KUANTITATIF VS KUALITATIF “SHARE YOUR OPINION”

Apa yang anda tahu tentang penelitian kuantitatif dan apa bedanya dengan kualitatif ?

 

Jawab :

DOA BERSAMA 'KITA SELESAI PADA WAKTU YANG SAMA'
DOA BERSAMA 'KITA SELESAI PADA WAKTU YANG SAMA'

8 pemikiran pada “KUANTITATIF VS KUALITATIF “SHARE YOUR OPINION”

  1. Wah suprise melihat kreatifitas kalian ya, salut …boleh nih jadi contoh u kelas yang lain. Maju terus…diskusinya bagus.
    Kita selalu arahakan ke Penelitian kuantitatif, lebih profedsional dan baik untuk menjadi bahan jika anda meneruskan ke S3. tingkatkan diskusinya!

    Suka

  2. Kuantitatif = biasanya perbandingan X dengan Y, maksudnya ada perkataan, “Hubungan X Terhadap Y”, “Dampak X Terhadap Y”, atau “Pengaruh X Terhadap Y” (cmiiw)

    Kualitatif = biasanya lebih mendalam kepada targetnya seperti dan biasanya tidak ada perbandingan X dengan Y, jadi judulnya lebih singkat seperti “Pemaknaan Rambu Lalu Lintas Pengguna Sepeda Motor”, “Pengaruh Komunikasi Semiotik Iklan Kondom Televisi” (cmiiw)

    Suka

  3. Menurut saya, mungkin lebih enaknya kuantitatif karena lebih memudahkan kita untuk mendapatkan data-data, karena kuantitatif selalu berhubungan erat dengan statistik, sehingga pertanyaan yang kita lempar ke sample merupakan pertanyaan tertutup dimana jawabannya sudah ada dan sample tidak harus membuat jawaban dari diri-sendiri (subjektif).

    Seandainya kualitatif, maka jawaban dari sample akan berbeda-beda, sehingga & terkadang menyulitkan kita untuk mengambil suatu kesimpulan dari jawaban-jawaban yang berbeda.

    Akan tetapi kita kembalikan lagi kepada diri kita masing-masing, bila kita tidak kuat dengan menganalisa suatu data yang berbentuk angka, maka baiknya mengambil jalur kualitatif dan bila kita sangat suka dengan permainan angka, baiknya kita ambil jalur kuantitatif.

    Kesimpulannya, ambilah jalur yang mudah sehingga Thesis kita cepat selesai dan tidak tersendat dengan informasi dari sample, key informan ataupun informan Thesis kita. Thanks …

    Suka

  4. sobat….yang ditulis dindin benar tapi boleh ga dikasih contoh perbedaan yang lebih tampak langsung pada judul atau aktivitas yang akan kita lakukan untuk pembuatan tesis nanti….
    misal kasus/masalah (tolong koreksi dan masukannya ya) tentang lampu lalulintas dan pengendara sepeda motor, perubahan brand/logo perusahaan terhadap hasil penjualan, efektifitas promosi/beriklan melalui media cetak,media elektonik,media online, nah bagaimana penulisan judul nya bila akan melakukan penelitian dengan metode kualitatif atau kuantitatif ? karena judul kan berpengaruh dan mempunyai nilai untuk menggiring isi tesis yang akan kita buat.
    kuantitatif : ?
    kualitatif : ?

    Suka

  5. Kuantitatif adalah penelitian untuk meneliti suatu realitas yang sifatnya tunggal dan kausalitas (hubungan sebab akibat), dimana realitas diukur dengan indikator-indikator tertentu, uji statistik dan berorintasi objektive.
    Kualitatif untuk meneliti realitas yang sifatnya plural (banyak), dimana orientasi adalah untuk mengungkap kedalaman makna dibalik tampilan realitas. Hubungan antara peneliti dan objek yang diteliti adalah subjektif. Peneliti mempunyai sudut panjang yang benar-benar diyakininya.

    Suka

Apa Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s