UTS PUBLIC SPEAKING – JAWAB DISINI

Article Tentang Public Speaking by Mustika Ranto GuloUTS PUBLIC SPEAKING 

Cara jawab adalah :

  • berikan jawaban di blog anda dengan cara melakukan reblog judul status ini.
  • kemudian jawab juga dalam kertas ujian anda di kelas saat ujian berlangsng

Ujian Tengah Semester (UTS) 2015

Mata Kuliah : PUBLIC SPEEKING

__________________________________________________________________________________

  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Logos, Pathos dan Ethos sebagai dasar Ilmu Toast-Masters disertai masing-masing contoh. 500 kata
  2. Sebutkan 10 Magic of Public Speeking beserta contoh2nya. 500 kata
  3. Apa yang dimaksud dengan Retorika dan berikan contoh 5 orang yang memiliki kemampuan retorika tokoh dunia. 500 kata
  4. Jelaskan Apa yang menjadi Target Seorang MC dan berikan contoh masing-masing (Explain five on the targets to be achieved by a Master of Ceremonies in the world of protocol formal and informal so as to have each instance the right) 500 kata

By Mustika Ranto Gulo, ST. M.Si

49 pemikiran pada “UTS PUBLIC SPEAKING – JAWAB DISINI

  1. 1.
    -ethos adalah ilmu yang mempelajari bagaimana cara bahwa anda benar-benar orang yang tepat dan dapat dipercaya untuk menyampaikan sebuah topik presentasi.
    contoh: andi merupakan seorang humas dari perusahaan pertamina , ia ditugaskan oleh atasannya untuk menghadiri pertemuan dengan perusahaan minyak dari luar negeri untuk membicarakan soal kelanjutan kerjasamanya antar pertamina dengan perusahaan luar negeri tersebut, namun andi disini diberi mandt oleh atasannya bahwa hasil pertemuan ini harus berujung deal bekerjasama dengan pertamina ( tempat dia bekerja).

    -logos adalah sesuatu hal yang berhubungan dengan argumen yang logis.
    contoh: ada sebuah peribahasa buah pasti jatuh tidak jauh dari pohonnya , ini merupakan suatu argumen yang logis karena memang teori ini sudah jelas dibuktikan keasliannya dan dapat kita temui juga dalam kehidupan sehari -hari.

    -pathos adalah cara bagaimana anda akan menyampaikan presentasi Anda. Pikirkan bagaimana Anda akan menciptakan pengalaman emosional bersama audiens Anda.
    contoh:
    aldo adalah seorang mlm ( multi level marketing) dari perusahaan tempat ia bekerja, tugas seorang mlm adalah melakukan cara bagaimana agar dia bisa meyakinkan audiensnya agar mau ikut bergabung bisnis mlm dengannya , disini aldo dituntut oleh perusahaannya agar dia bisa mempresentasikan bisnisnya dengan baik agar audiens-nya mau ikut bergabung dengan bisnis mlm perusahaannya.

    2.
    A. Language Proficiency
    Adalah teknik penguasaan bahasa, teori, dan sumber-sumber informasi yang mampu menarik secara kuat perhatian dan pemikiran para pendengar.
    Contoh : seorang pembicara, ketika menyampaikan materi pada hadapan audience tidak di perkenankan menggunakan kelimat dengan arti ganda (ambigu) yang meimbulkan persepsi berbeda sesama audience dan pembicara, misalnya : Wanita penjaja susu. Kalimat tersebut bisa saja mengandung makna negativ yang berarti wanita tersebut adalah seorang PSK, padahal yang di maksudkan pembicara adalah wanita yang menjual susu, maka sang pembicara seharusnya mengatakannya dengan benar seperti : wanita ygn menjual susu sapi atau kedelai dan varian lainnya.

    B. Say it Right
    Maksudnya adalah seorang pembicara harus dapat melafalkan kalimat dengan benar, tidak di perkenankan membawa logat asli yang membuat pengucapan kalimat menjadi aneh atau tidak dapat di mengerti.
    Contoh saat menyebutkan merk sebuah minuman berkarbonasi : Panta adalah minuman berkarbonasi . Pelafalan nama merk yang benar seharusnya adalah fanta.

    C. Charismatic Speaker
    Seorang pembicara haruslah menguasai materi dan faham betul akan apa yang di katakan, agar saat menyampaikan materi tidak membuanya gugup sehingga terlihat tidak memiliki kualitas yang baik sebagai pembicara.
    Contoh : perkenalkan saya adalah dosen unipersitas indonesia yang mana sya telah mengajar selama 11tahun, yangmana saya juga telah eee… yang tadi itu….namany…,Pelafalan kalimat seperti itu sudah pasti akan mengurangi minat pendengar untuk memperhatikan si pembicara.

    D. Body Language
    Karakteristik gerakan anda saat di atas pangung adalah cerminan bagaimana mental anda saat itu.
    Contohnya : seorang pembicara yang sudah di atas panggung tiba-tiba kelaminnya gatal , lalu ia secara terang-terangan menggaruknya di depan umum ini adalah cerminan pembicara yang sama sekali tidak siap dan tidak berkualitas. Dirinya saja tidak disiapkan, apa lagi materi ??

    E. Confident and Nervous
    Adalah ketidak siapan mental sang pembicara saat naik ke panggung atau podium.
    Contoh: seorang pembicara yang sangat kaku dalam gerakan saat di atas panggung, mengakibatkan kecanggungannya akan penyampaian materi sehingga tidak maksimal penyampaian makna.

    F. Show Case
    Semacam ice breaking yang berfungsi untuk mencaikan suasana agar pembicara lebih dapat di perhatikan dan mendapat perhatian dari audience.
    Contoh : dalam sebuah acara yang mendekati HUT Indonesia, saat pertama muncul pembicara bisa saja mengajak audience menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia. Setelah itu perhatian akan tertuju pada pembicara secara intensif.

    G. Consideration of alternative Solutions
    Pembicara disarankan memberikan pertimbangan pada beberapa pendapat audience dan narasumber yang mendekati topik dan temamateri pembicaraan.
    Contoh : Indonesia sedang melngalami krisis ekonomi k, sebagai warna negara indonesia apa yang harus kita lakukan ? membeli produk import atau produk buatan dalam negri ?. Hal ini akan menimbulkan banyaknya pendapat yang bermunculan dari audience, sehingga pendengar dan pembicaradapat berinteraksi.

    H. Sleigh Audience in your opinion
    Membuat audience memiliki opini dan pemikiran yang sama seperti pembicara sehingga timbul kesepahaman antara kedua pihak. Karena pembicara baru dapat dikatakan sukses apabila audience nya dapat terpengaruh oleh materi yang di sampaikannya.
    Contoh :”seharusnya kita sebagai warga negara indonesia lebih memilih produk dalam negeri dibanding produk impor”. Kalimat tersebut akan menimbulkan pandangan dan pembenaran pikiran di dalam opini para audiencenya.

    I.Draw great conclusions
    Kesimpulan adalah inti dari materi panjang lebar yang telah di sampaikan. Kesimpulan yang diberikan haruslah dpat tertanam di benak para audience agar materi yang tersampaikan tidak serta merta mejadi sebuah angin lalu.
    Contoh : “maka mulai hari ini tanamkanlah dalam diri kita jangan buang sampah sembarangan!! “. Kalimat kesimpulan yang mengandung makna penyemangat agar senantiasa diingat oleh audience.

    J. Show Empathy at the End Speech
    Menutup pembicaraan juga adalah salah satu aspek paling penting yang terakhir kali harus dilakukan oleh pembicara.
    Contoh : “jadilah Bangsa sendiri yang membangun Negeri sendiri, memajukan perekonomian sendiri dan jadi mandiri di mata dunia !! “. Kalimat tersebut adalah contoh dari kalimat perpisahan yang menyemangati.

    3. Retorika adalah suatu kemampuan berpidato yang berlevel tinggi yang dapat mempengaruhi jiwa/ hati seseorang untuk bergerak karena pidato tersebut.

    contoh 5 orang yang mampu beretorika:
    -1. ir soekarno
    beliau adalah presiden pertama RI yang semua orang tahu bahwa ia sangat jago beretorika dalam pidatonya contoh kata-kata dari ia yang membuat bangsa indonesia berkobar adalah “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia” kata-kata ini mengandung makna bahwa kita sebagai mahluk hidup di dunia ini mampu melakukan apapun jika kita bisa bekerja sama dengan baik.

    -2.Steve Jobs
    adalah seorang tokoh bisnis dan penemu dari Amerika Serikat. Ia adalah ketua, dan mantan CEO Apple. Jobs juga sebelumnya menjabat sebagai pejabat eksekutif Pixar Animation Studios; ia menjadi anggota dewan direktur The Walt Disney Company pada tahun 2006, setelah pengambilan alih Pixar oleh Disney. Namanya dicantumkan sebagai produser eksekutif dalam film Toy Story tahun 1995. Jobs masuk dalam daftar Bos Paling Tegas di Amerika Serikat menurut majalah Fortune karena kepemimpinannya di NeXT. Selain itu gaya bicara Jobs serta charisma yang ia miliki mampu membuat orang lain yang mendengarnya menjadi takjub. Hal itu banyak terbukti dengan produk produk apple yang terjual sangat banyak di hampir seluruh dunia, karena dalam setiap kali apple mengeluarkan prouct baru, dan Jobs memperkenalnya kepada public lewat seminar, iya selalu memenangkan hati audiensnya sehingga audiens percaya dengan apa yang di katakannya.

    – 3.Martin Luther King
    Adalah seorang pengkhotbah kulit hitam,dan pejuang hak asasi golongan kulit hitam yang berasal dari Albama. Dalam perjuangan untuk menuntut persamaan hak bagi orang orang kulit berwarna hitam di Amerika Serikat Martin L. King mengembangkan pidato pidato yang bersifat demagogis dengan memiliki nilai retoris yang tinggi pada pidatonya. Pidatonya yang berjudul “I have a dream” yang di ucapkan di depan 200.000 orang pada tanggal 28 Agustus 1963, di tugu Lincoln,berhasil membangkitkan semangat orang orang kulit berwarna untuk berjuang mendapatkan kebebasan. Banyak kalimat dalam pidatonya yang membuat pendengar merasa bersemangat dan merasa pantas untuk mendapat kebebasan ,salah satu seruannya adalah “ we want freedom, freedom, freedom!”. Dan pidato ini merupakan pidato yang tercatat di sejarah dunia.

