Teknik Memperkuat PESAN Tema Pidato

Setelah sesi ke 5 berlalu kini kita masuk pada sesi ke 6 (enam) :

“Teknik Memperkuat {PESAN} Tema Pidato”

Ingat bahwa : Public Speaking telah kita singkat pengertiannya “Berbicara Kepada Khalayak”. Dalam rangka berbicara itulah kita analisis tentang apa isi yang kita bicarakan, dan bagaimana membuatnya lebih bernilai sehingga mencapai sasaran yang hebat. Teknik Memperkuat Tema Pidato, bertujuan untuk membuat tema anda lebih mendalam mengenai sasaran tidak akan lari dari pokok pembicaraan. Kualitas Pidato sangat penting untuk memberi rasa puas kepada publik.

Perumpamaan tentang kualitas pidato. Kalau anda pernah mendengar sebuah lagu, yang dibawakan sangat indah dan dipadu dengan penampilan fisik penyanyinya, membuat anda berinding bahkan meneteskan air mata karena kualitas yg tiada tara, maka pidatopun bisa seperti itu !

Mantapkan ya pidato anda, begini caranya :

  1. MAKNA DAN ARTI JUDUL, Pahami semua arti dan makna kata dalam judul pidato anda. Misalnya judul pidatonya adalah “Orang Yang Membawa Damai Disebut Anak-anak Allah”. Maka anda harus paham arti kata yang ada dalam judul pidato ini satu persatu. Apa artinya orang yang membawa damai? Apa yang dimaksud dengan Anak-anak Allah. Setelah itu ajukan pertanyaan “kritis” dengan mengkritisi judul pidato. Contohnya, apakah ada orang yang membawa perang/konflik dan bukan damai. Kemudian tanyakan siapakah mereka yang bukan anak2 Allah, apakah mereka disebut anak2 Iblis? Saudara wajib menyiapkan diri untuk pemahaman dan jawaban inti pidato ini lalu anda boleh lanjut proses berikutnya.
  2. LINK REFERENSI, Berdasarkan pengertian=pengertian diatas serta jawaban pertanyaan yang kritis itu, carilah LINK yang berhubungan erat tentang teori atau pendapat orang lain tentang tema ini. Pasti ada pendapat baik buku, statement, atau teori-teori dari peneliti sebelumnya. Yang paling penting adalah link kitab suci karena Pidato anda adalah bersifat religius. Catat semua link itu !
  3. SUSUNAN OUTLINE, Tahap Menyusun Outline Pidato anda agar tidak lari dari tema, dengan cara :
    • Judul Pidato : (sifatnya universal) yang siap diterima oleh semua kalangan dan bukan hanya untuk golongan tertentu saja. Teknik memilih pidato seperti ini lebih menarik dibandingkan dengan motif sektarian.
    • Subtema Pidato, adalah inti pidato yang memperlihatkan sisi tujuan dan misi apa yang ingin di capai.
    • Pendahuluan Pidato, teknik yang sering saya pakai, memulainya dengan perumpamaan, atau contoh cerita yang sangat erat hubungannya dengan tema lalu masuk ketahap berikutnya dengan membaca tema dan menguraikan makna tema lalu saya hubungkan dengan sub tema. Sesungguhnynya pidato telah selesai dengan uraian ini, namun yang membuat menarik adalah tahap berikutnya.
    • Buatlah catatan kecil “Speech Notes” yang akan anda pakai pada saat berpidato atau berdebat atau bicara mengajar, ini hal biasa dilakukan oleh para nara sumber. Kadang mereka hanya memakai Smartphone yang ada fasilitas notes sehingga lebih mudah dan akurat.
  4. APLIKASI DAN FENOMENALITAS, Cari minimal 3 atau 5 contoh aplikasi cerita yang sesuai dengan pidato; yaitu peristiwa di dalam masyarakat yang sedang terjadi. Carilah fenomena-fenomena yang nyata dan uraikan dengan jelas mengapa semua itu terjadi dan apa hubungannya dengan tema kita.
saat-kamu-jatuh-cinta-1
Mustika Ranto Gulo

5. Final Conclusion, Anda harus sangat lihai untuk membungkus produk anda dengan package yang mewah, demikian juga denga pidato anda harus dibungkus dengan kalimat kesimpulan yang hebat. Kualitasnya ada disini karena dengan kesimpulan ini anda telah memberikan audiens anda dengan barang mewah….sangat mewah yang tak akan dibuang begitu saja. Berkesan dalam jiwa pendengar bahkan bakal menjadi bahan pembicaraan atau viral di media sosial atau di mana pun berada.

by Ir. Mustika Ranto Gulo, M.Ikom