PUBLIC SPEAKING (UAS 3)

Jelaskan peran seorang motivator dalam teori public speaking jika makna dan tujuan Public Speaking adalah komunikasi yang dilakukan secara lisan kepada orang banyak dengan tujuan mempengaruhi, mengajak, mendidik, mengubah opini, memberikan penjelasan, dan memberikan informasi kepada orang banyak .(40)

Ada sedikitnya tiga tujuan utama sebuah kegiatan Public Speaking dilakukan.

Pertama; Informasi (Information) atau hanya sekedar memberi pesan. Misalnya Pengumuman tentang kegiatan Sosialisasi Pemakaian Kontrasepsi dan meminimalisasi resikonya.

Kedua; Influence atau mempengaruhi. Mempengaruhi audiens agar merubah sikap, pandangan politik atau mengarahkan orang lain agar berubah sikap atau perilaku khalayak. Tema materi kegiatan ini biasanya ditentukan dengan kekuatan kata (Power of words) yang mengandung unsur filosofi. Misalnya tema pidato “PENJARA TERKUAT ADALAH PIKIRAN MANUSIA”. Tentu saja dalam penjelasan tema itu mempengaruhi orang lain agar berpikir lebih luas dan tidak ethnic centrist of fanaticism. 

Ketiga; Participated In atau mengikuti. Berbgai penafsiran bahwa dalam tujuan ini, kegiatan Public Speaking dianggap sebagai following issue saja. Mendukung kondisi audiens (khalayak) dengan menempatkan diri sebagai orang yang simpatik. Memberi dukungan moral kepada audiens yang sedang mengalami kesusahan karena bencana alam, membangkitkan mereka dengan menunjukkan empatik, memberi penghiburan dengan penuh perhatian.

Dalam pidato-pidato yang anda sampaikan, apakah mengandung tujuan yang jelas?

MRG (KISI-KISI UAS 3)