Perubahan sosial dan modernisasi

Perubahan Sosial dan Moderinisasi
Sebelum kita membahas tentang perubahan sosial dan modernisasi, kita harus tau dulu. Apa sih perubahan sosial itu? dan apa sih yg dimaksud modernisasi? Apakah ada keterkaitan di antara keduanya?
Perubahan sosial. Perubahan sosial adalah suatu proses berubahnya struktur/tatanan didalam masyarakat, yg meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan kehidupan yg lebih baik. Pada dasarnya setiap manusia pasti mengalami perubahan. Baik perubahan untuk dirinya sendiri atau perubahan untuk lingkungan sosialnya. Tetapi perubahan yang terjadi antara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lain tidak selalu sama. Hal ini dikarenakan adanya suatu masyarakat yang meng­alami perubahan yang lebih cepat bila dibandingkan dengan masyarakat lainnya. Nah, sedangkan pengertian modernisasi adalah sutu proses perubahan masyarakat dari masyarakat tradisional ke masyarakat modern atau menuju ke arah yg lebih maju di dalam segala aspek. Perubahan sosial dan modernisasi memiliki keterkaitan satu sama lain. Karena modernisasi lah perubahan sosial itupun terjadi.

Berikut beberapa contoh dari perubahan sosial di kehidupan kita :

1. Lifestyle

Lifestyle atau gaya hidup benar benar sangat terlihat perubahannya dr jaman dulu hingga saat ini. Kita ambil contoh saja, Mode pakaian. Perubahan mode pakaian pada masyarakat bisa saja terjadi. Dahulu semua masyarakat menggunakan pakaian adat khasnya. Namun, seiring dengan kemajuan dari perkembangan masyarakat tersebut membuat sedikit demi sedikit anggota masyarakat mulai meninggalkan pakaian adatnya dan menggunakan pakaian yang menjadi trend di daerah itu. Banyak masyarakat Indonesia, khususnya para remaja yg senang mengikuti trend berbusana ala artis idolanya, misalnya bergaya ala korean style. Karna rasa kagum mereka yg tinggi akan sosok sang idolanya “artis-artis korea” mereka pun mengikuti segala sesuatu yg digunakan oleh idolanya. Salah satunya ialah cara berpakaian. Kemudian contoh selanjutnya ada Model rambut. Model gaya rambut juga banyak berubah. Bahkan masyarakat cenderung merasa harus mengikuti trend tersebut jika tidak mau dikatakan ‘jadul’ atau ‘culun’. Pengaruh terbesar adalah model rambut ‘punk’ yang membuat banyak remaja mengikuti model rambut dan gaya hidup orang dengan model rambut tersebut.

2. Ekonomi

Perubahan sosial selalu terjadi dan mencakup semua bidang. Salah satunya adalah bidang ekonomi. Perubahan ekonomi tampak jelas pada sifat masyarakat. Pada umumnya, masyarakat lebih suka dengan produk impor dibandingkan produk di dalam negeri karena kualitasnya dianggap lebih bagus. Selain itu, dengan adanya Singapura sebagai negara maju, maka masyarakat yang kaya lebih memilih berlibur ke Singapura ketimbang ke Bali. Hal ini dapat mengurangi devisa negara. Contohnya, Menyukai produk luar negeri. Sejak bangsa kita dijajah, kita mulai ‘dihipnotis’ oleh mereka supaya kita menganggap bahwa produknya lebih baik daripada produk dalam negeri. Hal ini membuat kita selalu memilih produk luar negeri ketimbang produk dalam negeri. Apalagi dengan masuknya budaya asing dengan mudah ke Indonesia, kecintaan masyarakat akan produk luar negeri semakin meningkat. Contoh selanjutnya adalah gaya hidup konsumtif. Gaya hidup konsumtif adalah fenomena yang terjadi di jaman sekarang. Penyebab utamanya adalah rasa gengsi di masyarakat dan keinginan akan mengikuti sebuah trend. Salah satu contohnya yang fenomenal adalah fenomena mengganti smartphone baru dan makan-makanan yang mewah. Itu disebabkan karena mereka merasa gengsi dan tergiur dengan diskon yang tidak biasa terjadi. Akibatnya, kemiskinan semakin merajalela akibat sifat boros ini.

