ya pak, selanjutnya

    ucok : saya bu

    clara : langsung jawab pa

    ucok : maaf bu bisa diulang pertanyaannya

    clara : waduh ga nyimak ya pa?

    ucok : iya bu maaf ya

    clara : ok saya ulang, gimana caranya mengangkat 10 meja kesitu

    ucok : saya suruh orang bu untuk angkat kesana

    clara : waduhhh pak bisa gitu ya,

    ucok : iya bu pekerjaan akan terasa ringan

    clara : itu bukan kerja deh pa kayanya ( jenius nih orang hadeeehhhh) #dalam hati clara. ok next

    jono : ok siap bu..

    clara : wah semangat ya pa, silahkan jawab pa

    jono : jika saya dipercayakan dah diamanahkan jabatan ini, saya akan membuat alat seperti troli besar dan diberi roda yang bagus agar manufer alat itu lebih baik, untuk mengangkat 10 meja ini secara sekaligus bu, degan itu pekerjaan akan terasa mudah cepat efisiensi dan praktis bu, jika saya perkirakan dalam sehari kita bisa mengangkat 200 meja itu bu.

    clara : waw…. hebat sekali pa, ok pak bapak mulai besok bekerja di perusahaan ini pak… selamat bergabung pak

    jono : terimakasih bu, saya sangat senang sekali mendengar saya diterima di perusahaan ibu…

    Jono pun sangat bahagia saat itu juga, dan dia sangat bersyukur karna ia diterima bekerja hari itu.

    Dan hari Jono yang berkah itu telah dimulai dengan pekerjaan baru itu….

    Disukai oleh 1 orang

  2. 22 Maret 2015
    SI ASEP DAN SI TONI
    Suatu ketika sebuah perusahaan baru sedang membutuhkan beberapa pekerja yang mampu mengangkat dan memindahkah sebanyak sepuluh meja yang sudah tidak terpakai lagi. Meja tersebut berencana akan di pindahkan ke gudang belakang gedung perusahaan tersebut. Sang pemilik perusahaan itu bernama Pak Vino yang sudah membuka lowongan bagi setiap calon pekerja yang akan datang ke perusahaannya.

    Pada suatu hari, beberapa calon yang berminat untuk bekerja di perusahaan Pak Vino. Calon pekerja itu beranama Asep, dan Toni. Mereka pun mengirim lamarannya dan beberapa hari kemudian calon pekerja itu di panggil oleh pak Vino untuk menghadiri interview. Saat hari interview tiba calon pekerja yang bernama Asep itu datang dan Pak Vino langsung menanyakan, bagaimana cara Anda untuk memindahkan dan mengangkat sepuluh meja itu ke dalam gudang? Asep pun menjawab pertanyaan pak Vino dengan yakin dan percaya diri. “Saya mampu pak, cara saya untuk memindahkan meja-meja itu adalah dengan cara mengikatnya satu persatu meja tersebut hingga menjadi barisan dan bagian pangkal meja itu akan saya tarik menggunakan tangan saya, karena saya memiliki badan yang cukup besar dan kuat.”

    Pak Vino pun menyimpan jawaban yang Ia terima dari Asep dan memanggil calon pekerja selanjutnya yaitu Toni. Pada ruangan interview yang sama, pak Vino menanyakan hal yang sama pula dengan Toni yaitu, bagaimana cara Anda untuk memindahkan dan mengangkat sepuluh meja ke dalam gudang? Toni pun dengan lantang menjawab pertanyaan pak Vino, “Kalau saya akan menyarankan bapak agar membeli sebuah alat atau kendaraan yang dapat membawa barang-barang tersebut, agar memudahkan dalam proses pemindahan. Pak Vino pun menanggapi jawaban Toni, “Tetapi saya tidak ingin membeli alat itu karena akan mengeluarkan biaya lagi”. Toni menaggapi pernyataan pak Vino dengan santai, “Jika bapak berkenan mungkin bapak bisa berpikir-pikir lagi untuk membeli alat itu, karena alat itu sangat berguna, lebih efisien dan hemat waktu bahkan bapak bisa mempergunakan alat itu kapan saja jika sedang di butuhkan, dan saya siap menjadi pengemudi alat itu untuk segela keperluan memindahkan barang”.

