Creative Thinking (3) Otak dibagi dalam 4 kelompok besar, Sebutkan!

Creative Thinking (3) Otak dibagi dalam 4 kelompok besar, Sebutkan! Dibagian otak manakah proses berpikir kreatif? Dan bagaimana proses pengiriman informasi melalui motorik ke otak dan akhirnya menghasilkan respon untuk bertindak?

Bobot 40 (500 kata)

MRG-CARA KERJA OTAK MANUSIA kiri dan kanan

24 pemikiran pada “Creative Thinking (3) Otak dibagi dalam 4 kelompok besar, Sebutkan!

  1. Reblogged this on Melisah Assanny and commented:
    Otak dibagi menjadi 4 bagian :
    1. Cerebrum yakni otak besar
    2. Cerebellum yakni otak kecil
    3. Brainstem yakni batang otak
    4. Limbic System yaitu Sistem Limbik

    1. Cerebrum adalah bagian terbesar dari otak yang membedakan manusia dengan binatang. Kualitas IQ anda juga tergantung disini
    Cerebrum terbagi menjadi 4 bagian yang disebut lobus
    1. Lobus Frontal yaitu bagian lobus paling depan dari cerebrum. Berhubungan dengan kemampuan membuat alasan, gerak kognisi, perencanaan penyelesaian masalah, kontrol dan seksual
    2. Lobus Parietal yaitu lobs yang berada di tengah-tengah. Berhubungan dengan sensor perasaan.
    3. Lobus Temporal yaitu Lobus yang berada dibagian bawah. Berhubungan dengan kemampuan pendengaran, pemaknaan informasi, dan bahasa dalam bentuk suara.
    4. Lobus Occipital yaitu Lobus yang berada dibagian belakang. Berhubungan dengan rangsangan visual.

    2. Cerebellum atau “otak kecil”, mirip dengan cerebrum, dalam hal ini memiliki dua belahan otak dan memiliki permukaan yang sangat terlipat atau korteks. Struktur ini berhubungan dengan pengaturan dan koordinasi gerakan, postur, dan keseimbangan.
    3. Batang Otak
    Di bawah sistem limbik terdapat batang otak. Struktur ini bertanggung jawab untuk fungsi dasar kehidupan vital seperti pernapasan, detak jantung, dan tekanan darah. Para ilmuwan mengatakan bahwa batang otak merupakan bagian “paling sederhana” dari otak manusia karena otak seluruh binatang, seperti reptil (yang muncul awal pada skala evolusi) menyerupai batang otak kita.
    Otak Tengah
    Otak tengah / mesencephalon terletak di bagian rostral dari batang otak, yang meliputi tectum dan tegmentum. Otak tengah terlibat dalam fungsi seperti penglihatan, pendengaran, gerak mata, dan gerak tubuh. Bagian anterior mempunyai tangkai otak, yang merupakan bundel besar akson yang bepergian dari korteks serebral melalui batang otak dan serat ini (bersama dengan struktur lainnya) yang penting untuk fungsi motorik.
    Pons
    Pons-bagian dari metencephalon di otak belakang. Bagian ini terlibat dalam kontrol motor dan analisis sensorik… Misalnya, informasi dari telinga pertama memasuki otak di pons. Pons memiliki bagian yang penting bagi tingkat kesadaran dan untuk tidur. Beberapa struktur dalam pons terkait dengan otak kecil, sehingga terlibat dalam gerakan dan postur.
    Medulla
    Struktur ini merupakan bagian ekor-sebagian besar batang otak, antara pons dan sumsum tulang belakang. Medulla ini bertanggung jawab untuk menjaga fungsi tubuh yang vital, seperti pernapasan dan detak jantung.
    4. Sistem limbik, yang sering disebut sebagai “otak emosional”, ditemukan terkubur di dalam otak besar. Sistem ini berisi thalamus, hypothalamus, amygdala, dan hippocampus. Berikut adalah representasi visual dari sistem ini, dari pandangan midsagittal dari otak manusia:

