Mustika Ranto gulo

Creative Thinking (2), Apa itu Kreatif Berpikir?

2 Creative Thingking Lahirnya Idea - MRGCreative Thinking (2), Apa itu Kreatif Berpikir?

Tekanan hidup yang juga disebut kesulitan hidup, adalah ancaman yang merangsang kreatifitas manusia. Mengapa ada ransangan? Karena manusia ingin menang atas masalah yang dialaminya. Selain itu persaingan hidup juga adalah pemicu kreatif manusia. Kreatifitas dihasilkan dari berpikir yang menghasilkan idea. Jelaskan dan berikan contoh kasus bagaimana Idea itu bisa lahir Bobot 30, 500 kata

 

18 pemikiran pada “Creative Thinking (2), Apa itu Kreatif Berpikir?

  1. Reblogged this on mardhikaaa and commented:
    Untuk memunculkan kreativitas memang dibutuhkan proses, yakni proses kreatif. Proses yang terjadi dalam otak manusia mungkin masih merupakan misteri. Namun, semua itu dapat dikondisikan sedemikian rupa sehingga mampu memunculkan proses kreatif. Salah satu unsur yang memungkinkan terjadinya proses kreatif, adalah penciptaan suasana yang merangsang mengalirnya gagasan dengan bebas. Berbagai kecenderungan yang bakal mempengaruhi daya kreasi, pengembangan, dan pelaksanaan gagasan sudah selayaknya tak diberi peran, sehingga pemunculan kreativitas tak tersumbat. Pepatah mengatakan, “pikiran itu seperti parasut…..yang hanya akan berfungsi bila terbuka.”
    Proses kreatif berarti keleluasaan mengembangkan ide-ide dan gagasan secara bebas. Seorang kreatif adalah orang yang berani mengambil resiko. Seberapa besar resiko yang akan diambil, tergantung seberapa besar sesungguhnya kualitas kreativitas yang dilakukan. Seseorang yang berani mengambil resiko, tentu saja, usahanya akan lebih dapat berkembang maju, kini dan kedepan.
    Kemajuan sebuah usaha atau pekerjaan tak terlepas dari sejauhmana seseorang mampu menggelorakan bakat kreatifnya, menciptakan kondisi yang memungkinkan setiap aspek mendukung munculnya ide kreatif. Pemunculan ide-ide kreatif terkait erat dengan kemampuan mentransformasikan serangkaian gagasan abstrak, untuk kemudian diubah menjadi sebuah realitas, begitupun, kemampuan untuk melihat segala sesuatu dengan pandangan yang segar, yang berbeda dengan pandangan yang biasa. Kreatif berarti juga kemampuan memikirkan cara-cara baru dalam mengerjakan sesuatu sehingga memunculkan kebaruan. Memang, tak mudah melahirkan sesuatu yang orisinil atau sama sekali baru. Tapi, tak apalah, toh masih bisa melakukan kombinasi, sentuhan baru terhadap karya-karya yang sudah ada. Modifikasi, desain dan kesan bagi suatu kebaruan adalah bagian dari sebuah proses kreatif. Dan ide umumnya akan lahir atas masalah, dan tentunya haus memiliki pemikiran yang terbuka.

    Salah satu proses kreatif adalah tantangan berpikir (challenge). Kebiasaan yang terjadi, jika tidak ada tantangan untuk berpikir, kita tidak mau berubah, asyik masyuk dan terbuai dengan situasi dan kondisi yang ada, sudah merasa berada di zona nyaman (comfort zone) yang sering melenakan. Sebuah zona yang membuat kita tidak berani keluar dari cara berpikir yang ada saat ini, tidak mau mencari alternatif dan inovasi, sehingga proses kreatif menjadi mandeg, bahkan mandul. Bagaimana menyikapi tantangan berpikir agar proses kreatif tidak berhenti:

    1. Berlaku sistematis dan bersikap jujur serta selalu bertujuan demi kebaikan.
    2. Bersedia menerima kritik dan masukan dengan tidak menganggap sebagai serangan.
    3. Selalu mencari ide-ide baru yang belum pernah ada sebelumnya.

