peranan media online dalam dunia pendidikan

media adalah segala bentuk dan saluran yang di gunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan. dengan adanya media tentu memungkinkan dunia pendidian untuk mengakses kepada sumber informasi yang mulai banyak tersedia.  manfaat media internet sebagai salah satu media terbesar di dunia bisa digunakan sebagai pendorong majunya dunia pendidikan di masa depan.

ada 2 peranan media internet yang penting dalam dunia pendidikan, yakni

!. sebagai sumber data dan informasi.

sebagai sumber informasi, internet menyimpan berbagai jenis sumber informasi dalam jumlah yang tidak terbatas dalam bidang apapun yang di minati, pasti ada informasi di media internet. Ini dapat digunakan para pelajar atau mahasiswa untuk mencari bahan materi dalam pembelajaran di sekolah maupun di kampus. Bagi para pelajar atau mahasiswa yang kurang mampu, ini sangat memudahkannya dalam mencari bahan materi karena tidak perlu lagi untuk membeli buku.

2. sebagai pertukaran data dan informasi.

Internet dapat digunakan sebagai sarana pertukaran informasi dari satu komputer ke komputer lain, tanpa dibatasi oleh jarak fisik ke dua komputer tersebut. Dua komputer yang sama-sama terhubung ke internet dapat saling berkomunikasi satu sama lain, atau mempertukarkan data dan informasi. nternet menghilangkan batas ruang dan waktu sehingga memungkinan siapapun untuk berkomunikasi dengan pakar di tempat lain. Misalnya, seseorang yang berada di aceh dapat berkonsultasi dengan dosen di jakarta atau bahkan di luar negri sekalipun.

Berdasarkan hal tersebut, maka internet sebagai media pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu
a. Sebagai media interpersonal dan massa;
b. Bersifat interaktif,
c. Memungkinkan komunikasi secara bebas.
Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa internet bukanlah pengganti sistem pendidikan. Kehadiran internet lebih bersifat suplementer atau pelengkap.
Berikut adalah beberapa manfaat penggunaan teknologi informasi dalam dunia pendidikan :
• Arus informasi tetap mengalir setiap waktu tanpa ada batasan waktu dan tempat,
• Kemudahan mendapatkan resource yang lengkap,
• Aktifitas pembelajaran pelajar meningkat,
• Daya tampung meningkat,
• Adanya standardisasi pembelajaran,
• Meningkatkan learning outcomes baik kuantitas maupun kualitas.