    Thalamus
    Thalamus merupakan sebuah massa besar dari materi abu-abu terletak mendalam di otak bagian depan di bagian paling atas dari diencephalon. Struktur ini memiliki fungsi sensorik dan motorik. Hampir semua informasi sensorik memasuki struktur ini di mana neuron mengirim informasi tersebut ke korteks atasnya. Akson dari setiap sistem sensorik (kecuali penciuman) menempel di sini sebagai situs estafet terakhir sebelum informasi tersebut mencapai korteks serebral.
    Hipotalamus
    Hipotalamus merupakan bagian dari diencephalon, ventral ke talamus. Struktur ini terlibat dalam fungsi homeostasis, emosi, kehausan, kelaparan, irama sirkadian, dan kontrol dari sistem saraf otonom. Selain itu, ia mengendalikan hipofisis.
    Amigdala
    Amigdala merupakan bagian dari telencephalon, yang terletak di lobus temporal, yang terlibat dalam memori, emosi, dan ketakutan. Amigdala terletak di bawah permukaan bagian depan, sebelah medial dari lobus temporal di mana menyebabkan tonjolan di permukaan disebut uncus (komponen dari sistem limbik).
    Hippocampus
    Hippocampus merupakan bagian dari otak hemisphers di bagian sebelah medial basal dari lobus temporal. Ini bagian dari otak yang penting untuk belajar dan memori, untuk mengubah memori jangka pendek ke memori yang lebih permanen, dan untuk mengingat hubungan spasial.

    Suka

  2. Reblogged this on kawanFatur and commented:
    Otak Terbagi 4 Bagian Besar
    Organ tubuh yang paling utama pada manusia adalah otak, karna otak manusia paling berpengaruh dalam gerak tindak manusia selama ini. Otak manusia dibagi menjadi 4 bagian, antara lain:
    1. Otak besar (cerebrum)
    Bagian otak paling besar dari manusia ini juga sering disebut dengan Cerebral Cortex, Forebrain, atau Otak Depan. Cerebrum merupakan bagian otak yang membedakan manusia dengan makhluk hidup lainnya. Cerebrum membuat manusia memiliki kemampuan berfikir, menganalisa, logika, bahasa, kesadaran, perencanaan, memori, dan kemampuan visual. Kecerdasan intelektual manusia atau IQ ditentukan oleh kualitas otak besar atau cerebrum.

    Cerebrum terbagi menjadi 4 bagian yang disebut lobus, bagian lobus yang menonjol disebut gyrus dan bagian lekukan yang menyerupai parit disebut sulcus. Keempat lobus tersebut masing-masing adalah :
    • Lobus Frontal, Lobus Pariental, Lobus Occipital dan Lobus Temporal.
    Lobus Frontal merupakan bagian yang berada didepan dari otak besar, lobus ini berhubungan dengan kemampuan membuat alasan, kemampuan gerak, kognisi, perencanaan, penyelesaian masalah, memberi penilaian, kreativitas, kontrol perasaan, kontrol perilaku seksual dan kemampuan bahasa secara umum.
    • Lobus Pariental adalah lobus yang berada pada bagian tengah dari otak besar, lobus pariental berhubungan dengan proses sensor perasaan seperti tekanan, sentuhan dan rasa sakit.
    • Lobus Temporal berada di bagian bawah dengan kemampuan pendengaran, pemaknaan informasi dan bahasa dalam konteks suara.
    • Lobus Occipital ada pada bagian paling belakang otak besar, lobus ini berhubungan dengan rangsangan visual yang memungkinkan manusia mampu melakukan interpretasi terhadap objek yang ditangkap oleh retina mata.
    Selain dibagi menjadi 4 Lobus, cerebrum (otak besar) juga busa dibagi menjadi dua belahan, belahan otak kanan dan belahan otak kiri. Kedua belahan tersebut terhubung oleh kabel-kabel saraf di bagian bawahnya. Secara umum, belahan otak kanan mengontrol sisi kiri tubuh, dan belahan otak kiri mengontrol sisi kanan tubuh. Otak kanan terlibat dalam kreativitas dan kemampuan artistik. Sedangkan otak kiri untuk logika dan berfikir rasional.

    2. Cerebellym (Otak Kecil)
    Otak Kecil atau cerebellum terdapat di bagian belakang kepala, dekat dengan ujung leher bagian atas. Cerebellum mengontrol keseimbangan, koordinasi otot dan gerakan tubuh. Otak kecil juga menyimpan dan melaksanakan serangkaian gerakan otomatis yang dipelajari seperti gerakan mengendarai mobil, gerakan tangan saat menulis, gerakan mengunci pintu dan sebagainya.
    Jika terjadi cedera pada otak kecil, dapat mengakibatkab gangguan pada sikap dan koordinasi gerak otot. Gerakan menjadi tidak terkordinasi, misalnya orang tersebut tidak mampu memasukan makanan ke dalam mulutnya atau tidak manpu mengancingkan baju.