    Contoh Kejadian:
    Dahulu sebelum adanya alat telekomunikasi manusia berkomunikasi dengan cara bertatap muka, sehingga untuk yang mempunyai jara sangat jauh tidak bisa berkomunikasi secara verbal, melainkan harus menggunakan surat yang akan memakan waktu cukup lama. Akhirnya muncul seorang ilmuwan bernama Alexander Graham Bell dengan alat penemuannya yang bernama telepon. Sehingga manusia kini tidak terbatas oleh jarak untuk hanya sekedar berkomunikasi, sebuah ide yang menghasilkan sebuah penemuan yang benar-benar mengubah kehidupan umat manusia.
    Sebagai contoh lain, seorang yang memiliki masalah ekonomi dia biasanya akan memutar otak bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari. Akhirnya muncul ide untuk berdagang atau mengembangkan keahlian yang dia punya untuk bisa menghasilkan uang. Ini adalah sebuah reflek alami otak ketika berhadapan dengan suatu masalah. Sehingga menghasilkan pemikiran kreatif dan di eksekusi menjadi sebuah ide untuk memecahkan sebuah masalah.
    Ini membuktikan bahwa ide akan muncul karena ada masalah, yang dapat merangsang otak untuk berpikir kreatif.

    Suka

  2. Reblogged this on Melisah Assanny and commented:
    Berpikir Kreatif
    Ketika sebuah masalah datang, 2 hal yang menjadi pilihan dalam hidup manusia.
    Yang pertama adalah menyerah dan ikut terbawa arus dalam masalah yang tiada berkeakhiran, atau memilih choice yang kedua, yaitu mencari jalan keluar dengan pemikiran yang lebih “unik” .
    Berpikir kreatif adalah menggunakan kemampuan berpikir kita untuk membuat hubungan yangan baru & hubungan yang lebih berguna dari informasi yang sebelumnya sudah kita ketahui. Jadi berpikir kreatif tidak selalu menghasilkan sesuatu yang betul-betul baru melainkan bisa menghubungkan hal-hal yang sudah kita ketahui menjadi pengertian yang lebih sempurna. Jika dilihat dari definisi ini sebenarnya semua orang adalah kreatif.

    Lalu Bagaimana Cara Berpikir Kreatif? Ada yang bertanya, bagaimana cara berpikir kreatif bukan reaktif. Sebenarnya lawan reaktif itu adalah proaktif bukan kreatif.
    5 Cara Berpikir Kreatif Ada banyak cara berpikir kreatif yang bisa Anda kuasai. Berikut adalah 5 cara diantaranya bisa Anda gunakan yang cukup ampuh.
    Teknik SKAMPERR. Yaitu teknik menSubtitusi, Kombinasi, Adaptasi, Memperbesar, Penggunaan lain, Eliminasi, Re-arrange (mengatur ulang), dan Reverse (kebalikan).
    Teknik Asosiasi. Asosiasi adalah menghubungkan satu hal dengan hal lain dan akan menghasilkan ide baru.
    Teknik Meminjam Pikiran Orang. Meminjam Pikiran Orang adalah Teknik menggunakan cara pandang dan wawasan miliki orang lain agar mampu menghasilkan ide yang tak terpikirkan oleh kita.
    Teknik Membelokkan Asumsi. Membelokan Asumsi adalah teknik dimana kita akan melepaskan diri dari kungkungan berpikir dengan cara mengubah asumsi.
    Dan yang kelima dengan intuisi. Bagaimana mendapatkan ide dengan intuisi Anda. Nah, untuk membahas teknik-teknik ini lebih detil, akan sangat panjang jika dibahas melalui artikel. Baiknya Anda mempelajari modul-modul kreativitas beserta aplikasinya. Silahkan dapatkan disini. Cara Cepat Berpikir Kreatif Bagaimana agar kita bisa cepat mampu berpikir kreatif? Kreativitas itu adalah sebuah skill atau kemampuan. Seperti Anda mengendarai mobil, Anda dengan cepat mengganti persneling karena Anda sudah berlatih dan biasa. Bagi yang belum bisa dan belum biasa, hal itu akan sulit. Begitu juga dengan kreativitas, harus berlatih dan membiasakan. Setelah mahir dan biasa, otomatis Anda akan cepat berpikir kreatif. Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada dasarnya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif adalah dengan memperbaiki mental dan kemampuan teknik. Keduanya sangat penting. Jika Anda hanya mempelajari masalah teknis, tetapi mental Anda masih belum kreatif, maka kreativitas Anda akan terhambat. Sebaliknya, orang yang sudah bermental kreatif, tidak mengetahui tekniknya, akan kurang optimal juga. Langkah pertama adalah Anda harus mengetahui cara mengatasi hambatan berpikir kreatif. Penghambat utama berpikir kreatif adalah tidak mau menerima sesuatu yang baru dan aneh. Ingat, berpikir kreatif adalah menghasilkan sesuatu yang baru, jika Anda tidak mau menerima yang baru, bagaimana ide-ide hebat akan muncul? Pada kenyataanya, banyak orang yang sulit menerima sesuatu yang baru, aneh, gila, paradoks, atau hal yang membingungkan. Untuk itu, jika Anda ingin lebih kreatif, bukalah diri Anda. Ini adalah sangat penting, Semakin dilatih, Anda akan semakin kreatif. Bahkan Anda bisa berpikir kreatif secara otomatis tanpa menggunakan urutan teknis. Mau membuka diri terhadap pendapat orang lain. Bacalah buku, ikuti seminar, bicaralah dengan orang lain, tanyalah orang lain, dan sebagainya. Pergilah ke tempat yang belum pernah Anda kunjungi. Agar mata Anda terbuka melihat hal-hal baru. Latihlah untuk selalu terbuka terhadap ide aneh atau gila sekali pun. Termasuk saat bingung terhadap ide tersebut. Belajarlah keterampilan baru, yang tidak berhubungan dengan bisnis atau pekerjaan Anda.

