ETIKA DAN FILSAFAT ILMU KOMUNIKASI (UAS 2)

Jelaskan apa yang dimaksud dengan Media Massa Kontemporer dan berikan contoh kasus, dimana masyarakat memandang media sebagai salah satu alat yang mampu memberi informasi yang dibutuhkan masyarakat secara positif. Teori Media Massa Kontemporer berkembang dinegara-negara berkembang, yang mengalami keterbatasan infrastruktur komunikasi, ketrampilan professional, sumber daya produksi, budaya yang dianut, tersedianya audiens dan ketergantungan secara umum pada produk tegnologi, ketranpilan dan budaya. (30)

Masyarakat kita selalu menuduh bahwa anak-anak sangat tidak beretika karena pengaruh barat dan karena informasi sangat terbuka. Disisi lain masyarakat kita sangat tergantung pada informasi itu sendiri. Dan pada saat informasi itu tersendat maka masyarakat kita merasa bahwa denyut nadi bisnis di dunia terhenti.

Informasi diseluruh bagian dunia dapat kita nikmati karena kecanggihan infrastuktur teknologi yang mendukung pemutahiran media komunikasi. Penerapan teknologi komunikasi harus didahului oleh penguasaan teknologi komunikasi tersebut. Konten media online yang dulunya sulit untuk kita nikmati, sekarang sudah sangat terbuka untuk dinikmati oleh ibu rumah tangga disetiap rumah. Bukti bahwa pemakaian teknologi komunikasi sangat menguntungkan, misalnya meningkatkan produktivitas serta memperpendek  waktu dan jarak.

Media masa kontemporer terdiri dari media massa online (newspaper online, magazine online, digital radio, digital television); media non-massa online (chatting, teleconference, videoconference); dan media sosial online (Facebook, Twitter, Blog).

MRG (KISI-KISI UAS ETFILKOM 2)