mustika ranto gulo a people

Psikologi Komunikasi (Pengantar)

mustika ranto gulo a people
Psikologi Komunikasi

Ruang lingkup psikologi komunikasi Buku Bacaan utama adalah tentang Psikologi komunikasi dari Harold Dwight Lasswell (February 13, 1902 — December 18, 1978

Perhatikan definisi Lasswell tentang Komunikasi yang menunjukkan bahwa komunikasi itu adalah suatu upaya yang disengaja serta mempunyai tujuan. Tujuannya jelas namun kadang tujuan itu bias karena salah mengartikan pesan yang ada di dalamnya, dan disebut miss communication. Miss Communication menimbulkan efek salah presepsi dan menimbulkan konflik. Namun lebih besar peluang komunikasi itu berhasil menyampaikan pesan, dan mengakibatkan perasaan senang.

Berdasarkan definisi Lasswell bahwa ada 5 unsur komunikasi yang saling bergantung satu sama lain, yaitu

Harold Dwight Laswell
Harold Dwight Laswell
  1. Sumber (source), dalam arti mencakup ide yang terbentuk dalam pikiran manusia pada sisi sebagai komunikator; yaitu  pengirim (sender), penyandi (encoding), komunikator, pembicara (speaker) atauoriginator. Sehingga makna ‘sumber’ adalah pihak yang berinisiatif atau mempunyai kebutuhan untuk berkomunikasi. Sumber boleh jadi seorang individu, kelompok, organisasi, perusahaan, ataunegara.
  2. Pesan (message) , yaitu esensi komunikasi ada pada isi pesan, yaitu apa yang dikomunikasikan oleh sumber kepada penerima. Pesan merupakan seperangkat simbol verbal dan atau nonverbal yang mewakili perasaan, nilai,gagasan, atau maksud sumber tersebut. Pesan mempunyai 3 komponen, yaitu makna, digunakan untuk menyampaikan pesan, dan bentuk atau organisasi pesan.
  3. Saluran atau media, mencakup Tx (Transmitter) seperti encoder dan juga frekwensi gelombang atau media alat yang digunakan, yaitu alat atau wahana yang digunakan oleh sumber untuk menyampaikan pesannya kepada penerima. Ada terdapat 2 saluran komunikasi manusia yaitu cahaya dan suara. Saluran juga merujuk pada cara penyampaian pesan, apakah langsung (tatap muka) atau lewat media (cetak dan elektronik).
  4. Penerima mencakup Rx (receiver) sepeeti encoder yaitu penerima akhir dari pesan sering juga destination message, dulu disebut komunkan, penyandi balik (decoder) seperti pada posisi seorang audiens ataupun khalayak, pendengar (listener), penafsir (interpreter),yaitu orang yang menerima pesan dari sumber. Berdasrkan pengalaman masa lalu, rujukan nilai,pengetahuan, persepsi, pola pikir, dan perasaan, penerima pesan menafsirkan seperangkatsimbol verbal dan atau nonverbal yang ia terima.
  5. Efek, yaitu rekasi apa yang terjadi pada penerima setelah ia menerima pesan tersebut, disinilah ada analisa psikologi komunikasi, yaitu sikap sipenerima pesan yang bisa menunjukkan perilaku yg diluar dugaan, misalnya terhibur, menambah pengatahuan, perubahan sikap, atau bahkan perubahan perilaku.

Ada tambahan dari analisa komunikasi yang baru dan modern yaitu : unsur-unsur komunikasi yang terdapat dalam model-model yang lebih baru yaitu 

  1. Umpan balik (feed back),
  2. gangguan komunikasi (noise), dan
  3. konteks atau situasi komunikasi.

Menurut Definisi Gode, memberi penekanan pada proses penularan pemilikan, yaitu dari yang semula (sebelum komunikasi) hanya dimiliki oleh satu orang kemudian setelah komunikasi menjadi dimiliki oleh dua orang atau lebih.

Menurut Definisi Barnlund, menekankan pada tujuan komunikasi, yaitu untuk mengurangi ketidakpastian, sebagai dasar bertindak efektif, dan untuk mempertahankan atau memperkuat ego.

Pembahasan pada pertemuan :

  1. Defenisi dan tujuan, serta ruang lingkup Pembahasan
  2. Proses Komunikasi Intra Personal (1)
  3. Proses Komunikasi Intra Personal (2)
  4. Proses Komunikasi Inter Personal (1)
  5. Proses Komunikasi Inter Personal (2)
  6. Proses Komunikasi Antar Kelompok (1)
  7. Proses Komunikasi Antar Kelompok (2)
  8. Ujian Tengah Semester
  9. Proses Komunikasi Massa (1) – Ide
  10. Proses Komunikasi Massa (2) – Audiens
  11. Psikologi Komunikator
  12. Psikologi Pesan (Efek)
  13. Psikologi Public Speeking (Actulity – Konsep diri)
  14. Attitude (Sikap)
  15. Behaviour (Perilaku)