    Suka

  3. Reblogged this on kawanFatur and commented:
    Otak Terbagi 4 Bagian Besar
    Organ tubuh yang paling utama pada manusia adalah otak, karna otak manusia paling berpengaruh dalam gerak tindak manusia selama ini. Otak manusia dibagi menjadi 4 bagian, antara lain:
    1. Otak besar (cerebrum)
    Bagian otak paling besar dari manusia ini juga sering disebut dengan Cerebral Cortex, Forebrain, atau Otak Depan. Cerebrum merupakan bagian otak yang membedakan manusia dengan makhluk hidup lainnya. Cerebrum membuat manusia memiliki kemampuan berfikir, menganalisa, logika, bahasa, kesadaran, perencanaan, memori, dan kemampuan visual. Kecerdasan intelektual manusia atau IQ ditentukan oleh kualitas otak besar atau cerebrum.

    Cerebrum terbagi menjadi 4 bagian yang disebut lobus, bagian lobus yang menonjol disebut gyrus dan bagian lekukan yang menyerupai parit disebut sulcus. Keempat lobus tersebut masing-masing adalah :
    • Lobus Frontal, Lobus Pariental, Lobus Occipital dan Lobus Temporal.
    Lobus Frontal merupakan bagian yang berada didepan dari otak besar, lobus ini berhubungan dengan kemampuan membuat alasan, kemampuan gerak, kognisi, perencanaan, penyelesaian masalah, memberi penilaian, kreativitas, kontrol perasaan, kontrol perilaku seksual dan kemampuan bahasa secara umum.
    • Lobus Pariental adalah lobus yang berada pada bagian tengah dari otak besar, lobus pariental berhubungan dengan proses sensor perasaan seperti tekanan, sentuhan dan rasa sakit.
    • Lobus Temporal berada di bagian bawah dengan kemampuan pendengaran, pemaknaan informasi dan bahasa dalam konteks suara.
    • Lobus Occipital ada pada bagian paling belakang otak besar, lobus ini berhubungan dengan rangsangan visual yang memungkinkan manusia mampu melakukan interpretasi terhadap objek yang ditangkap oleh retina mata.
    Selain dibagi menjadi 4 Lobus, cerebrum (otak besar) juga busa dibagi menjadi dua belahan, belahan otak kanan dan belahan otak kiri. Kedua belahan tersebut terhubung oleh kabel-kabel saraf di bagian bawahnya. Secara umum, belahan otak kanan mengontrol sisi kiri tubuh, dan belahan otak kiri mengontrol sisi kanan tubuh. Otak kanan terlibat dalam kreativitas dan kemampuan artistik. Sedangkan otak kiri untuk logika dan berfikir rasional.

    2. Cerebellym (Otak Kecil)
    Otak Kecil atau cerebellum terdapat di bagian belakang kepala, dekat dengan ujung leher bagian atas. Cerebellum mengontrol keseimbangan, koordinasi otot dan gerakan tubuh. Otak kecil juga menyimpan dan melaksanakan serangkaian gerakan otomatis yang dipelajari seperti gerakan mengendarai mobil, gerakan tangan saat menulis, gerakan mengunci pintu dan sebagainya.
    Jika terjadi cedera pada otak kecil, dapat mengakibatkab gangguan pada sikap dan koordinasi gerak otot. Gerakan menjadi tidak terkordinasi, misalnya orang tersebut tidak mampu memasukan makanan ke dalam mulutnya atau tidak manpu mengancingkan baju.