    3. Brainstrem (Batang Otak)
    Batang otak atau Brainstrem berada didalam tulang tengkorak atau rongga kepala bagian dasar dan memanjang sampai ke tulang punggung atau sumsum tulang belakang. Bagian otak ini mengatur fungsi dasar manusia termasuk pernapasan, denyut jantung, mengatur suhu tubuh, mengatur proses pencernaan, dan merupakan sumber insting dasar manusia taitu fight or flight (lawan atau lari) saat datangnya bahaya.
    Batang otak sering dijumpai juga pada hewan seperti kadal dan buaya. Oleh karena itu, batang otak juga sering disebut otak reptil. Otak reptil mengatur perasaan teritorial sebagai insting primitif. Cintohnya anda akan merasa tidak nyaman atau terancam ketika orang yang baru anda kenal terlalu dekat dengan anda. Batang otak terdiri dari 3 bagian, anatara lain :
    • Mesenceohalon atau Otak Tengah adalah bagian teratas dari batang otak yang menghubungkan otak besar dan otak kecil. Otak tengah berfungsi dalam hal mengontrol respon penglihatan, gerakan mata, pembesaran pupil mata, mengatur gerakan tubuh dan pendengaran.
    • Modula oblaganta adalah titik awal saraf tulang belakang dari sebelah kiri badan menuju bagian kanan badan, begtu juga sebaliknya. Medull oblaganta mengontrol fungsi otomatis otak, seperti detak jantung, sirkulasi darah, pernafasan, dan pencernaan.
    • Pons merupakan stasiun pemancar yang mengirimkan data ke pusar otak bersama denga. Informasi reticular. pons yang menentukan apakah kita terjaga atau tertidur.

    4. Limbic System ( Sistem Limbik )
    Sistem limbik terletak dibagain tengah otak, membungkus batanv otakan ibarat kerah baju. Limbik sistem berasal dari bahasa latin yabg berarti kerah. Bahian otak inj sama dimiliki juga oleh hewan mamalia sehingga sering disebut dengan otak mamalia. Komponene limbik antara lain hipotalamus, thalamus, amigdala, hipocampus, dan korteks limbik. Sistem limbik berfungsi menghasilkan perasaan, mengatur produksi hormon, memlihara homeostatis, rasa haus, rasa lapar, dorongan seks, pusat rasa senang, metabolisme dan juga memori jangka panjang.
    Bagian terpenting dari limbik sistem adalab hipothalamus yang salah satu fungsinya adalah bagian memutuskan mana yang perlu mendapatkan perhatian dan mana yang tidak perlu. Misalnya anda lebih mementingkan bermain dengan hewan pelihaan anda sendiri di rumah di bandingkan dengan hewan peliharaan orang lain di rumahnya, mengapa ? Karena anda punya rasa emosional yang kuat dengan hewan peliharaan anda sendiri. Begitu juga, ketika anda membenci seseorang, anda malah sering memperhatikan atau mengingatkan. Hal ini terjadi karena anda punya hubungan emosional denganorang yang anda benci. Sis Limbik menyimpan banyak informasi yang tak tersentuh oleh indera. Dialah gabg lazim disebut sebagai otak emosi atau tempat bersemaymnya rasa cibta dan kejujuran.

    Itulah 4 bahian otak yang sangat berpengaruh pada tubub kita, rasa emosialn, rasa lapar, rasa keprihatian dan perhatian ditentukan oleh bagian otak yang telah disebutkan oleh saya. Semoga bermamfaat untuk kita semua.

    Terima kasih, Faturrahman Broadcasting on kawanfatur.wordpress.com

    Suka

  3. Reblogged this on IN MY MIND and commented:
    A. OTAK DAN BAGIAN-BAGIANNYA
    Otak merupakan pusat kendali seluruh aktivitas manusia. Otak merupakan organ manusia yang paling rumit. Otak terdiri atas 100 juta sel saraf dan neuron.
    Selain menjadi pusat kendali seluruh aktivitas manusia, otak juga menentukan kesehatan fisik maupun psikologi pemilikinya. Jika otak kita sehat, maka bisa menunjang kesehatan kita. begitu pula sebaliknya, jika otak kita ada masalah, tentu akan berdampak negative pada kesehatan dan psikologis pemiliknya.
    Secara umum, otak dapat dibagi kedalam 4 kelompok besar. Yaitu:
    1. OTAK BESAR (CEREBRUM)
    Cerebrum merupakan bagian terbesar dari otak manusia, sekaligus yang membedakan antara otak manusia dan hewan. Cerebrum membuat kita memiliki kemampuan untuk berpikir, analisa, logika, bahasa, kesadaran, dan lain sebagainya.
    Cerebrum terdiri dari 4 bagian, antara lain:
    a.) Lobus Frontal
    Letak : Bagian depan otak besar.
    Berhubungan dengan : Membuat alasan, gerak, kognisis, perencanaan, pemecahan masalah, memberi penilaian, kreativitas.
    b.) Lobus Parietal
    Letak : Bagian tengah
    Berhubungan dengan : Proses sensor perasaan seperti tekanan, sentuhan, dan rasa sakit.
    c.) Lobus Temporal
    Letak : Bagian Bawah
    Berhubungan dengan : Kemampuan pendengaran, pemaknaan informasi dalam bentuk suara.
    d.) Lobus Occipital
    Letak : Bagian belakang.
    Berhubungan dengan : Rangsangan visual, sehingga manusia mampu menginterpretasikan apa yang dilihat oleh retina mata.

