PERKEMBANGAN ILMU KOMUNIKASI DAN PROFESINYA DI MASA DEPAN

  “Kami akan terus menerus memberi semangat dan motivasi, untuk fokus pada tujuan dan cita-cita mahasiswa. Jangan berhenti untuk bermimpi dan merealisasikan mimpi menjadi nyata.”

 

Itulah potongan kata sambutan yang disampaikan oleh Dra. Diah Wardhani, M.Si (Dekan FIKOM UMB) dalam rangka memperkenalkan Ilmu Komunikasi kepada mahasiswa Semester Satu Tahun Akademik 2011/2012. Dengan menyelenggarakan Kuliah Umum yang mengusung tema “Perkembangan Komunikasi Melalui Perspektif Keilmuan dan Profesi di Masa Depan”. Pembicara yang hadir meliputi Dr. Ahmad Mulyana, M.Si (Dosen FIKOM UMB),  Dr. Farid Hamid, S.Sos, M.Si (Dosen FIKOM UMB) dan Moderator Dra. Agustina Zubair, M.Si.

Acara yang diselenggarakan pada hari Selasa, 27 September 2011 di Aula Universitas Mercu Buana Jakarta Barat tersebut diikuti oleh hampir 600 mahasiswa dari empat Program Studi Fakultas Ilmu Komunikasi Tahun Akademik 2011/2012. Dihadiri pula oleh Dr. Arissetyanto Nugroho (Rektor Universitas Mercu Buana Jakarta), Wakil Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi, Kepala Program Studi dan Dosen Fikom UMB.

Rektor Universitas Mercu Buana, Dr. Arissetyanto Nugroho menjelaskan bahwa pada tahun 2009, FIKOM Universitas Mercu Buana meraih prestasi sebagai Program Studi Ilmu Komunikasi Terbaik versi Majalah SWA. Hal tersebut merupakan kerjasama yang baik antara dosen, mahasiswa, alumni, industri dan pemerintah. Fakultas Ilmu Komunikasi UMB terus menerus memperbaiki kurikulum, prestasi akademik, mengembangkan sumber daya dosen untuk memajukan dan memberi nilai tambah untuk kemajuan universitas. Beberapa prestasi pun telah dicapai oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi dari masing-masing Program Studi baik prestasi yang diraih di tingkat nasional maupun internasional. Saat ini Fakultas Ilmu Komunikasi UMB berhasil menjadi Program Studi Unggulan Universitas.

Dalam kesempatan tersebut, para pembicara mengulas tentang Perkembangan Teknologi Komunikasi, Teori serta Metode Baru. Globalisasi merupakan dinamika teknologi komunikasi. Dengan adanya teknologi komunikasi, berkembang pula masyarakat komunikasi dan gaya hidup. Dunia komunikasi adalah sebuah dunia yang semakin menentukan kemajuan peradaban masyarakat dunia, oleh karena itu, saat ini banyak profesi dibidang komunikasi massa yang dibutuhkan di dalam segala aspek kehidupan utama, yaitu Sosial Budaya, Bisnis, Pemasaran, Politik, Hukum bahkan Agama. Selain itu, dalam kuliah umum tersebut juga dijelaskan beberapa peluang industri komunikasi dari program studi Broadcasting, Public Relations, Marketing Communication,  Advertising serta Komunikasi Visual. Selain itu untuk menjadi seorang professional, selalu dibutuhkan pengetahuan, kemampuan dan etika. Bravo Ilmu Komunikasi! (Biro Sekretariat Universitas & Humas / humas@mercubuana.ac.id)

Satu pemikiran pada “PERKEMBANGAN ILMU KOMUNIKASI DAN PROFESINYA DI MASA DEPAN

Apa Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s