    3. Brainstrem (Batang Otak)
    Batang otak atau Brainstrem berada didalam tulang tengkorak atau rongga kepala bagian dasar dan memanjang sampai ke tulang punggung atau sumsum tulang belakang. Bagian otak ini mengatur fungsi dasar manusia termasuk pernapasan, denyut jantung, mengatur suhu tubuh, mengatur proses pencernaan, dan merupakan sumber insting dasar manusia taitu fight or flight (lawan atau lari) saat datangnya bahaya.
    Batang otak sering dijumpai juga pada hewan seperti kadal dan buaya. Oleh karena itu, batang otak juga sering disebut otak reptil. Otak reptil mengatur perasaan teritorial sebagai insting primitif. Cintohnya anda akan merasa tidak nyaman atau terancam ketika orang yang baru anda kenal terlalu dekat dengan anda. Batang otak terdiri dari 3 bagian, anatara lain :
    • Mesenceohalon atau Otak Tengah adalah bagian teratas dari batang otak yang menghubungkan otak besar dan otak kecil. Otak tengah berfungsi dalam hal mengontrol respon penglihatan, gerakan mata, pembesaran pupil mata, mengatur gerakan tubuh dan pendengaran.
    • Modula oblaganta adalah titik awal saraf tulang belakang dari sebelah kiri badan menuju bagian kanan badan, begtu juga sebaliknya. Medull oblaganta mengontrol fungsi otomatis otak, seperti detak jantung, sirkulasi darah, pernafasan, dan pencernaan.
    • Pons merupakan stasiun pemancar yang mengirimkan data ke pusar otak bersama denga. Informasi reticular. pons yang menentukan apakah kita terjaga atau tertidur.

    4. Limbic System ( Sistem Limbik )
    Sistem limbik terletak dibagain tengah otak, membungkus batanv otakan ibarat kerah baju. Limbik sistem berasal dari bahasa latin yabg berarti kerah. Bahian otak inj sama dimiliki juga oleh hewan mamalia sehingga sering disebut dengan otak mamalia. Komponene limbik antara lain hipotalamus, thalamus, amigdala, hipocampus, dan korteks limbik. Sistem limbik berfungsi menghasilkan perasaan, mengatur produksi hormon, memlihara homeostatis, rasa haus, rasa lapar, dorongan seks, pusat rasa senang, metabolisme dan juga memori jangka panjang.
    Bagian terpenting dari limbik sistem adalab hipothalamus yang salah satu fungsinya adalah bagian memutuskan mana yang perlu mendapatkan perhatian dan mana yang tidak perlu. Misalnya anda lebih mementingkan bermain dengan hewan pelihaan anda sendiri di rumah di bandingkan dengan hewan peliharaan orang lain di rumahnya, mengapa ? Karena anda punya rasa emosional yang kuat dengan hewan peliharaan anda sendiri. Begitu juga, ketika anda membenci seseorang, anda malah sering memperhatikan atau mengingatkan. Hal ini terjadi karena anda punya hubungan emosional denganorang yang anda benci. Sis Limbik menyimpan banyak informasi yang tak tersentuh oleh indera. Dialah gabg lazim disebut sebagai otak emosi atau tempat bersemaymnya rasa cibta dan kejujuran.

    Itulah 4 bahian otak yang sangat berpengaruh pada tubub kita, rasa emosialn, rasa lapar, rasa keprihatian dan perhatian ditentukan oleh bagian otak yang telah disebutkan oleh saya. Semoga bermamfaat untuk kita semua.

    Terima kasih, Faturrahman Broadcasting on kawanfatur.wordpress.com

    Suka

  4. Reblogged this on IN MY MIND and commented:
    BAGAIMANA IDE BISA LAHIR DAN CONTOH KASUSNYA.

    Ide merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Apapun jenis kegiatan, pekerjaan, usaha manusia untuk kelangsungan hidupnya tidak dapat dipisahkan dengan ide. Ide atau gagasan adalah rancangan yang tersusun dari hasil pemikiran.

    Ide atau gagasan biasanya digunakan dalam pembuatan suatu karya seni. Dalam pembuatan karya seni, ide sangatlah dibutuhka. Karena, karya seni yang dihasilkan dari ide baru akan memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan karya seni yang dibuat dengan cara meniru karya yang sudah ada. Selain digunakan dalam pembuatan karya seni, ide juga digunakan untuk pemecahan masalah, meningkatka produktifitas kerja, dan lain sebagainya.

    Ide biasanya terlahir karena adanya masalah yang harus dipecahkan. Saat ada masalah, otak kita mendapatkan stimuli untuk berpikir kreatif. Berpikir kreatif adalah menggunakan kemampuan berpikir kita untuk membuat hubungan yang baru dan hubungan yang lebih berguna dari informasi yang sebelumnya sudah kita ketahui. Maka dari itu, kesulitan hidup mampu melahirkan ide melalui creative thinking yang continue.
    Setelah masalah muncul, dalam Problem Based Learning Process langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu:
    1. MENGIDENTIFIKASI MASALAH
    Dalam mengidentifikasi masalah, terdapat beberapa tahapan. Pertama cari penyebab mengapa masalah tersebut muncul. Metode yang digunakan biasanya dengan mengajukan pertanyaan seperti “when”, “whom”, “why”, “which”, what”, “where”, who”, atau dengan menggunakan metode tulang ikan.
    Kedua, langkah pembedahan masalah. Dimulai dengan mencari tahu masalah apa yang sedang dihadapi, cari benang merah dengan melakukan survey kecil, kemudian cari tahu apa alasan tertinggi penyebab masalah dengan membuat daftar kesulitan yang selalu ditemui, lalu buat daftar jawaban yang bersifat alternatife solution, bukan jawaban tunggal. Ketiga adalah lakukan analis problem.