    Selain dapat dibagi menjadi 4 bagian, ceerebrum juga bisa dibagi menjadi 2 bagian. Yaitu:
    a.) Belahan otak kanan, yang digunakan untuk mengontrol tubuh bagian kiri.
    b.) Belahan otak kiri, yang digunakan untuk mengontrol tubuh bagian kanan.

    2. OTAK KECIL (CEREBELLUM)
    Letak : Begian belakang kepala.
    Fungsi : Mengatur posisi tubuh, mengontrol keseimbangan, koordinasi otot, dan gerakan tubuh. Jika terjadi cidera pada otak kecil, maka dapat mengakibatkan gangguan pada sikap dan koordinasi otot gerak.

    3. BATANG OTAK (BRAINSTEM)
    Letak : Di dalam tulang tengkorak atau rongga kepala bagian dasar dan memanjang sampai ke tulang punggung atau sumsum tulang belakang.
    Fungsi : Mengatur fungsi dasar manusia termasuk pernapasan, denyut jantung, suhu tubuh, proses pencernaan, dan merupakan sumber insting dasar manusia saat datang bahaya.

    4. SISTEM LIMBIK (LIMBIC SISTEM)
    Letak : Di bagian tengah otak, dan membungkus batang otak.
    Fungsi : Menghasilkan perasaan, mengatur produksi hormon, memelihara homeostatis, rasa haus dan lapar, dorongan seks, pusat rasa senang, metabolise, dan juga memori jangka panjang.

    B. BAGIAN OTAK YANG DIGUNAKAN UNTUK PROSES BERPIKIR KREATIF
    Bagian otak yang digunakan untuk proses berpikir kreatif yaitu belahan otak kanan.

    C. PROSES PENGIRIMAN INFORMASI MELALUI MOTORIK KE OTAK DAN AKHIRNYA MENGHASILKAN RESPON UNTUK BERTINDAK
    Proses pengiriman informasi melaui motorik ke otak dan akhirnya menghasilkan respon untuk bertindak, dimulai dengan adanya stimuli atau rangsangan yang mengaktifkan neuron sensoris. Misalkan pada contoh kasus, saat kita menyentuk permukaan wajan yang sedang berada di atas tungku kompor dengan kondisi api menyala, otomatis sensor yang ada di permukaan kulit jari tangan kita akan teraktivasi oleh kadar panas yang membahayakan. Rasa panas tersebut merupakan sebuah stimuli atau rangsangan.

    Dari stimuli atau rangsangan, maka akan menghasilkan sinyal yang akan ditransmisikan menuju sumsum tulang belakang, lalu diproyeksikan ke otak.

    Kemudian, otak akan memberikan instruksi yang akan di transmisikan melalui serangkaian interneuron sumsum tulang belakang, lalu diproyeksikan ke neuron motorik untuk mengontrol otot lengan sehingga menghasilkan respon seperti kontraksi otot, yang menyebabkan sudut sendi dalam lengan berubah menarik lengan menjauh dari penggorengan yang panas. Inilah yang biasa disebut dengan gerak reflek. Cara kerja otak ini terjadi sangat cepat, sehingga terkadang kita tidak bisa menyadarinya.

