USABILITIS MEDIA BARU

 

Latar Belakang Masalah

            Trend teknologi media baru selalu dihubungkan dengan fasilitas internet yang sangat cepat berkembang, jaringan dan jangkauannya telah merambah dari kota ke desa. Mengakses media merupakan menjadi hal yang biasa. Usabilitas dari para sosial media ini memang saat ini terus berkembang, ini dikarenakan sebuah trend perkembangan globalisasi internet akses, masyarakat membutuhkan sosial media untuk berkomunikasi lebih cepat dan praktis.

Konten website, ecommerce dan media online di Indonesia semakin pesat, sehingga manfaatnya semakin besar dirasakan oleh masyarakat. Di Amerika sendiri internet memang menjadi salah satu alat untuk konsumen melihat barang sebelum memutuskan membeli, dan memang itu  juga terjadi di Indonesia, kalau kita mencari sesuatu produk tinggal search dan semuanya tersedia dan bisa dibeli secara online.

Tapi dibalik usalibilitas media baru (media online itu) terlihat keterkaitan yang biasanya sangat tersembunyi, padahal melewati proses yang panjang dan saling ketergantungan antara infrastruktur Jaringan, Server untuk Hosting (wadah penyimanan konten), pembuatan design konten dan isi media, kemudian konten media dapat di akses dalam bentuk computer, laptop, Smart Phone dan lain.

TAHAP PROSES USABILITIS

  1. Wadah (server untuk hosting), kalau anda lihat suatu informasi di website maka itu adalah data yang telah disiapkan oleh seseorang yang anda tidak kenal dari belahan dunia  yang anda tidak tahu. Kalau kita bisa belanja secara online, itu dikarenakan data produk telah disimpan dan tentu di update secara terus menerus oleh Webster yang menguasai bidang ini. Belanja online di  Indonesia semakin ramai sejak tahun 2005 khususnya Jakarta, hal ini disebabkan oleh lifestyle orang-orang di kota besar ingin praktis dan tidak menyita waktu.
  2. Jaringan (network) adalah sebuah jaringan yang terhubungan antara pusat wadah (server hosting atau data center) dengan para user (pemakai). Selayaknya kita menggunakan Facebook, dimana pusat penyimpanan aplikasi tersebut berada pada suatu tempat, namun terhubung oleh jaringan.
  3. Konten (Isi) website itu di design sedemikian rupa dengan tingkat kerumitan tertentu sesuai dengan aplikasi yang dibutuhkan. Ada aplikasi data based seperti perbankan dan ada juga aplikasi ecommerce, aplikasi blog yang mudah di implementasikan oleh individu. Sebelum memuat konten maka kita harus menentukan nama hosting misalnya http://showcaseindonesia.com adalah nama yang sudah saya pilih dan saya bayar pada organisasi nama domain international. Kalau di Indonesia ada APJI (Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet)  sebagai wadah untuk menjual co.id. secara resmi.
  4. User (Pemakai) yaitu orng yang mengakses website dengan berbagai latarbelakang kepentingan. Dalam hal ini bisa menjadi actor dalam memberikan komentar dan bahkan berinteraksi demi kesempurnaan isi konten. Bahkan pada tingkat tertentu bisa mengisi konten seperti berjualan di http://berniaga.com misalnya.

Dari proses usabilitas di atas, dapat mempengaruhi kebiasaan masyarakat bahkan strategy perusahaan ikut menyesuaikan diri dalam menghadapi persaingan yang terjadi secara global. Akan menciptakan sejarah baru, kebudayaan, organisasi, keuangan, lifestyle serta akibat-akibat lainnya yang sulit ditentukan dari mana semua itu di mulai. Dalam konsep usabilitas ini menurut Jefrrey Rubin & Dana Chisnell dalam bukunya mengatakan bahwa usabilitas pada sebuah produk bisa dilakukan dengan menguji suatu  produk dengan beberapa cara sebagai berikut :

  1. Mengembangkan pertanyaan dari hasil penelitian yang akan menuju pada suatu hipotesa.
  2. Menggunakan salah satu penelitian hasil dari salah satu pengguna yang diambil secara random.
  3. Merepresaentasikan lingkungan kerja.
  4. Mengobservasi pengguna yang menggunakan produk tersebut.
  5. Mengkontrol dan mengadakan interview sekali-kali untuk mengetahui produk yang digunakan.
  6. Mengumpulkan data-data secara kuantitatif dan kualitatif.
  7. Merekomendasi improfisasi dari sebuah produk

Kriteria konsep usabilitas dalam penggunaannya pada suatu produk dan pelayanan harus mencakup :

1.       Kegunaan : Dalam memasarkan suatu produk harus fokus pada satu titik dimana barang tersebut bia tercapai goal dari yang mereka inginkan, dan harus ada penaksiran akan pengguna yang akan merelakan untuk menggunakan produk tersebut

2.        Efisiensi : Bahwa kecepatan dalam suatu produk adalah yang dicapai oleh pengguna dan bisa dengan waktu yang diminimalisasikan

3.       Efektifitas : dimana  prilaku produk bisa sesuai dengan ekspetasi pengguna dan bisa mudah untuk mempergunakan produk itu

4.       Kemampuan : Salah satu bagian dari efektifitas dimana si pengguna produk mempunyai kemampuan untuk mengoperasikan system

5.       Kepuasan : Tertuju pada opini dari pengguna baik itu persepi dan felling dari pengguna dan biasanya ditanyakan melalui kuisioner

6.       Aksesbilitas ; Sebetulnya akesibilitas dan usabilitas adalah sama, dalam arti luasnya aksebilitas memiliki akses terhadap produk untuk menyelesaikan goalnya

Contoh Kasus

            Salah satu website yang saya bangun adalah http://cctvonlineindonesia.com, alasan saya karena kasus ini merupakan sebuah fenomena belanja online yang cukup berhasil dalam penjualan CCTV dengan teknologi IP Camera yang menjadi trend saat ini. Sama dengan proses belanja Online seperti http://berniaga.com dan atau http://kaskus.com atau bahkan http://facebook.com yang bisa digunakan sebagai wadah belanja online.

Pada kasus ini, saya bisa menunjukkan total klikers sebagai user pada table berikut ini :

DATA CCTVONLINE INDONESIA STATISTIK jan 2013

Pertumbuhan klikers sangat tinggi, dimana kategori mereka adalah pengunjung website http://cctvonlineindonesia.com. Pada realitasnya para pengguna melakukan pemesanan dan bahkan pertanyaan-pertanyaan lanjutan kepada call center yang disediakan pada website tersebut.

Sukses story usabilitas belanja online ini dikarenakan strategy-strategy sesuai dengan teori-teori usabilitas, semuanya dilakukan berdasarkan riset dan perencanaan yang baik, disertai  inovasi-inovasi dalam member pelayanan, sehingga mampu bersaing dan mendapat perhatian masyarakat.

Oleh Mustika Ranto Gulo

RANTO & ACI

Apa Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s