MUSTIKA RANTO GULO, ST. M.IKom

Komunikasi Politik & Ekonomi Politik Dalam Kata Hegemoni

HEGEMONI
HEGEMONI

Komunikasi Politik dan ekonomi politik Dalam bingkai Hegemoni Media.
Sejak awal, studi media yang berhubungan erat dengan politik  kampanye dan propaganda perang. Komunikasi politik terutama mempelajari hubungan antara politisi, pemilih dan media. Ini berfokus pada efek media.

Ada empat teori pengaruh utama media:

  1. Model suntik jarum (1930 behaviorisme),
  2. dua-langkah model aliran (Katz dan Lazarsfeld, 1955),
  3. efek terbatas (Klapper, 1960), dan
  4. spiral keheningan (Noelle-Neumann, 1984).

Juga, banyak sarjana mempelajari teknik komunikasi politik seperti retorika,  simbolisme, dll. Sebagian besar penelitian ini telah dikembangkan dalam jurnal komunikasi massa dan beasiswa opini publik.

Dalam seperempat abad terakhir, ekonomi politik telah memainkan peranan utama dalam literatur studi media. Teori ini menjadi terkenal dalam studi media terutama dengan publikasi Edward S. Herman dan Manufacturing Consent Noam Chomsky, yang diterbitkan pada tahun 1988. Dalam buku tersebut, penulis membahas teori tentang bagaimana Amerika Serikat ‘industri media beroperasi, yang mereka istilah “model propaganda.” Model ini menggambarkan sebuah sistem “pasar yang terdesentralisasi dan non-konspirasi kontrol dan pengolahan, meskipun kadang-kadang pemerintah atau satu atau lebih pelaku swasta dapat mengambil inisiatif dan memobilisasi terkoordinasi penanganan elit masalah “

2 pemikiran pada “Komunikasi Politik & Ekonomi Politik Dalam Kata Hegemoni

  1. Dalam gelombang ketiga yg disebut sebagai Knowledge Age, dengan digunakannya satelit telekomunikasi, kabel optik dalam jaringan internet, masyarakat mampu berkomunikasi secara online.

    Muncul Era Komunikasi dan Informasi Masa
    Puncaknya era komunikasi dan informasi akan segera tercapai 10-20 tahun kedepan.

    Open Society (Struktur Masyarakat Terbuka/ umumnya para anggota masyarakat berusaha dan bekerja keras untuk menaikkan statusnya didalam masyarakat Masyarakat Bersaing, bekerjasama sesuai dengan sistem kompetisi dan korporasi yang ada.

    Suka

Apa Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s