Penelitian Media Tindakan Sosial – Menurut Gerald Scoening & James Anderson

Penelitian Media Tindakan Sosial

Menurut Gerald Scoening & James Anderson menggaris bawahi 6 dasar penelitian media tindakan sosial:

  1. Makna tidak ada dalam pesan itu sendiri, tetapi dihasilkan dari sebuah proses interpretif di dalam audiens
  2. Makna pesan–pesan media dan program tidak ditentukan secara pasif, tetapi dihasilkan secara aktif oleh para audiens, berarti audiens sebenarnya melakukan sesuatu dengan apa yang mereka lihat dan baca.
  3. Makna media terus bergeser ketika anggota mendekati media dalam cara yang berbeda. Kadang–kadang program perbincangan radio sangat menghibur, beritaserius, atau kadang hanya terdengar suara latar, tergantung pada kapan dan bagaimana program tersebut didengarkan
  4. Makna sebuah program atau pesan tidak pernah ditentukan sendiri, tetapi bersifat komunal.
  5. Tindakan yang mnentukan pemaknaan kelompok untuk misi media dilakukan dalam interaksi antar anggota kelompok dengan kata lain bagaimana kita bertindak terhadap media dan pemaknaan apa yang muncul dari tindakan tersebut adalah interasisosial
  6. Bahwa para peneliti bergabung dalam komunitas yang mereka teliti, walau pun hanya sementara dan karenanya memiliki obligas ietika untuk terbuka tentang apa yang mereka teliti dan membagi apa yang mereka pelajri dengan komunitas yang mereka teliti.

Apa Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s