    2. MENGUKUR RESIKO
    Dalam langkah ini, yang dilakukan adalah hitung resiko yang paling kecil efeknya terhadap keputusan itu, sehingga masalah dapat dikendalikan. Kemudian lakukan antisipasi terhadap ledakan resiko.

    3. TAWARKAN JAWABAN ALTERNATIF
    Jawaban alternatif sangatlah diperlukan, jika jawaban utama yang dibuat kurang menjawab.

    4. PERNIKAHAN PROBLEM ATAU MASALAH DENGAN PIKIRAN
    Setelah melakukan tiga tahapan, selanjutnya adalah dapat kita umpamakan sebagai pernikahan antara problem dengan pikiran yang kemudian akan mengandung ide.

    5. LAHIRNYA IDE (Solusi Terbaik)
    Sebuah ide yang telah berada di pikiran haruslah diwujudkan, karena jika dibiarkan akan berlalu di dalam pikiran. Setelah melewati masa kandungan, maka ide akan lahir dan dapat diterapkan untuk menyelesaikan masalah.

    6. MEMBESARKAN IDE SEBAGAI ANAK KANDUNG
    Setelah ide lahir, tentu harus dirawat dan dibesarkan agar dapat terus berkembang.

    7. MASALAH BARU
    Selama manusia hidup, maka tidak akan pernah lepas dari masalah. Maka, setelah satu masalah berhasil dipecahkan maka akan datang masalah baru. Setelah masalah baru datang, maka diperlukan ide baru pula untuk memecahkan masalah tersebut.

    CONTOH KASUS

    Saat seseorang kehilangan pekerjaan, maka dia akan kehilangan penghasilan finansial, sehingga dia akan dipaksa untuk berpikir secara kreatif untuk menemukan ide baru agar dia mendapatkan pekerjaan pengganti untuk mencukupi kebutuhan hidupnya atau menemukan usaha baru yang dapat menghasilkan uang.

    Setelah dia mendapatkan suatu pekerjaan baru atau menemukan usaha baru, maka satu masalah telah selesai. Hal yang perlu dilakukan adalah bagaimana cara mempertahankan pekerjaan baru tersebut? Atau jika dia memiliki usaha baru, maka bagaimana cara mempertahankan usaha tersebut agar dapat terus bergerak dan mampu bersaing sehingga dapat terus berkembang. Maka hal-hal tersebut merupakan masalah baru. Selamat datang masalah baru.

    Ide adalah harta yang berharga di tengah-tengah dunia yang semakin terdidik. Tanpa ide kita akan sangat sulit untuk bersaing. Jika kita memiliki ide kemudian dipadukan dengan kerja keras, maka kita akan memiliki peluang untuk besar dan sukses.
    Sebuah ide yang terlah berada di pikiran haruslah diwujudkan, agar tidak berlalu begitu saja dalam pikiran.