    Suka

  4. A. Bagian-Bagian Otak
    1. Cerebrum (Otak Besar)
    Cerebrum adalah bagian terbesar dari otak manusia yang juga disebut dengan nama Cerebral Cortex, Forebrain atau Otak Depan. Cerebrum merupakan bagian otak yang membedakan manusia dengan binatang. Cerebrum membuat manusia memiliki kemampuan berpikir, analisa, logika, bahasa, kesadaran, perencanaan, memori dan kemampuan visual. Kecerdasan intelektual atau IQ Anda juga ditentukan oleh kualitas bagian ini.
    Cerebrum secara terbagi menjadi 4 (empat) bagian yang disebut Lobus. Bagian lobus yang menonjol disebut gyrus dan bagian lekukan yang menyerupai parit disebut sulcus. Keempat Lobus tersebut masing-masing adalah: Lobus Frontal, Lobus Parietal, Lobus Occipital dan Lobus Temporal.
    • Lobus Frontal merupakan bagian lobus yang ada dipaling depan dari Otak Besar. Lobus ini berhubungan dengan kemampuan membuat alasan, kemampuan gerak, kognisi, perencanaan, penyelesaian masalah, memberi penilaian, kreativitas, kontrol perasaan, kontrol perilaku seksual dan kemampuan bahasa secara umum.
    • Lobus Parietal berada di tengah, berhubungan dengan proses sensor perasaan seperti tekanan, sentuhan dan rasa sakit.
    • Lobus Temporal berada di bagian bawah berhubungan dengan kemampuan pendengaran, pemaknaan informasi dan bahasa dalam bentuk suara.
    • Lobus Occipital ada di bagian paling belakang, berhubungan dengan rangsangan visual yang memungkinkan manusia mampu melakukan interpretasi terhadap objek yang ditangkap oleh retina mata.
    Apabila diuraikan lebih detail, setiap lobus masih bisa dibagi menjadi beberapa area yang punya fungsi masing-masing.
    Selain dibagi menjadi 4 lobus, cerebrum (otak besar) juga bisa dibagi menjadi dua belahan, yaitu belahan otak kanan dan belahan otak kiri. Kedua belahan itu terhubung oleh kabel-kabel saraf di bagian bawahnya. Secara umum, belahan otak kanan mengontrol sisi kiri tubuh, dan belahan otak kiri mengontrol sisi kanan tubuh. Otak kanan terlibat dalam kreativitas dan kemampuan artistik. Sedangkan otak kiri untuk logika dan berpikir rasional.

    2. Cerebellum (Otak Kecil)
    Otak Kecil atau Cerebellum terletak di bagian belakang kepala, dekat dengan ujung leher bagian atas. Cerebellum mengontrol banyak fungsi otomatis otak, diantaranya: mengatur sikap atau posisi tubuh, mengkontrol keseimbangan, koordinasi otot dan gerakan tubuh. Otak Kecil juga menyimpan dan melaksanakan serangkaian gerakan otomatis yang dipelajari seperti gerakan mengendarai mobil, gerakan tangan saat menulis, gerakan mengunci pintu dan sebagainya.
    Jika terjadi cedera pada otak kecil, dapat mengakibatkan gangguan pada sikap dan koordinasi gerak otot. Gerakan menjadi tidak terkoordinasi, misalnya orang tersebut tidak mampu memasukkan makanan ke dalam mulutnya atau tidak mampu mengancingkan baju.
    3. Brainstem (Batang Otak)
    Batang otak (brainstem) berada di dalam tulang tengkorak atau rongga kepala bagian dasar dan memanjang sampai ke tulang punggung atau sumsum tulang belakang. Bagian otak ini mengatur fungsi dasar manusia termasuk pernapasan, denyut jantung, mengatur suhu tubuh, mengatur proses pencernaan, dan merupakan sumber insting dasar manusia yaitu fight or flight (lawan atau lari) saat datangnya bahaya.
    Batang otak dijumpai juga pada hewan seperti kadal dan buaya. Oleh karena itu, batang otak sering juga disebut dengan otak reptil. Otak reptil mengatur “perasaan teritorial” sebagai insting primitif. Contohnya anda akan merasa tidak nyaman atau terancam ketika orang yang tidak Anda kenal terlalu dekat dengan anda.
    Batang Otak terdiri dari tiga bagian, yaitu:
    • Mesencephalon atau Otak Tengah (disebut juga Mid Brain) adalah bagian teratas dari batang otak yang menghubungkan Otak Besar dan Otak Kecil. Otak tengah berfungsi dalam hal mengontrol respon penglihatan, gerakan mata, pembesaran pupil mata, mengatur gerakan tubuh dan pendengaran.
    • Medulla oblongata adalah titik awal saraf tulang belakang dari sebelah kiri badan menuju bagian kanan badan, begitu juga sebaliknya. Medulla mengontrol funsi otomatis otak, seperti detak jantung, sirkulasi darah, pernafasan, dan pencernaan.
    • Pons merupakan stasiun pemancar yang mengirimkan data ke pusat otak bersama dengan formasi reticular. Pons yang menentukan apakah kita terjaga atau tertidur.

