Prof Dr. IBNU HAMAD 2011-10-08 12.29.57

KULIAH UMUM “Prof Dr. IBNU HAMAD” 2011-10-08 12.29.57

Prof Dr. IBNU HAMAD 2011-10-08 12.29.57

Prof Dr. IBNU HAMAD 2011-10-08 12.29.57

5 pemikiran pada “KULIAH UMUM “Prof Dr. IBNU HAMAD” 2011-10-08 12.29.57

  1. pak admin, tiap datang kuliah boleh donk kita kita di klikklok….biar seger gicu…….salam kompak selalu….

    Suka

  2. Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana menyelenggarakan Kuliah Tamu dengan tema “Komunikasi Pemerintah Dalam Membangun Citra Pendidikan Nasional”. Kegiatan yang berlangsung pada hari Sabtu, 8 Oktober 2011 lalu bertempat Aula Rektorat Kampus A Meruya Jakarta Barat. Menghadirkan Prof. Dr. Ibnu Hamad (Guru Besar Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik FISIP UI) sebagai pembicara dan Afdal Makkuraga Putra, S.Sos, M.Si sebagai moderator. Acara yang dihadiri oleh 128 mahasiswa baru angkatan sebelas TA 2011/2012 Magister Ilmu Komunikasi dimulai pukul 09.40 wib, dibuka oleh Heri Budianto,S.Sos, M.Si (Sekretaris Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana).

    Dalam kuliah umum itu Prof Ibnu Hamad menjelaskan bahwa pemerintah sebagai lembaga publik, karena itu untuk melihat komunikasi pemerintah, terutama dalam era keterbukaan informasi seperti sekarang, sebaiknya kita menempatkan Pemerintah sebagai Lembaga Publik. Acuannya adalah UU No. 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, semua lembaga publik – salah satu di antaranya Kemdiknas – berkewajiban melaksanakan keterbukaan informasi publik.
    Kedua adalah Peran Informasi dan Humas Kemendiknas melaksanakan Komunikasi Pemerintah dalam bidang Pendidikan. Sesuai dengan tugas dan fungsinya, Pusat Informasi dan Humas (PIH) Kemdiknas melaksanakan Komunikasi Pemerintah. Meskipun kewajiban pokoknya melayani komunikasi Kantor Pusat Kemdiknas, tetapi harus bisa menjelaskan andaikan ada peristiwa penting.

    Point yang ketiga yakni PIH sebagai Pelaksana Komunikasi Pemerintah Kemdiknas yakni mengamalkan Ilmu Pengetahuan dan menjalankan UU. Melekat dalam namanya, PIH harus mengamalkan Ilmu Pengetahuan untuk menopang kinerjanya. Sebagai unit kerja di Lembaga Publik, PIH melaksanakan UU No. 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, dan peraturan lainnya yang terkait.

    Kemudian yang keempat ialah Citra Pendidikan Nasional yakni pentingnya publik memahami duduk perkaranya. Sedapat mungkin, dalam mengkomunikasikan kebijakan, program, kegiatan, kasus, oknum selalu terbuka dengan menunjukkan duduk perkaranya. Tujuan pertamanya, agar publik paham apa yang terjadi sebenarnya. Dengan tidak defensif, apalagi ofensif, dan tidak pula mengindar. Kemdiknas berharap terjadi mutual understanding yang berorientasi pada pemecahan masalah bersama masyarakat.

    Dijelaskan juga mengenai Visualisasi PIH sebagai Pelaksana Komunikasi Pemerintah Kemdiknas dan Komunikasi Strategis PIH Kemdiknas. Pilihan sikap PIH berhubungan dengan Publik. Kementerian Pendidikan Nasional memiliki VISI “Terwujudnya Layanan Prima Informasi Pendidikan” dan MISI “Meningkatkan komunikasi publik yang efektif”.

    Visi dan misi tersebut teraplikasikan dalam beberapa hal strategis yang meliputi: meningkatkan ketersediaan dan keterjangkauan informasi publik, meningkatkan efisiensi dan integrasi layanan publik serta meningkatkan kepercayaan publik terhadap Kemdiknas. Selain itu perlu dipahami beberapa aspek pelaksana yang meliputi struktur organisasi, pembagian kerja di PIH Kemdiknas serta PIH Kemdiknas menjalankan UU KIP.

    Selanjutnya diulas tentang Pelayanan Informasi Publik oleh PPID Kemdiknas, pengembangan tata kelola informasi publik, memahami ruang lingkup kerja Kemdiknas di era otonomi, anggaran pendidikan dan anggaran Kemdiknas. Selain itu bagaimana hasil yang diharapkan, melalui pelaksanaan prioritas, kebijakan dan kegiatan diatas diharapkan “dapat mewujudkan pendidikan yang lebih merata dan lebih berkualitas kepada warga bangsa di seluruh Indonesia.” Semua itu dengan tetap memperhatikan kepentingan daerah. Beberapa diantaranya adalah BOS untuk SD dan SMP (sejak 2005) baik negeri maupun swasta, BOS untuk SMA (rintisan 2012), sertifikasi guru baik negeri maupun swasta, rehabilitas ruang kelas yang rusak (SD dan SMP) baik negeri maupun swasta. Sukses Kemdiknas! (Biro Sekretariat Universitas & Humas)

    Suka

Apa Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s