Logo Kapita Selekta

Pertemuan 11 Masalah pelik tentang urbanisasi telah menyumbang persoalan di kota kota besar, mengapa?

… karena pusat pertumbuhan ada di kota demikianlah bayangan orang tentang hebatnya kota pertarungan kaum urban ini, apa itu kota dan apa hubunganya dengan kaum urban? berikan 5 contoh kasus sosial di perkotaan seperti jakarta sebagai efek dari urbanisasi tu sendiri.

Apa itu kota? Menurut louis wirth kota adalah pemukiman yang relatif besar,padat dan permanent, dihuni oleh orang orang yang hetrogen kedudukan sosialnya.
kota juga menjadi tujuan para urban untuk mendapatkan kehidupan yang lebih layak. Selain itu, daya tarik daerah tujuan juga menentukan masyarakat untuk melakukan urbanisasi. Namun Para urban yang tidak memiliki skill kecuali bertani tentunya akan kesulitan mencari pekerjaan di daerah perkotaan, karena lapangan pekerjaan di kota menuntut skill yang sesuai di bidangnya, ditambah lagi lapangan pekerjaan yang juga semakin sedikit sehingga adanya persaingan ketat dalam mencari pekerjaan. Masyarakat yang tidak memiliki skill tentunya hanya bisa bekerja sebagai buruh kasar yang lebih mengandalkan otot dari pada otak. Masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan, umumnya hanya menjadi tunakarya, tunasusila. Hal ini tentunya akan memberikan pengaruh negatif terhadap lingkungan kota. Akibat dari meningkatnya urbanisasi terhadap lingkungan kota, baik dari segi tata kota maupun keadaan sekitarnya. Dampak urbanisasi terhadap lingkungan kota antara lain:
1. Semakin minimnya lahan kosong di daerah perkotaan.
Lahan kosong di daerah perkotaan semakin minim karena pertambahan penduduk kota yang begitu pesat, sudah sulit diikuti kemampuan daya kotanya. Saat ini lahan-lahan kosong di perkotaan sangat jarang di temui. Ruang untuk kelancaran lalu lintas kendaraan, dan tempat parkir sudah sangat minim, bahkan lahan untuk ruang terbuka hijau (RTH) pun sudah tidak ada lagi. Lahan kosong yang terdapat di daerah perkotaan telah banyak di manfaatkan oleh para urban sebagai pemukiman, perdagangan, dan peindustrian legal maupun ilegal. Bangunan bangunan yang didirikan untuk perdagangan maupun perindustrian umumnya dimiliki oleh warga pendatang. Selain itu para urban yang tidak memiliki tempat tinggal biasanya menggunakan lahan kosong sebagai pemukiman liar mereka, hal ini menyababkan minimnya lahan kosong di daerah perkotaan.
2. Penyebab kemacetan lalu lintas
Padatnya penduduk di kota menyebabkan kemacetan dimana mana, di tambah lagi arus urbanisasi yang semakin bertambah. Para urban yang tidak memiliki tempat tinggal maupun pekerjaan banyak yang mendirikan pemukiman liar di sekitar jalan. Sehingga kota yang awalnya sudah macet menjadi tambah macet. Selain itu tidak sedikit para urban yang memiliki kendaraan sehingga menambah volum kendaraan di setiap ruas kota.
3.menambah polusi di daerah perkotaan.
Urbanisasi baik dengan tujuan mencari pekerjaan maupun untuk memperoleh pendidikan, umumnya memiliki kendaraan. Pertambahan kendaraan bermotor roda dua dan roda empat yang membanjiri kota secara terus menerus, menimbulkan berbagai polusi udara dan kebisingan atau polusi suara bagi telinga manusia.
4.ledakan penduduk.
Daerah kota yang sebelumnya mengalami pertumbuhan penduduk yang stabil mengalami ledakan penduduk dalam waktu singkat. Meningkatnya pertumbuhan penduduk juga mendorong harga properti naik lebih tinggi, sekaligus membuka jalan bagi penciptaan lahan kumuh.
5. Kesenjangan ekonomi.
Kota adalah surga bagi para pencari peluang, di lain sisi, realitas yang di sayangkan adalah tidak meratanya perekonomian. Kota adalah tempat terbaik untuk melihat contoh ketimpangan ekonomi, dimana orang kaya akan terus bertambah kaya, sedangkan orang miskin semakin miskin. Tingginya tingkat kompetisi dapat mengakibatkan pengangguran, sehingga semakin bertambahnya jumlah pengangguran

Apa Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s