KELOMPOK TUGAS : EKONOMI POLITIK MEDIA

KHUSUS MATA KULIAH EKONOMI POLITIK MEDIA 

LIHAT JADWAL DALAM KOLOM ATAU DI KOMENTAR

Mata Kuliah/Sks/Smt              :  Ekonomi Politik Media  / 3 Sks

Daftar Nama-Nama Presentasi :
Kepemilikan Media dan Konglomerasi media oleh Adhi + Yanti, Tanggal 6/10/2012
Regulasi Media dan diversity  Oleh Tata+Ranto+Nico Tanggal 13/10/2012
Teknologi Media,  globalisasi Media  dan Internasional media oleh Roso + Qiqi, TgL 20 Oktober 2012
Komunikasi, ideologi dan kapitalisme media oleh Yudhi + Lisa, Tanggal 27/10/2012
Ekonomi industri media cetak oleh Armila + Apriles+ Ahmad, tanggal 10/11/2012
Ekonomi Industri Televisi Siaran dan berlangganan dan  Ekonomi Industri Televisi Berlangganan oleh Agus+Gun Sukirman + Maksimus Tanggal 17/11/2012
Ekonomi Industri radio Siaran oleh Arum + Adyaksa tanggal 24/11/2012
Ekonomi industri Film dan Rekaman oleh Sarah+ DANI +nurmala sari tanggal 01/11/2012
Ekonomi industri media online-Media-media Baru oleh Leonardo+Yusuf+ Dindin, tanggal 08/12/2012
Ekonomi Industri Periklanan dan Public Relations Oleh Sandy + Yulike Tanggal 15/12/2012
Hegemoni Media, bisnis media terhadap masyarakat oleh Daniel + David + Indra Tanggal 22/12/2012
Deskripsi Singkat                    :

Tujuan Khusus Mata Kuliah    :

Tatap Muka ke-

 

Tujuan Instruksional Khusus Pokok Bahasan Sub-pokok Bahasan Metode Pengajaran/ alat dan bahan ajar Bahan Pustaka
1 Mahasiswa Memahami  apa itu ekonomi media Konstrak Belajar: Penjelasan sillaby, system penilaian dan tugas-tugas kuliahPengantar Ekonomi media -Konsep media-Media sebagai institusi ekonomi-definisi ekonomi media-Ekonomi media, makroekonomi, dan mikroekonomi-Pentingnya mempelajari ekonomi media-Ruang lingkup ekonomi media LCD, DISKUSI, CERAMAH
2 Mahasiswa memahami konsep-konsep dasar pasar media dan penerapannya pada media serta konsep konsumen media dan perubahan pasar media Konsep pasar, ekonomi  dan  Konsumen  media -Definisi pasar media-Tipe Struktur pasar-Struktur pasar-Performa pasar-Evaluasi pasar-Konsep konsumen media

  • khalayak sebagai pasar media

-Concumer equilibrium

  • Consumer Culture
LCD, DISKUSI, CERAMAH
Tatap Muka ke-

 

Tujuan Instruksional Khusus Pokok Bahasan Sub-pokok Bahasan Metode Pengajaran/ alat dan bahan ajar Bahan Pustaka
3 Mahasiswa memahami teknologi media dan kaitannya dengan ekonomi media Teknologi Media,  globalisasi Media  dan Internasional media – Landasan Teoretis teknologi media-Kaitan teknologi dan ekonomi media-Teknologi media dan pengaruhnya-Beberapa contoh-Masa depan teknologi media dalam kaitannya dengan ekonomi media-Konsep Media Internasional-Proteksi Media-Sumber-sumber perbandingan Media Ceramah dan diskusi, presentasi tugas
4 Mahasiswa memahami konsep-konsep dasar kepemilikan media dan penerapannya pada media Mahasiswa memahami teknologi media dan kaitannya dengan ekonomi media Kepemilikan Media dan Konglomerasi media(Adhi + Yanti) tgl6/10/2012 – Landasan Teoretis kepemilikan media-Tipe kepemilikan media-Kompetisi dan konsentrasi kepemilikan media-Dampak konglomerasi media-Kepemilikan asing-Konsep konglomerasi media

