Target Yang Harus Dicapai Oleh Seorang Masters Of Ceremonies

Mustika Ranto Gulo "MOTIVATOR SEJATIKU"Mustika Ranto Gulo, | retorika | Public Speaking | Orator |

Master Of Ceremonies

Explain five on the targets to be achieved by a Master of Ceremonies in the world of protocol formal and informal so as to have each instance the right

  1. On thematic, seorang MC harus tau persis tema apa yang akan disampaikan kepada khalayak. Sehingga dengan demikian maka seorang MC harus melakukan briefing dengan sangat ketat kepada panitia pelaksana acara. Semua acara memiliki tema khusus sehingga MC harus memahami hal-hal yang mendasar tentang tema termasuk latar belakang acara dan siapa saja yang hadir dalam acara dimaksud.
  2. On schedule (Run Down),  seorang MC harus mampu mencapai target atas run down acara yang sudah disusun lengkap dengan durasi setiap tahap acara. Jika ada perubahan judul topik, tentu harus tetap konsekwen terhadap Schedule time mengingat undangan atau audiens jangan terlalu lama menunggu.
  3. On opening, seorang MC harus mampu mengucapkan salam pembuka ‘greetings’ dengan mahir; sebagaimana kebiasaan di Indonesia pada acara formalitas yang sifatnya nasional/universal tidak perlu bertele-tele menyampaikan greetings.
  4. On performance, Seorang MC harus tampil prima dengan persiapan yang matang termasuk penampilan dirinya, busana dan juga persiapan pengetahuan umum tentang suasana acara. Oleh karena itu kesalahan terbesar yg dilakukan oleh seorang MC adalah terlambat hadir dalam suatu acara dan hadirnya ‘last minute’ sehingga kesannya sangat terburu-buru. Akibatnya Performance dari seorang MC itu menjadi sangat kacau dan bahkan kadang memersiapkan diri setelah berada di panggung.
  5. On closing, Seorang MC harus mampu membuat ‘closing’ berupa ucapan terimakasih ataupun ‘conclusion’ dengan sangat baik. Pada tahap ini seorang MC harus mampu membuat kesan yang baik sehingga audiens tidak kecewa dengan rangkaian acara yang sudah dijalani.

Tugas anda adalah memberikan contoh setiap target di atas pada komentar di bawah ini

Mustika Ranto Gulo