Apa yang anda tahu tentang Teknologi Komunikasi dan…

Apa yang anda tahu tentang Teknologi Komunikasi dan Cyber Media ? Sebenarnya istilah Teknologi Informasi atau “Information Teknologi” yang disingkat IT dan diterjemahkan menjadi Teknologi & Informasi Komunikasi. Istilah TIK ini sudah menjadi baku bahkan banyak nama lain yang menginduk pada istilah ini misalnya Telematika tetap dianggak sebagai TIK.
Penjelasan kata Teknologi Komunikasi terkait dengan media, infrastruktur dan software yang memperluas kemampuan dan kualitas komunikasi dari sisi kecepatan dan kecanggihan. Misalnya pesan singkat yang disingkat dengan SMS (Sort Message Service), Video dan Audio bahkan teks lainnya yang bisa dikirim kepada penerima. Bahkan komunikasi video tatap muka telah dimulai sejak tahun 1993 dan dikembangkan hingga sekarang hanya dengan melalui handphone.
Kecanggihan dan perkembangan yang tidak terbendung terhadap media (medium), infrastruktur dan software (perangkat lunak) telah merubah tatanan sosial komunikasi masyarakat termasuk Indonesia. Misalnya, kalau dulu sebelum 1990, pengiriman uang itu, melalui pos wesel dan beritanya via telegram. Namun sekarang sangatlah canggih karena medium sarana komunikasi dan infrastruktur telah dikembangkan sedemikian rupa. Sehingga model komunikasi sekarang sudah sangat memadai dan maju pesat bahkan melampaui kemampuan daya serap masyarakat, karena sebagian orang terseok-seok untuk mengikutinya.

2 pemikiran pada “Apa yang anda tahu tentang Teknologi Komunikasi dan…

  1. Sedangkan arti dan pengertian Cybernetics istilah yang diciptakan oleh Norbert Wiener yang menulis buku “Sibernetika” yang pada intinya bahwa membahas tentang Kontrol dan Komunikasi dalam Hewan dan Mesin (MIT Press, 1948). Wiener menggunakan istilah yang merujuk pada kontrol sistem yang kompleks dalam dunia hewan dan mekanis jaringan, khususnya yang mengatur sendiri sistem kontrol. Pada tahun 1960, para dokter melakukan penelitian pembedahan atau mekanis menambah kemampuan manusia atau hewan untuk mengoperasikan mesin dengan membangun jaringan tertentu.

    Sehingga kata Cyber dari kata ” cybernetic “, yang berasal dari arti kata sifat Yunani κυβερνητικός terampil dalam mengarahkan atau mengatur (Liddell dan Scott, Yunani-Inggris Leksikon). Hal ini digunakan dalam istilah cybersex , maya , cyberpunk , cyberhomes dan cyberhate, tetapi sebagian besar telah dikalahkan oleh e-Cyber-sebagian besar juga menjaga akurasi semantik dan kontekstual, dalam cybernetic kontrol menandakan kode etik berbicara dan fungsional proses. Sejauh ia digunakan dalam konteks komputer atau elektronik untuk menunjukkan kontrol (biasanya elektronik atau remote) dari hal yang diwakili oleh kata pendahuluan itu, digunakan secara akurat.

    Sejauh cyber digunakan untuk menggambarkan entitas yang ada (atau peristiwa yang terjadi) di dunia maya, penggunaannya bisa dibilang akurat juga.

    Namun, dunia maya yang sangat luas (salah satu penggunaan awal dan paling luas awalan cyber) itu sendiri salah satu penggunaan semantik akurat setidaknya, di dunia maya bukanlah ruang yang sebenarnya secara elektronik atau dikendalikan dari jauh. Dengan demikian “ruang virtual” atau “alam semesta virtual” akan menjadi istilah yang lebih akurat untuk kata semantik, meskipun bisa dibilang tidak memiliki konotasi eksistensial yang diberikan oleh dunia maya. Hal ini memberikan konotasi istilah akurasi yang kontekstual dan mencegah makhluk yang terpikat sesat oleh asosiasi dengan dunia maya populer yang tak terbatas, yang memiliki arti yang sangat berbeda dan semantik akurat.

    Dunia maya itu disebut sebagai virtual, tetapi bukan bayang-bayang yang tak jelas. Harus nyata, sekalipun tidak dilihat, virtual yang benar digunakan dalam virtual reality, dalam virtual reality mensimulasikan realitas dan di banyak pendekatan realitas cara. Kata maya berarti “hampir”, “hampir” atau “simulasi.” Dengan demikian kunci untuk penggunaan akurat virtual sebagai kata sifat adalah bahwa hal yang diwakili oleh kata maya memodifikasi tidak harus menjadi versi aktual atau nyata itu sendiri menggambarkan virtual yang mendekati atau mensimulasikan.. Virtual reality bukan realitas yang sebenarnya, itulah label yang pas dan sesuai. Tetapi penggunaan yang salah seperti “komunikasi virtual” (untuk komunikasi elektronik) sepenuhnya akurat karena komunikasi elektronik adalah komunikasi yang sebenarnya, karena itu, tidak virtual. Ini adalah e-komunikasi. Ia bahkan bisa menjadi cyber-komunikasi dimana informasi mengetik diubah ke format audio untuk penerima, meskipun bisa dibilang yang akan e-komunikasi dengan cyber-speech. ruang angkasa, yang mengarah ke coining istilah “cyborg,” untuk “organisme cybernetic.”

    Fred J Cook (Pemenang Penghargaan Hillman 1961) pada tahun 1966 bukunya “The Land Corrupted: The Moralitas Sosial Amerika Modern” memperkenalkan bukunya dengan “cita-cita seperti usaha bebas ‘individualisme kasar’, dan laissez faire adalah anakronisme dalam usia ini dari CYBERNATION. “

    Suka

  2. Menurut Prof Dr Alo Liliweri, MS bahwa : Pada umumnya informasi diartikan sebagai pertukaran sebagian strukutr antara dua sistem, jadi apapun alasannya peranan informasi antara lain adalah untuk mengurangi ketidak sesuaian antara dua sistem (sistem dan Lingkungan). Informasi harus memiliki beberapa kelainan (data yang tidak diketahui) serta seperangkat aturan aturan yang digunakan untuk men – decode isi pesan baru. Jika ada terlalu banyak gangguan atau jika banyak sinyal yang tidak dapat diterjemahkan, maka sebenarnya juga tidak ada informasi. Semua sistem sosial membutuhkan akurasi, ketepatan waktu keterbagian informasi yagn relevan cara-cara baru untuk melakukan sesuatu jika harus jika harus digunakan untuk mengoreksi dan memperbaiki komunikasi. Buku Komunikasi, Serba Ada Serba Makna, Hal 839 dikutip oleh Mustika Ranto Gulo

    Suka

Apa Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s