    4. Limbic System (Sistem Limbik)
    Sistem limbik terletak di bagian tengah otak, membungkus batang otak ibarat kerah baju. Limbik berasal dari bahasa latin yang berarti kerah. Bagian otak ini sama dimiliki juga oleh hewan mamalia sehingga sering disebut dengan otak mamalia. Komponen limbik antara lain hipotalamus, thalamus, amigdala, hipocampus dan korteks limbik. Sistem limbik berfungsi menghasilkan perasaan, mengatur produksi hormon, memelihara homeostasis, rasa haus, rasa lapar, dorongan seks, pusat rasa senang, metabolisme dan juga memori jangka panjang.
    Bagian terpenting dari Limbik Sistem adalah Hipotalamus yang salah satu fungsinya adalah bagian memutuskan mana yang perlu mendapat perhatian dan mana yang tidak. Misalnya Anda lebih memperhatikan anak Anda sendiri dibanding dengan anak orang yang tidak Anda kenal. Mengapa? Karena Anda punya hubungan emosional yang kuat dengan anak Anda. Begitu juga, ketika Anda membenci seseorang, Anda malah sering memperhatikan atau mengingatkan. Hal ini terjadi karena Anda punya hubungan emosional dengan orang yang Anda benci. Sistem limbik menyimpan banyak informasi yang tak tersentuh oleh indera. Dialah yang lazim disebut sebagai otak emosi atau tempat bersemayamnya rasa cinta dan kejujuran.

    B. Fungsi Otak
    Otak besar dibagi menjadi belahan kiri dan belahan kanan, atau yang lebih dikenal dengan Otak Kiri dan Otak Kanan. Masing-masing belahan mempunyai fungsi yang berbeda. Otak kiri berfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca, serta merupakan pusat matematika. Beberapa pakar menyebutkan bahwa otak kiri merupakan pusat Intelligence Quotient (IQ).
    Sementara itu otak kanan berfungsi dalam perkembangan Emotional Quotient (EQ). Misalnya sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain serta pengendalian emosi. Pada otak kanan ini pula terletak kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh, seperti menyanyi, menari, melukis dan segala jenis kegiatan kreatif lainnya.

    C. Proses Pengiriman Informasi melalui motoric ke otak sehingga menghasilkan respon untuk bertindak
    Sistem saraf vebrata terdiri atas dua bagian yaitu sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi. Sistem saraf pusat (CNS = central nervous system) adalah bagian sistem saraf yang berlokasi dalam terkorak dan tulang belakang. Sedangkan sistem saraf tepi (PNS = peripheral nervous system) adalah bagian yang berlokasi di luar tengkorak. Sistem saraf pusat terdiri atas dua bagian yaitu otak dan spinal cord (susunan saraf tulang belakang atau lazim disebut sum-sum tulang belakang). Otak berlokasi di tengkorak sedangkan sum-sum tulang belakang berlokasi di tulang belakang. Sistem saraf tepi juga terdiri atas dua bagian yaitu sistem saraf somatik (SNS = Somatic Nerveous System) dan sistem saraf otonom (ANS = Autonomic Nervous System). Sistem saraf somatik (SNS) adalah bagian dari PNS yang berinteraksi dengan lingkungan internal. Ia terdiri dari afferent nerves (saraf aferen) dan efferent nerves (saraf-saraf eferen). Saraf aferen berfungsi membawa sinyal-sinyal sensorik dari kulit, otot-otot skeletal/otot-otot rangka, sendi, mata, telinga, dan lain-lain, ke sistem saraf pusat. Sedangkan saraf eferen berfungsi membawa sinyal-sinyal motorik dari sistem saraf pusat ke otot-otot skeletal (Pinel, 2009).
    Selanjutnya sistem saraf otonom. Sistem saraf otonom (ANS) memiliki dua macam sistem eferen yaitu saraf simpatik dan parasimpatik. Saraf simpatik (sympathetic nerves) adalah saraf motorik otonom yang keluar dari CNS di daerah lumbar (bagian belakang tubuh yang paling sempit, daerah pinggang) dan thoracic (daerah dada) di sum-sum tulang belakang. Sistem saraf parasimpatik (parasympathetic nerves) adalah saraf-saraf motorik otonom yang memproyeksi dari otak dan bagian sacral (punggung bagian bawah) sumsum tulang belakang. Fungsi-fungsi reseptif sistem simpatik dan parasimpatik menekankan tiga prinsip penting :Pertama, bahwa saraf simpati menstimulasi, mengorganisasikan, dan memobilisasi sumber-sumber energi dalam situasi-situasi yang mengancam, sementara saraf-saraf parasimpatik bertindak untuk menghemat energi. Kedua, bahwa setiap organ target otonom menerima input simpatik dan parasimpatik yang berlawanan, dan oleh sebab itu aktivitasnya dikontrol oleh tingkat relatif aktivitas simpatik dan parasimpatik. Ketiga, bahwa perubahan simpatik merupakan adanya rangsangan psikologis, sementara perubahan parasimpatik merupakan indikasi relasasi psikologis (Pinel, 2009).