3. Pendidikan

Perubahan sosial dapat terjadi dibidang pendidikan. Hal ini seiring dengan berkembangnya metode pengajaran dan kurikulum yang berlaku. Selain itu, perkembangan teknologi juga membuat perubahan pada pendidikan. Contohnya pertama, Metode belajar. Di beberapa sekolah, metode belajar berubah menjadi lebih modern. Seperti penggunaan laptop dan tablet PC. Di sekolah pun sering disediakan WiFi untuk mempermudah siswa untuk mengakses internet dan mencari sumber belajar. Contoh selanjutnya yg kedua adalah Membuat Tugas. Ini yg paling terlihat dalam dunia pendidikan. Dahulu, siswa mengerjakan tugas dengan cara pergi ke perpustakaan lalu meneliti seluruh isi buku kemudian menuliskan tugasnya dalam secarik kertas. Sekarang sangat berbeda: cari di internet, salin, cetak, selesai. Contoh ketiga, Cara Mengajar. Cara mengajar berubah seiring perkembangan jaman. Berbagai penelitian telah dilakukan terutama dalam bidang psikologi pada peserta didik. Tentu saja mereka menginginkan cara mengajar yang lebih baik sehingga mudah dipahami oleh peserta didik. Selain itu, perkembangan teknologi juga semakin memajukan cara mengajar. Seperti penggunaan proyektor dalam mengajar.

4. Budaya

Budaya di Indonesia telah banyak tercampur dengan budaya asing. Itu mungkin disebakan karena kebudayaan itu lebih menyenangkan dibandingkan budayanya sendiri. Seperti budaya hari Valentine dan pesta ulang tahun. Sebenarnya budaya asli Indonesia telah memiliki budaya yang mirip dengan budaya tadi. Namun, budaya tersebut terkadang dianggap kurang meriah. Contoh perubahan besar lainnya adalah penggunaan komputer dan alat-alat teknologi sebagai pengganti buku untuk mencari tugas. Hal itu disebabkan oleh kemudahan menggunakan alat-alat teknologi tersebut. Selain masuknya budaya asing juga ada Kesenian. Kesenian bisa saja berubah atau tergantikan seiring perkembangan zaman. Saat ini, banyak kesenian di Indonesia yang mulai punah karena anak bangsa tidak suka dengan kesenian tersebut. Bahkan mereka lebih suka mempelajari kesenian asing dengan alasan trendy. Namun, masih banyak kesenian populer Indonesia yang masih bisa bertahan sampai sekarang.

5. Industri

Revolusi industri membuat perubahan besar-besaran pada kehidupan sosial masyarakat. Mulai dari ketimpangan antara industri dengan agrikultur, banyaknya pengangguran, munculnya gerakan sosialis, rendahnya kesejahteraan buruh, dll. Contoh di industri ialah, revolusi industri di Eropa antara tahun 1750-1850. Pada saat itu, penggunaan mesin uap sebagai pengganti tenaga manusia mulai marak digunakan sehingga menghemat banyak biaya. Namun, hal itu justru menimbulkan pengangguran dimana-mana karena jumlah tenaga kerja tidak sebanding dengan kebutuhan industri akan tenaga kerja. Contoh selanjutnya ada Urbanisasi. Karena industri dikatakan sebagai sebuah kemajuan dan itu berada di daerah perkotaan. Maka banyak masyarakat desa berbondong-bondong ke kota untuk mencari kehidupan yang ‘katanya’ lebih layak. Meskipun tidak semuanya beruntung karena tidak semua industri memerlukan banyak tenaga kerja.

6. Teknologi

saya melihat perubahan teknologi masa kini yang semakin pesat. Sebuah gadget yang canggih sekarang mudah didapatkan dengan harga terjangkau bagi kelas menengah. Contohnya, Sekarang bentuk PC tidak seperti dulu (dengan CPU, keyboard, mouse, monitor, dan speaker yang terpisah) kini telah ada PC yang hanya berisi layar sentuh + keyboard dan mouse saja dengan spesifikasi gila-gilaan seperti iPad, tablet, dan sebagainya.