    Pak Vino pun mengakhiri kegiatan interview itu dan berpikir-pikir salah satu dari mereka akan menjadi karyawannya. Pada suatu ketika pak Vino berpikir jika menerima Asep jadi karyawannya maka yang digunakan adalah badan dan otot nya saja bukan menggunakan otak, yang di khawatirkan pak Vino adalah jika ada kerjaan lainnya yang tidak hanya memindahkan meja maka Asep hanya mengandalkan otot dan badannya saja. Sedangkan pak Vino berpikir jika Ia memperkerjakan Toni maka yang di andalkan otak nya, karena Toni mampu berpikir dan menyarankan diri nya agar membelikan alat atau kendaraan yang mampu memindahkan barang apa pun dengan tepat , cepat dan sangat efisien. Lagi pula alat itu dapat di simpan dan dapat di gunakan kapan saja. Alat itu di sebut dengan forkflit.

    Tanpa ragu pak Vino langsung memanggil Toni untuk kedua kali nya. Toni pun datang ke perusahaan pak Vino lagi dengan perasaan senang. Tanpa basa basi pak Vino langsung meminta Toni untuk segera bekerja di perusahaannya. Ke esokan hari nya Toni sudah mulai bekerja untuk hari pertama nya. Pak Vino sang pemilik perusahaan itu sudah tidak ragu lagi untuk membeli forkflit untuk memudahkan pekerjaan Toni.

    Disukai oleh 1 orang

  3. PT Dominique Asyik Tbk adalah perusahaan publik yang bergerak dalam bidang jasa konstruksi di Indonesia. PT Dominique Asyik Tbk berdiri pada tanggal 11 Maret 2010 ini dipercaya sebagai perusahaan konstruksi yang handal, solid serta profesional dalam menjalankan semua usahanya. PT Dominique Asyik Tbk bersama dengan beberapa anak usahanya berkomitmen untuk menjadi perusahaan konstruksi terkemuka di Indonesia yang didukung oleh SDM yang berkualitas serta berdedikasi tinggi.

    PT, Dominique Asyik Tbk dipercayai oleh pemerintah DKI Jakarta, untuk melakukan dan perbaikan ruang rapat dengan pekerjaan memindahkan 10 meja yang selama ini terbengkalai, karena banyaknya proyek yang dilakukan oleh PT Dominique Asyik Tbk, maka PT Dominique Asyik Tbk membuka lowongan pekerjaan untuk kebutuhan SDM yang akan diminta memindahkan 10 meja,

    Informasi lowongan tersebut dimuat dan disampaikan melalui media elektronik, media sosial serta media cetak.

    Adapun kualifikasi kebutuhan SDM sebagai berikurt :

    Pria atau wanita
    Pendidikan minimal Sma
    Usia tidak lebih dari 30 tahun
    Sehat jasmani dan rohani
    Berkepribadian baik
    Berpenampilan menarik
    Sehat jasmani dan rohani

    Tanpa terasa 2 ( dua ) hari setelah lamaran dimuat atau diinformasikan ke publik, ternyata HRD PT. Dominique Asyik sudah menerima 4 ( empat ) lamaran, yang isinya bermaksud melamar perkerjaan untuk memindahkan 10 meja dari ruang rapat sesuai dengan lowongan yang dimuat, selanjutnya HRD melakukan konfirmasi terhadap 4 ( empat ) pelamar dengan menelepon ke masing – ,masing pelamar sesuai dengan no Handpone yang tercantum pada surat lamaran,

    Adapun informasi yang disampaikan adalah, para pelamar diminta hadir interview,

    pada hari Jum,at , 20 Maret 2015 jam 08.00 WIB dengan alamat PT. Dominique Asyik, ruang Kaizen, yang mana kehadiran tersebut untuk melakukan test interview dengan HRD PT. Dominique Asyik, hasil konfirmasi semua pelamar bersedia untuk untuk interview,

    Seiring berjalannya waktu, hari dimana jadwal pelaksanaan interview sudah tiba dan masing – masing pelamar pun sudah datang ke kantor PT. Dominique Asyik dengan berpakai rapi dan sopan

    Para pelamar terdiri dari 4 ( emapat ) orang diantanya 3 ( tiga ) orang laki – laki dan 1 ( satu ) orang wanita, mereka pun langsung memasuki lobby dan menghampiri petugas lobby dengan menyampaikan tujuannya untuk datang test interview kebutuhan SDM memindahkan meja.

