APAKAH GLOBALISASI DAN INDUSTRIALISASI YANG MELANDA DUNIA TERUTAMA NEGARA YANG SEDANG BERKEMBANG SEPERTI INDONESIA DIANGGAP SEBAGAI PELUANG ATAU ANCAMAN?

Globalisasi adalah sebagai proses penyebaran informasi, pemikiran, gaya hidup maupun teknologi secara universal (mendunia). Sering disebut juga sebagai proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan terhadap isu perkembangan manusia dan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. Kemajuan infrastruktur transportasi dan telekomunikasi, termasuk kemunculan telegraf dan Internet, merupakan faktor utama dalam globalisasi yang semakin mendorong saling ketergantungan (interdependensi) aktivitas ekonomi dan budaya.

Kesepakatan yang tidak direncanakan dan yang direncanakan terjadi secara universal sudah lama terjadi. Misalnya tentang kesepakatan terhadap cara berproduksi dalam dunia industry, hal itu menyebar keseluruh kawasan tanpa direncanakan terlebih dahulu oleh organisasi dunia agar ditiru atau dilakukan oleh dunia selain dunia eropa. Meski sejumlah pihak menyatakan bahwa globalisasi berawal di era modern, beberapa pakar lainnya melacak sejarah globalisasi sampai sebelum zaman penemuan Eropa dan pelayaran ke Dunia Baru. Ada pula pakar yang mencatat terjadinya globalisasi pada milenium ketiga sebelum Masehi. Pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, keterhubungan ekonomi dan budaya dunia berlangsung sangat cepat.

APAKAH GLOBALISASI DAN INDUSTRIALISASI YANG MELANDA DUNIA TERUTAMA NEGARA YANG SEDANG BERKEMBANG SEPERTI INDONESIA DIANGGAP SEBAGAI PELUANG ATAU ANCAMAN?. BERIKAN CONTOH KASUS (500 KATA)