    -4.Adolf Hitler
    Dikenal sebagai tokoh dengan catatan yang kejam tidak dapat membuat citranya terhalangi. Kemampuannya berorasi dan mempengaruhi menjadikannya salah satu pemimpin yang sangat di takuti di berbagai negara. Dengan bekal kemampuan retorika yang dimilikinya, tidak heran bila Adolf menjadi seseorang yang sangat pandai mempropaganda dalam berbagai macam kesempatan.
    contoh kata-katanya adalah: “aku bisa saja memusnahkan semua bangsa yahudi pada zamanku , akan tetapi aku sisakan beberapa dari mereka agar kelak engkau tahu mengapa aku musnahkan sebagian besar bangsa yahudi dizamanku”.

    -5.Ridwan Kamil
    Walikota Bandung, Indonesia. Menjabat sebagai Walikota bukan karena keinginnya, melainkan karena pilihan rakyat yang dirasa mampu memajukan Kota Bandung. Dalam setiap pertemuan dan orasinya terhadap masyarakat, selalu dapat memotivasi masyarakat untuk dapat saling membantu memajukan Kota Bandung, terbukti dengan semangat kepemimpinannya kini, Kota Bandung menjadi kota yang lebih bersih, lebih Berbudaya dan indah.

    4. target seorang MC
    -1. On Thematic,
    seorang mc harus bisa menyesuaikan tema acara dengan gaya bahasanya pakaiaannya dam pembawaannya .contoh: mc acara kemerdekaan haruslah berpakaiann rapi dan pembawannya tidak boleh main-main karena ini merupakan acara yang sangat formal .
    -2. On Schedule (Run Down),
    seorang mc harus mengerti susunan acaranya agar acara lancar dan tidak berantakan. contoh: seorang mc harus memegang kertas kecil berupa tulisan susunan acara.

    -3. On Opening,
    seorang mc haruslah menyapa audien agarterjadi interaksi dan agar audien tidak mengantuk
    contoh: audiens berkata” apa kabar bapak ibu sekalian: ( dengan suara yang lantang)
    lalu audiens menjawa” baikkk”

    -4. On performance,
    contoh: seorang mc harus percaya diri dengan penampilannya , dan pintar bekata-kata, karena seorang mc sangat dituntut membuat acara tidak memboankan.

    -5. On closing,
    contoh: di penutup acara seorang mc tidak boleh monotn , haruslah ceria dengan berkata” terimakasih kepada bapak ibu yang telah sempat hadir , saya harap acara ini tidak memosankan”.

    Disukai oleh 1 orang

  2. Jawaban UTS Public Speaking

    1.> Ethos, pathos dan logos masing-masing memiliki arti yang berbeda:

    Etos adalah banding ke etika, dan itu adalah cara meyakinkan seseorang dari karakter atau kredibilitas pembujuk.
    Pathos adalah banding ke emosi, dan merupakan cara untuk meyakinkan penonton argumen dengan menciptakan respons emosional.
    Logos adalah banding ke logika, dan merupakan cara membujuk penonton dengan alasan.

    Contoh Ethos

    -“Sebagai dokter, saya memenuhi syarat untuk memberitahu Anda bahwa kursus ini pengobatan kemungkinan akan menghasilkan hasil yang terbaik.”
    -“Saya tiga dekade pengalaman dalam pelayanan publik, komitmen tak kenal lelah saya kepada orang-orang dari komunitas ini, dan kemauan saya untuk mencapai seberang gang dan bekerja sama dengan oposisi, membuat saya calon yang ideal untuk walikota Anda.”
    -“Dokter hewan mengatakan bahwa gembala Australia akan menjadi pertandingan yang sempurna untuk gaya hidup aktif kami.”
    -“Jika tahun sebagai seorang Marinir mengajarinya apa-apa, itu yang hati-hati adalah kebijakan terbaik dalam situasi semacam ini.”
    -“Kau tahu saya – saya sudah diajarkan Sekolah Minggu di gereja Anda selama bertahun-tahun, babysat anak-anak Anda, dan menjabat sebagai direktur taman bermain untuk banyak musim panas.”
    -“Keahlian kami dalam atap kontraktor dibuktikan tidak hanya oleh 100 tahun kami dalam bisnis dan staf kami teknisi yang berkualitas, tetapi dalam dekade pelanggan yang puas yang telah datang ke harapkan apa-apa selain yang terbaik.”
    -“Dia adalah forensik dan balistik ahli untuk pemerintah federal – jika ada yang memenuhi syarat untuk menentukan senjata pembunuhan, itu dia.”
    -“Berdasarkan puluhan ekspedisi arkeologi yang saya buat di seluruh dunia, saya yakin bahwa mereka potsherds yang Mesopotamia berasal.”
    -“Jika usia saya tidak meyakinkan Anda bahwa hal pendapat saya, setidaknya menganggap bahwa Akulah kakek dan aku sangat mencintaimu.”
    -“Dokter di seluruh dunia merekomendasikan jenis pengobatan.”
    -“Jika Anda masih tidak yakin, silakan mempertimbangkan bahwa tingkat lanjutan dan pekerjaan lapangan berbicara sendiri.”

    Contoh Pathos

    -“Jika kita tidak segera pindah, kita semua akan mati! Bisakah kau melihat betapa berbahayanya akan tinggal?”
    -“Saya tidak hanya diinvestasikan dalam komunitas ini – Saya suka setiap bangunan, setiap bisnis, setiap anggota bekerja keras dari kota ini.”
    -“Tidak ada harga yang dapat ditempatkan pada ketenangan pikiran. Sistem keamanan canggih kami akan melindungi kesejahteraan keluarga Anda sehingga Anda bisa tidur nyenyak di malam hari.”
    -“Di mana kita akan tanpa tradisi ini? Sejak nenek moyang kita mendarat di Plymouth Rock, kami telah dirayakan Thanksgiving tanpa gagal, membuat lebih dari resep dihargai. Kami telah membuat kenangan.”
    -“Mereka telah bekerja terhadap segala sesuatu yang kita telah bekerja sangat keras untuk membangun, dan mereka tidak peduli siapa yang terluka dalam proses. Jangan salah, mereka musuh, dan mereka tidak akan berhenti sampai kita semua hancur. ”
    -“Jangan menjadi orang terakhir di blok untuk memiliki halaman mereka diperlakukan – Anda tidak ingin menjadi bahan tertawaan komunitas Anda”
    -“Anda harus mempertimbangkan rute lain. Saya mendengar bahwa jalan jauh lebih berbahaya dan tak menyenangkan pada malam hari dibandingkan pada siang hari.”
    -“Anda akan membuat keputusan yang tepat karena Anda memiliki sesuatu yang tidak banyak orang lakukan. Anda memiliki hati”
    -“Setelah bertahun-tahun jenis ini tidak menghormati dari atasan Anda, berjam-jam terbuang, ulang tahun terjawab … sudah saatnya Anda mengambil sikap.”
    -“Laki-laki yang lebih baik dari kita telah berjuang dan mati untuk melestarikan bangsa yang besar ini. Sekarang giliran kami untuk membalas budi. Karena Allah dan negara, tuan-tuan!”
    -“Anda tidak akan pernah puas dalam hidup jika Anda tidak memanfaatkan kesempatan ini. Apakah Anda ingin menjalani sisa tahun Anda kerinduan untuk mengetahui apa yang akan terjadi jika Anda hanya melompat ketika Anda punya kesempatan?”

    Contoh Logos

    -“Data ini sangat jelas: investasi ini telah secara konsisten menghasilkan keuntungan tahun-tahun, bahkan meskipun penurunan pasar di daerah lain.”
    -“Ladies and gentlemen dari juri: kita tidak hanya sidik jari, kurangnya alibi, motif yang jelas, dan keinginan menyatakan untuk melakukan perampokan … Kami juga memiliki video dari melanggar tersangka dalam kasus tersebut tidak bisa lebih. terbuka dan tertutup. ”
    -“Ini masalah akal sehat bahwa orang berhak untuk diperlakukan secara sama. Konstitusi menyebutnya ‘jelas.’ Mengapa, kemudian, harus saya telah ditolak kursi karena cacat saya? ”
    -“Lebih dari seratus peer-review studi telah dilakukan selama dekade terakhir, dan tidak satupun dari mereka menunjukkan bahwa ini adalah pengobatan yang efektif untuk rambut rontok.”
    -“Sejarah telah menunjukkan waktu dan korup kekuasaan lagi yang mutlak benar-benar.”
    -“Permintaan pribadi untuk produk telah meruncing off selama tiga tahun terakhir, dan angka penjualan tahun ini berada pada semua waktu rendah. Ini waktu untuk penelitian pilihan lain.”
    -“Algoritma telah dijalankan dalam seribu cara yang berbeda, dan matematika terus memeriksa.”
    -“Dalam 25 tahun mengemudi rute yang sama, saya belum melihat rusa tunggal.”
    -“Dia memiliki catatan keberhasilan dengan perusahaan ini, yang berpuncak pada beberapa arsitektur paling terkenal untuk tanggal dan produktif kita Firm of the Year sembilan kali berturut-turut.”
    -“Anda tidak perlu melompat dari jembatan untuk mengetahui bahwa itu adalah ide yang buruk. Mengapa kemudian akan Anda perlu mencoba obat-obatan untuk tahu apakah mereka merusak? Itu omong kosong biasa.”
    -“Penelitian yang disusun oleh analis dari NASA, serta organisasi dari lima negara lain dengan program ruang, menunjukkan bahwa koloni bulan adalah layak dengan dukungan internasional.”

    2.>
    1. Language Proficiency
    Adalah teknik penguasaan bahasa, teori, dan sumber-sumber informasi yang mampu menarik secara kuat perhatian dan pemikiran para pendengar. Dengan pembendaharaan nahasa yang dimiliki, serta gaya dalam penyampaian akan semakin mudah menarik perhatian pendengar.

    Contoh : seorang pembicara, ketika menyampaikan materi pada hadapan audience tidak di perkenankan menggunakan kelimat dengan arti ganda atau kalimat yang meimbulkan persepsi berbeda sesama audience dan pembicara, misalnya : Wanita penjaja susu. Kalimat tersebut bisa saja mengandung makna negativ yang berarti wanita tersebut adalah seorang PSK, padahal yang di maksudkan pembicara adalah wanita yang menjual susu, maka sang pembicara seharusnya mengatakannya dengan benar seperti : wanita ygn menjual susu sapi atau kedelai dan varian lainnya.

    Seorang pembicara juga dilarang untuk memboros kata karena kalimat akan menjadi berputar-putar dan sulit di fahami. Misalnya : sebuah universitas swasta di Jakarta mengadakan seminar yang di selenggarakan oleh fakultas teknik dan di buka untuk umum. Kalimat tersebut adalah kalimat yang boros, seharusnya : Fakultas teknik universitas swasta di Jakarta mengadakan seminar untuk umum. Kalimat tersebut lebih mudah di fahami dan diingat.

