Mengelola Konflik dan apa hubungannya dengan Desain Pekerjaan dalam job description

Bagaimana mengelola konflik ?

“Menurut Gibson, et al (1997: 437), hubungan selain dapat menciptakan kerjasama, hubungan saling tergantung dapat pula melahirkan konflik. Hal ini terjadi jika masing – masing komponen organisasi memiliki kepentingan atau tujuan sendiri – sendiri dan tidak bekerja sama satu sama lain”

Apa Hubungannya dengan Design Pekerjaan dalam Job Description

Secara khusus, mengelola konflik adalah seni leadership yang dituntut dari seorang pemimpin yang baik. Konflik berasal dari kata kerja Latin configere yang berarti saling memukul. Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.  Dalam manajemen perusahaan tidak mungkin mereka terhindar dari konflik, sama dengan kehidupan bermasyarakat juga, selalu ditemukan konflik antar anggotanya atau dengan kelompok masyarakat lainnya, konflik hanya akan hilang bersamaan dengan hilangnya masyarakat itu sendiri.

Tugas atau job description yang tidak teratur menimbulkan konflik panjang dalam perusahaan. Konflik dilatarbelakangi oleh perbedaan ciri-ciri yang dibawa individu dalam suatu interaksi. Perbedaan-perbedaan tersebut diantaranya adalah menyangkut ciri fisik, kepandaian, pengetahuan, adat istiadat, keyakinan, dan lain sebagainya. Dengan dibawasertanya ciri-ciri individual dalam interaksi sosial, konflik merupakan situasi yang wajar dalam setiap masyarakat dan tidak satu masyarakat pun yang tidak pernah mengalami konflik antar anggotanya atau dengan kelompok masyarakat lainnya, konflik hanya akan hilang bersamaan dengan hilangnya masyarakat itu sendiri.

Beberapa stratgy dalam perusahaan yang sengaja menimbulkan konflik agar ada daya saing antar karyawan. namun konflik seperti ini harus dibawah kendali sang bos. Tetapi yang menjadi masalah adalah ketika konflik itu menjadi bias dan loss control.

UJIAN

Berikan contoh bagaimana cara Mengelola Konflik dan apa hubungannya dengan Desain Pekerjaan dalam job description (500 kata)