    Suka

  5. Reblogged this on and commented:
    APA ITU KREATIF BERPIKIR

    Definisi kegilaan adalah “ketika seseorang menginginkan suatu hasil yang berbeda namun dia hanya melakukan hal yang sama”. Kurang lebih seperti itulah pernyataan dari Albert Einstein.
    Kita tidak akan pernah meraih hal-hal hebat dalam hidup jika kita masih melakukan hal yang sama dengan cara yang sama setiap harinya.
    Salah satu kunci kesuksesan adalah bagaimana kita dapat menjadi pribadi yang kreatif dan dapat menjadi solusi memecahkan masalah yang ada. Menjadi kreatif tidak selalu identic dengan sebuah penemuan-penemuan besar dalam bidang ilmiah atau teknologi.sebagian orang mungkin merasa enggan dan tidak akrab dengan kata “kreatif” seakan kreatif adalah predikat yang bias disandang oleh para penemu teknologi terbaru atau seorang seniman yang senior. Kreatif dibenak banyak orang lebih identic dengan aneh, tidak biasa, dan unik. Dengan adanya anggapan seperti ini, mereka merasa bahwa kreatifitas adalah milik mereka yang bekerja di industri kreatif saja.
    Padahal kenyataanya tidaklah demikian. Menjadi kreatif adalah bagaimana tentang menemukan cara-cara baru yang dapat memecahkan masalah. Berpikir kreatif berarti menemukan cara-cara baru yang lebih baik untuk mengerjakan apa saja.
    Berpikir kreatif wajib dimiliki oleh semua profesi. Berpikir secara kreatif dibutuhkan semua orang pada profesi apapun untuk bekerja lebih baik dari sebelumnya. Setiap pekerjaan membutuhkan kreatifitas untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang muncul.
    Kita membutuhkan pola pikir kreatif untuk menjawab berbagai permasalahan seperti: bagaimana agar saya bisa melakukannya dengan lebih cepat? Bagaimana supaya tugas saya dapat diselesaikan dengan lebih mudah? Bagaimana untuk lebih banyak menarik pengunjung ke blog atau website? Bagaimana agar hubungan dengan keluarga lebih harmonis? Bagaimana membuat anak-anak lebih menyukai sayur dan buah? Dan sebagainya.
    Sebagai contoh, seorang ayah yang memikirkan bagaimana cara mendapatkan lebih banyak income karena saat ini keluarga mereka baru mendapatkan seorang buah hati. Ia pun merintis bisnis sampingan diluar jam kerjanya dikantor.
    Atau seorang ibu yang berpikir keras bagaimana caranya agar anaknya bisa makan sayur. Ia pun membuat smoothies sayur dan buah dengan rasa yang lezat. Itu berpikir kreatif.
    Bagaimana seorang akuntan berusaha menemukan software terbaru yang lebih memudahkan kerjanya. Itu kreatif.
    Bagaimana seorang penulis mendapatkan berbagai ide tambahan untuk judul buku barunya. Itu juga disebut berpikir kreatif.
    Akan tetapi berpikir kreatif dan menerapkannya dalam pekerjaan kita tidaklah mudah. Agar kita dapat selalu berpikir kreatif untuk menyelesaikan permasalahan di setiap pekerjaan, dibawah ini ada beberapa cara yang bisa Anda praktekkan.
    Berbagai strategi berpikir kreatif yang kami sampaikan dalam artikel ini merupakan kumpulan ide-ide menarik yang kami dapatkan dari berbagai sumber. Beberapa langkah yang dapat kita lakukan adalah sebagai berikut:
    1. Selalu pikirkan cara yang lebih baik.
    2. Percaya bahwa sesuatu dapat dilakukan.
    3. Terbuka pada perubahan.
    4. Jadilah orang yang gemar bereksperimen.
    5. Jangan pernah berasumsi sebelum Anda mencobanya.
    6. Jadilah orang yang bisa menerima gagasan.
    7. Jadilah progresif, bukan regresif.
    Dengan melakukan langkah-langkah yang telah di jabarkan diatas. Maka kemampuan otak kita untuk berpikir kreatif akan semakin baik. Semua hal baru yang kita lakukan biasanya akan terasa tidak nyaman. Namun perlu kita pahami bahwa segala sesuatu memang harus diawali dengan paksaan, paksaan akan mengakibatkan rasa keterpaksaan, keterpaksaan yang sering kita lakukan lambat laun akan menjadi kebiasaan, dan kabar baiknya jika kita konsisten melakukan kebiasaan baik, maka kebiasaan baik itu akan menjadi karakter.
    Kita hidup hanya sekali, jika kita dapat berbuat banyak didalam kehidupan ini, setelah kita meninggalkan dunia, segala kebaikan kita akan dikenang oleh orang banyak.

