Manajemen Industri dan Bisnis Media

UMB PASCA SARJANA ILMU KOMUNIKASI
UMB PASCA SARJANA
ILMU KOMUNIKASI

B a g i a n  P e r t a m a:

  1. Setelah hampir satu semester kita membicarakan mengenai bisnis media, menurut pandangan Anda, apakah manajemen sebuah industri media bisa disamakan dengan manajemen sebuah perusahaan atau industri yang lain? Kemukakan alasan mengenai pembeda-pembedanya, bila ada!
  2. Apakah para pemilik media era sekarang (generasi CT atau HT) bisa disebut sebagai konglomerat media atau hanya penguasaha yang “kebetulan” menguasai sejumlah media berpengaruh? Apa ciri seorang konglomerat media Indonesia apabila dibanding dengan para pemilik media di luar negeri seperti Rupert Murdock.
  3. Menurut pandangan Anda, adakah perbedaan antara para pimpinan media era dahulu (umpama, JO, BMD atau GM) yang memimpin media cetak dan dihormati oleh berbagai pihak dengan para pemilik media era sekarang yang memiliki power (kuasa) dan juga kekuatan finansial yang besar?
  4. Seberapa besar peran dari SDM (sumberdaya manusia) yang menjalankan organisasi media yang ada sekarang, apa bedanya dengan karyawan sebuah perusahaan non-media. Coba kemukakan analisa Anda mengenai ini!

B a g i a n  D u a :  (Akan diberikan pada hari ujian, 05 Januari 2013)

2 pemikiran pada “Manajemen Industri dan Bisnis Media

Apa Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s