    2. Say it Right
    Maksudnya adalah seorang pembicara harus dapat melafalkan kalimat dengan benar, tidak di perkenankan membawa logat asli yang membuat pengucapan kalimat menjadi aneh atau tidak dapat di mengerti.

    Contoh saat menyebutkan merk sebuah body Lotion : Paselin adalah body lotion dengan kandungan SPV yang tinggi. Pelafalan nama merk yang benar seharusnya adalah Vaselin.

    3. Charismatic Speaker
    Seorang pembicara haruslah menguasai materi dan faham betul akan apa yang di katakan, agar saat menyampaikan materi tidak membuanya gugup sehingga terlihat tidak memiliki kualitas yang baik sebagai pembicara.

    Contoh : Perkenalkan saya adalah dosen Unipersitas Mercu Buana, saya akan menyampaikan materi mengenai aaa.. apa itu.. ya mengenai perekonomian global yang apa itu, sedang terpuruk di Indonesia. Pelafalan kalimat seperti itu sudah pasti akan mengurangi minat pendengar untuk memperhatikan si pembicara.

    4. Body Language
    Karakteristik gerakan anda saat di atas pangung adalah cerminan bagaimana mental anda saat itu, jika pembicara melakukan gerakan yang aneh dan membuat audience merasa tidak nyaman melihatnya, sebaiknya berhenti melakukan gerakan aneh atau turun saja dari panggung. Pembicara dengan gerakan aneh yang jelas menampilkan dirinya over akting atau over nerveus adalah pembicara dengan kualitas buruk.

    Contohnya : seorang pembicara yang sudah di atas panggung tiba-tiba saja menaikan seleting celananya, menaikan celananya yang melorot, mengencangkan ikat pinggang atau bahkan lupa mengancingkan kemejanya adalah cerminan pembicara yang sama sekali tidak siap dan tidak berkualitas. Dirinya saja tidak disiapkan, apa lagi materi ??

    5. Confident and Nervous
    Adalah ketidak siapan mental sang pembicara saat naik ke panggung atau podium. Hal ini dikarenakan belum terbiasanya atau ketidak siapannya terhadap pandangan berbagai kalangan audience.

    Contoh: seorang pembicara yang sangat kaku dalam gerakan saat di atas panggung, mengakibatkan kecanggungannya akan penyampaian materi sehingga tidak maksimal penyampaian makna.

    6. Show Case
    Semacam ice breaking yang berfungsi untuk mencaikan suasana agar pembicara lebih dapat di perhatikan dan mendapat perhatian dari audience. Caranya adalah dengan membangun semangat atau membuat lelucon sederhana.

    Contoh : dalam sebuah acara yang mendekati HUT Indonesia, saat pertama muncul pembicara bisa saja mengajak audience menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia. Setelah itu perhatian akan tertuju pada pembicara secara intensif.

    7. Consideration of alternative Solutions
    Pembicara disarankan memberikan pertimbangan pada beberapa pendapat audience dan narasumber yang mendekati topik dan temamateri pembicaraan.

    Contoh : Indonesia sedang melngalami ekonomi yang terpuruk, sebagai warna negara apa yang harus kita lakukan ? membeli produk import atau produk buatan dalam negri ?. Hal ini akan menimbulkan banyaknya pendapat yang bermunculan dari audience, sehingga pendengar dan pembicaradapat berinteraksi.

    8. Sleigh Audience in your opinion
    Membuat audience memiliki opini dan pemikiran yang sama seperti pembicara sehingga timbul kesepahaman antara kedua pihak. Karena pembicara baru dapat dikatakan sukses apabila audience nya dapat terpengaruh oleh materi yang di sampaikannya.

    Contoh : “seharusnya kekayaan tambang yang ada di Indonesia dapat di manfaatkan oleh warga negara kita agar hasil keungungan yang melimpah dapat dinikmati oleh warna sekitar dan negara bangga akan keahlian penduduknya”. Kalimat tersebut akan menimbulkan pandangan dan pembenaran pikiran di dalam opini para audiencenya.

    9. Draw great conclusions
    Kesimpulan adalah inti dari materi panjang lebar yang telah di sampaikan. Kesimpulan yang diberikan haruslah dpat tertanam di benak para audience agar materi yang tersampaikan tidak serta merta mejadi sebuah angin lalu. Maka pembicara harus dapat mempu menarik perhatian audience untuk yang terakhir dengan membuat mereka merasa bangga telah mendengar materi dari sang pembicara.

    Contoh : “maka mulai saat ini marilah kita bersama-sama membangun bangsa dengan tangan kita sendiri agar tak terjajah di kemudian hari !! “. Kalimat kesimpulan yang mengandung makna penyemangat agar senantiasa diingat oleh audience.

    10. Show Empathy at the End Speech
    Menutup pembicaraan juga adalah salah satu aspek paling penting yang terakhir kali harus dilakukan oleh pembicara. Tuturkata yang baik dan empati yang di berikan dengan tulus oleh pembicara kepada pendengar dapat menimbulkan kesan lebih pada audience sehingga akan semakin merasa bahwa pembicara adalah benar orang yang berkualitas.

    Contoh : “jadilah Bangsa sendiri yang membangun Negeri sendiri, memajukan perekonomian sendiri dan jadi mandiri di mata dunia !! “. Kalimat tersebut adalah contoh dari kalimat perpisahan yang menyemangati.

    3.> Retorika adalah suatu gaya/seni berbicara baik yang dicapai berdasarkan bakat alami (talenta) dan keterampilan teknis. Dewasa ini retorika diartikan sebagai kesenian untuk berbicara baik, yang dipergunakan dalam proses komunikasi antar manusia.

    5 orang yang memiliki kemampuan retorika tokoh dunia :

    -John Fitzgerald Kennedy (1917-1963) adalah senator dan presiden AS yang ke-35. Ia terkenal karena kepintaran yang brilian dan kemampuan retorisnya yang tinggi. Kepandaiannya dalam seni berbicara didemontrasikan dalam pidato pelantikannya tahun1961. Ia menggunakan permainan kata yang mengandung humor.

    -Adolf Hitler (1889-1945). Setelah percobaan coup yang gagal pada tahun 1923, sebagai tawanan ia mengarang buku Mein kampf yang berisi program politiknya. Dalam salah satu bab ia menuliskan arti pidato. Pidato-pidato Hitler memiliki daya sugesti yang kuat dan meyakinkan.

    -Bung Tomo (1920-1981). Pahlawan asal Surabaya ini membangkitkan semangat rakyat Surabaya yang diserang habis-habisan oleh tentara NICA. Sutomo dikenal karena seruan-seruan pembukanya dalam siaran radio yang berapi-api. Tahun 1970 ia kembali berbeda pendapat dengan pemerintahan orde baru. Ia berbicara keras terhadap pemerintahan Soeharto. Akhirnya ia ditahan karena kritiknya yang pedas itu.

    -William Shakespeare (1564-1616). Dalam karyanya Coriolanusdan Julius Caesar dia selalu memasukkan pidato-pidato politis. Salah satu contoh pidato yang dibawakan Marc Anton di depan jenazah Julius Caesar dan massa untuk menghormati para pahlawan. Ia membuktikan bahwa pengaruh ilmu retorika dalam kehidupan politis di Inggris pada waktu itu sangat besar. dan juga masih banyak nam-nam tokoh lainnya yang terkenal di seluruh belahan dunia, ini adalah sedikit contoh dari sekian banyak tokoh retorika .

    -Ahli pidato Indonesia yang sangat terkenal adalah seperti yang diungkapkan dalam awal tulisan ini yaitu Ir. Soekarno. Ir. Soekarno di kenal di seluruh dunia. Memang suatu anugrah Tuhan kepada beliau. Kemampuan pidato yang luar biasa dimilikinya. Suasan hening tercipta karena orang tidak ingin melewatkan setiap yang diucapkannya. Ketika berpidato Bung Karno tidak pernah membaca naskah. Pidato beliau bisa membuat pendengarnya terpengaruh dan terbiasa mengikuti apa yang beliau sampaikan .

    4.>
    1. On Thematic,
    Seorang MC harus memahami betul tema yang akan disampaikan pada khalayak yang dihadapinya. Sangat penting bagi MC untuk memahami hal-hal mendasar tentang tema cara dan latar belakangnya serta suasana dan audiensnya sehingga hal-hal yang disampaikannya tidak melenceng dari konteks tema yang sudah ditentukan. Karena itu, MC dan Panitia pelaksana haruslah melakukan briefing secara seksama sebelum acara dimulai.

    Contoh: Pada saat memandu acara peresmian pembukaan restaurant. MC harus menguasai tema acara dan konsepnya sehingga pesan yang disampaikan kepada audiens berkaitan dengan usaha restaurant dan bukannya melebar ke masalah pendidikan nasional apalagi politik internasional. Apabila restaurant itu adalah restaurant masakan Sunda tentunya MC harus banyak membahas tentang kelebihan makanan sunda bukannya tentang masakan padang, masakan makassar apalagi masakan Belanda. ungkapan dan bahasa juga perlu memperhatikan apakah acara itu formal, semi formal atau benar-benar informal. Acara pebukaan restaurant umumnya adalah acara yang semi formal, karenanya MC bisa menggunakan ungkapan-ungkapan yang umum di dengar dalam keseharian agar jangan terlalu kaku seperti dalam acara formal namun tetap sopan dan terstruktur. Selain itu lihat juga audiensnya, jangan sampai bahasa dan pesan yang digunakan salah sasaran sehingga audiens tidak memahami apa yang MC sampaikan. Dengan memahami hal-hal tersebut, Pekerjaan MC akan tetap terkonsep dan sesuai dengan tema.

    2. On Schedule (Run Down),
    Seorang MC harus menguasai Run Down acara dan memastikan bahwa susunan acara berjalan sesuai yang dijadwalkan (On Schedule). Kemampuan MC dalam mencapai target run down yang sudah disusun beserta dengan durasinya sangatlah penting untuk kesuksesan acara. Bila ada perubahan dalam rencana jangan biarkan audiens terlalu lama menunggu (harus konsekuen terhadap schedule time).

