(8) KERJA PRAKTEK “MEMBUAT RANCANGAN BISNIS YANG LAHIR DARI KONSEP BERPIKIR KREATIF”

PERHATIKAN BAGAIMANA STRATEGY MELAHIRKAN IDE

5 Alasan mengapa ide bisa lahir dari sebuah keadaan  yang sulit:

  1. Masalah persaingan (kompetisi) sebagai alasan klasik yang mendorong banyak orang melakukan inovasi dan melahirkan ide baru. Ketika bisnis anda hampir saja tenggelam karena kalah dalam medan persaingan maka salah satu cara penyelamatan adalah mereview semua produk yang anda jual dan segera membuat strategy baru. Repositioning Of Product & Service adalah strategy yang tepat untuk melepaskan diri dari keadaan sulit. Coba jelaskan apa itu yang dimaksud dengan Repositioning Of Product & Service. Lakukan survey terhadap produk yang pernah mengalami yang sama, dan pikirkan sekarang apa yang seharusnya anda lakukan jika anda adalah seorang “Creation of director” dalam menyelamatkan bisnis anda.
  2. Keterbatasan Modal adalah alasan klasik juga yang membuat banyak orang mundur dari rencana usaha yang sudah dipikirkan. Namun orang-orang yang terlatih dalam melahirkan ide dapat mewujudkan bisnis yang memerlukan modal kecil. Sekarang ini telah lahir ribuan ide cemerlang dalam melakukan bisnis dengan modal kecil, kreativitas anda kadang dianggap sebagai value yang sangat mahal dan tak ternilai harganya. Wujudkan sekarang apa yang anda pilih dari ribuan alternatif bisnis creatif yang ada sekarang. Jika anda memiliki ide unik yang tidak meniru atau mencontoh platform yang ada maka nialinya lebih tinggi dari apa yang pernah ada. Dengan demikian alasan keterbatasan modal dapat dilalui dan anda dapat segera menyesuaikan sekarang ide anda itu untuk diwujudkan.
  3. Keahlian anda adalah hal yang utama, anda wajib memiliki minimal satu kelebihan, ingat bahwa semua orang di dunia ini masing-masing harus memiliki kemampuan khusus. Kelebihan anda itu berkorelasi dengan konsep bisnis yang anda buat sekarang. Tanya pada dirimu, apa kelebihan anda, apakah design grafis, video creator, web master, Kemampuan melakukan teknik transaksi atau teknik menjual atau apa saja yang anda miliki sekarang. Silahkan inventarisasi apa saja yang anda miliki dan berikan poin tersendiri pada kelebihan utama anda. Kelebihan utama adalah hal yang tak bisa dikalahkan oleh orang lain. Dalam pertemuan sebelumnya saya pernah katakan bahwa anda adalah bibit unggul yang hidup sekalipun ditanam di atas batu karang sekalipun, artinya anda tak akan mati karena kehabisan ide.
  4. Kata ‘terlatih’ adalah sebuah kunci sukses yang tak dapat dipindahkan ke orang lain. Kemampuan anda adalah kekayaan yang tak pernah habis, bahkan tidak dapat dicuri oleh siapa pun. Mungkin anda bisa ditiru oleh banyak orang namun, kelebihanmu adalah ‘terlatih’, itu adalah anugerah yang besar. Kegagalan konsep berpikir kreatif tidak melahirkan produk dan service karena ketidak tahuan harus memulai dari mana sebuah ide bisa jadi nyata. Latih dirimu meletakan kertas dan menulis semua apa yang ada dalam pikiran anda dan tulis ulang dan tulis ulang dan tulis ulang. Dalam proses menulis ulang itu, anda akan menemukan banyak kemajuan yang harus di sinkronkan, disempurnakan, dikoreksi bisa ditambah dan bisa juga dikurangi. Segera mulai sekarang dan berproduksilah! Apa yang anda pikirkan sekarang?
  5. Diri anda dan lingkungan sangat berperan aktif dalam memberi anda peluang untuk menang. Apa yang diharapkan dari diri anda? Hanya tiga hal yang dituntut sekarang yaitu sehat secara fisik dan sehat secara mental. yang kedua adalah niat untuk berpikir serius dengan konsentrasi yang penuh dan yang ketiga adalah keberanian memulainya dan tidak akan meninggalkan kertas anda tanpa ide yang tertuang memenuhi kertas-kertas anda. Sedangkan lingkungan merupakan faktor yang sangat penting, yaitu ruang kerja yang memadai, tenang dan bahkan anda harus sendirian saja. Itulah sebabnya banyak orang yang pergi ke gunung atau ke pantai agar mereka tidak terganggu dan mendapatkan ide dengan cara menghindari cabang pikiran karena gangguan orang lain.

Pedoman Laporan Hasil Penelitian

1. BAB I, Pendahuluan, adalah laporan dari hasil survey dan pengamatan dengan cara mengumpulkan brochure atau Company Profile suatu perusahaan untuk menjadi pembanding bagi anda. Selain itu anda harus teliti apakah brochure atau perusahaan itu termasuk berhasil menjual idenya? Apakah ada unsur kreatifitas di dalamnya? apakah ada daya tariknya? Buatlah analisa anda pada bab I Pendahuluan ini secara terinci sebagai pembanding ide anda.

2. BAB II, Buat rancangan bisnis yang menurut anda adalah lebih baik dari yang sudah ada, bahkan anda menambahkan 3 item tambahan yaitu penjualan secara online, promosi melalui jejaring sosial dan transaksi online (melalui transfer ebanking). Anda bebas menuangkan semua ide anda di bab ini, termasuk ide krative yang tidak ditemukan di perusahaan yang anda survey.

3. BAB III, Buatlah gambar design sketsa (Mind Map) produk dan service yang anda miliki, termasuk SOP (Standard Operational Procedure) serta Flow Process Chart pelayanan purna jual.

4. Kesimpulan dan Saran

Catatan : Ikuti teknik menulis makalah seperti pada tugas sebelumnya

Jangka waktu pembuatan makalah adalah 45 hari sejak pertemuan ke 7 (tujuh) dan diserahkan pada pertemuan ke 12 (dua belas).

Jika ada yang kurang paham silahkan diskusi melalui kolom komentar dibawah ini.

6 pemikiran pada “(8) KERJA PRAKTEK “MEMBUAT RANCANGAN BISNIS YANG LAHIR DARI KONSEP BERPIKIR KREATIF”

Apa Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s