jawaban no5 tentang presepsi

5. Berikut ini pengertian presepsi dari para ahli
• Menurut Bimo Walgito = pengertian persepsi adalah suatu proses yang didahului oleh penginderaan yaitu merupakan proses yang berwujud diterimanya stimulus oleh individu melalui alat indera atau juga disebut proses sensoris.
• Menurut Slameto (2010:102) = persepsi adalah proses yang menyangkut masuknya pesan atau informasi kedalam otak manusia, melalui persepsi manusia terus menerus mengadakan hubungan dengan lingkungannya. Hubungan ini dilakukan lewat inderanya, yaitu indera pengelihat, pendengar, peraba, perasa, dan pencium.
• Menurut Robbins (2003:97) yang mendeskripsikan bahwa persepsi merupakan kesan yang diperoleh oleh individu melalui panca indera kemudian di analisa (diorganisir), diintepretasi dan kemudian dievaluasi, sehingga individu tersebut memperoleh makna.
• Menurut Purwodarminto (1990: 759), persepsi adalah tanggapan langsung dari suatu serapan atau proses seseorang mengetahui beberapa hal melalui pengindraan. Dalam kamus besar psikologi, persepsi diartikan sebagai suatu proses pengamatan seseorang terhadap lingkungan dengan menggunakan indra-indra yang dimiliki sehingga ia menjadi sadar akan segala sesuatu yang ada dilingkungannya.
Persepsi mempunyai sifat subjektif, karena bergantung pada kemampuan dan keadaan dari masing-masing individu, sehingga akan ditafsirkan berbeda oleh individu yang satu dengan yang lain. Dengan demikian persepsi merupakan proses perlakuan individu yaitu pemberian tanggapan, arti, gambaran, atau penginterprestasian terhadap apa yang dilihat, didengar, atau dirasakan oleh indranya dalam bentuk sikap, pendapat, dan tingkah laku atau disebut sebagai perilaku individu.

Nah, menurut pak MRG dikelas

Presepsi adalah pandangan hak individual yang sangat konkrit setiap manusia dimana dan kapan saja. Presepsi itu mampu membuat manusia menentukan pilihan pandangan hidupnya. Presepsi mampu memotivasi manusia untuk melakukan apapun yang ia rasa bahwa keputusannya adalah yang terbaik. Persepsi adalah esensi komunikasi itu sendiri, yang terus menerus menuju posisi pembenaran dengan mengujinya melalui interaksi dengan lingkungannya. Oleh karena itu persepsi dianggap sebagai energi yang sangat kuat untuk membuat manusia berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki kesamaan pandangan. Manusia akan menentukan pesan mana yang dianggap penting dan pesan mana yang dianggap tidak menguntungkan sehingga diabaikan. Semakin tinggi derajat kesamaan persepsi individu, semakin sering berinteraksi dan berkomunikasi.

Perhatikan buku : Larry A. Samovar dan Richard E. Porter_Larry A. Samovar dan Richard E. Porter yang mengemukakan 6 unsur budaya yang secara langsun

Kepercayaan (beliefs), nilai ( values ), sikap ( attitude )
Pandangan dunia ( world view )
Organisasi sosial ( sozial organization )
Tabiat manusia ( human nature )
Orientasi kegiatan ( activity orientation )
Persepsi tentang diri dan orang lain ( perseption of self and other )

Sebagai tugas : Apa Konsekwensinya jika manusia memiliki presepsi yang sama ? Berikan contoh dan aplikasinya!

Sebelum kita lanjut, perhatikan apa korelasi antara presepsi dengan hermeneutika

Hermeneutika adalah suatu ilmu filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Kata hermeneutika berasal dari bahasa Yunani yaitu hermeneuien yang bermakna menafsirkan, memberi pemahaman, dan menerjemahkan. Jika dikaji lebih mendalam maka kata ini berasal dari kata hermes (dewa pengetahuan) yakni dewa yunani yang bertugas untuk memberi pemahaman untuk umat-umat mereka dari pesan-pesan dewa olympus. Karena penafsiran itulah manusia bisa memberikan presepsi terhadap makna pesan dari berbagai isu sosial. Bahkan bacaan buku sebagai sumber informasi pun bisa menimbulkan berbagai presepsi karena penafsiran. Hermeneutika banyak didefinisikan oleh para ahli. Seperti F D. Ernest Schleirmacher mendefinisakan seni memahami dan seni menguasai, sehingga pembaca lebih memahami diri pengarang dari pada diri pengarang sendiri.