10 Penyebab Nervous Oleh Mustika Ranto Gulo

SOAL UAS

Jelaskan minimal 5 alasan mengapa pembicara sering mengalami grogi ‘nervous’ (demam panggung) dan bagaimana cara mengatasi di atas panggung sehingga bisa normal kembali situasi dan keadaan pembicara.

BAHAN BACAAN

Terdapat 10 rangking tertinggi penyebab grogi atau Nervous atau demam panggung menurut hasil survey yang dilakukan bapak Mustika Ranto Gulo, ST., M.Ikom pada tahun 2013 (200 responden) yaitu :

  1. Penguasaan Materi  ranking 1 dengan responden 200 orang (alasannya adalah tidak menguasai materi sehingga bingung harus memilih tema atau harus bicara tentang apa, bagaimana dan mulai darimana)
  2. Belum Terbiasa Bicara rangking 2 dengan esponden 189 orang (alasannya adalah belum terbiasa berbicara di atas panggung dihadapan banyak orang)
  3. Kelas Sosial Lebih Rendah rangking 3 dengan responden 189 orang sama dengan no 3 di atas (alasannya adalah pembicara merasa lebih rendah/lebih miskin; hal ini menyangkut strata sosial yang berbeda, dan juga karena pakaian yang tidak sesuai dengan tema acara, terlalu murah atau terlalu mahal dan sebagainya)
  4. Usia Masih Muda rangking 4 dengan responden 178 orang (alasannya adalah belum pantas bicara di depan orang yang lebih tua, belum layak bicara, hal itu menyangkut kepercayaan diri atau identitas diri yang belum kuat)
  5. Keadaan/Kondisi Penontotn atau Audiens rangking 5 dengan responden 150 orang (dengan alasan bahwa keadaan penonton sangat tidak terkendali; atau ditengah2 penonton ada orang yang mengenal latar belakang anda).
  6. Kehilangan tema pidato, tiba-tiba lupa rangking 6 dengan responden 127 orang (alasannya bahwa saat naik panggung tiba-tiba tema pidato yang sdh dihafal itu lupa seketika, karena 3 faktor yaitu keadaan panggung yang mewah, keadaan penonton yang aktif dan persiapan diri yang tidak matang).
  7. Kesehatan Diri Kurang rangking 7 dengan responden 125 orang (Alsannya adalah kurang fit, belum sarapan atau makan siang, sedang lapar atau sedang haus, akibat minum obat jantung berdebar-debar, terlalu banyak minum kafein dan lain sebagainya)
  8. Sarana Dan prasarana Penunjang tidak memadai rangking 8 dengan responden 125 (alasannya adalah kemungkinan sound sistem yang rusak, panggung yang tidak memadai, nyaman dan juga alat presentasi anda tidak berfungsi dengan baik)
  9. Kondisi Audiens Tidak Sesuai dengan Tema Pidato rangking 9 dengan reponden 109 orang (alasannya bahwa pidato terlalu tiba-tiba sehingga persiapan kurang; selain itu adalah tidak menguasai informasi siapa pendengar penonton atau audiens sehingga topiknya sangat tidak berhubungan)
  10. Melakukan Kesalahan Kecil diawal Pidato rangking 10 dengan responden 103 orang (alasannya adalah tanpa disengaja terjadi kesalahan kecil di awal presentasi atau pidato misalnya salah mengucapkan greetings sehingga kehilangan kepercayaan diri atas kesalahan itu).

 

## dikutip dari buku:  Ten of Magic Public Speaking, 2016 oleh Gulo, Mustika Ranto, ST., M.IKom Penerbit Showcase Indonesia PT