TEORI MEDIA BARU

Teori Media Baru :
Era pertama digambarkan oleh :

  1. Sentralisasi produksi (1 menjadi banyak)
  2. Komunikasi 1 arah
  3. Kendali situasi
  4. Reproduksi stratifikasi sosial dan perbedaan melalui media
  5. Audiens massa yang terpecah
  6. Kesadaran sosial

Era kedua :

  1. Desentralisasi
  2. Dua arah
  3. Diluar kendali situasi
  4. Demokratisasi
  5. Mengangkat kesadaran individu
  6. Orientasi individu
TEKNOLOGI MEDIA BARU
TEKNOLOGI MEDIA BARU

PANDANAGN DOMINAN TENTANG PERBEDAAN ANTARA MEDIA PERTAMA DAN KEDUA

  1. Pandangan interaksi sosial : membedakan media menurut seberapa dekat media dengan model interaksi tatap muka. pendukung pandangan ini yang paling terkemuka adalah Pierre Levy yang menulis buku terkenal berjudul “Cyberculture”. Levy memandang WorldWideWeb sebagai sebuah lingkungan informasi yang terbuka, fleksibel, dan dinamis, yang memungkinkan manusia mengembangkan orientasi pengetahuan yang baru dan juga terlibat dalam dunia demokratis tentang pembagian mutual dan pemberian kuasa yang lebih interaktif dan berdasarkan pada masyarakat
  2. Pandangan integrasi sosial:
    • pendekatan ini menggambarkan media bukan dalam bentuk informasi, interaksi, atau penyebarannya, tetapi dalam bentuk ritual, atau bagaimana manusia menggunakan media sebagai cara menciptakan masyarakat.
    • Media bukan hanya sebuah instrumen informasi atau cara untuk mencapai ketertarikan diri, tetapi menyatukan kita dalam beberapa bentuk masyarakat dan memberi kita rasa saling memiliki.

Fungsi Penyusunan Agenda

  1. Menurut Lippman mengambil pandangan bahwa masyarakat tidak merespon pada kejadian sebenarnya dalamlingkungan tetapip ada gambaran dalam kepala kita,(lingkungan palsu / pseudoenviraonment)
  2. Fungsi penyusunan agenda menurut Donald Shaw, Maxwell McCombs dan rekan-rekan : media massa mungkin tidak berhasil dalam memberitahu kita apa yang harus dipikirkan, tetapi mereka berhasil memberitahu kita apa yang harus kita pikirkan. dengan kata lain penyusunan agenda membentuk gambaran atau isu yang penting dalam pikiran masyarakat.

Dua tingkatan penyusunan agenda :

1. Menentukan isu–isu umum yang dianggap penting
2. Menetukan bagian atau aspek dari isu-isu tersebut yang dianggap penting.
Fungsip enyusunan agenda adalah sebuah proses 3 bagian :
1.Prioritas isu-isu yang akan dibahas dalam media (media agenda)
2.Agenda media mempengaruhi atau berinteraksi dengan apa yang masyarakat pikirkan, menciptkan agenda publik (public agenda)
3. Agenda masyarakat mepengaruhi atau berinteraksi dengan apa yang para pembuat kebijakan anggap penting (policya genda).
Siunne dan Borre mendapat iadanya 3jenis pengaruh penyusunan agenda:
1. Tingkat dimana media mereflesikan agenda masyarakat yang disebut representasi (representation).
2. Pemeliharaan agenda yang sama oleh masyarakat sepanjang waktu yang disebut dengan ketetapan (persistence)
3. Terjadi ketika agenda media mempengaruhi agenda masyarakat  disebut juga dengan persuasi (persuasion).

Satu pemikiran pada “TEORI MEDIA BARU

Apa Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s