    Suka

  5. Reblogged this on Art and Creativity and commented:
    Otak adalah central program kehidupan.Otak mengendalikan fungsi tubuh makhluk hidup karena otak itu adalah pusat kendali dari keseluruhan tubuh.Otak di bagi menjadi 4 kelompok besar yaitu:
    1. Cerebrum (otak besar)
    2. Cerebellum (otak kecil)
    3. Brainstem (batang otak)
    4. Limbic system (system limbic)
    Cerebrum (otak besar)

    Cerebrum adalah bagian otak terbesar yang juga di sebut dengan Cerebral Cotex,Forebrain atau otak depan. Komponen cerebrum antara lain Lobus Frontal (bagian lobus yang ada di paling depan otak besar),Lobus Parietal (berada di tengah),Lobus Temporal (berada di baguan bawah),Lobus Occipital (berada di bagian belakang).Cerebrum membuat manusia memiliki kemampuan berpikir,bahasa,perencanaan,logika,kemampuan visual,analisa,memori dan logika.Pada IQ juga di tentukan oleh kualitas otak besar ini.
    Cerebellum (otak kecil)

    Otak kecil duduk di atas batang otak dan menyumbang sekitar 25% dari otak.Otak kecil biasanya di anggap sebagai pusat motorik.Cerebellum mengendalikan banyak fungsi di otak manusia seperti gerakan tubuh,mengontrol keseimbangan,mengatur posisi tubuh.Jika terjadi cedera pada otak kecil dapat mengakibatkan gangguan pada sikap dan koordinasi gerakan otot.Contohnya orang tidak bisa mengambil benda yang ada di hadapannya.

    Brainstem (batang otak)

    Batang otak berada di dalam tulang tengkorak atau rongga kepala bagian dasar dan memanjang sampai ke tulang punggung atau sumsum tulang belakang.Batang otak terdiri dari Mesencephalon,Medulla oblongata,dan pons.Bagian otak ini mengendalikan manusia seperti pernafasan,sumber insting manusia seperti adanya bahaya datang dan mengatur pencernaan.
    Limbic system (system limbic)

    Sistem limbic berada di bagian tengah otak.Komponen limbic antara lain hipotalamus,thalamus,amigdala,hippocampus dan korteks limbic.Sistem limbic berfungsi menghasilkan perasaan,pusat rasa senang,rasa lapar dan haus,produksi hormon dan memori jangka panjang.Sistem limbic menyimpan banyak informasi yang tak tersentuh oleh panca indera yang juga sebagai otak emosi,kejujuran dan tumbuhnya rasa cinta
    Berdasarkan letak secara simetris,otak di bagi menjadi otak kanan dan otak kiri.Otak kanan dan kiri mempunyai fungsi yang berbeda.Selain itu jika otak kanan sedang bekerja maka otak kiri cenderung lebih tenang,begitu pun sebaliknya.Fungsi otak kanan antara lain fungsi komunikasi,perkembangan emosi,bersosialisasi (hubungan antar manusia),perkembangan seni (menari,menyanyi),berfikir lateral dan tidak terstruktur,memori jangka panjang,pusat khayalan dan kreatifitas.Fungsi otak kiri seperti pusat perkembangan logika (matematika),memori jangka pendek,perkembangan intelegensi (IQ),berfikir analisis dan bertahap.

    Maka dari itu orang yang menggunakan otak kanannya,mereka akan cenderung kreatif dan inovatif,karena otak kanan menghasilkan pemikiran yang tidak sistematis dan tidak terstruktur.Hal ini bukan berarti hasil pemikiran dari otak kanan merupakan hasil yang buruk,namun hasil pemikiran otak kanan berkaitan dengan sesuatu yang baru dan tidak biasa dari yang lain.

    Sistem saraf bekerja melalui jaringan interkoneksi miliaran neuron.Neuron ini mengirimkan informasi dalam bentuk impuls saraf yang mengatur berbagai fungsi tubuh. Neuron melakukan sinyal antara 2 komponen yaitu system saraf pusat dan system saraf perifer. Ada 3 jenis neuron yaitu neuron sensorik,motorik dan interneuron.

    Neuron sensorik mengirimkan rangsangan yang di terima dari panca indera.Sistem saraf pusat meliputi otak dan sumsum tulang belakang.sedangkan system saraf perifer terdiri dari semua neuron kecuali yang di temukan di otak dan sumsum tulang belakang.Otak memproses rangsangan tersebut dan mengirimkannya kembali ke bagian lain dari tubuh,memberitahu bagaimana bereaksi terhadap jenis tertentu dari stimulus.

    Neuron motorik bertanggung jawab untuk menerima sinyal dari saraf otak dan tulang belakang dan mengirim ke bagian lain dari tubuh.Interneuron berfungsi membaca impuls yang di terima dari neuron sensorik dan memutuskan respon yang akan di hasilkan.Selain neuron,system saraf juga mengandung sel-sel glial yang mendukung dan memelihara neuron.