    Contoh : Dalam sebuah acara seminar pada sesi tanya jawab disediakan waktu 10 menit untuk 4 orang penanya. Namun ternyata sebelum penanya ke 3 diberi kesempatan, waktu yang tersedia sudah habis. Maka meskipun baru 2 pertanyaan, sesi tanya jawab harus sudah dihentikan untuk memastikan bahwa sesi acara selanjutnya bisa terlaksana sesuai jadwal. Contoh lainnya adalah dalam sebuah acara, sesi coffee break dijadwalkan hanya akan berlangsung selama 15 menit, namun ternyata pada waktu yang sudah ditentukan audiens masih banyak yang belum kembali ke ruangan. Jika hal itu terjadi seorang MC yang handal tidak boleh berdiam diri dan menunggu sampai audiens datang dengan sendirinya, jsutru MC harus mampu ‘memanggil’ audiensnya kembali ke ruang acara dengan menarik atensi mereka dan melanjutkan acara sesuai dengan run down-nya.

    3. On Opening,
    Penting bagi seorang MC untuk mampu mengucapkan salam pembuka atau greetings dengan baik (mahir). Salam pembuka yang diberikan oleh MC akan dapat mempengaruhi atensi Audiens karenanya harus dilakukan dengan baik, tidak perlu bertele-tele dan sebaiknya bersifat universal (bukan hanya menyapa golongan atau kelompok tertentu saja).

    Contoh: Menyampaikan salam pembuka dengan “Assalamualikum Wr Wb dan salam sejahtera” dengan demikian salam pembuka itu mampu merangkul golongan mayoritas dan minoritas. saat membuka acara MC juga tak perlu menyapa satu persatu tamu undangan yang memiliki jabatan, Misalnya dalam sebuah acara hadir kepala desa A dan kepala desa B beserta dengan wakil kepala desa, sekertaris desa dan perangkat desa lainnya. Maka daripada menyebut satu persatu nama dan jabatan sang pejabat, MC bs menyebut “Selamat datang bagi pejabat desa A dan B yang terhormat beserta seluruh jajarannya” dengan demikian salam itu tidak bertele-tele.

    4. On performance,
    Seorang MC haruslah tampil dengan percaya diri, prima dan penuh dengan persiapan yang matang. Penting bagi MC untuk memperhatikan penampilan dirinya. Muali dari ujung rambut hingga ujung sepatu. Selain persiapan fisik, MC juga harus sudah memiliki pengetahuan umum mengenai suasana acara. Sangat tidak dibenarkan seorang MC datang terlambat ke lokasi acara karena dapat menyebabkan performa MC menjadi kacau berantakan. Malahan sangat dianjurkan bagi MC untuk melakukan Gladi Resik sebelum acara dilaksanakan untuk meminimalisir kesalahan saat acara berlangsung kemudian.

    Contoh: Seorang MC bicara tidak terbata-bata, mampu mengucapkan semua kata dan istilah dengan artikulasi yang benar, mengenakan pakaian yang pantas dan rapi. Menguasai panggung dan percaya diri dan mampu mengusai audiens dengan cara-cara yang benar bukannya karena dia terpeleset di panggung atau karena salah kostum. Berdiri dengan postur yang benar (tegak), tidak membungkuk atau berpose dengan seenaknya. Bersemangat dari awal hingga akhir acara.

    5. On closing,
    Penting bagi seorang MC untuk mampu membuat closing atau penutup dengan baik. Penutup itu umumnya berupa ucapan terima kasih atau conclusion. Meskipun dilakukan diakhir acara, closing harus dilakukan dengan antusias dan sungguh-sungguh. MC yang handal akan mampu memberikan closing acara yang berkesan. Dengan memberikan kesan yang baik di akhir acara kekecewaan audiens terhadap acara bisa dihindari.

    Contoh: Dengan memberi compliment atau penghargaan kepada audiens seperti “Malam ini sungguh meriah, tepuk tangan untuk anda yang luar biasa” . Atau dengan memberikan ”quote” atau pesan yang istimewa dan berkesan sesuai dengan tema acara atau dari kesimpulan pembicara. Misalnya dalam seminar motivasi kita bisa bilang “Dengan kerja keras dan kesungguhan maka akan tercipta karya yang besar, terima kasih dan selamat malam!” Atau bila acara yang diadakan adalah acara yang secara rutin diadakan misalnya annual, maka MC bisa berkata “Sampai jumpa di acara selanjutnya yang lebih spektakuler!” yang menandakan bahwa acara tahun ini begitu spektakuler tapi tahun berikutnya akan lebih lagi sehingga audiens akan merasa ‘excited’ untuk menunggu acara tersebut di tahun selanjutnya.

    Suka

  3. Reblogged this on inesartika and commented:
    Jawaban UTS Public Speaking No 1
    Jawaban no.1

    Ada 3 hal penting yang harus dimiliki seorang speaker ketika berbicara didepan khlayak ramai. Yaitu ethos ,pathos, dan logos.

    ETHOS

    Ketika menjadi seorang pembicara / speaker, kita harus memiliki ethos atau dengan kata lain karakter /kepribadian. Seorang speaker itu harus dapat dipercaya, berintegritas , dan memiliki etika yang baik yang dipancarkan melalui kehidupan sehari –hari.

    Kemampuan dasar yang dimiliki ini mampu melakukan persuasi terhadap banyak orang. Karakter yang mampu dipercayai, memiliki alasan untuk dipercaya “sumber kepercayaan” (source credibility) yang dibuktikan seorang orator bahwa dirinya memang mumpuni pada bidangnya, dan karena kepakarannya itu, seorang orator layak dipercaya.

    Contoh ;

    “seorang polisi yang berbicara pada sebuah seminar dan menjelaskan tentang bahaya narkoba, seperti yang telah kita ketahui seorang Polisi tidak menggunakan narkoba dan telah banyak menangani kasus narkoba sehingga dia telah memiliki Ethos untuk berbicara di depan khalayak. dia pun dapat dipercaya dengan latar belakang pendidikannya”

    PATHOS

    Yang tidak kalah penting bagi seorang speaker adalah phatos. Phatos adalah kemampuan seorang speker dalam mengendalikan dirinya untuk mengajak khalayak untuk dapat terbawa emosi dengan apa yang dibicarakannya. Dengan demikian khalayak terhanyut dengan apa yang speaker bicarakan .

    Pengendalian diri itu adalah : tidak mudah tersinggung dan panik ketika mendapat pertanyaan dan kritik yg keras dari para audiens. Sikap tenang dan sabar itu sangat dibutuhkan agar penampilan di panggung menjadi sempurna.

    Contoh :

    “ketika Polisi tadi bercerita tentang sahabatnya yang telah menjadi pecandu berat narkoba hingga overdosis, dan beliau berkata bahwa narkoba merupakan zat bahaya yang dapat mematikan, bahkan bisa menghancurkan masa depan anak bangsa, lalu sang polisi memotivasi peserta seminar untuk tidak mengenal barang tersebut sehingga para audience terhanyut dengan cerita tersebut.”

    LOGOS

    Kemampuan ini juga penting dalam menjadi seorang pembicara. Kemampuan dimana seorang memiliki wawasan yang sangat luas dibidangnya ketika berbicara sebuah topic kepada khalyak. Seorang pembicara harus selevel lebih tinggi dengan khalayak yang mendengarkannya.

    Penguasaan pengetahuan yang luas, memiliki perbendaharaan kata dan juga contoh-contoh kasus yang kaya. Logos memiliki makna “imbauan logis” (logical appeals) yang dibuktikan seorang orator bahwa uraian atau kajiannya sungguh-sungguh masuk akal sehingga layak diikuti atau dituruti oleh khalayak.

    Jadi jangan asal dalam menjadi seorang pembicara,kita harus benar-benar mempersiapkan dengan matang,menguasai materi yang akan kita bahas,dll.

    Contoh :

    “ ketika polisi tersebut menerangkan berbagai jenis narkoba juga kandungan apa saja yang paling berbahaya untuk organ tubuh, tentu sebelum menyampaikan hal tersebut Polisi sudah memiliki data yang jelas dan lengkap. begitupun dengan kasus-kasus narkoba yang pernah dia tangani.”

    Suka

  4. Reblogged this on dithakomala and commented:
    Jika ingin membangun persentasi persuasif maka kita perlu memiliki tiga pilar komunikasi yaitu ethos logos dan pathos.
    Ethos adalah karakter (kredibilitas) dari seorang pembicara.
    Logos adalah bukti logis yang di sampaikan oleh pembicara.
    Pathos adalah hubungan emosional antara presenter dengan audiens.

    ETHOS
    Kita sebagai seorang presenter di hadapan audiens, harus bisa mengembangkan ethos kepada audiens kita, membuat mereka percaya terhadap diri kita sebagai presenter bahwa kita bener – benar pantas untuk menyampaikan informasi dan topik dalam presentasi. Dan tidak hanya menguasai materi tetapi juga memiliki ( keyakinan,karakter,pengetahuan dan keahlian ) tersendiri yang hanya dimiliki oleh diri kita dalam hal ini bersikap lah jujur dalam menyampaikan suatu hal tanpa ada yang dibuat – buat ataupun rekayasa belaka dan jadilah diri sendiri tanpa harus mengikuti gaya orang lain.
    Contoh-nya saja ketika seorang dokter berbicara kepada beberapa pasiennya, pasti setiap apa yang dikatakan oleh dokter tersebut seorang pasien tersebut akan mempercayainnya dan mengganggap apa yang di katakan sang dokter itu benar, karena pasien melihat dari karakter seorang dokter tersebut, dan mempercayainya dengan melihat keahlian seorang dokter tersebut bagaimana dia bisa mengobati pasien – pasiennya. Tidak mungkinkan apabila seorang security yang mengatakan apa penyakit yang diderita oleh sang pasien dan bagaimana solusinya untuk pasien itu, pasien tersebut akan mempercayainya begitu saja.
    Apalagi jika dia seorang raja atau presiden yang berbicara di depan rakyatnya. Semakin tinggi dan populer statusnya maka etosnya harus semakin baik. Dan etos ini akan menghasilkan kepercayaan pendengar kita,faktor kepercayaan ini adalah komoditas terbesar kita untuk melakukan komunikasi.