  • Konglomerasi media dan ruang public

-hegemoni media dan imitasi realitas

  • Konflik kepentingan:local, nasional, regional dan internasional

-Kasus-kasus

 

LCD, DISKUSI, CERAMAH
5 Mahasiswa memahami regulasi media dan kaitannya dengan ekonomi media Regulasi Media dan diversity(Tata+Ranto+Nico) tgl13/10/2012 -Kaitan regulasi dan ekonomi media-Landasan Teoretis-Prinsip regulasi-Model regulasi (penyiaran)-Tipe regulasi-Regulasi kompetisi-Beberapa contoh regulasi media LCD, DISKUSI, CERAMAH
Tatap Muka ke-

 

Tujuan Instruksional Khusus Pokok Bahasan Sub-pokok Bahasan Metode Pengajaran/ alat dan bahan ajar Bahan Pustaka
6 Mahasiswa memahami Komunikasi, ideologi dan Kapitalisme  media Komunikasi, ideologi dan kapitalisme mediaYudhi + Lisa + Qiqi20/10/2012 -Konsep Komunikasi-Konsep ideology media-Ideologi industry media dan konsekuensinya

  • alternative ideology media?

 

LCD, DISKUSI, CERAMAH
7 Mahasiswa lebih memahami Perspektif-perspektif dalam kajian media(TATAP MUKA KE-2) Perspektif-perspektif Ekopol(Membahas khusus Game Online)(Maksimus + Ahmad) tgl27/10/2012 -Konsep perspektif

  • Jenis-jenis perspektif dalam ekopolmedia

.  Liberalisme

.  Strukturalisme

.   Kritis

.  dll

 

LCD/ DISKUSI/CERAMAH
UTS

1

3/11/2012

8 Mahasiswa memahami  konsep-konsep ekonomi media dan penerapannya pada industri media cetak. Ekonomi industri media cetak(Armila + Apriles)10/11/2012 -Ekonomi industri surat kabar-Ekonomi industri majalah-ekonomi industri buku LCD, DISKUSI, CERAMAH
9 Mahasiswa memahami ekonomi industri  televisi siaran dan konsep ekonomi media dan aplikasinya pada industri televisi berlangganan Ekonomi Industri Televisi Siaran dan berlangganan dan  Ekonomi Industri Televisi Berlangganan(Agus+Gun Sukirman)17/11/2012 -Sejarah singkat-Tipe televisi siaran dan berlangganan-Investasi dan cost production-Pasar televisi-Kepemilikan-Kompetisi-Teknologi-Regulasi-Masa depan LCD, DISKUSI, CERAMAH
10 Mahasiswa memahami konsep-konsep ekonomi media dan aplikasinya pada industri radio siaran Ekonomi Industri radio Siaran(Arum + Adyaksa)24/11/2012 -Sejarah singkat-Tipe radio-Pasar-Kepemilikan-Kompetisi-Teknologi-Regulasi-Masa depan LCD, DISKUSI, CERAMAH
11 Mahasiswa memahami konsep-konsep ekonomi media dan penerapannya pada industri  film dan rekaman Ekonomi industri Film dan Rekaman(Sarah+ DANI +nurmala sari)01/12/2012 -Ekonomi industri  film-Ekonomi industri rekaman LCD, DISKUSI, CERAMAH
Tatap Muka ke-

 

Tujuan Instruksional Khusus Pokok Bahasan Sub-pokok Bahasan Metode Pengajaran/ alat dan bahan ajar Bahan Pustaka
12 Mahasiswa memahami konsep-konsep ekonomi media dan penerapannya pada industri media online Ekonomi industri media online-Media-media Baru(Leonardo+ Roso + Dindin)8/12/2012 -Sejarah singkat-Pasar-Kepemilikan-Kompetisi-Teknologi-Regulasi-Masa depan LCD, DISKUSI, CERAMAH
13 Mahasiswa memahami konsep-konsep ekonomi media dan penerapannya pada industri periklanan dan public relations Ekonomi Industri Periklanan dan Public RelationsSandy + Yulike15/12/2012 -Ekonomi industri periklanan-Ekonomi industri public relations LCD, DISKUSI, CERAMAH
14. Mahasiswa memahami konsep dan aplikasi Hegemoni Media, bisnis media terhadap masyarakat Hegemoni Media, bisnis media terhadap masyarakat(Daniel + David + Indra) tgl22/12/2012 -Dampak sosial-Dampak Politik-Dampak Budaya-Peran baru/khusus media-media baru-analisis kasus local, nasional, regional dan internasional LCD, DISKUSI, CERAMAH

