BERIKAN CONTOH BAGAIMANA KAUM KAPITALIS MEMANFAATKAN BANK DAN LEMBAGA KEUANGAN SEBAGAI ALAT UNTUK MEREBUT ASET MASYARAKAT

Bank dan Lembaga Keuangan

Bank dikelola oleh sebuah badan usaha yang disebut perusahaan perseroan terbatas, namun bank juga dianggap sebagai sebuah lembaga intermediasi keuangan umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang, dan menerbitkan promes atau yang dikenal sebagai banknote. Kata bank berasal dari bahasa Italia banca berarti tempat penukaran uang. Sedangkan menurut undang-undang perbankan bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.

Lembaga keuangan diatur oleh regulasi keuangan dari pemerintah yang bertujuan untuk bertindak selaku lembaga resmi yang menyediakan jasa keuangan bagi nasabahnya. Bentuk umum dari lembaga keuangan ini adalah termasuk perbankan, building society ( sejenis koperasi di Inggris) , Credit union, pialang saham, aset manajemen, modal ventura, koperasi, asuransi, dana pensiun,pegadaian dan bisnis serupa. Di Indonesia lembaga keuangan ini dibagi kedalam 2 kelompok yaitu lembaga keuangan bank dan lembaga keuangan non bank (asuransi,pegadaian,perusahaan sekuritas,lembaga pembiayaan,dll).

Fungsi Lembaga keuangan ini menyediakan jasa sebagai perantara antara pemilik modal dan pasar uang yang bertanggung jawab dalam penyaluran dana dari investor kepada perusahaan yang membutuhkan dana tersebut. Kehadiran lembaga keuangan inilah yang memfasilitasi arus peredaran uang dalam perekonomian, dimana uang dari individu investor dikumpulkan dalam bentuk tabungan, sehingga resiko dari para investor ini beralih pada lembaga keuangan yang kemudian menyalurkan dana tersebut dalam bentuk pinjaman utang kepada yang membutuhkan . Ini adalah merupakan tujuan utama dari lembaga penyimpan dana untuk menghasilkan pendapatan.

Jasa keuangan adalah suatu istilah yang digunakan untuk merujuk jasa yang disediakan oleh industrikeuangan. Jasa keuangan juga digunakan untuk merujuk pada organisasi yang menangani pengelolaan dana. Bank, bank investasi, perusahaan asuransi, perusahaan kartu kredit, perusahaan pembiayaan konsumen, dan sekuritas adalah contoh-contoh perusahaan dalam industri ini yang menyediakan berbagai jasa yang terkait dengan uang dan investasi.

SEBUTKAN APA FUNGSI BANK DAN LEMBAGA KEUANGAN SESUAI DENGAN HARAPAN PEMERINTAH UU RI No 10 Tahun 1998 tanggal 10 November 1998. KEMUDIAN BERIKAN CONTOH BAGAIMANA KAUM KAPITALIS MEMANFAATKAN BANK DAN LEMBAGA KEUANGAN SEBAGAI ALAT UNTUK MEREBUT ASET MASYARAKAT. BERIKAN CONTOH KASUS (500 KATA)