    PATHOS
    Perasaan belas kasian yang di miliki oleh seorang presenter / seorang public speaker untuk membangkitkan semangat pendengarnya dan menggerakkan emosi – emosi mereka. Membuat seakan – akan tertipu dengan cerita yang kita buat ikut mengsangkut pautkan perasaan , menghaduk pautkan hati pendengar sehingga pendengar merasa tersentuh dengan cerita yang kita berikan, merasa terharu, senang , sedih , kesal, bahkan seperti dirinya sendiri yang ada dalam cerita tersebut.
    Contoh-nya yaitu orang tua yang mengajarkan anaknya dengan kasih sayang maka anaknya akan menuruti perintah orang tuannya, seorang guru yang memberi penjelasan tentang soal – soal ujian kepada anak muritnya, dan bercerita kepada muridnya tentang apa yang akan terjadi kepada anak muridnya selepas lulus sekolah dan apa yang pernah terjadi berdasarkan penggalaman dan sepengetahuan yang pernah dirasakan oleh sang gur. Atau pun seorang ustad,kiyai,ulama memberikan cerita kepada kita mengenai cerita nabi, cerita zaman dahulu kala, zaman rassullullah kita dimana di zaman tersebut memiliki peraturan – peraturan yang sangat ketat serta hukuman – hukuman yang sangat keras bagi siapapun yang melanggarnya, pasti kita akan merasa terharuh,simpatik, dan bahkan merasakan ikut sakit seperti menerima hukumannya langsung.

    LOGOS
    Menyangkut pengumpulan fakta. Hal yang benar – benar terjadi tanpa rekayasa , data kongkrit yang menjadi alasan mengapa tindakan tersebut harus di lakukan oleh pendengar. Buatlah mudah dimengerti , buatlah logis , buatlah hal itu nyata dan memang terjadi , pernah terjadi , atau sedang terjadi.
    Jika kita melakukan presentasi untuk meyakinkan pendengar buktikan dengan menggunakan gambar – gambar , video , atau alamat web / link yang dipercaya.
    Contoh-nya jika kita ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses kita harus berusaha , bekerja keras , jangan pernah putus asa , tetap bangkit walaupun pernah gagal , dan selalu mencoba hal – hal baru untuk usahanya. Ataupun jika anda belajar dengan baik maka anda akan mendapat nilai sesuai dengan kemampuan ( hasil belajar ) anda. Ini adalah bukti nyata dan alasan logis untuk melakukan sebuah tindakan atau perintah.

    Suka

  5. Reblogged this on andriwahyudinblog and commented:
    1.ethos merupakan integritas atau kredibilitas seorang orator yang dapat dipercaya oleh banyak masyarakat luas sehingga orang yang mendengarkan juga dapat terhanyut dan yakin bahwa apa yang dibicarakan orator tersebut benar dan nyata hal itu bisa terjadi karna audience yakin dan percaya pada orator tersebut.contohnya seorang guru matematika yang mengajar dikelas ia bisa menjelaskan tentang rumus ini rumus itu didepan semua muridnya tapi tidak hanya menjelaskan tapi ia juga memberikan cara penyelesaiannya dengan begitu murid percaya dan yakin bahwa apa yang dijelakan guru tersebut benar dan dapat dipercaya karna beliau juga mampu menyelesaikannya itu merupakan salah satu contoh simplenya jika mau melihat disekitar kita juga banyak orang orang yang mempunyai ethos baik seperti ustad,pendeta,dll mereka bisa berbicara didepan audience dan banyak audience terhanyut dengan kata-kata mereka karna mereka punya yang namanya integritas dan kredibilitas tersebut jika kedua hal tersebut tidak dimiliki seorang orator maka tidak akan ada yang mau mendengarkanya.

    phatos merupakan sebuah pengendalian diri seorang orator maksudnya disini adalah seorang orator bisa mengendalikan dirinya sendiri dalam setiap pidatonya,selain itu ia juga harus mempunyai emotional appeals yaitu bisa membangun gairah penonton dan bisa menghanyutkannya dalam setiap kata katanya.contohnya adalah mario teguh kenapa mario teguh bisa menjadi seorang motivator terkenal karna ia memiliki phatos yang baik sehingga banyak yang menyukai cara ia memberi motivasi karna ringan dan mudah dipahami selain itu ia juga sering memberikan candaan yang bisa menghibur audiencenya,contoh lainya adalah seorang komika yang berstand up comedy didepan umum jika ia tidak memiliki emotional appeals maka tidak akan ada yang tertawa biasanya mereka juga menitik beratkan gaya dan bahasa yang unik sehingga orang lain terhibur.

    logos adalah pengetahuan jika seorang mempunyai pengetahuan yang luas ia bisa merubah 1 kata menjadi seribu makna hal ini terjadi karna ia memiliki contoh contoh kasus yang banyak dan masuk akal sehingga orang dapat percaya dengan speech nya,contohnya ketika seorang guru memberikan contoh terhadap muridnya ia memberikan gambaran tentang kehidupan yang sangat rumit dan ia bisa menjelaskan hal tersebut melalui contoh-contoh kasus yang ringan sehingga mudah dicerna oleh muridnya.

    Suka

  6. Reblogged this on rika475 and commented:
    Ethos adalah sumber kepercayaan Dimana seorang orator memberikan kepercayaan kepada audience Bahwa dia mampu meyakinkan Dan membawa audience kepada Suatu arguments yang dapet dipertanggung jawab kan kebenaranya Dan dapat meyakinkan audience Bahwa seorang orator memang memiliki perpustakaan dalam pikiran ya sehingga setiap kata , kalimat ,Dan argument yang terucap adalah Beñar Adanya .
    Contohnya : seorang Dosen yang sedang mengajar mahasiswa Dan mahasiswinya Dimana setiap materi yang disampaikan mampu membuat kami Percaya itu memang Beñar .

    Pathos adalah himbawan emotional Dimana seorang orator mampu menguasai Suasana sesuai dengan yang iya inginkan Dimana dengan cara menunjukan gaya Bahasa Dan cara bicara yang mampu membangunkan Suasana sehingga audience menjadi hanyut terbawa dalam cerita yang Kita sampaikan
    Contoh : seorang Dosen yang mampu memecah Suasana yang ricuh menjadi Sunyi Dan fokus dengan materi yang disampaikan karna nada bicara yang tunggi membuat audience Merasa tertarik Dan

    Logos adalah sebuah gambaran perbandingan Dimana seorang orator memberikan sebuah gambaran kepada para audience tenang apa yang iya Katakan sesuai dengan yang Ada . Contohnya seperti memberikan permisalan Dan mendescripsikan sebuah narasi agar khalayak dapat mengerti namun harus juga bersumber Dari sebuah media yang dapat dipercaya kebenaranya

    Suka

  7. Reblogged this on indraadityablog and commented:
    a. Ethos adalah sumber kepercayaan (source credibility) yang dibuktikan seorang orator bahwa dirinya memang mumpuni pada bidangnya, dan karena kepakarannya itu, seorang orator layak dipercaya, seorang orator berbicar di depan umum meyakinkan audienya bahwa apa yang yang di katakannya adalah benar dan dapat di percaya sepenuhnya contohnya ketika seorang ustand atau pendeta memberikan kotbahnya ia akan mencoba meyakinkan jamaahnya bahwa dirinya dalah seorang yang mengerti agama dan memiliki pengetahuan tentang agama dan tau tata cara umat beragama.

    b. Pathos adalah himbauan emosiona (emotional appeals) yang ditunjukkan seorang rhetor dalam menampilkan gaya dan bahasa yang mampu membangunkan kegairahan dengan semangat yang berapi-api di hadapan khalayak, misalkan seorang pendeta dalam menyampaikan kotbahnya dengan menceritakan kisah-kisah lampau yang berkaitan erat dengan agama dan tema kotbahnya, sehingga audien atau jamaatnya mampu terbawa dalam ceritanya sehingga seolah-olah kisah itu sedang disaksiakan.

    c. Logos adalah himbauan logis (logical appeals) yang dibuktikan seorang orator bahwa uraian atau kajiannya sungguh-sungguh masuk akal sehingga layak diikuti atau dituruti oleh khalayak biasanya oratior akan memberikan gambaran-gambaran perbandingan atau data-data yang bersumber dari media atau lembaga yang kredibilitasnya tidak diragukan sehingga audien merasa apa yang di bicarakan adalah benar-benar danya,

    Suka

  8. 1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Logos, Pathos dan Ethos sebagai dasar Ilmu Toast-Masters disertai masing-masing contoh
    1 .A.ETHOS
    Adalah memastikan bahwa anda benar-benar orang yang tepat dan dapat dipercaya untuk menyampaikan sebuah topik presentasi. ini bukan hanya masalah penguasaan materi belaka, namun terkait dengan tingkat kredibilitas (keyakinan, karakter, pengetahuan dan keahlian) Anda sebagai seorang presenter di hadapan audiens.
    dengan cara membuat personil branding dan tingkatkan keahlian kita dan ketrampilan kita saat menjadi orator.
    Contoh Seorang orator yang percaya diri,yang tidak gugup saat pidato di depan audiens menjadi orang yang lebih pintar di banding audiens

    B.LOGOS sesuatu yang berhubungan dengan argumen yang logis. apakah pesan saya masuk akal? apakah pesan saya berdasarkan fakta, statistik dan bukti? maka kita tidak perlu khawatir terhadap kepercayaan audiens. namun jika pesan Anda tidak mengandung itu semua, maka akan cukup sulit membuat audiens percaya dengan apa yang kita sampaikan.
    contoh:
    -buatlah dimengerti apapun argumen yang anda sampaikan, mereka harus mudah dipahami oleh audiens. gunakan bahasa yang sederhana. jika Anda menggunakan data berupa angka-angka pastikan bahwa kita tidak membuat audiens pusing dengan banyaknya angka yang anda sebutkan. cukup fokus pada angka yang menurut anda penting untuk diketahui oleh audiens. akan lebih bagus lagi jika kita menggunakan tampilan visual untuk mendukung argumen dan data-data yang kita sampaikan.dan buatlah Logis pastikan argumen yang kita sampaikan, mudah dinalar oleh audiens. jangan pernah memberikan sebuah pernyataan yang sulit, apalagi yang susah diterima oleh logika. perlu kita ingat setiap argumen yang Anda sampaikan akan dipikirkan oleh audiens jika itu masuk akal, maka mereka akan mempercayainya. Jika tidak masuk akal mereka akan menolaknya.dan buatlah nyata sebuah argumen yang didasarkan pada fakta dan contoh-contoh konkret cenderung lebih mudah diterima oleh audiens. semakin baik fakta yang kita tunjukkan maka semakin besar pula kepercayaan audiens terhadap diri kita