    Sistem saraf manusia yang bersangkutan menerima informasi dari luar,pengolahan dan kemudian menghasilkan respon untuk bertindak.Hal ini merupakan jaringan yang mengontrol dan mengatur semua kegiatan tubuh dengan mengirimkan pesan dari otak ke bagian dari tubuh.

    Suka

  6. 1.Otak besar (serebrum)
    Otak besar mempunyai fungsi dalam pengaturan semua aktivitas mental, yaitu yang berkaitan dengan kepandaian (intelegensi), ingatan (memori), kesadaran, dan pertimbangan. Otak besar merupakan sumber dari semua kegiatan/gerakan sadar atau sesuai dengan kehendak, walaupun ada juga beberapa gerakan re eks otak. Pada bagian korteks serebrum yang berwarna kelabu terdapat bagian penerima rangsang (area sensor) yang terletak di sebelah belakang area motor yang berfungsi mengatur gerakan sadar atau merespon rangsangan.Selain itu, terdapat area asosiasi yang menghubungkan area motor dan sensorik. Area ini berperan dalam proses belajar, me nyimpan ingatan, membuat kesimpulan, dan belajar berbagai bahasa. Di sekitar kedua area tersebut adalah bagian yang mengatur kegiatan psikologi yang lebih tinggi.Misalnya bagian depan merupakan pusat proses berpikir, yaitu mengingat, analisis, berbicara, kreativitas, dan emosi. Pusat penglihatan terdapat di bagian belakang.Apa fungsi masing-masing dari lobus?Lobus frontal-terkait dengan penalaran, perencanaan, bagian bicara, gerakan, emosi, dan pemecahan masalah merupakan bagian lobus yang ada dipaling depan dari Otak Besar. Lobus ini berhubungan dengan kemampuan membuat alasan, kemampuan gerak, kognisi, perencanaan, penyelesaian masalah, memberi penilaian, kreativitas, kontrol perasaan, kontrol perilaku seksual dan kemampuan bahasa secara umum.Lobus parietal-terkait dengan gerakan, persepsi, pengenalan orientasi, dan rangsangan berada di tengah, berhubungan dengan proses sensor perasaan seperti tekanan, sentuhan dan rasa sakit.
    Lobus oksipital-terkait dengan pemrosesan visual ada di bagian paling belakang, berhubungan dengan rangsangan visual yang memungkinkan manusia mampu melakukan interpretasi terhadap objek yang ditangkap oleh retina mata.
    Lobus temporal-terkait dengan persepsi dan pengenalan rangsangan pendengaran, memori, dan bicara. berada di bagian bawah berhubungan dengan kemampuan pendengaran, pemaknaan informasi dan bahasa dalam bentuk suara.
    b) Otak tengah (mesensefalon)
    Otak tengah terletak di depan otak kecil dan jembatan varol. Di depan otak tengah terdapat talamus dan kelenjar hipo sis yang mengatur kerja kelenjar-kelenjar endokrin. Bagian atas (dorsal) otak tengah merupakan lobus optikus yang mengatur re eks mata seperti penyempitan pupil mata, dan juga merupakan pusat pendengaran.
    c) Otak kecil (serebelum)
    Serebelum mempunyai fungsi utama dalam koordinasi gerakan otot yang terjadi secara sadar, keseimbangan, dan posisi tubuh. Bila ada rangsangan yang merugikan atau berbahaya, maka gerakan sadar yang normal tidak mungkin dilaksanakan.
    Otak Kecil atau Cerebellum terletak di bagian belakang kepala, dekat dengan ujung leher bagian atas. Cerebellum mengontrol banyak fungsi otomatis otak, diantaranya: mengatur sikap atau posisi tubuh, mengkontrol keseimbangan, koordinasi otot dan gerakan tubuh. Otak Kecil juga menyimpan dan melaksanakan serangkaian gerakan otomatis yang dipelajari seperti gerakan mengendarai mobil, gerakan tangan saat menulis, gerakan mengunci pintu dan sebagainya.
    Jika terjadi cedera pada otak kecil, dapat mengakibatkan gangguan pada sikap dan koordinasi gerak otot. Gerakan menjadi tidak terkoordinasi, misalnya orang tersebut tidak mampu memasukkan makanan ke dalam mulutnya atau tidak mampu mengancingkan baju.
    d) Jembatan varol (pons varolii)
    Jembatan varol berisi serabut saraf yang menghubungkan otak kecil bagian kiri dan kanan, juga menghubungkan otak besar dan sumsum tulang belakang.

    Suka

Apa Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s