MRG CENTRE "MUSTIKA RANTO GULO"

APA YANG DIMAKSUD DENGAN HUKUM PASAR MENURUT TEORI DAN CERITAKAN FENOMENA PERTUMBUHAN PASAR MODERN DI KOTA BESAR DAN APA PENGARUHNYA PADA PASAR TRADISIONAL?

MRG CENTRE "MUSTIKA RANTO GULO"

Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli dan sekaligus terjadi proses tawar menawar, pertukaran barang dengan barang atau barang dengan uang terjadi. Dalam paradigma tradisional pasar adalah dianggap sebagai tempat, sedangkan dalam paradigma ekonomi, pasar adalah proses terjadinya transaksi jual beli.

Di Indonesia, pasar tradisonal (pasar basah) pada mulanya terbentuk karena kesepakatan para penjual dan pembeli untuk bertemu disuatu tempat yang dianggap memudahkan untuk mendistribusikan barang. Seperti kita kenal ada Pasar Inpres pada masa Presiden Soeharto, merupakan kebijakan yang sangat baik dalam memfasilitasi kedua pihak antara penjual dan pembeli. Namun sejalan dengan perjalan waktu, pasar-pasar itu tidak terawat, kesannya bau sampah dan becek, tidak terawat sehingga pembeli berpikir dua kali untuk datang belanja dilokasi pasar itu. Warung menjadi pilihan lain yang didirikan di pinggir jalan atau di depan halaman rumah penjual untuk menghindari pasar yang becek/basah dan bau, sehingga disepanjang jalan di kota besar, kita bisa temukan warung-earung baik yang bersekala besar maupun kecil.

Pasar Modern

Lahirnya pasar modern seperti superindo, indomart, alfamart dan ratusan pasar modern lainnya. Pelayanan yang prima dan melayani diri sendiri (swa-layan) adalah keunggulan pasar modern ini. Selain memiliki tempat yang mewah dan ber AC (pendingin udara) juga memiliki kasir yang bisa membantu proses pembayaran tunai atau pun dengan kartu kredit atau auto debet.

Masih banyak perbedaan lainnya, yang mengakibatkan penurunan omzet para pemiliki warung dan juga pasar tradisional. Pembeli lebih suka memilih tempat yang mewah dan bersih dibanding masuk ke pasar basah.

Silahkan jawab :

APA YANG DIMAKSUD DENGAN HUKUM PASAR MENURUT TEORI DAN CERITAKAN FENOMENA PERTUMBUHAN PASAR MODERN DI KOTA BESAR DAN APA PENGARUHNYA PADA PASAR TRADISIONAL? 500 KATA