    C.Phatos Pikirkan bagaimana kita akan menyampikan presentasi kita pikirkan bagaimana kita akan menciptakan pengalaman emosional bersama audiens kita. ini penting dan harus kita lakukan. sebuah presentasi yang kuat akan selalu melibatkan emosi audiens. sebuah pernyataan yang kita sampaikan harus bisa membuat audiens merasa bukan hanya berpikir. dan menggunakan pathos dalam presentasi akan membantu audiens lebih mudah memahami perspaktif kita, lebih mudah menerima pernyataan yang kita sampaikan dan lebih mudah menindaklanjuti call to action yang kita sarankan dan mengembangkan pathos dalam presentasi kita seperti dengan menggunakan cerita,
    Contoh: kita menggunakan humor, menggunakan visual (gambar atau video), menggunakan body lenguage, penekanan kata, atau pun jeda.demikianlah tiga pilar komunikasi persuasif yang harus kita pahami. kembangkan ketiga pilar tersebut. kemudian pahami juga aspek-aspek presentasi persusif yang lain. kita bisa ulasan saya tentang 5 aspek pendukung presentasi persuasif. dengan demikian presentasi kita akan kuat, sehingga dengan mudah kita akan mampu mempengaruhi audiens kita

    2.Sebutkan 10 Magic of Public Speeking beserta contoh2nya
    A.Language Proficiency, Penguasaan Bahasa, Istilah dan Referensi, dituntut untuk memiliki perbendaharaan kata, penguasaan bahasa dan istilah yang mampu menghipnotis audiens, dengan mengutip referensi sesuai dengan teori yang ada.Contoh:seorang orator yang menguasai audiens yang bisa membawa suasana audiens. audiens bisa sedih,terkejut dan tertawa . tidak ada audiens yang bosan dan jenuh ketika kita orasi.
    B.Say it Right, kemampuan Spelling atau kemampuan mengucapkan kata dengan pengejaan yang benar (Spell the word correctly), tidak menimbulkan presepsi yang berbeda dari audiens anda.Contoh: seorang orator mengucapkan kata dengan sangat jelas dan mudah di cerna oleh audiens seingga seluruh audiens mengerti apa yang kita sedang bicarakan di depan audiens. banyak orator yang tidak memperhatikan tuturkata nya. sehingga audiens banyak yang bosan dengan orasi nya
    C. Charismatic Speaker, seorang yang berkharisma, anda adalah seorang ahli dibidang topic yang anda bawakan. Persiapan narasi yang tematis sangat dibutuhkan, intinya anda terlihat sangat berkharisma karena menguasai bidang anda dengan sangat akurat Contoh : seorang bung karno yang berorasi di kenegaraan,beliau sangat terlihat penuh karismatik sehingga banyak audiens yang terhipnotis dan mampu membangun semangat juang kepada rakyatnya.
    D. Body Language, gerak-gerik anda menentukan segalanya dipanggung, jika anda kaku dan tidak bebas bergerak maka jangan naik panggung. Anda adalah bintang saat naik panggung tetapi jangan pula over acting, seadanya saja. contoh : seorang orator harus menggunakan Body Language saat berpidato,sehingga audiens tidak bosan jika seorang orator hanya berdiri tegak. dengan kita menggunakan kita juga dapat mengontrol emosi dengan menggunakan Body Language.
    E. Confident and Nervous, faktornya adalah penguasaan diri yang rentan, banyak faktor penyebab yang berhubungan dengan psikologis sang pembicara.Contoh : seorang orator dapat menguasai diri nya saat di panggung. banyak
    F.Show Case, tampilkan kasus dengan memulai pertanyaan yang unik dan tidak disangka-sangka untuk memulai pembicaraan yang hebat Contoh: kita harus memberi kasus yang fakta.dan unik sehingga audiens dapat mempercayai kita . jngan pernah tampilkan kasus yang belum pernah terjadi
    G.Consideration of alternative Solutions, Berikan pertimbangan dengan sejumlah pendapat nara sumber yang mendekati alternatif jawaban pada ‘case’ yang sesuai topik dan tema pembicaraan Contoh : seorang orator juga harus dapat memberikan pertimbangan kepada narasumber sehingga pesan yang di sampaikan dapat di pahami dan Fakta ada nya
    H. Sleigh Audience in your opinion, Giring audiens pada opini anda dengan memberikan contoh jawaban pada kasus sesuai tema anda dan berikan solusi yang tepat, misalnya ‘bagaimana mengambil sikap pada masalah yang sesuai tema anda.Contoh : memberikan opini dan contoh kasus yang fakta dan sesuai dengan tema. dan kita juga harus memberikan solusi agar audiens bisa percaya dengan kita
    I. Draw great conclusions, tariklah kesimpulan dengan hebat dan giring semua audiens masuk dalam kesimpulan anda, dengan mengajukan banyak pertanyaan dan menggiring jawabannya pada tema anda.Contoh :seorang orator harus mempunyai kata mutiara saat di akhir dia berorasi dan mengajukan pertanyaan kepada audiens
    J.Show Empathy at the End Speech, Tutup pembicaraan dengan penuh empati kepada audiens anda. Pembicaraan akhir menimbulkan kesan yang lama tersimpan pada audiens.Contoh : berikan kata penutup sebagus mungkin yang bisa membuat kesan dan membentuk karakter seorang orator

    3.Apa yang dimaksud dengan Retorika dan berikan contoh 5 orang yang memiliki kemampuan retorika tokoh dunia?
    Istilah retorika secara etimologi berasal dari Bahasa Latin (Yunani Kuno) “Rhetorica” yang berarti “seni berbicara”. Dalam bahasa Inggris kata retorika menjadi “Rhetoric” yang berarti “kepandaian berpidato atau berbicara”. Secara terminologi. retorika dikenal dengan istilah “The art of speaking” yang artinya “seni di dalam berbicara atau bercakap”. Sehingga secara sederhana dapat dikemukakan bahwa, pengertian retorika adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari atau mempersoalkan tentang bagaimana cara berbicara yang mempunyai daya tarik dan pesona, sehingga orang yang mendengarkannya dapat mengerti dan tergugah perasaannya.
    Pengertian Retorika Menurut Richard E. Young cs: Retorika adalah ilmu yang mengajarkan bagaimana kita menggarap masalah wicara-tutur kata secara heiristik, epistomologi untuk membina saling pengertian dan kerjasama.
    Pengertian Retorika Menurut Socrates: Retorika adalah ilmu yang mempersoalkan tentang bagaimana mencari kebenaran dengan dialog sebagai tekniknya. Karena dialog kebenaran dapat timbul dengan sendirinya.
    Pengertian Retorika Menurut Plato: Retorika adalah kemampuan di dalam mengaplikasikan bahasa lisan yang sempurna dan merupakan jalan bagi seseorang untuk memperoleh pengetahuan yang luas dan sempurna.
    1. Patrick Hendry (1736-1799). Dia seorang gubernur dari negara bagian Virginia. Dia terkenal dengan seruan “kebebasan atau kematian”. Tokoh lainnya adalah John Quincy Adam (1767-1848). John merupakan presiden Amerika keenam dan dia seorang profesor ilmu retorika.
    2.Hendry Clay (1777-1852) seorang senantor dan anggota kongres. Lewat seni bicara ia menghindarkan perpecahan antara negara bagian utara dan selatan. Tokoh selanjutnya John Calhon (1782-1850) yang memiliki kepandaian berbicara khususnya dalam diskusi dan debat.
    3.Theodore Roosevelt (1858-1919). Dia adalah presiden Amerika ke-26. Seorang yang pandai mempergunakan kata-kata secara tepat dalam berpidato sehingga membawa dampak bagi pendengarnya. Tokoh berikutnya adalah Franklin Delano Roosevelt presiden Amerika ke-22. Tahun 1933 terjadi krisis ekonomi dunia yang menimpa AS. Dalam masa itu ia tampil dalam pemilihan presiden, pada saat kampanye ia mengucapkan ”satu-satunya hal yang kita takuti adalah ketakutan itu sendiri”. Kalimat itu membuatnya terkenal dan memiliki dampak psikologis yang tinggi.
    4.John Fitzgerald Kennedy (1917-1963) adalah senator dan presiden AS yang ke-35. Ia terkenal karena kepintaran yang brilian dan kemampuan retorisnya yang tinggi. Kepandaiannya dalam seni berbicara didemontrasikan dalam pidato pelantikannya tahun1961. Ia menggunakan permainan kata yang mengandung humor.
    5.John F Kennedy yaitu Robert Francis Kennedy (1925-1968). Seorang senator yang menjabat menteri pengadilan yang kemudian mati ditembak saat berkampanye. Berbeda dengan saudaranya, Robert memilih gaya retoris sederhana tetap berkesan.

    4.Jelaskan Apa yang menjadi Target Seorang MC dan berikan contoh masing-masing (Explain five on the targets to be achieved by a Master of Ceremonies in the world of protocol formal and informal so as to have each instance the right)

    Master of Ceremonies (MC) adalah orang yang bertindak selaku pemandu sekaligus tuan rumah sebuah acara (event). Setidaknya ada sembilamn (9) Tugas Pokok Master of Ceremony (MC) atau Pembawa Acara (PA).MC, Emcee, atau MCee (baca: Emsi) bertugas menyampaikan kata-kata sambutan (welcoming speech), mengenalkan pembicara (introduces speakers) atau pengisi acara, dan menyilakan serta mengalokasikan waktu bagi pengisi acara.
    1. Sambut Hadirin.
    Mulailah dengan menyambut audiens. Ucapkan terima kasih atas kehadiran mereka. Jangan lupa, kenalkan diri Anda sebagai MC.

    2. Sapa Pembicara.
    Ucapkan terima kasih kepada para pembicara atau pengisi acara. Pimpin aplaus (tepuk tangan) buat mereka, juga tepuk tangan buat panitia (organiser).

    3. Kenali Tema.
    Kenali dan kuasai tema acara. Kemukakan nama, tujuan, dan tema acara. Ingatkan hadirin tentang manfaat kehadiran mereka di acara.

    4. Sampaikan Humor.
    Cara terhebat dalam mengenalkan tema acara adalah mengaitkannya dengan humor yang relevan atau situasi humoris.

    5. Sampaikan Susunan Acara.
    Sampaikan susunan acara kepada hadirin –waktu memulai, urutan pembicara atau penampilan, waktu presentasi/durasi penampilan, waktu bertanya, break/istirahat, dll.

    6. Kenalkan Pembicara.
    Miliki biodata pembicara dan sampaikan yang relevan dengan acara/topik.

    7. Simak dan Catat!
    Dengarkan semua pembicara, catat poin penting dan menarik untuk dijadikan rujukan dan dikaitkan dengan pembicara berikutnya (bridging).

    8. Santai, Rileks!
    Berusahalah santai. Siapkan selalu segelas air di dekat Anda, all the times!

    9. Menutup Acara.
    Sampaikan terima kasih kepada hadirin. Sebutkan hal-hal penting yang terjadi selama acara berlangsung (highlight).