Daftar Pustaka:

  1. Media Economics, Understanding Markets, Industries and concept by Alan, B. Albaran, 1996.
  2. Denis Mcuail, Mass Communication Theory, 2005.
  3. Vincent Mosco, The Political Economy of Communication,..
  4. Media Economic, Applying Economics to New and  Tradisional Media, 2004.
  5. Media Economics, Theory and Practice, eds by Allison Alexander dkk, 2004.
  6. Global Political Economy : Theory and Practice, by Theodore H. Corn, 2002.
  7. The Business Of Media, Corporate and The Public Interest, 2006.
  8. Mass Media, By Marsha Jones and Emma Jones, MacMillian, 1999.
  9.  Albarian, Alan B, dkk, The Handbook of  Political Economy Media
  10. Media now, Understanding Media, Culture and Technology by Straubhaar and LaRose, 1999.
  11. Komunikasi Politik, Komunikator, Pesan dan Media by Dan Nimmo, terjm, 2006.
  12. An Introduction to Political Communicatiojn by Brian McNair, 1995.
  13. Mass Media and Societyedsby James Curran, Michael Gurevitch dkk, 1977.
  14. 12.  The POlitical Economy of Global Media by Robert W. McChesney (Artikel dari Internet).
  15. The Media as Political Institutions by Michael Schudson.
Terbitan :Revisi: 2011 Disetujui/DisahkanSekretaris Program Studi MKOM Dibuat olehDr. Umaimah Wahid, M.SiUsman Kansong, M.Si /  

Kontrak Belajar :

  1. Landasan

Kontrak dalam belajar merupakan kesepakatan dalam proses perkuliahan yang disepakati oleh dosen dan mahasiswa, serta kesepakatan tersbeut menjadi komitmen bersama yang harus ditaati dengan konsekuensi yang terkandung didalamnya.

  1. Perkuliahan

–       Tatap muka sejumlah 14 kali

–       Setiap minggu terdapat tugas mandiri sebagai laporan bacaan.

–       Metode perkuliahan : ceraman, diskusi, analisis kasus dan Tanya jawab.

  1. Sistem penilaian dan Bobot

    English: Dan Werthimer
    English: Dan Werthimer (Photo credit: Wikipedia)

29 pemikiran pada “KELOMPOK TUGAS : EKONOMI POLITIK MEDIA

  1. Ping-balik: ILMU KOMUNIKASI
  2. UsabilitasTeknologi dan Media Baru
    Jeffrey Rubin & Dana Chisnell (2008) Handbook of Usability Testing: How to Plan, Design, and Conduct Effective Tests (2nd edition), IN: Wiley Publishing, Inc.Tom Tullis & Bill Albert (2008) Measuring the User Experience: Collecting, Analyzing, and Presenting Usability Metrics, MK: Mogran Koufmann

    20 Oktober 2012 Sandy & Yudie

    Suka

  3. Jaringan Aktor dalam Media Baru, Bruno Latour (2005), Reassembling the Social: An Introduction to Actor-Network-Theory, NY: Oxfor University Press.
    13 Oktober 2012 Oleh Yulike & Adyaksa

    Suka

  4. Dosen Bapak Atmadji
    Pembahasan buku Media dan Komunikasi Politik
    8 Desember 2012, Kelompok :

    1.Mustika Ranto , Sarah Santi,
    Dani S.W & Nurmalasari

    2. Jusuf F. , Nico Tasiam, David &
    Dindin

    Suka

Apa Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s