    Demi keamanan petugas loby meminta kartu identitas pelamar, tetapi disaat seorang wanita yang juga menjadi salah satu pelamar memberikan KTP, petugas lobby kaget dan langsung bertanya kepada wanita tersebut,

    Dengan pertanyaan : Mba yakin ingin melamar pekerjaan memindahkan 10 meja, petugas lobby bertanya sambil tertawa dan seolah tidak percaya,

    Pelamar wanita menjawab : saya yakin pak saya bisa…bapak jangan merendahkan saya dulu

    Selanjutnya para pelamar mendapatkan no urut test interview dari HRD,

    Masing – masing pelamar menunggu diruang yang telah disiapkan,

    sebagai informasi untuk pelamar wanita kebagian no urut 4 ( empat )

    No urut 1 ( satu ) sudah diperbolehkan masuk ruangan,

    Dengan interview sebagai berikut :

    HRD : Silahkan duduk, siapa nama anda

    Pelamar 1 : Saya Dimas

    HRD : Kamu bisa memindahkan 10 meja, dan kalau bisa bagaimana caranya

    Pelamar 1 :Bisa pak, tetapi saya butuh teman untuk memindahkannya, karena kalau sendiri berat,

    HRD : Oke, Terima kasih, anda tidak bisa kami terima.

    Selanjutnya No urut 2 :

    Dengan interview sebagai berikut :

    HRD : Silahkan duduk, siapa nama anda

    Pelamar 2 : Saya Bagas

    HRD : Kamu bisa memindahkan 10 meja, dan kalau bisa bagaimana caranya

    Pelamar 2 :Bisa pak, tetapi saya tidak janji untuk bisa selesai dalam 1 hari

    HRD : Oke, Terima kasih, anda tidak bisa kami terima.

    Selanjutnya No urut 3 :

    Dengan interview sebagai berikut :

    HRD : Silahkan duduk, siapa nama anda

    Pelamar 3 : Saya Dani

    HRD : Kamu bisa memindahkan 10 meja, dan kalau bisa bagaimana caranya

    Pelamar 3 :Bisa pak, dan saya kerjakan dengan sekuat tenaga saya dengansaya angakat satu persatu

    HRD : Oke, Terima kasih, tunggu informasi dari kami

    Selanjutnya No urut 3 :

    Dengan interview sebagai berikut :

    HRD : Silahkan duduk, siapa nama anda

    Pelamar 4 : Baik pak, Saya Siska

    HRD : Hehehe ( tertawa kencang ) , kamu yakin bisa memindahkan 10 meja, dan kalau bisa bagaimana caranya

    Pelamar 4 :Bisa pak, saya akan membuat alat untu memindahkan meja – meja tersebut, jangan kan 10 meja pak, 100 meja saya bisa dengan alat yang saya buat secara cepat.

    HRD : Oke, Terima kasih, Kamu memang HEBAT dan kamu yang kami cari.

    Selamat bergabung Siska…di Perusahaan PT. Dominique Asyik Tbk.

    Disukai oleh 2 orang

  4. UNIVERSITAS MERCU BUANA
    FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI SEMESTER GANJIL September 2014 – Januari 2015
    MATA KULIAH : Dasar Manajemen dan Organisasi
    Jurusan (Kelas) Jam Sifat Ujian Keterangan
    Public Relation Tutup Buku Diizinkan buka Smarphone

    Perhatikan : Saudara hanya menjawab 3 soal dibawah ini sesuai dengan ketentuan bahwa bagi yang memiliki Nomor Induk Mahasiswa (NIM) Ganjil menjawab soal 1, 3 dan 5, sedangkan NIM Genap menjawab soal 1, 2 dan 4
    SOAL :
    1. Jelaskan menurut saudara dengan membuat contoh kasus tentang 6 (enam) unsur-unsur manajemen yang menjadi acuan bagi seorang pemimpin (500 kata)
    2. Sebutkan dan jelaskan 7 kasus kegagalan organisasi perusahaan yang berbasis manajemen keluarga (500 kata)
    3. Jelaskan Apa Itu unsur-unsur Leadership (minimal 9 item) 500 kata
    4. Jelaskan dengan contoh kasus apa yang dimaksud dengan Koordinasi dan Rentang Kendali Manajemen (500 kata)
    5. Berikan contoh bagaimana cara Mengelola Konflik dan apa hubungannya dengan Desain Pekerjaan dalam job description (500 kata)