    Suka

  9. 1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Logos, Pathos dan Ethos sebagai dasar Ilmu Toast-Masters disertai masing-masing contoh
    1 .A.ETHOS
    Adalah memastikan bahwa anda benar-benar orang yang tepat dan dapat dipercaya untuk menyampaikan sebuah topik presentasi. ini bukan hanya masalah penguasaan materi belaka, namun terkait dengan tingkat kredibilitas (keyakinan, karakter, pengetahuan dan keahlian) Anda sebagai seorang presenter di hadapan audiens.
    dengan cara membuat personil branding dan tingkatkan keahlian kita dan ketrampilan kita saat menjadi orator.
    Contoh Seorang orator yang percaya diri,yang tidak gugup saat pidato di depan audiens menjadi orang yang lebih pintar di banding audiens

    B.LOGOS sesuatu yang berhubungan dengan argumen yang logis. apakah pesan saya masuk akal? apakah pesan saya berdasarkan fakta, statistik dan bukti? maka kita tidak perlu khawatir terhadap kepercayaan audiens. namun jika pesan Anda tidak mengandung itu semua, maka akan cukup sulit membuat audiens percaya dengan apa yang kita sampaikan.
    contoh:
    -buatlah dimengerti apapun argumen yang anda sampaikan, mereka harus mudah dipahami oleh audiens. gunakan bahasa yang sederhana. jika Anda menggunakan data berupa angka-angka pastikan bahwa kita tidak membuat audiens pusing dengan banyaknya angka yang anda sebutkan. cukup fokus pada angka yang menurut anda penting untuk diketahui oleh audiens. akan lebih bagus lagi jika kita menggunakan tampilan visual untuk mendukung argumen dan data-data yang kita sampaikan.dan buatlah Logis pastikan argumen yang kita sampaikan, mudah dinalar oleh audiens. jangan pernah memberikan sebuah pernyataan yang sulit, apalagi yang susah diterima oleh logika. perlu kita ingat setiap argumen yang Anda sampaikan akan dipikirkan oleh audiens jika itu masuk akal, maka mereka akan mempercayainya. Jika tidak masuk akal mereka akan menolaknya.dan buatlah nyata sebuah argumen yang didasarkan pada fakta dan contoh-contoh konkret cenderung lebih mudah diterima oleh audiens. semakin baik fakta yang kita tunjukkan maka semakin besar pula kepercayaan audiens terhadap diri kita

    C.Phatos Pikirkan bagaimana kita akan menyampikan presentasi kita pikirkan bagaimana kita akan menciptakan pengalaman emosional bersama audiens kita. ini penting dan harus kita lakukan. sebuah presentasi yang kuat akan selalu melibatkan emosi audiens. sebuah pernyataan yang kita sampaikan harus bisa membuat audiens merasa bukan hanya berpikir. dan menggunakan pathos dalam presentasi akan membantu audiens lebih mudah memahami perspaktif kita, lebih mudah menerima pernyataan yang kita sampaikan dan lebih mudah menindaklanjuti call to action yang kita sarankan dan mengembangkan pathos dalam presentasi kita seperti dengan menggunakan cerita,
    Contoh: kita menggunakan humor, menggunakan visual (gambar atau video), menggunakan body lenguage, penekanan kata, atau pun jeda.demikianlah tiga pilar komunikasi persuasif yang harus kita pahami. kembangkan ketiga pilar tersebut. kemudian pahami juga aspek-aspek presentasi persusif yang lain. kita bisa ulasan saya tentang 5 aspek pendukung presentasi persuasif. dengan demikian presentasi kita akan kuat, sehingga dengan mudah kita akan mampu mempengaruhi audiens kita

    2.Sebutkan 10 Magic of Public Speeking beserta contoh2nya

    .A.Sebelum kita membuka presentasi, atau sebelum presentasi kita dimulai ada satu hal penting yang perlu kita lakukan dengan baik untuk membangun hubungan dan membangun kepercayaan audiens sejak kita berdiri di hadapan mereka yaitu memperkenalkan diri.saya yakin banyak dari kita tahu bagaimana memperkenalkan diri.dan dalam banyak presentasi sering terjadi presenter menghabiskan waktu hanya untuk memperkenalkan diri. mereka menceritakan perjalanan hidup mereka, mereka menceritakan kesuksesan karir mereka, sampai mereka tidak sadar telah menghabiskan banyak waktu hanya untuk berkenalan.
    beberapa langkah saat opening
    *Langkah pertama yang perlu kita lakukan untuk mengenalkan diri kita kepada audiens adalah dengan menyebutkan nama dan perusahaan atau jabatan kita. kalau kita tidak bekerja di perusahaan kita bisa menyebutkan nama dan aktivitas utama yang kita lakukan
    *Langkah yang kedua adalah dengan menyebutkan spesialisasi kita. kita bisa menyebutkan spesialisasi bidang yang kita kuasai. kalau spesialisasi kita terlalu banyak sampaikan saja maksimal tiga dari semua keahlian yang kita miliki. Itupun yang masih terkait dengan topik yang kita sampaikan
    *Langkah ke tiga setelah kita menyebutkan spesialisasi yang kita miliki. selanjutnya kita menyebutkan beberapa kegiatan nyata yang sudah kita lakukan pada bidang kita tersebut.hal ini untuk menguatkan kalau ilmu kita sudah terbukti memberikan manfaat dan kontribusi buat masyarakat luas.
    Contoh:
    Selamat pagi bapak dan ibu semua …
    Sebelum saya mulai sharing, rasanya sangat tidak sopan jika saya tidak memperkenalkan diri.
    Jadi izinkan saya memperkenalkan diri.
    Nama saya Rona Binham.
    Saya adalah trainer dan founfer dari Rona presentasi
    Saya juga seorang penulis. Ada beberapa buku yang sudah saya tulis salah satunya adalah buku Great Presentation.
    Dan kalau saya bicara tentang presentasi.
    Bagi saya pribadi menguasai kemampuan presentasi itu sangat-sangat penting.
    Kenapa?
    Karena dengan menguasai kemampuan presentasi kita akan bisa menyampaikan ide atau gagasan dengan lebih efektif, bisa meningkat rasa percaya diri, meningkatkan karisma dan level pengaruh pribadi serta untuk menunjang percepatan karir ke level yang lebih tinggi.
    Dan semua itu sudah saya buktikan.
    Saya bisa berdiri di depan Anda seperti sekarang ini, karena kemampuan presentasi.
    Tapi sayang bapak dan ibu, banyak orang di luar sana kurang bisa menyadari pentingnya kemampuan ini. Sehingga banyak diantara mereka yang sangat enggan belajar ilmu presentasi.
    Karena itulah bapak dan ibu sejak saya mendirikan Rona presentasi sampai sekarang saya terus berusaha memberikan edukasi ke masyarakat. Saya terus menulis, memberikan seminar, memberikan training dengan harapan supaya setiap orang yang membaca tulisan saya, mengikuti seminar saya dan mengikuti training saya bisa menjadi pembicara yang tidak hanya baik tapi juga hebat.
    Dan saya juga berharap itu juga akan terjadi pada diri Anda.
    Dan hari ini kita akan awali itu semua.

    B.Teori Retorika.kemampuan yang di miliki orator atau pembicara untuk mempengaruhi halayak,meyakinkan audiens dan membawa suasana audiens dalam apa yang kita sampaikan.ada 2 tradisi retorika, yaitu :
    Kebenaran haruslah logis, realistis dan rasional
    Kebenaran itu absolut, tidak peduli apakah kebenaran ini punya nilai praktis. dan ada enam keistimewaan yang mencirikan tradisi yaitu Keyakinan bahwa berbicara membedakan manusia dari binatang.ada kepercayaan bahwa pidato publik yang disampaikan dalam forum demokrasi adalah cara yang lebih efektif untuk memecahkan masalah politik.
    Retorika merupakan sebuah strategi di mana seorang pembicara mencoba mempengaruhi audience melalui pidato yang jelas-jelas bersifat persuasif. Public speaking pada dasarnya merupakan komunikasi satu arah.
    Pelatihan kecakapan pidato adalah dasar pendidikan kepemimpinan. Seorang pemimpin harus mampu menciptakan argumen-argumen yang kuat lalu dengan lantang menyuarakannya.
    Menekankan pada kekuatan dan keindahan bahasa untuk menggerakkan orang banyak secara emosional dan menggerakkan mereka untuk beraksi/bertindak.
    Contoh: seorang orator memberikan pidato tentang bahayanya narkoba dan sex bebas.

    C.Attitude & Ethic Of a Speaker
    Menurut David Zarefsky dalam bukunya Public Speaking Strategic for Success:
    “Public speaking is a continous communivation process in which messages and signals circulate back and forth between speaker and listeners” atau dapat diartikan sebagagi sebuah proses komunikasi berkelanjutan, di mana pesan dan lambang terus Gagne (1974) mengatakan bahwa sikap merupakan suatu keadaan internal (internal state) yang mempengaruhi pilihan tindakan individu terhadap beberapa obyek, pribadi, dan peristiwa.
    Notoatmodjo S. (1997): Sikap adalah reaksi atau respons yang masih tertutup dan seseorang terhadap suatu stimulus atau objek.
    Bimo Walgito, (2001): Sikap adalah organisasi pendapat, keyakinan seseorang mengenai objek atau situasi yang relatif ajeg, yang disertai adanya perasaan tertentu, dan memberikan dasar pada orang tersebut untuk membuat respons atau berpenilaku dalam cara tertentu yang dipilihnya.
    berinteraksi, di antara pembicara dan para pendengarnya. dan juga harus menyesuaikan Mengenakan pakaian yang sesuai dengan suasana pertemuan, rapi, bersih dan sopan
    Tampil dengan bersahaja, sopan dan rendah hati
    Menyisipkan beberapa humor segar dalam pidato
    Gunakan kata-kata yang sopan, halus, dan sederhana
    Sebagai kata penutup jangan lupa mengucapkan maaf bila terdapat tutur kata yang kurang berkenan dan lain-lain.
    Contoh : ketika kita berpidato di depan mentri-mentri Agama kita tidak harus membandingkan agama 1 dan agama lainya.

