KAPITA SELEKTA (4) Urbanisasi dan Sosiologi Perkotaan

Kota adalah pusat terjadinya segala kegiatan, seperti kegiatan ekonomi, politik , pemdidikan, dan pemerintahan. Hubungan kota dengan kaum urban adalah , kota terbentuk karena banyaknya kaum urban yang berdatangan ke kota karena mereka berpikiran , bila mereka ke kota maka ketika mereka pulang ia akan menjadi sukses . namun hal ini justru bertolak belakang dengan ucapan mereka , karena kenyataannya kaum urban yang datang ke kota banyak yang hanya bermodalkan nekat, hal ini menyebabkan terjadinya berbagai macam masalah-masalah di kota .
Berikut 5 contoh kasus social di kota sebagai efek urbanisasi
1. Rumah-rumah liar

Banyak sekali kita temui di kota seperti Jakarta rumah-rumah liar di pinggir rel kereta, dan di pinggir kali, rumah rymah itu adalah rumah dari kaum-kaum urban yang datang ke kota namun kalah bersaing dengan orang –orang yang lebih siap dari mereka , ini merupakan contoh kasus social yang terjadi di kota dari efek urbanisasi , ini terjadi karena si kaum urban datang ke kota dengan modal nekat , namun tidak dibekali keterampilan sehingga mereka kalah bersaing.

2. Minimnya fasilitas pendidikan di desa
Ini juga merupakan menjadi kasus social di kota sebagai efek urbanisasi . yang disebabkan anak-anak di desa ingin mengejar pendidikan yang tinggi , namun di desa belum ada fasilitasnya seperti, masih jarang sekali universitas yang ada di pedesaan, hal ini membuat mereka akhirnya berpikiran untk urbanisasi ke kota agar bisa melanjutkan pendidikannya , namun hal ini bisa jadi berdampak negative karena bisa membuat kota menjadi semakin padat, dan lahan –lahan di Jakarta semakin sesak dan tidak ada ruang.

3. Polusi udara
Hal ini merupakan salah satu kasus social yang terjadi di perkotaan., karena banyaknya kaum urban yang berdatangan ke kota , yang disebabkan oleh mereka yang berurbanisasi ke kota membawa kendaraan-nya dari desa . sehingga menyebabkan kepadatan lau lintas dan menjadi polusi udara . hal ini sangat tidak bagus bagi pertumbuhan kota karena bisa merusak lingkungan di kota karena akibat dari polusi udara tersebut , dan juga berbahaya bagi pernapsan manusia .

4. Kriminalitas yang tinggi
Ini terjadi disebankan mereka( kaum urban) kalah bersaing di kota , sehingga mereka berpikiran untuk melakukan kriminalitas untuk menghidupi keluarganya, dan juga agar bisa memenuhi kehidupannya sehari-hari . kasus-kasus seperti ini banyak sekali terjadi di kota . ini merupakan hal berbahaya yang terjadi di perkotaan , oleh sebab itu seharusnya bila tidak ada keterampilan sebaiknya tidak usah datang ke kota.

5. Kemacetan
Ini terjadi di kota –kota besar seperti di Jakarta hal ini disebabkan oleh factor urbanisasi . mereka datang ke kota dengan membawa kendaraan mereka dari desa untuk transportasi . namun hal ini menyebabkan kemacetan yang dikarenakan sudah banyaknya kendaraan –kendaraan di kota.

TEMPAT BELAJAR ILMU KOMUNIKASI

Masalah pelik tentang urbanisasi telah menyumbang persoalan di kota-kota besar seperti kota Jakarta, Surabaya dan lain-lain. Mengapa? Karena pusat pertembuhan ekonomi ada di kota, demikianlah bayangan orang tentang hebatnya kota. Pertarungan kaum urban ini, dianggap masalah sosial yang serius karena banyak menimbulkan efek yang negatif. Kota selalu dipandang sebagai pusat pendidikan, pusat kegiatan ekonomi, dan pusat pemerintahan. Namun, berdasarkan sejarahnya perkembangan kota itu berasal dari tempat-tempat pemukiman yang sangat sederhana. Apa itu kota dan apa hubungannya dengan kaum urban, berikan 5 contoh kasus sosial diperkotaan seperti Jakarta sebagai efek dari urbanisasi itu sendiri.

Bobot 40 (Tugas Wajib)

Kirim Komentar anda minimal 500 kata

Lihat pos aslinya