    Suka

  6. Mencari Ide Dengan Berpikir Kreatif

    Berfikir merupakan instrument psikis yang paling penting. Dengan berfikir, maka manusia dapat dengan lebih mudah mengatasi kesulitan dan masalah hidup. Dalam proses mengatasi masalah kita dapat berfikir dengan cara yang berbeda-beda, karena memang pada dasarnya ada beberapa cara berfikir, meski tidak semuanya efektif untuk memecahkan suatu masalah.
    Berfikir kreatif merupakan salah satu cara berfikir yang sangat dianjurkan untuk mengatasi suatu masalah. Karena dengan cara berfikir yang kreatif seseorang akan mampu melihat persoalan dari banyak segi dan persepsi. Sehingga pada akhirnya akan dapat menghasilkan lebih banyak alternative pemecahan masalah
    Seseorang yang memiliki antusiasme dan gairah kerja pada umumnya mampu berpikir kreatif untuk mendapatkan berbagai ide-ide baru dalam upaya meningkatkan produktifitas kerja. Berpikir kreatif sangat diperlukan terutama di era sekarang ini yang penuh dengan persaingan. Mari belajar untuk menggali ide-ide Anda sendiri, bukan hanya takjub dengan ide orang lain.
    Sebagian besar orang bahkan sering kali mengabaikan kreativitas ini karena mereka tidak menyadari akan manfaat yang luar biasa ditimbulkan dari kreativitas. Banyak hal yang bisa ditimbulkan oleh kreativitas bahkan hal-hal yang mungkin sebelumnya Anda anggap mustahil. Oleh sebab itu, mari kita bahas bersama-sama tentang mengapa kita perlu berpikir kreatif.
    • Kita hidup di dunia pasti akan berhadapan dengan suatu masalah, maka dari itu Anda harus berpikir kreatif untuk memecahkan masalah tersebut.
    • Semakin ketatnya persaingan, karena produk yang Anda jual ternyata juga dijual oleh orang lain. Maka Anda harus berpikir kreatif untuk menghasilkan ide-ide baru untuk membuat atau memperbaiki produk Anda agar tetap unggul.
    • Biasanya di dalam suatu perusahaan yang membedakan Anda dengan karyawan lain ialah kreativitas Anda dalam mencari solusi, menghasil ide-ide terobosan, dan dalam menjalankan tugas Anda.
    • Orang kreatif tidak pernah menyerah karena selalu memiliki alternatif solusi.
    Agar mampu berpikir secara kreatif, pikiran harus dioptimalkan pada setiap tahap yang dilalui. Lima tahap pemikiran ialah orientasi, preparasi, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi.
    1. Pada tahap Orientasi masalah, si pemikir merumuskan masalah dan mengindentifikasi aspek-aspek masalah tersebut. Dalam prosesnya, si pemikir mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan masalah yang tengah dipikirkan.
    2. Pada tahap selanjutnya Reparasi, pikiran harus mendapat sebanyak mungkin informasi yang relevan dengan masalah tersebut. Kemudian informasi itu diproses secara analogis untuk menjawab pertanyaan yang diajukan pada tahap orientasi. Si pemikir harus benar-benar mengoptimalkan pikirannya untuk mencari pemecahan masalah melalui hubungan antara inti permasalahan, aspek masalah, serta informasi yang dimiliki.
    3. Pada tahap Inkubasi, ketika proses pemecahan masalah menemui jalan buntu, biarkan pikiran beristirahat sebentar. Sementara itu pikiran bawah sadar kita akan terus bekerja secara otomatis mencari pemecahan masalah. Proses inkubasi yang tengah berlangsung itu akan sangat tergantung pada informasi yang diserap oleh pikiran. Semakin banyak informasi, akan semakin banyak bahan yang dapat dimanfaatkan dalam proses inkubasi.
    4. Pada proses keempat, yakni Iluminasi, proses inkubasi berakhir, karena si pemikir mulai mendapatkan ilham serta serangkaian pengertian (insight) yang dianggap dapat memecahkan masalah. Pada tahap ini sebaiknya diupayakan untuk memperjelas pengertian yang muncul. Di sini daya imajinasi si pemikir akan memudahkan upaya itu.
    5. Pada tahap terakhir, yakni Verifikasi, si pemikir harus menguji dan menilai secara kritis solusi yang diajukan pada tahap iluminasi. Bila ternyata cara yang diajukan tidak dapat memecahkan masalah, si pemikir sebaiknya kembali menjalani kelima tahap itu, untuk mencari ilham baru yang lebih tepat.
    Semakin kreatif Anda, semakin tinggi juga tingkat stimulasinya, dan kegairahan juga semakin tercipta… maka semakin besar kesempatan untuk memperoleh hasil yang sukses. Kesuksesan dan kreativitas saling mendukung satu sama lain. Mereka yang paling kreatif itulah biasanya yang paling sukses. Jika Anda ingin meningkatkan peluang sukses, maka tingkatkanlah kreativitas Anda. Miliki rasa percaya diri, kreativitas dan gairah, kemudian nyatakan keyakinan Anda kepada dunia, dan masa depan Anda akan menjadi gemilang.
    Contoh Kasus;
    Perkembangan di ranah media massa terus meluas, dengan diiringi persaingan yang kian ketat pula. Persaingan media massa ini, selain media cetak dengan media cetak, media elektronik pun (radio dan televisi) serta media online, juga melakukan persaingan. Namun, persaingan pada media online nasional terutama Detik.com cukup ketat dengan media-media online lainnya, seperti Okezone.com, Inilah.com, Vivanews.com, Kompas.com, Tempointeraktif.com, dan masih banyak yang lainnya.
    Dari banyaknya media online tersebut, Detik.com tetap memiliki pembaca terbanyak. Dari data Alexa yang merupakan situs resmi yang menentukan trafik sebuah website, memposisikan Detik.com diperingkat ke tujuh di Indonesia setelah Google.com, Facebook.com, Blogspot.com, Youtube.com, Google.co.id, dan Yahoo.com. sedangkan untuk portal mediaonline nasional, Detik.com menduduki posisi pertama.