    Dosen Ir. Mustika Ranto Gulo, M.IKOM

    The Six M’s in Management adalah uraian singkat mengenai enam unsur manajemen tersebut :
    a. M e n (manusia, orang-orang, tenaga kerja)
    Tenaga kerja ini meliputi baik tenaga kerja eksekutif maupun operatif. Dalam kegiatan manajemen faktor manusia adalah yang paling menentukan. Titik pusat dari manajemen adalah manusia, sebab manusia membuat tujuan dan dia pulalah yang melakukan proses kegiatan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkannya itu. Tanpa tenaga kerja tidak akan ada proses kerja. Hanya saja manajemen itu sendiri tidak akan timbul apabila setiap orang bekerja untuk dirinya sendiri saja tanpa mengadakan kerjasama dengan yang lain. Manajemen timbul karena adanya orang yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.
    b. Money (uang yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan)
    Uang merupakan unsur yang penting untuk mencapai tujuan disamping faktor manusia yang menjadi unsur paling penting (the most important tool) dan faktor-faktor lainnya. Dalam dunia modern yang merupakan faktor yang penting sebagai alat tukar dan alat pengukur nilai suatu usaha. Suatu perusahaan yang besar diukur pula dari jumlah uang berputar pada perusahaan itu. Tetapi yang menggunakan uang tidak hanya perusahaan saja, instansi pemerintah dan yayasan-yayasan juga menggunakannya. Jadi uang diperlukan pada setiap kegiatan manusia untuk mencapai tujuannya. Terlebih dalam pelaksanaan manajemen ilmiah, harus ada perhatian yang sungguh-sungguh terhadap faktor uang karena segala sesuatu diperhitungkan secara rasional yaitu memperhitungkan berapa jumlah tenaga yang harus dibayar, berapa alar-alat yang dibutuhkan yang harus dibeli dan berapa pula hasil yang dapat dicapai dari suatu investasi.
    c. Machines (mesin atau alat-alat yang diperlukan untuk mencapai tujuan).
    Dalam setiap organisasi, peranan mesin-mesin sebagai alat pembantu kerja sangat diperlukan. Mesin dapat meringankan dan memudahkan dalam melaksanakan pekerjaan. Hanya yang perlu diingat bahwa penggunaan mesin sangat tergantung pada manusia, bukan manusia yang tergantung atau bahkan diperbudak oleh mesin. Mesin itu sendiri tidak akan ada kalau tidak ada yang menemukannya, sedangkan yang menemukan adalah manusia. Mesin dibuat adalah untuk mempermudah atau membantu tercapainya tujuan hidup manusia.
    d. Methods ( metoda atau cara yang digunakan dalam usaha mencapai tujuan).
    Cara untuk melaksanakan pekerjaan dalam mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sangat menentukan hasil kerja seseorang. Metode ini diperlukan dalam setiap kegiatan menejemen yaitu dalam kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Dengan cara kerja yang baik akan memperlancar dan memudahkan pelaksanaan pekerjaan. Tetapi walaupun metode kerja yang telah dirumuskan atau ditetapkan itu baik, kalau orang yang diserahi tugas pelaksanaannya kurang mengerti atau tidak berpengalaman maka hasilnya juga akan tetap kurang baik. Oleh karena itu hasil penggunaan/penerapan suatu metode akan tergantung pula pada orangnya.
    e. Materials (bahan atau perlengkapan yang diperlukan untuk mencapai tujuan).
    Manusia tanpa material atau bahan-bahan tidak akan dapat mencapai tujuan yang dikehendakinya, sehingga unsur material dalam manajemen tidak dapat diabaikan.
    f. Market (pasar untuk menjual output/barang yang dihasilkan).
    Bagi suatu perusahaan, pemasaran produk yang dihasilkan sudah barang tentu sangat penting bagi kelangsungan proses produksi dari perusahaan itu sendiri. Proses produksi suatu barang akan berhenti apabila barang-barang yang diproduksi itu tidak laku atau tidak diserap oleh konsumen. Dengan perkataan lain pasar sangat penting untuk dikuasai demi kelangsungan proses kegiatan perusahaan atau industri. Oleh karena itu penguasaan pasar untuk mendistribusikan hasil-hasil produksi agar sampai kepada konsumen merupakan hal yang menentukan dalam aktivitas manajemen. Agar pasaran dapat dikuasai maka kualitas dan harga barang harus sesuai dengan selera dan daya beli konsumen. Barang yang berkualitas rendah dengan harga yang relatif mahal tidak akan laku dijual. Hal diatas adalah penggunaan pasar dalam dunia perniagaan. Adapun dalam administrasi Negara, yang menjadi pasar adalah masyarakat (publik) secara keseluruhan, sedangkan yang menjadi produknya adalah berupa pelayanan dan jasa (service). Apabila rakyat atau masyarakat telah merasakan pelayanan yang sebaik-baiknya dari pemerintahnya maka rakyat akan pula memberikan kerjasama dengan sebaik-baiknya atau dengan perkataan lain mendukungnya sehingga pemerintahan dapat berjalan dengan stabil.

    Disukai oleh 3 orang

Apa Komentar Anda