Griffin Manajemen

DASAR MANAJEMEN KEPEMIMPINAN

MENGAPA ADA MANAGEMEN?

Karena ada sekumpulan manusia yang bergabung dalam satu visi & misi untuk tujuan yang sama; mereka bekerja sama dan mereka harus mengikuti komando dari salah seorang diantara mereka sebagai PIMPINAN. Lalu apa itu MANAGEMEN KEPEMIMPINAN ?  Diawali dengan adanya organisasi yaitu wadah berkumpulnya sekelompok orang yang memiliki tujuan bersama, dikelola dan dioptimalkan dengan cara bekerja bersama-sama untuk merealisasikan tujuanya.

Griffin Manajemen

Organisasi adalah wadah yang memungkinkan masayarakat dapat meraih hasil yang sebelumnya belum dapat dicapai oleh individu secara sendiri-sendiri. (James L. Gibson, 1986). Manajemen organisasi adalah strategi pengelolaan lembaga untuk mencapai tujuan organisasi yang efektif dan efesien.
Perilaku berorganisasi meliputi 3 ranah utama komponen yaitu :
  • Kognitif
  • Afektif
  • Psikomotor
Esensi Organisasi adalah goal (Tujuan). 
Harus ada tujuan yang jelas, jika tidak maka organisasi itu sesungguhnya tidak ada, (berikan contoh); Misalnya Organisasi Karang Taruna (jelaskan). TUJUAN Merupakan sesuatu yang akan di capai dalam rentang waktu tertentu, Tujuan berdasarkan rentang dan cakupanya dapat di bagi dalam beberapa karakteristik antara lain :
  • Tujuan Jangka panjang
  • Tujuan Jangka menengah dan
  • Tujuan Jangka pendek
Mengatur (Memanaj) Organisasi dengan tertib dengan cara membuat alur komando yang disebut “Struktur Organisasi” :  agar bisa mengatur tata kelola kebutuhan dan in/ouput kelompok orang-orang tersebut; dalam rangka menciptakan system kerja yang efektif dan efesien.
Apa itu Sistem : 
Terbagi dalam komponen penyusun yang saling berikatan yaitu :
  • Input
  • Proses
  • Output
  • Feedback
Fungsi-fungsi manajemen 
Fungsi Manajemen sangatlah luas dan kompleks, namun sejauh ini teori-teori ilmu manajemen masih saja tetap mengutip George R. Terry yang meliputi 4 buah fungsi manajemen, yaitu:
  1. Perencanaan (Planning)
  2. Pengorganisasian (Organizing)
  3. Penggerakkan (Actuating)
  4. Pengawasan (Controlling)

TUGAS : Tuliskan Apa Esensi Kepemimpinan (LEADERSHIP) di Perusahaan tempat sdr bekerja

Ir. Mustika Ranto Gulo, M.IKom

11 pemikiran pada “DASAR MANAJEMEN KEPEMIMPINAN

  1. Reblogged this on endahrostikawati's Blog and commented:
    esensi kepemimpinan (LEARDERSHIP) di perusahaan saya yang pertama adalah tujuan perusahaan seperti memahami pengertian kinerja, memahami pngertian manajemen kinerja, memahami pengertian kinerja dan memahami kinerja manusia. maksud kinerja di tempat perusahaan saya kerja adalah mengenai tingkat pencapaian pelaksanaan suatu program kegiatan atau kebijakan dalam mewujudkan sasaran, tujuan, visi, dan misi organisasi yang dituangkan melalui perencaan strategis suatu organisasi. dan sistem manajemennya kita selalu memiliki manajamen yang mempunyai daya juang tinggi karena banyaknya persaingan bisnis. “endah rostikawati”

    Suka

Apa Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s