    Suka

  7. IDE merupakan sesuatu yang sangat penting dalam proses kehidupan manusia. IDE yang cemerlang selalu dibutuhkan saat kita sedang mencari solusi dalam memecahkan masalah. Apapun jenis kegiatan, pekerjaan, usaha manusia untuk kelangsungan hidupnya tidak pernah terlepas dengan istilah IDE.
    Saat seseorang dipecat dari pekerjaannya maka dia akan kehilangan penghasilan finansial (nafkah), sehingga dia akan akan dipaksa untuk berfikir secara maksimal untuk menemukan IDE baru agar ia mendapatkan pekerjaan pengganti -untuk mencukupi kebutuhan hidup- atau menemukan usaha baru yang dapat menghasilkan uang.
    Memang saat kehilangan pekerjaan akan membuat diri Anda tertekan, sangat cemas, kalut dan bingung. Keadaan ini membuat Anda tidak tahu jalan keluarnya. Kondisi ini memaksa Anda agar segera mulai membuat perubahan yang positif yaitu menemukan IDE cemerlang. Tentu saja dengan menjaga dan memotivasi diri sendiri untuk dapat mengatasi masalah finansial Anda.
    Sudah banyak kasus orang yang mencapai sukses setelah ia dipecat dari pekerjaannya. Beberapa orang justru menjadi pengusaha sukses manakala mereka kehilangan pekerjaan. Mengapa demikian? Karena saat mereka jatuh mereka tidak lemah dan larut, tetapi sebaliknya mereka telah mempunyai IDE baru, semangat baru dan kerja keras yang tak lekang oleh waktu maupun keadaan .
    IDE selalu diperlukan untuk meningkatkan kemajuan perusahaan. Tanpa IDE baru maka perusahaan tersebut akan bangkrut karena tertinggal jauh dari saingannya. Oleh karena itu dalam sebuah perusahaan selain di butuhkan kerjasama Team yang hebat, pasti juga selalu berusaha mencari orang-orang berbakat dan penuh IDE kreatif.Dalam bidang apapun IDE sangat diperlukan baik bidang Ekonomi, Budaya, Sosial, Keamanan, Politik dan seterusnya.Pengertian IDE menurut Kamus Besar Bahsa Indonesia (KBBI) adalah rancangan yg tersusun di dalam pikiran; gagasan; cita-cita: ia mempunyai — yg bagus, tetapi sukar dilaksanakan. Pengertian IDE dijabarkan secara lebih jelas dalam wikipedia indonesia, berikut kutipannya
    Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ide adalah rancangan yang tersusun di pikiran. Artinya sama dengan gagasan atau cita-cita. Ide dalam kajian Filsafat Yunani maupun Filsafat Islam menyangkut suatu gambaran imajinal utuh yang melintas cepat. Misalnya ide tentang sendok, muncul dalam bentuk sendok yang utuh di pikiran. Selama ide belum dituangkan menjadi suatu konsep dengan tulisan maupun gambar yang nyata, maka ide masih berada di dalam pikiran.
    Ide yang sudah dinyatakan menjadi suatu perbuatan adalah karya cipta. Untuk mengubah ide menjadi karya cipta dilakukan serangkaian proses berpikir yang logis dan seringkali realisasinya memerlukan usaha yang terus menerus sehingga antara ide awal yang muncul di pikiran dan karya cipta satu sama lain saling bersesuaian sebagai kenyataan. Alam Pikiran Yunani menjangkau pengertian Ide Ideal atau Ide Sempurna. Dari pemikiran tentang yang sempurna itu lahirlah gagasan-gagaan tentang ketuhanan sebagai Ide Ideal Tertinggi yang dapat dipikirkan dan dirasakan oleh manusia keberadaannya yaitu tentang Pencipta Makhluk atau Tuhan.
    Tokoh utama dari Alam Pikiran Yunani yang membahas tentang ide dan pikiran sebagai kajian filsafat adalah Plato.
    Ide sebagai nama kata benda dinisbahkan kepada banyak benda misalnya:
    * Ide (ikan) – nama latin ikan Leuciscus idus
    * Ide, Devon – nama sebuah desa di Inggris
    * Yuji Ide – nama seorang pembalap Formula Satu dari Jepang
    IDE sebagai singkatan di industri modern adalah:
    * Integrated Drive Electronics – standar interface yang nama resminya Advanced Technology Attachment.
    * Integrated Development Environment
    * Integrated Desktop Environment

    Suka

Apa Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s