    D.Skill Of Mastered Audiens
    dalam Presentasinya menyebutkan, Untuk presentasi yang sangat efektif, gunakan salah satu kalimat pembuka berikut untuk kegiatan public speaking Anda ke depannya dan juga harus mempunyai Presentasi yang menarik dan meyakinkan,
    Siapapun kita dan apapun profesi kita menguasai kemampuan presentasi dan komunikasi secara umum sangat penting karena bisa memberikan begitu banyak kesempatan bagi kita untuk menjadi lebih baik dalam banyak hal. Kita dapat mengungkapkan ide atau gagasan dengan kuat, meningkatkan rasa percaya diri, dan mengembangkan kesuksesan karir.ini berarti kita tidak dapat menyepelekan setiap presentasi yang kita lakukan. Apapun presentasinya, Kita harus mampu membuat presentasi yang tidak hanya baik, namun juga harus mampu menampilkan presentasi yang hebat. Yaitu presentasi yang efektif dan menarik sekaligus meyakinkan.dan keterampilan membuat materi pidato.
    Contoh:Saya ingat pertama kali belajar mengendarai motor. saya pikir itu akan menjadi sangat mudah seperti belajar naik sepeda, tapi dengan cepat saya mengetahui betapa sulitnya mengendarai motor, terutama yang memiliki kopling. sama halnya seperti ketika kita memulai untuk berbicara di depan umum

    E.MASTER OF CEREMONY (MC)
    Pembawa Acara (Master of Ceremony) adalah seseorang yang menjadi protokol atau pemandu acara, baik acara formal (Resmi) maupun informal (Tidak Resmi). peranannya pun sangat vital karena menyangkut sukses atau tidaknya suatu acara. MC juga dituntut agar membuat acara tersebut menarik. oleh sebab itu MC lah yang merancang acara.memang tak mudah menjadi Master of Ceremony (MC) pembawa acara (Master of Ceremony) yang handal, dengan kepribadian dan kemampuannya akan memikat audience untuk “betah” mengikuti suatu rangkaian acara. Tidak harus selalu mendatangkan seorang selebritis untuk melakukan hal ini, karena di semua perusahaan, sekolah dan organisasi sesungguhnya memiliki orang-orang yang potensial untuk memerankannya. program singkat ini kami sajikan secara sederhana dan sistematis, sarat dengan latihan bagi setiap peserta.beberapa tips menjadi MC
    1. Suara dan cara berbicara
    – Teknik memproduksi suara dengan memperhatikan :
    1. Speed, standar kecepatan suara harus menyesuaikannya dengan situasi dan kondisi.
    2. Volume, dalam memandu sebuah acara, suara yang dihasilkan harus bulat.
    3. Tone, tinggi rendah suara, agar audience tidak merasa bosan selama acara berlangsung.
    4. Timbre, suara yang ekspresif akan sangat mudah mempengaruhi pendengar.
    5. Power, kekuatan suara yang dihasilkan harus tepat sesuai dengan pemakaian kata.
    6. Nafas, berbicara dengan nafas perut, karena suara yang dihasilkan lebih dalam, power lebih kuat dan lebih terasa nikmat untuk didengar.

    F.Content Message in a Speech (CMS)
    Mengetahui acara tempat kita membawakan pidato dapat sangat membantu kita untuk menentukan topik. topik pidato kita akan bergantung pada jenis acara; perayaan, hanya main-main, sesuatu yang khidmat atau keadaan profesional.
    Memberi Informasi. untuk memberi informasi pada hadirin, kita harus membeberkan fakta-fakta relevan serta rinci mengenai topik yang bisa membantu mereka melihat sesuatu yang sederhana dengan lebih dalam, atau belajar mengenai subjek yang sangat asing.persuasi. untuk membujuk hadirin, kita harus menggunakan teknik retoris, metafora, dan memberikan bukti meyakinkan dari para ahli untuk menyatakan bahwa mereka harus melakukan sesuatu, dari memilih kita sebagai pemimpin, melakukan daur ulang, atau bersukarela membantu komunitas.
    menghibur. untuk menghibur hadirin, gunakan contoh anekdot atau personal, ceritakan cerita-cerita lucu, dan buat hadirin tertawa, walaupun anda sesungguhnya mengomunikasikan pesan yang serius.
    Perayaan. Jika kita merayakan seseorang atau acara tersebut, kita harus mampu menunjukkan apa yang membuat orang atau kesempatan ini begitu spesial, serta mengumpulkan antusiasme akan subjek kita

    Audiens sendiri sebenarnya kurang tepat, karena secara leksikal berarti pendengar. Padahal mereka tidak hanya mendengar. Pembahasan kali ini merupakan tipe hadirin (audiens/ massa) berdasarkan tipe pembelajar. Sebagai trainer, penceramah, narasumber, ataupun guru, kita perlu menyesuaikan format pesan kita dengan tipe audiens.

    G.Psikologi Audiens
    Semakin sesuai media komunikasi dengan tipe pembelajar audiens, maka semakin mudah pesan tersampaikan, semakian efektif perubahan sikap yang diinginkan, dan semakin dalam hubungan emosional yang terjalin. Ingat, seseorang akan semakin tertarik, dan semakin dekat dengan sesuatu yang identik dengannya. Orang dengan tipe auditori akan semakin tertarik dengan sebuah kisah yang anda ceritakan dibanding ia harus membacanya di layar.

    3.Apa yang dimaksud dengan Retorika dan berikan contoh 5 orang yang memiliki kemampuan retorika tokoh dunia?
    Istilah retorika secara etimologi berasal dari Bahasa Latin (Yunani Kuno) “Rhetorica” yang berarti “seni berbicara”. Dalam bahasa Inggris kata retorika menjadi “Rhetoric” yang berarti “kepandaian berpidato atau berbicara”. Secara terminologi. retorika dikenal dengan istilah “The art of speaking” yang artinya “seni di dalam berbicara atau bercakap”. Sehingga secara sederhana dapat dikemukakan bahwa, pengertian retorika adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari atau mempersoalkan tentang bagaimana cara berbicara yang mempunyai daya tarik dan pesona, sehingga orang yang mendengarkannya dapat mengerti dan tergugah perasaannya.
    Pengertian Retorika Menurut Richard E. Young cs: Retorika adalah ilmu yang mengajarkan bagaimana kita menggarap masalah wicara-tutur kata secara heiristik, epistomologi untuk membina saling pengertian dan kerjasama.
    Pengertian Retorika Menurut Socrates: Retorika adalah ilmu yang mempersoalkan tentang bagaimana mencari kebenaran dengan dialog sebagai tekniknya. Karena dialog kebenaran dapat timbul dengan sendirinya.
    Pengertian Retorika Menurut Plato: Retorika adalah kemampuan di dalam mengaplikasikan bahasa lisan yang sempurna dan merupakan jalan bagi seseorang untuk memperoleh pengetahuan yang luas dan sempurna.
    1. Patrick Hendry (1736-1799). Dia seorang gubernur dari negara bagian Virginia. Dia terkenal dengan seruan “kebebasan atau kematian”. Tokoh lainnya adalah John Quincy Adam (1767-1848). John merupakan presiden Amerika keenam dan dia seorang profesor ilmu retorika.
    2.Hendry Clay (1777-1852) seorang senantor dan anggota kongres. Lewat seni bicara ia menghindarkan perpecahan antara negara bagian utara dan selatan. Tokoh selanjutnya John Calhon (1782-1850) yang memiliki kepandaian berbicara khususnya dalam diskusi dan debat.
    3.Theodore Roosevelt (1858-1919). Dia adalah presiden Amerika ke-26. Seorang yang pandai mempergunakan kata-kata secara tepat dalam berpidato sehingga membawa dampak bagi pendengarnya. Tokoh berikutnya adalah Franklin Delano Roosevelt presiden Amerika ke-22. Tahun 1933 terjadi krisis ekonomi dunia yang menimpa AS. Dalam masa itu ia tampil dalam pemilihan presiden, pada saat kampanye ia mengucapkan ”satu-satunya hal yang kita takuti adalah ketakutan itu sendiri”. Kalimat itu membuatnya terkenal dan memiliki dampak psikologis yang tinggi.
    4.John Fitzgerald Kennedy (1917-1963) adalah senator dan presiden AS yang ke-35. Ia terkenal karena kepintaran yang brilian dan kemampuan retorisnya yang tinggi. Kepandaiannya dalam seni berbicara didemontrasikan dalam pidato pelantikannya tahun1961. Ia menggunakan permainan kata yang mengandung humor.
    5.John F Kennedy yaitu Robert Francis Kennedy (1925-1968). Seorang senator yang menjabat menteri pengadilan yang kemudian mati ditembak saat berkampanye. Berbeda dengan saudaranya, Robert memilih gaya retoris sederhana tetap berkesan.

    4.Jelaskan Apa yang menjadi Target Seorang MC dan berikan contoh masing-masing (Explain five on the targets to be achieved by a Master of Ceremonies in the world of protocol formal and informal so as to have each instance the right)

    Master of Ceremonies (MC) adalah orang yang bertindak selaku pemandu sekaligus tuan rumah sebuah acara (event). Setidaknya ada sembilamn (9) Tugas Pokok Master of Ceremony (MC) atau Pembawa Acara (PA).MC, Emcee, atau MCee (baca: Emsi) bertugas menyampaikan kata-kata sambutan (welcoming speech), mengenalkan pembicara (introduces speakers) atau pengisi acara, dan menyilakan serta mengalokasikan waktu bagi pengisi acara.
    1. Sambut Hadirin.
    Mulailah dengan menyambut audiens. Ucapkan terima kasih atas kehadiran mereka. Jangan lupa, kenalkan diri Anda sebagai MC.

    2. Sapa Pembicara.
    Ucapkan terima kasih kepada para pembicara atau pengisi acara. Pimpin aplaus (tepuk tangan) buat mereka, juga tepuk tangan buat panitia (organiser).

    3. Kenali Tema.
    Kenali dan kuasai tema acara. Kemukakan nama, tujuan, dan tema acara. Ingatkan hadirin tentang manfaat kehadiran mereka di acara.

    4. Sampaikan Humor.
    Cara terhebat dalam mengenalkan tema acara adalah mengaitkannya dengan humor yang relevan atau situasi humoris.

    5. Sampaikan Susunan Acara.
    Sampaikan susunan acara kepada hadirin –waktu memulai, urutan pembicara atau penampilan, waktu presentasi/durasi penampilan, waktu bertanya, break/istirahat, dll.

    6. Kenalkan Pembicara.
    Miliki biodata pembicara dan sampaikan yang relevan dengan acara/topik.

    7. Simak dan Catat!
    Dengarkan semua pembicara, catat poin penting dan menarik untuk dijadikan rujukan dan dikaitkan dengan pembicara berikutnya (bridging).

    8. Santai, Rileks!
    Berusahalah santai. Siapkan selalu segelas air di dekat Anda, all the times!

    9. Menutup Acara.
    Sampaikan terima kasih kepada hadirin. Sebutkan hal-hal penting yang terjadi selama acara berlangsung (highlight).

    Suka

Apa Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s