pengantar ilmu komunikas uas (1)

Dalam teori komunikasi terdapat fungsi utama bahasa yang dapat dipakai sebagai pedoman di dalam tindakan manusia diantaranya adalah fungsi : Pribadi, Kontrol, Referensial, Imajinatif dan Manajemen Identitas. Jelaskan dan berikan contoh ?

Jelaskan dan berikan 5 contoh ?

Teori komunikasi adalah satu pandangan dan strategi yang akan membentuk alat dan rangka kerja untuk sesuatu perkara yang hendak dilaksanakan Dalam proses komunikasi teori akan membina bentuk dan kaidah komunikasi yang hendak dibuat. Melalui penulisan ini pejelasan tentang beberapa teori komunikasi akan dibuat.[1] Terdapat dua aspek utama yang dilihat secara tidak langsung dalam bidang ini sebagai satu bidang pengkajian yang baru. Aspek pertama ialah perkembangan dari beberapa sudut atau kejaidian seperti teknologi komunikasi, perindustrian dan politik dunia. Teknologi komunikasi contohnya radio, televisi, telefon, setelit, rangkaian komputer telah menghasilkan ide untuk mengetahui apakah kesan perkembangan teknologi komunikasi terhadap individu, masyarakat dan penduduk disebuah negara. Perkembangan politik dunia, memperlihatkah bagaimana kesan politik terhadap publik sehingga menimbulkan propaganda dan pendapat umum. Seterusnya perkembangan perindustrian seperti perminyakan dan perkapalan menuntut betapa perlunya komunikasi yang berkesan untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas agar mencapai maksud atau tujuan organisasi tersebut. Aspek kedua ialah dari sudut kajian di mana para pelajar berminat untuk mengkaji bidang-bidang yang berkaitan dengan komunikasi seperti mereka yang dari bidang psikologi sosial mengkaji penggunaan teknologi baru terhadap kesan tayangan animasi kepada anak-anak , propaganda dan dinamik kelompok. penjelasan atas politik dunia seperti menganalisa propaganda Nazi yang mampu mempengaruhi pendengar sehingga mereka patuh dan bersatu. Selanjutnya kajian awal penyelidik atas perindustrian yang pada separuh abad ke-20 tertuju kepada memenuhi keinginan sektor pemasaran untuk mengetahui komunikasi dengan lebih dekat setelah pengiklanan menunjukan kepentingannya. Oleh karena itu, bidang komunikasi mengambil langkah dan maju kedepan setelah berlakunya pengembangan dari sudut teknologi komunikasi, perindustrian dan politik dunia serta kajian-kajian yang telah dilakukan. Sehingga bidang komunikasi menjadi bidang pengkajian yang baru dan mula diminati oleh banyak orang. Namun, bidang yang menjadi asas kepada bidang komunikasi ialah bidang-bidang sains sosial seperti sosiologi, pendidikan, psikologi sosial, pengurusan, antropologi dan psikologi.

  1. Tempo

Yang dimaksud Tempo adalah seringnya berinteraksi. Dalam sebuah kualitas hubungan, Tempo sangatlah menentukan apakah hubungan itu termasuk berkualitas atau tidak. Karena didalam Tempo kita bisa menilai hal apa yang membuat hubungan itu menjadi menarik sehingga membuat hubungan menjadi berkualitas. Dengan adanya sering berinteraksi maka secara otomatis kita sudah menjaga kualitas hubungan kita kepada setiap lawan bicara kita.

Contohnya, dalam berkomunikasi harus sering dilakukan ,apabila jarang melakukan komunikasi setidaknya 2-5 kali

  1. Konten

konten yaitu memperhatikan  isi yang pantas dibicarakan. Hal ini sangatlah menentukan apakah kualitas dalam suatu hubungan sudah tercipta atau belum. Dalam suatu hubungan pastinya hal yang paling pokok difokuskan adalah isi pembicaraan, apakah isi pembicaraan itu pantas atau tidak. Karena dalam melihat kualitas hubungan pasti isi pembicaran yang paling diutamakan.

Contohnya, jika dalam suatu pembicaraan dengan satu topik dan lawan pembicara mencampurkan dengan topik lain maka suatu pembicaraan yang terjadi tidak efektif

  1. Attention

Didalam menjaga kualitas hubungan ini adalah salah satu unsur yang bisa menilai apakah hubungan berkualitas atau tidak. Artinya disini Attention menerangkan apakah disuatu hubungan menghasilkan sebuah perhatian atau kepedulian.. Jika kedua pihak dalam suatu hubungan menciptakan bentuk kepedulian dan perhatian, maka sudah dapat dikatakan bahwa hubungan sudah termasuk kedalam hubungan yang berkualitas. Kepedulian dan perhatian disini bisa berbentuk simpati atau juga berbentuk empati.

Contohnya, jika dalam suatu wadah pembicaraan ada diantara yang memiliki permasalahan maka saling membantu atau adanya perhatian dan kepedulian yang di timblkan

  1. Kejujuran

Dalam menjaga kualitas hubungan, baik itu hubungan sesama teman, rekan kerja bahkan lawan jenis.. Kejujuran adalah hal yang paling sulit tercipta didalam menjaga kualitas hubungan. Karena dalam menciptakan kejujuran akan menimbulkan reaksi dan dampak yang berbeda, ada yang berdampak baik bahkan ada pula yang membuat kejujuran menjadi hal yang buruk. Tetapi seburuk buruknya hal yang ingin kita katakan, jujur adalah tindakan yang terbaik dalam menjaga kualitas hubungan.

Contohnya, apabila dalam suatu hubungan harus ada kejujuran jika tidak ada nya kejujuran maka terjadi nya kebohongan dan timbul konflik permasalahan

  1. Kepercayaan, unsur kepercayaan juga hal yang pokok dalam menjaga kualitas hubungan. Dalam membina hubungan yang berkualitas kepercayaan adalah tiang yang juga terpenting. Kepercayaan bisa membuat hubungan menjadi lebih nyaman dan tanpa beban. Kalau unsur saling mempercayai sudah dilakukan makan kualitas hubungan sudah pasti dapat terjaga.

contohnya :Harus ada nya kepercayaan jika ingin menjalin komunikasi dengan baik