ETIKA DAN FILSAFAT ILMU KOMUNIKASI (UAS 1)

Jelaskan mengapa teknologi ciptaan manusia, dianggap sebagai bencana bagi manusia?  Bedakan pandangan determinasi dan strukturasi. Kemampuan manusia untuk mengembangkan teknologi didorong oleh kelemahan fisiknya yang harus berhadapan dengan ancaman dan tantangan lingkungan. Oleh karenanya, dengan memanfaatkan panca indera dan otaknya, manusia ‘dipaksa’ untuk memiliki teknologi yang ia perlukan guna mempertahankan kelangsungan hidupnya (Gehlen, 1940). (40)

Pada awalnya pemahaman deterministik (determinasi) versus strukturasi membingungkan banyak kalangan. Saya coba jelaskan sedikit saja, sbb:

Sikap kekaguman manusia pada teknologi informasi sering menjadi basis bagi pandangan positivistis dan deterministik. Dalam pandangan ini menyatakan bahwa teknologi informasi menimbulkan dampak yang sudah dapat diduga sebelumnya. Beberapa contoh, misalnya, penganut pandangan deterministik menganggap bahwa komputer dan Internet pasti menghasilkan liberalisasi informasi, memajukan perekonomian, dan membawa kesejahteraan. Atau sebaliknya, pandangan fatalis menganggap bahwa Internet pasti akan menimbulkan kekacauan moral, dekadensi, kejahatan antar-negara. Di bidang perpustakaan dan informasi, teknologi selalu dilihat sebagai pisau bermata-dua: di satu sisi mempermudah akses, di sisi lain menimbulkan kekacauan organisasi informasi dan kesenjangan digital.

Selamat Ujian ya

MRG (KISI-KISI ETFIKOM 1)