7. Pertanian

Dunia pertanian di Indonesia saat ini terus mengalami kemunduran. Hal ini disebabkan oleh banyak hal. Harga gabah rendah, pupuk mahal, sering gagal panen, kebutuhan meningkat, dan masih banyak lagi masalah yang dihadapi oleh para petani sehingga mereka terpaksa menjual lahan pertaniannya. Contoh pertama dalam bidang pertanian adalah Masyarakat Lebih Suka Produk Pertanian Impor. Seperti biasa, masyarakat memang lebih suka produk impor karena dianggap kualitasnya lebih bagus dan harganya lebih murah. Walaupun produk pertanian impor entah diapakan terlebih dahulu supaya bisa bertahan lama. Sekali lagi, petani lokal dirugikan. Contoh kedua, Petani sekarang gemar menjual lahan pertaniannya karena produk pertaniannya kurang laku ditambah dengan harga pupuk serta resiko gagal panen yang tinggi membuat petani terpaksa menjual lahan pertaniannya. Contoh ketiga yaitu banyak petani pintar bermunculan. Petani yang berasal dari lulusan fakultas pertanian pun bermunculan. Petani ini lebih pintar tentang cara pengolahan sampai pendistribusiannya. Hasilnya, produk pertanian di negeri ini kualitasnya tidak kalah dengan produk pertanian dari luar negeri atau impor.

8. Bahasa

Indonesia memiliki banyak sekali bahasa daerah. Namun, banyak juga bahasa yang mulai punah. Itu mungkin disebabkan karena mereka lebih berminat untuk menggunakan Bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dibandingkan bahasa daerahnya sendiri. Itu mungkin karena bahasa tersebut jangkauan komunikasinya lebih luas dibandingkan bahasa daerahnya yang cenderung hanya dimengerti oleh anggota masyarakat di daerah tersebut.

9. Cara Berkomunikasi

Berkomunikasi sangatlah penting. Entah itu dalam mencari teman, relasi, bahkan pacar. Dalam bersosialisasi, kita perlu tahu bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan benar. Perubahan pada cara berkomunikasi bisa terjadi. Beberapa tahun lalu kita masih menggunakan surat untuk berkomunikasi jarak jauh dan sekarang, dengan menggunakan jejaring sosial atau alat komunikasi, seseorang bisa berkomunikasi dengan cepat dan praktis.
Itulah contoh perubahan sosial budaya yang terjadi pada masyarakat. Semua masyarakat pasti saja akan mengalami perubahan sosial budaya. Namun, perubahan tersebut umumnya tidak dirasakan atau tidak terjadi pada masyarakat terpencil.

10. Kesejahteraan Sosial

Revolusi industri membuat sesama industri menjadi semakin bersaing ketat. Hal ini menuntut industri untuk menghasilkan barang sebanyak-banyaknya dengan biaya yang serendah mungkin. Hal ini berimbas terhadap kesejahteraan sosial khusunya para tenaga kerja. Upah menjadi lebih rendah dan jam kerja menjadi diperpanjang. Para tenaga kerja tidak dapat lari dari industri itu karena mereka akan kesulitan mencari pekerjaan lain mengingat persaingan untuk mendapatkan pekerjaan sangatlah ketat. Selain itu, wanita dan anak-anak juga dipekerjakan. Tentu saja ini berdampak pada kesejahteraan tenaga kerja.

Nah, baik atau buruknya dampak dari perubahan sosial itu sendiri tergantung dr penilaian kita masing-masing. Semoga di jaman sekarang kita bisa lebih pandai mengambil pengaruh positif di banding negatifnya. setiap manusia tidak mungkin menolak adanya suatu perubahan, karena sejatinya hal yg tdk akan pernah berubah adalah perubahan itu sendiri.

6 pemikiran pada “Perubahan sosial dan modernisasi

Apa Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s